cover
Contact Name
Konradus Silvester Jenahut
Contact Email
silvesterjenahut@gmail.com
Phone
+628113821126
Journal Mail Official
ejournal.edukasitematik@gmail.com
Editorial Address
ln. Veteran No. 1-3 Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang - Provinsi Nusa Tenggara Timur
Location
Kab. kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Published by Universitas San Pedro
ISSN : -     EISSN : 27468011     DOI : -
Core Subject : Education,
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar menerima naskah artikel hasil penelitian yang berkaitan masalah-masalah praktik pendidikan, pembelajaran, dan teknologi pada bidang pendidikan sekolah dasar. Adapun topik-topik yang dapat diangkat, di antaranya sebagai berikut: Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar; Kurikulum Pendidikan di Sekolah Dasar; Evaluasi, Asesmen, Penilaian dan Penelitian Pembelajaran di Sekolah Dasar; Pengembangan Media Pembelajaran, Strategi, Model, Metode, dan Teknik Pembelajaran Pembelajaran di Sekolah Dasar; Praktik Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar; Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Sekolah Dasar; Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar; Pendidikan dan Pelatihan Guru Sekolah Dasar; Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar, serta topik lain yang relevan.
Articles 77 Documents
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Trigonometri pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMA Negeri 7 Bogor Ismartaya
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang pokok bahasan trigonometri pada siswa kelas XI IPA-1 SMAN 7 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Bogor pada bulan Juli s.d Desember 2018. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berlangsung dalam 2 siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA-1 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. hasil ulangan rata-rata memperoleh nilai 62,12. Dari 33 peserta didik hanya 9 peserta didik atau 27,27% yang memperoleh nilai di atas KKM, dan 24 peserta didik atau 72,72% memperoleh nilai di bawah KKM. Pada Siklus I menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan atau ketuntasannya terjadi peningkatan dibandingkan dengan sebelum dilakukan penelitian walaupun masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 72,73. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 20 orang atau 60,61% dari nilai KKM. Siklus II rata-rata nilai peserta didik 82,88 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Peserta didik yang hasil belajarnya di atas KKM ada 32 orang atau 96,97% dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan belajar Trigonometri dan hasil belajar pembelajaran tematik siswa kelas XI IPA-1 SMA Negeri 7 Bogor.
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Bahasa Inggris Menggunakan Teknik Cloze Procedure Tri Asti Prabandari
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas VIII E dalam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Teknik yang dipilih dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Cloze Procedure. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangkobar semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa dengan menerapkan teknik cloze procedure dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis teks deskripsi siswa sebesar 58 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 25%,maka dilakukan penelitian pada siklus II. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 62,5%. Karena belum mencapai indikator keberhasilan, maka dilakukan Siklus III. Hasil yang diperoleh pada sikulus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 70, dan persentase klasikal sebesar 81,25 %. Penerapan teknik cloze procedure sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dlam menulis teks deskripsi bahasa Inggris. Oleh karena itu disarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan teknik cloze procedure dalam mengajarkan keterampilan menulis.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Melalui Metode Bermain Sambil Belajar dengan Media Ular Tangga di SD I Fatukoat Kelas III Melkianus Pote Hadi; Rudolof Jibrael Isu
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Rumusan masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah, Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Melalui Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga Pada Siswa Kelas III SD Inpres Fatukoat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Permainan Ular Tangga Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tentang Perkalian Bilangan 2 Angka Pada Siswa Kelas III SD I Fatukoat.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif Kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode dalam Pengumpulan Data Melalui Obserfasi, Wawancara, Tes, Dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Inpres Fatukoat yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penggunaan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Fatukoat, Terlihat dari nilai rata-rata hasil pengamatan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran, serta aktifitas peserta didik dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I sebanyak 10 orang dengan nila rata-rata 61,87% serta persentase ketuntasan 62,5%. Dan jumlah peserta didik yang tuntas pada sikus II sebanyak 16 orang , dengan nilai rata-rata 90,62% serta persentase ketuntasan mencapai 100%. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan proses belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika materi Perkalian Bilangan 2 Angka yang di laksakan oleh Guru menggunakan Metode Bermain Sambil Belajar Dengan Media Ular Tangga.
