cover
Contact Name
Khairun Nisa
Contact Email
nisakhairun2206@gmail.com
Phone
+6282165106772
Journal Mail Official
jurnalkomunitasb@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jln. Jend. Ahmad Yani, Kisaran
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Komunitas Bahasa
Published by Universitas Asahan
ISSN : 22523480     EISSN : 27753476     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Komunitas Bahasa menerbitkan manuskrip tentang penelitian pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Jurnal Komunitas Bahasa menampilkan kebaruan penelitian dan signifikansi untuk kemajuan ilmu pengetahuan di salah satu bidang manuskrip yang diterbitkan. Jurnal ini menerima kiriman dari seluruh dunia dan juga dari Indonesia. Naskah yang diterbitkan termasuk. Ilmu bahasa; fonologi, morfologi, sintaksis, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, sastra anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya. Linguistik dan Sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan berbahasa, dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya. Dewan redaksi ingin menerima naskah yang dikirimkan melalui sistem pengiriman online. Penulis berharap untuk mempublikasikan penelitian di jurnal ini harus memastikan bahwa manuskrip memenuhi ruang lingkup dan pedoman pengajuan jurnal. Untuk informasi lebih detail, silakan merujuk ke syarat dan ketentuan Jurnal Komunitas Bahasa.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018" : 11 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN PERSUASI Sri Rodearni; Nila Sudarti
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menulis karangan persuasi siswa dengan pengaruh model pembelajaran Cycle Learning. Sampel Penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-5 yaang berjumlah dengan jumlah 68 orang siswa pada tiap kelas dari jumlah populasi sebanyak 102 siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Cycle Learning. Dari pengelolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata = 84,1 standar deviasi 4,92. Hasil posttest dengan rata-rata 68,2 standar deviasi 18,84. Dari uji data pretest dan posttest di dapat keduanya hasil distribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat t0 sebesar 7,8 setelah t0 diperoleh. Selanjutnya dikonsultasikan dengan dk = (N1+N2) – 2 = (34+34) – 2 = 66, maka diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 2,00< 5,3> 2,65, maka hipotesis nihil (H0) dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Cycle Learning terhadap kemampuan menulis karangan persuasi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2017/2018.
PENGARUH MODEL CTL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SYAIR LAGU BERMAJAS SATIRE Juliana Sahfitri; Harneny Pane
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pe. nelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Menganalisis Syair Lagu Bermajas Satire “Untuk Kita Renungkan” Karya Ebiet G Ade oleh Siswa Kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pendekatan pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-1 dan X IPA-2) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,8 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji “t” diperoleh thitung = 2,01 > ttabel = 2,00 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi menganalisis syair lagu bermajas satire Oleh siswa kelas X SMA Swasta YAPENAS Petatal.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN Vivi Wulandari; Rina Hayati Maulidiah
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis unsur-unsur intrinsik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 171 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X IPA-2 dan kelas X IPA-5) yang diambil secara random sampling. Pada kelas X IPA-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Numbered Heads Together dan pada kelas X IPA-5 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh post-test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen = 86,71, standar deviasi = 4,61, standar error = 0,79,  maka diperoleh nilai tertinggi = 95, dan nilai terendah = 80 dan rata-rata kelas kontrol = 64,39, standar deviasi = 7,49, standar error = 1,32, maka diperoleh nilai tertinggi = 75, dan nilai terendah = 40. Selanjutnya uji normalitas diperoleh dari kedua data tersebut t0 sebesar 15,39, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% =2,00 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,00 pada taraf signifikan 1% = 2,65, t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 15,39 > 2,65 maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh terhadap kemampuan menganalisis unsur-unsur intrinsik pada cerpen “Pertemuan Senja” karangan Jauza menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PESAN MORAL DALAM CERPEN Leni Marlina; Tuti Herawati
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menganalisis pesan moral cerpen pada siswa kelas X SMA swasta Yapenas Petatal tahun ajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 orang siswa sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara menggunakan tes yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari analisis data, diperoleh nilai rata-rata siswa menganalisis pesan moral cerpen setelah (Post Test)menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 75,42. Siswa yang memperoleh nilai tertinggi 90, nilai sedang 80, dan nilai terendah 60.Sedangkan nilai rata-rata siswa menganalisis pesan moral cerpen sebelum (Pre Test)menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)sebesar 67,92. Siswa yang memperoleh nilai tertinggi 80, nilai sedang 70, dan nilai terendah 60. Selanjutnya untuk mengetahui signifikasi perbedaan hasil dari kedua pembelajaran tersebut digunakan analisis statistik uji t. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa th>tt  pada taraf signifikasi 0,05 (5%) harga th sebesar 11,33 dan tt sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang penulis rumuskan pada penelitian ini menyatakan “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menganalisis Pesan Moral Cerpen pada Siswa Kelas X SMA Swasta Yapenas Petatal Tahun Ajaran 2018/2019”.
