cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PROGRAM SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP ALI MAKSUM KARPYAK YOGYAKARTA Atmaja, Muslim Fidia
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13071

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Kebijakan penyelenggaraan program sekolah berbasis pesantren di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta; 2) Bentuk integrasi 3) Faktor pendukung dan penghambat; 4) Solusi mengatasi faktor penghambat kebijakan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala bagian kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengumpulandata yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama denganmenggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan: 1) Kebijakan penyelenggaraan program sekolah berbasispesantren adalah pengorganisasian pelaksanaan, kesiapan 2) Integrasi sekolah dan pesantren 3) Faktor pendukung: Pemerintah, Nahdlatul Ulama, Yayasan Ali Maksum, komite sekolah, komunikasi warga sekolah, kekompakan pendidik, tenaga kependidikan, serta sarana prasarana. Faktor penghambat meliputi: keadaan sarana prasarana kurang merata 4) Solusi yang dilakukan sekolah meliputi: mengoptimalkan sarana dan prasarana sebagai media penunjang proses pembelajaran, sinergisitas pesantren dengan sekolah.Kata kunci: Kebijakan, sekolah berbasis pesantren, SMP Ali Maksum Krapyak YogyakartaAbstractThe study describes: 1) The policy of organizing the pesantren-based school program in SMPAli Maksum; 2) Form of integration 3) Supporting and inhibiting factors; 4) Solution to overcome resistor.This research is qualitative with descriptive method. The subject is the head of the curriculum,teachers, and students. Data collection techniques used in the form of observation, interviews, and documentation. The main instrument using observation sheets and interview guides. Data analysis used is data reduction, data presentation, and conclusion.The results of the research show: 1) The policy of organizing school programs based on pesantren is organizing the implementation, readiness 2) Integration of schools and pesantren 3)Supporting factors: Government, Nahdlatul Ulama, Ali Maksum Foundation, school committee, school community communication, educator cohesiveness, and infrastructure. Inhibiting factorsinclude: the condition of infrastructure facilities are not evenly distributed 4) Solutions made schools include: optimizing facilities and infrastructure, learning, and synergicitasKeywords: Policy, Boarding school, SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakart
PENDIDIKAN KADER DI PONDOK PESANTREN DARUL ‘ULUM MUHAMMADIYAH GALUR KULON PROGO Rahmawati, zulfa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13065

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. 2) mendeskripsikan nilai-nilai dalam pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Direktur Pondok pesantren, 3 Ustazd, 3 Pendidik Kurikuler Pendidikan Kader, dan 3 Santri Pondok Pesantren. Objek penelitian ini adalah pendidikan kader di Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul ‘Ulum Galur Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan kader Muhammadiyah di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo melaksanakan pendidikan kader yang direalisasikan melalui kegiatan di dalam pondok dan di luar pondok pesantren. Kegiatan tersebut adalah pendidikan kader melalui kegiatan di Pondok Pesantren, Hizbul Wathan, Tapak Suci, dan organisasi IPM. (2) Dalam pendidikan kader di Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo, terdapat nilai-nilai yang ada pada kader diantaranya nilai kepemimpinan, nilai menjalankan amanat, nilai menjadi penggerak dan nilai menjalankan estafet organisasi. (3) Faktor pendukung pendidikan kader ialah semangat santri dan orang tua untuk sekolah dan mondok di Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur serta adanya dukungan dari seluruh warga sekolah. Faktor penghambatnyaberkaitan pendanaan dan fasilitas pondok maupun fasilitas sekolah yang belum lengkap dan banyaknya kegiatan yang harus di lalui santri setiap harinya.Kata kunci : pendidikan kader, pondok pesantrenAbstractThis research aims 1) describing the planting of Muhammadiyah in cadres education boarding schools Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo 2) describing the values in the education of cadres in boarding school Darul Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo. This research used the qualitative approach with a descriptive method. The subject of the research in this study is the director, 3 Ustazd, 3 Educator of curriculer, 3 santri. The object of this research is the education of cadres in the boarding schools of Muhammadiyah Darul ‘Ulum Galur Kulon Progo. Data collection was done through observation, interviews, and documentation. Data analysis using models, Miles and Huberman, namely reduction, the presentation of data, and conclusions. Test the validity of the data through a triangulation source, and techniques. The results showed: (1) the education of cadres of Muhammadiyah in boarding school Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo carrying out cadre education realized through activities that are within the lodge and activities outside the cottage boarding school. Such activities include cadres through activities in boarding schools, Hizbul Wathan, Tapak Suci, and IPM organization. (2) in the education of cadres in boarding schools Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur Kulon Progo, there are values that support a cadres including value leadership, value run mandate, the value of being mover and the value of running relay organizations. (3) the factors supporting the education of cadres is the spirit of the students and the big family of Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur as well as the endorsement of the whole citizens schools. While the obstacles, the actor is related to restricting funding and facilities as well as cottage school facilities that are not yet complete and with regard to the large number of activities that should be going through each day.Keywords: education cadres, boarding school
POLA ASUH ORANG TUA SENIMAN BALLET RAMAYANA GRUP YAYASAN RORO JONGGRANG DI PRAMBANAN Megawati, Arum
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13072