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup di Kelas VI SD Hobatete Laboya Barat Konradus Silvester Jenahut; Melkianus Pote Hadi
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan suatukompentensi yang harus dimiliki sebuah bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sebagai penunjang pembangunan bangsa tersebut. Pendidikan juga seharusnya berorientasi pada kreasi-kreasi baru dan kepada sifat dan hakekat anak didik. Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan mempelajari segala sesuatu yang terjadi maupun yang sedang atau akan terjadi dalam kehidupan manusia. Tak terkecuali pendidikan IPA karena IPA adalah sebuah ilmu pasti yang menjadi dasar dari imulain, sehingga ilmu pengetahuan alam saling berkaitan dengan ilmu yang lain. Penerapan model pembelajaran yang baik harus dilakukan agar mendukung proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini berlaku untuk semua mata pelajaran termasuk pendidikan IPA di sekolah .Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi ciri-ciri khusus makhluk hidup, dengan menggunakan Metode Inquiri, Siswa Kelas VI SD Inpres Hobatete? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan refleksi berulang dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas VI SD Inpres Hobatete tahun pelajaran 2016/2017sebanyak 25siswa. Hasil penelitian siklus I dengan menerapkan Model Pembelajaran Inquri pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal (KB) 92 % dan sudah mencapai criteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75 dan siklus II yang menekankan pada perbaikan pada siklus I dengan menerapkan model Pembelajaran Inquiri pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal yaitu100 %. Hal ini menunjukan bahwa KKM sudah tercapai. Kesimpulannya penerapan Model Pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada pokok bahasan Ciri-Ciri khusus Makluk Hidup siswa kelas VI SD Inpres Hobatete.
Penerapan Model Word Square dan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD GMIT Airnona 2 Rudolof Jibrael Isu; Melkianus Pote Hadi
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 1 No. 1 (2020): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 pada tanggal 28 Agustus sampai dengan 05 September 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model word square dan model talking stick pada peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 tahun ajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2 sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model word square dan model talking stick pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik sangat aktif dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, sehingga presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I berjumlah 68,96 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 96,55 %. Maka penelitian ini dengan menggunakan model word square dan model talking stick dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar PKn peserta didik kelas III SD GMIT Airnona 2.
Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan Yulianti Waman; Dinie Anggraeni Dewi
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar melalui pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Pendidikan Kewarganegaraan menjadi salah satu aspek penting dalam penanaman nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa siswa sekolah dasar karena dapat membentuk siswa menjadi warga negara yang baik dan menjamin persatuan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nilai toleransi dan keberagaman suku bangsa dibina dan tanamkan mulai dari tingkat sekolah dasar karena dengan begitu siswa sejak dini dapat hidup berdampingan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sikap toleransi dan keberagaman suku bangsa yang ada pada siswa sekolah dasar dapat mencerminkan jati diri dan kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
Penanaman Nilai Nasionalisme Kebangsaan pada siswa SD Muhammadiyah Muntok Bangka Barat Arfadila; Dinie Anggraeni Dewi Dewi
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penanaman nilai nasionalisme dapat dilaksanakan dengan berbagai hal. Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai nasionalisme, kendala, serta cara penyelesaian dalam pelaksanaan pemberian nilai nasionalisme di SD Muhammadiyah Muntok. Pelaksanaan, hambatan serta solusi dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penguatan nilai-nilai nasionalisme didalam pembelajaran dan diluar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjeknya adalah guru kelas dan guru mata pelajaran SD Muhammadiyah Muntok. Pengumpulan melalui wawancara langsung, pengumpulan angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Muntok melaksanakan penanaman nilai nasionalisme didalam serta didalam kegiatan pembelajaran. Contoh penanaman nilai nasionaliseme tersebut seperti menyelipkan berbagai hal dan melakukan kegiatan yang mengandung nilai-nilai nasionalisme selama kegiatan belajar mengajar.
Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Disiplin Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Desa Trangkil RW 02 Lenisa Wahyu Rositania Lenisa Wahyu Rositania; Khamdun; Sekar Dwi Ardianti
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua yang tepat untuk membentuk disiplin belajar anak selama pembelajaran daring di Desa Trangkil RW 02. Penelitian ini dilakukan di Desa Trangkil RW 02 pada bulan Februari 2021. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian anak kelas 4 dan kelas 5 Sekolah Dasar bersama orang tua anak yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan pencatatan lapangan. Analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (pengumpulan data), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yaitu tiga orang tua yang menerapkan pola asuh demokratis dan satu orang tua yang menerapkan pola asuh permisif. Melalui pola asuh demokratis orang tua menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan kepada anak sejak kecil. Maka dari itu, anak akan terbiasa dengan penerapan yang dilakukan oleh orang tua yaitu disiplin. Pola asuh demokratis sangat cocok untuk diterapkan oleh orang tua dalam membentuk disiplin belajar anak.
Virtual Learning sebagai Praktik Pembelajaran di Era Digital pada Sekolah Dasar HJ. Isriati Baiturrahman 2 Semarang Ramdhan Yurianto; Mujahidatul Aliah
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana praktik virtual learning di Kelas 1A SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Penelitian ini dilakukan di SD Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang, bulan Februari-April 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IA yang berjumlah 30 peserta. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara uji keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Platform yang digunakan dalam virtual learning adalah whatsapp (group dan video call), zoom cloud meeting, google slide, dan google form, sehingga jenis komunikasinya meliputi dua model sekaligus (sinkronus dan asinkronus). 2) Dari 30 peserta didik, 20-25 diantara mereka selalu aktif mengikuti pertemuan tatap muka virtual melalui zoom meeting. 3) Meski pembelajaran dilakukan secara virtual, guru tetap melakukan tiga jenis penilaian, yaitu penilaian kognitif melalui google form, penilaian sikap yang dilihat dari kedisiplinan peserta didik mengikuti zoom meeting, dan penilaian keterampilan melalui penugasan-penugasan yang dikemas menjadi foto maupun video (Hal ini tentu saja sesuai dengan penilaian dalam standar K-13). 4) Adapun kelebihan dilaksanakannya virtual learning di kelas I diantaranya adalah menekan persebaran virus covid-19 dimana saat ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi. Virtual learning ini juga menuntut guru untuk terus mengasah kemampuannya dalam bidang IT, sehingga peserta didik dapat terlayani dengan baik. Selain itu, virtual learning merupakan salah satu jawaban dari tantangan pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan abad 21
Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak SD sebagai Bentuk Implementasi Pkn Erlinda Risa Nur Aulia; Dinie Anggraeni Dewi Dewi
Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Universitas San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pentingnya penerapan karakter pada siswa Sekolah Dasar setelah diberikan mata pelajaran PKN yang di dalamnya memuat pendidikan karakter dan upaya apa yang dapat dilakukan guru supaya nilai karakter dapat diimplementasikan siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi literatur. Penelitian ini mengumpulkan data dari beberapa jurnal untuk melihat seberapa besar pengaruh pendidikan karakter pada perkembangan karakter siswa. Penelitian ini lebih berfokus pada jenjang siswa sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar sudah dapat membangun karakter yang telah dijarkan guru namun guru masih terkendala dengan kurangnya strategi dan metode untuk mengajarkannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Guru masih terkendala dengan strategi untuk mengajarkan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKN, (2) Implemetasi pendidikan karakter sudah cukup diterapkan baik oleh siswa, (3) Guru dapat merancang pembelajaran dengan menyusun RPP yang disesuaikan lingkungan kelas dan memuat pendidikan karakter, (4) Guru dan sekolah melakukan kegiatan pembiasan yang dapat membangun karakter anak. Dengan memasukkan pendidikan karakter dalam pembelajaran PKN ini akan membentuk moralitas pada siswa dan menjadikan warga negara sesuai yang diharapkan negara.