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK PUISI Sundari Nurul Utami; Surono Surono
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi oleh siswa kelas X MAS Daerah Simpang Empat tahun ajaran 2017/2018.Sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan cara menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) sebesar 82,43 berada pada taraf baik. Siswa yang memperoleh  nilai tertinggi adalah nilai 90, nilai sedang 80 dan nilai terendah adalah70. Jika dipersenkan nilai kelas eksperimen maka 46% atau 16 orang siswa kategori sangat tinggi atau yang memperoleh nilai 85-100, 48% atau 17 orang siswa kategori tingggi atau yang memperoleh nilai 75-84 dan 6% atau 2 orang siswa kategori cukup atau yang memperoleh nilai 65-74. Sedangkan nilai rata-rata mengidentifikasi unsur intrinsik puisi yang terkandung dalam antologi dengan model konvensional sebesar 65,14 berada pada taraf cukup. Siswa yang memperoleh  nilai tertinggi adalah nilai 75, nilai sedang 60 dan nilai terendah adalah 55. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa th>tt  pada taraf signifikasi 0,05 (5%) harga th sebesar 18,39 dan tt sebesar 2,03. Dengan demikian hipotesis yang penulis rumuskan pada penelitian ini menyatakan “Terdapat Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi yang Terkandung dalam Antologi oleh Siswa Kelas X MAS Daerah Simpang Empat Tahun Ajaran 2017/2018.
PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI “GADIS PEMINTA-MINTA” KARYA TOTO SUDARTO BACHTIAR Setia Wati; Khairun Nisa
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar pada siswa kelas x SMK Negeri 1 Air Joman tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yakni metode yang sistematis, logis dan objektif. Populasi penelitian berjumlah 216 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta- minta” tanpa menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada kelas kontrol nilai tertinggi adalah 94 dan nilai terendah adalah 62. Sedangkan kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 69. Pengujian hipotesis dilakukan dengan Uji t dan diperoleh hasil thitung (to) lebih besar dari ttabel (tt), yaitu taraf signifikasi 5% ( 2,80 > 2,00 ) maupun taraf signifikasi 1% ( 2,80 > 2,65 ), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan mengapresiasi puisi “Gadis Peminta-minta” karya Toto Sudarto Bachtiar pada siswa kelas x SMK Negeri 1 Air Joman tahun ajaran 2017/2018.
PENGARUH MODEL DEMONSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DI DEPAN UMUM Harun Harun
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh Model Demonstrasi terhadap Keterampilan Berbicara di Depan Umum Siswa Kelas X IPA SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2018/ 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran  2018/2019 yang berjumlah 96 siswa.Sampel dari penelitian ini kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 65 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen.  Teknik analisis data berupa tes kemampuan lisan atau aspek berbicara di depan umum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa nilai pre-test untuk kelas kontrol yakni nilai tertinggi 80, nilai terendah 50, dan nilai rata-rata 56.56.Sementara nilai pre-test kelas eksperimen yakni nilai tertinggi 85, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata 60.90.Nilai post-test pada kelas kontrol yakni nilai tertinggi 85, nilai terendah 55, dan nilai rata-rata 69.06.Sedangkan nilai post-test kelas eksperimen yakni nilai tertinggi 95, nilai terendah 65, dan nilai rata-rata 76.36. Berdasarkan hasil perhitungan toyakni menunjukkan bahwa nilai thitung= 39.8 lebih besar dari pada nilai ttabelbaik pada taraf signifikansi  5%= 2.00 maupun taraf signifikansi 1%= 2.65. Maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha).
PENGARUH MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT Suwarni Suwarni
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan menulis merupakan yang penting dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pendidikan maupun masyarakat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Yapenas Petatal tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini berjumlah 70 siswa dengan total populasi sebanyak 111 siswa terdiri dari 3 kelas yang ada pada kelas X SMA Yapenas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen yaitu Two Group Post-TestDesign. Pada kelas kontrol terdapat tiga kategori, yaitu Baik sebanyak 21 siswa atau 58,3%, Cukup sebanyak 15 siswaatau 41,67% dengan nilai rata-rata 69,58. Pada kelas eksperimen terdapat 3 kategori, yaitu Sangat Baik sebanyak 10 siswa atau 29,41%, Baik sebanyak 20 siswa atau 58,82%, Cukup sebanyak 4 siswa atau 11,76% dengan nilai rata-rata 77,9. Nilai t pada taraf 5% maupun 1% dengan dk = 68. diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,67 dan taraf signifikan 1%=2,38 karena thitung (to) lebih besar dari ttabel (t1), yakni taraf signifikasi 5% (19,34 > 1,67), maupun taraf signifikan 1% (19,34 > 2,38), maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMA Yapenas Petatal tahun ajaran 2017/2018.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MEDIA ILUSTRASI DIGITAL Anju Valentya Simanjuntak; Baharuddin Baharuddin
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada saat pra penelitian di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti ditemukan bahwa siswa masih merasa kesulitan pada materi menganalisis teks eksplanasi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada siklus I kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Meranti yang berjumlah 28 siswa mendapatkan nilai tertinggi 87,5 dan nilai terendah 56,25 dengan nilai rata-rata sebesar 68,97%, artinya nilai rata-rata tersebut dikelompokkan ke dalam kategori kurang. Pada siklus II nilai tertinggi 93,75 dan terendah 68,75 nilai rata-rata kelas kemampuan menganalisis teks eksplanasi dengan media ilustrasi digital adalah 80,35, artinya nilai rata-rata tersebut dikelompokkan ke dalam kategori baik. Peningkatan persentase keberhasilan siswa dalam menganalisis teks eksplanasi tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran yaitu media ilustrasi digital. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan cara siswa dihadapkan pada sebuah gambar, kemudian menganalisisnya, selanjutnya menuliskan paragraf eksplanasi. Peran peneliti saat proses pembelajaran berlangsung cukup efektif dengan memberikan materi teks eksplanasi sehingga siswa langsung mempraktekkan membuat teks eksplanasi berdasarkan media ilustrasi digital.
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PEMAHAMAN CERITA RAKYAT Sri Rahayu; Heni Subagiharti
Jurnal Komunitas Bahasa Vol 6, No 2 (2018): Oktober 2018
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran Tahun Ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian the randomized posttest only experiment and control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ada 2 kelas (kelas X TKJ 5 dan X TKJ 6) yang diambil secara cluster random. Pada kelas X TKJ 5 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode bermain peran (role playing)dan pada kelas X TKJ 6 sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperolehnilai dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol 72,5. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,00 dan pada taraf signifikan 1%, dk = 58 yaitu 6,69 > 2,65. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode bermain peran (role playing) terhadap pemahaman cerita rakyat ”Legenda Danau Toba” pada siswa kelas X SMK Swasta Muhammadiyah 10 Kisaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 11