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh (otoriter, permisif, demokratis) yang paling banyak digunakan oleh orang tua seniman dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam mendidik anak oleh orang tua seniman Ballet Ramayana.Jenis penelitin ini menggunakan penelitian kuantitaif, metode pengumpulan datanya menggunakan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel pada penelitian ini adalah orang tua seniman yang sdah memiliki anak sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan observasi. Metode angket digunakan untuk megumpulkan data tentang pola asuh, sedangkan observasi digukan untuk mengetahui metode yang digunakan untuk mendidik anak. Uji validitas intrumen menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS 20 dan uji reliabilitas menggunkan koefisien Alpha. Uji prasyartan analisis menggunkaan uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk pegujian hipotesis dengan menggunakan One Away-Anova.Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan antara ketiga pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis. Ketiga pola asuh dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama adalah pola asuh permisif dan otoriter memiliki nilai 0,954. Kedua adalah pola asuh demokratis memiliki nilai 1,00. Dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis memberikan pengaruh paling baik. Metode yang digunakan dalam mendidik anak-anak seniman, orang tua seniman menggunakan metode memberikan contoh (teladan), metode pembiasaan, dan metode diskusi.Kata Kunci: Pola Asuh, Orang Tua Seniman, Ballet RamayanaAbstractThis research aims to find out the parenting style (authoritarian style, permissive style, democratic style) mostly used by the parents as the artists and to understand the method employed to educate the children of Ramayana Ballet artists.This is a quantitative research with the survey method as the data collection method. Samples were chosen using purposive sampling technique. Samples in this research are the parents as the artists that have schoolchildren. The method applied in this research is questionnaire and observation. The questionnaire method is to collect the data regarding the parenting style, and the observation method is to find out the method in educating the children. The test for instrument validity using product-moment correlation with a help of SPSS 20, and the test of reliability employs coefficient Alpha. The test of requirement analysis is normality and homogeneity test. The test of hypothesis applied One-way Anova.Based on the data analysis one-way Anova, there is a significant result 0,000 stating that that there found differences of parenting style of the parents in authoritarian style, permissive style, and democratic style. These three parenting style can be grouped into two. First, the value of permissive style and authoritative style is 0,954. Second, the value of democratic style is 1,00. It can be concluded that the democratic style gives the best impact to the children. The parents apply the giving-example method, conditioning method, and discussion method.Key words: Parenting styles, parents as the artists, Ramayana Ballet.
UJI KOMPETENSI GURU DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI KABUPATEN KULON PROGO Rostaviana, Rizkha Putro
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13070

Abstract

AbstrakPenelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting di Kabupaten Kulon Progo. Subyek penelitian adalah koordinator UKG, pengawas sekolah, kepala sekolah, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan: 1) Hasil uji kompetensi guru di Kabupaten Kulon Progo: (a) dilatar belakangi oleh UU No. 14 tahun 2005; (b) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru; (c) Sumber daya terdiri dari sumber dana, sumber daya manusia dan sarana prasarana; (d) faktor pendukung adalah ketersediaan sarana prasarana, dukungan pemerintah dan motivasi guru sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan teknis dan penguasaan teknologi; (e) respon guru yaitu positif dan negatif; 2) Peningkatan kinerja guru dilihat dari: (a) kompetensi pedagogik; guru menguasai karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran, mampu mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang mendidik, mampu berkomunikasi dengan baik; (b) kompetensi profesional; guru menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan serta mampu menggunakan media yang ada; 3) Kendala guru dalam peningkatan kinerja adalah: rendahnya motivasi belajar peserta didik; rendahnya keaktifan belajar peserta didik; keterbatasan teknologi oleh guru; 4) Upaya yang dilakukan guru yaitu memotivasi peserta didik menggunaknan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar; melakukan pendekatan kepada peserta didik dan mengikuti pelatihan.Kata Kunci: Uji Kompetensi Guru, Peningkatan Kinerja GuruAbstractThis research uses qualitative descriptive research approach. Setting in Kulon Progo Regency. Research subjects are UKG coordinator, school supervisor, principal, educator and learner. Data collection techniques are observation, interview, and documentation study. Data validity with source triangulation and engineering triangulation. Data analysis technique used Miles and Huberman model. The results showed: 1) Result of teacher competency test in improving teacher performance: (a) background by Law no. 14 of 2005; (b) aims to improve teacher competence; (c) Resources comprised of sources of funds, human resources and infrastructure; (d) supporting factors are the availability of infrastructure facilities, government support and teacher motivation while limiting factors are technical limitations and technological mastery; (e) teacher's response is positive and negatif; 2) an increase in performance of teachers seen from: (a) pedagogikal competence; teachers master the characteristics of learners, master the theory of learning and learning principles, able to develop the curriculum, organize activities that educate, able to communicate well; (b) profesional competence; teachers master the material structure and concept of scientific thinking and able to use the existing media; 3) The teachers in the performance was: low motivation to learn learners; low learning activity of learners; technological limitations by teachers; 4) The efforts made by teachers namely motivate school tuition menggunaknan a method of learning who are able to raise the motivation to study; made approach to school tuition and follow the training.Keywords: teacher competence test, teacher performance improvement
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KETERAMPILAN (VOKASIONAL) MELALUI PROGRAM LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN Fajarina, Lailatul
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13064

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Pendidikan Keterampilan (Vokasional) melalui Program Life Skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan keterampilan (vokasional) melalui program life skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyeknya yaitu kepala sekolah, koordinator life skill dan pendidik, peserta didik. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja implementasi pendidikan life skill ditentukan melalui; (a) Standar pelaksanaan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik; (b) Sumberdaya terdiri dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana yang memadai; (c) Hubungan organisasi yang terjalin yaitu antara sekolah dengan Yayasan Muhammadiyah dan SMA N 11 Yogyakarta; (d) Karakteristik agen pelaksana adanya pendidik yang kompeten (e) Kondisi sosial berupa interaksi yang baik antar agen pelaksana, kondisi ekonomi yaitu adanya Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah; (f) Disposisi implementor berupa respon, pemahaman dan nilai yang positif. Faktor pendukung implementasi pendidikan keterampilan yaitu dukungan dari yayasan, fasilitas yang memadai, pengampu yang kompeten dan antusiasme peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu pembelajaranyang hanya 3 jam perminggu dan keterbatasan dana.Kata Kunci: implementasi, pendidikan keterampialn (vokasional), Sekolah Menengah AtasAbstractThis research aims to desribe: 1) Implementation of Skill Education (Vocational) through Life Skill Programin SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, 2) Supporting factors and inhibiting the implementation of Skill Education (Vocational) through Life Skill Program in SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. This research ia a qualitative descriptive research. The subject is the principal, life skill coordinator or teacher, and student. Technique of collecting data is using observation, interview, and documentation. Data analsys is done by data condensation, data presentation, and conclusion. Test data validity using triangulation of sources and techniques. The result showed that the performance of educational life skill implementionis determined through ; (a) Standards implementation is talents and interests the student; (b) resources consist of student, teacher, education personel, and facilities and infrastructures; (c) Organizational relationship that exists between schools with Muhammadiyah Foundation and SMA N 11 Yogyakarta; (d) the characteristics of the implementing agents of competent educators; (e) social condition of good interaction between implementing agencies, the economic condition is the existence of the budget plan of income and expenditure of school (f)Disposition of the implementor in the form of response, understanding and positive value. Supporting factors the implementation of life skill education is the support of the foundation, adequate facilities, competent and enthusiastic students. Inhibiting factors are lack of learning time and limited funds.Keywords: implementation, vocational skill, high school.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN PERKOPERASIAN DI KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Pangestika, Windy Widya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i1.13067

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY. (2) Faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan setting penelitian di Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Subjek penelitian ini meliputi kepala ketua umum, kepala bidang PSDA, tim pelaksana dan anggota. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pendidikan dasar perkoperasian di Kopma UNY berdasar kepada AD ART Kopma UNY Bab V pasal 9 dengan tujuan sebagai sumber pengetahuan bagi anggota koperasi untuk belajar koperasi.(2) faktor pendukung implementasi kebijakan pendidikan perkoperasian di Kopma UNY adalah adanya alokasi dana pendidikan secara mandiri, memiliki SDM yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambatnya masih kurang maksimalnya persiapan peserta dalam mempersiapkan pelaksanaan pendidikan koperasi, dan masih banyak anggota yang belum sadar akan pentingnya pendidikan koperasi.Kata Kunci: Implementasi kebijakan, dan pendidikan perkoperasianAbstractThis research aimed to describe: (1) implementation of the cooperation education policy at Cooperation Student Yogyakarta State Of University, (2) the supporting factors and the obstacles. This research method used qualitative descritive approach. The research setting was at Cooperation Student Yogyakarta Of University. The subjects were the general chairman, chairman PSDA, exsecutive team and members. Data collecting techniques used interview, observation, and study documents. Data analysis used interactive model who was developed by Matthew B. Miles and A. Michael Huberman. 1) Basic education policy Implementation cooperation on Kopma UNY based to AD ART Kopma UNY chapter V article 9 with the goal as a source of knowledge for members of cooperation to cooperation learning. Cooperation education needs to be as a source of knowledge form the members to learn cooperation.(2) The supporting faktors in Implementation of the cooperation education policy at Cooperation Student Yogyakarta State Of University were in Cooperation student is the allocation education funding independently having resource quality, facilities and infrastukture sufficient. While obstarcles were is weak maximum preparation participants in preparing the implementation of the education cooperation, and still mani many members who have not aware of th importance of education cooperations.Keywords: implementation policy, and education cooperation .

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue