cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnal.p4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnal.p4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Core Subject : Education, Social,
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Community Service
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 23 Documents
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK GURU DI INDONESIA MUHAMAD SUHARDI; I MADE SONNY GUNAWAN
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.556

Abstract

Menyusun karya tulis ilmiah merupakan salah satu tuntutan profesi bagi seorang guru. Permasalahannya adalah tidak semua guru memiliki kemampuan dalam menyusun karya tulis ilmiah dengan baik, salah satunya yang berbentuk artikel ilmiah. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap guru di Indonesia, dapat diketahui bahwa sebagian besar guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun artikel ilmiah. Berawal dari permasalahan tersebut perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan dalam penulisan artikel bagi para guru. Program pelatihan dan pendampingan didesain dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan oleh Guru Inovatif Indonesia. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan dengan metode blended, yaitu melalui tatap muka dan melalui daring. Tahapan pertama merupakan pelatihan yang mencakup teori dan praktik sedangkan tahap kedua adalah bimbingan dalam melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah dapat menambah wawasan dan keterampilan guru dalam menulis karya tulis ilmiah. Selain itu guru dapat melakukan publikasi artikel pada jurnal ilmiah secara mandiri sebagai salah satu tuntutan profesi sebagai seorang guru.
EDUKASI DAN PENYULUHAN MENGGUNAKAN MASKER YANG BAIK DAN BENAR DALAM MENGHADAPI COVID-19 MELALUI PEMBAGIAN MASKER DI DESA GELANGGANG LOMBOK TIMUR ZINNURAIN ZINNURAIN
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.557

Abstract

Kondisi dunia global saat ini dihadapkan pada situasi yang mencekam dan darurat. Hingga pertengahan tahun 2021, seluruh negara di penjuru dunia termasuk Indonesia berkonsentrasi dalam upaya menanggulangi penyebaran wabah covid-19. Hal ini dikarenakan penyebaran covid-19 yang secara cepat semakin sulit terkontrol melebihi kecepatan petugas dalam upaya memutus rantai penyebaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di periode awal pandemi, masyarakat di kawasan Desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur sebagian besar belum mendapat informasi dan pengetahuan mengenai bahaya covid-19. Hal ini menjadi dasar kurangnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi dan penyuluhan pentingnya menggunakan masker yang baik dan benar dalam menghadapi covid-19 melalui pembagian masker di desa gelanggang lombok timur. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah berupa edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat cara menggunakan masker yang baik dan benar serta pembagian masker secara gratis sebagai alat protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan ini yakni masyarakat di desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur menjadi paham dan mengerti bahaya ancaman covid-19 dan memahami langkah-langkah protokol kesehatan yang dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 berupa penggunakan masker yang baik dan benar.
WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM UNGGULAN MADRASAH HAROMAIN HAROMAIN; RUDI HARIAWAN; MUHAMMAD SUHARDI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.543

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi tenaga pendidik dan kependidikan dilingkup madrasah dan menghasilkan program-program unggulan yang akan dilaksanakan oleh setiap warga madrasah. Peserta dalam kegiatan pengabdian yang terdiri atas tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Pondok Pesantren Nahdlatul Mujahidin sangat antusias dalam memberikan ide, pemikiran dan konsep yang diharapkan sebagai lembaga pendidikan yang efektif. Peningkatan kemampuan akademik siswa, pengembangan budaya madrasah serta penguatan karakter siswa menjadi acuan umum dalam menyusun program-program yang sesuai dengan keadaan madrasah.
MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA SISWA MDTA MELALUI BUKU CERITA BERTEMA ISLAM HAFNI HAFSAH
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.551

Abstract

Kegiatan ini merupakan Pengabdian Pada Masyarakat yang bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan bagi siswa Madrasah Diniyah Takwiliyah Awaliyah (MDTA) Nurul Jadid 2 di Kota Pekanbaru. Bahan bacaan yang disumbangkan berbentuk buku cetak sebanyak 84 (delapan puluh empat) buku cerita bergambar dan buku bertema Islami yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan tingkat literasi membaca siswa. Literasi membaca sangat diperlukan dalam kehidupan seseorang, dimana kebiasaan membaca perlu dipupuk sedari dini, sehingga menjadi suatu budaya. Buku cerita bergambar merupakan bahan bacaan yang menarik bagi anak-anak sekolah, sehingga penulis merasa perlu untuk menyediakan buku-buku tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Program Gerakan Literasi Sekolah. Akses mudah terhadap buku bukanlah hal yang lumrah bagi siswa Madrasah, disebabkan kurangnya sarana dan prasarana seperti perpustakaan di sekolah tersebut. Oeh sebab itu, buku yang disumbangkan dapat dipinjamkan kepada siswa sebagai penambah ilmu dan wawasan serta diharapkan dapat menanamkan budi pekerti yang baik.
PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI REMAJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI MUJIBURRAHMAN MUJIBURRAHMAN; NURAENI NURAENI; FARIDA HERNA ASTUTI; AHMAD MUZANNI; M MUHLISIN
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.422

Abstract

Pendidikan merupakan tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, yakni menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Remaja bukanlah orang dewasa ataupun anak-anak, remaja merupakan waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut dewasa tetapi tidak dapat juga disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pernikahan dini (early married) adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan atau salah satu pasangan masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia dibawah usia 19 tahun. Kegiatan penyuluhan pendidikan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pendidikan dan beberapa dampak buruk dari pernikahan yang dilangsungkan di bawah umur. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta dalam pengabdian ini berasal dari kelas X, XI dan XII berjumlah 50 orang tergabung dalam satu ruang utama untuk terlibat aktif dalam pengabdian. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian ini, bahwa siswa kelas X kurang aktif dalam diskusi namun tetap mengikuti dengan seksama, kemudian kelas XI dan XII berpatisifasi aktif baik dalam diskusi maupun menjawab pertanyaan dari para pemateri, siswa mengetahui pentingnya pendidikan, mengetahui usia untuk boleh melangsungkan pernikahan, dan mengetahui dampak buruk dari pernikahan yang dilakukan dibawah umur.
EVALUASI PASCA PELATIHAN KADER POSBINDU PTM ANGKATAN I DI LATKESMAS MURNAJATI TAHUN 2020 DENGAN PENDEKATAN MODEL KIRKPATRIC DONY NOERLIANI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.508

Abstract

Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat dicegah dengan mengendalikan factor resikonya. Upaya untuk menunjang program pemerintah dalam pengendalian factor resiko PTM serta terlaksananya pencegahan dan pengendalian factor resiko PTM berbasis peran serta masyarakat secara terpadu, rutin dan periodic maka diperlukan strategi khusus yaitu dengan pendidikan dan pelatihan kader Posbindu PTM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perubahan perilaku peserta Diklat Kader Posbindu PTM angkatan I dalam menerapkan hasil belajarnya pada pelaksanaan tugas sebagai kader Posbindu PTM di wilayah kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi perubahan perilaku peserta Diklat Kader Posbindu PTM I dengan metode evaluasi Kicrpatrick tahap tiga dengan sumber data peserta diklat, kader Posbindu PTM dan PJ PTM di tempat peserta Diklat Kader Posbindu PTM I. Pengambilan data secara daring dengan google drive dan observasi oleh enumerator. Pengambilan data dilakukan sepuluh (10) bulan setelah pelatihan. Hampir seluruh peserta diklat telah menindaklanjuti Rencana Tindak Lanjut yang telah dibuat yaitu pelaporan, sosialisasi, dan penyusunan rencana kerja. Sebagian besar peserta diklat telah melaksanakan upaya pencegahan dan pengendalian Faktor Resiko PTM secara preventif, promotif, deteksi dini dan monitoring serta pelaksanaan rujukan pada warga dengan resiko dan melaksanakan pencatatan dan pelaporan. Posbindu PTM merupakan wujud peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini factor resiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Pelatihan diperlukan untuk pengembangan diri kader agar penyelenggaraan Posbindu menjadi lebih efekltif oleh karena itu diperlukan evaluasi pelatihan yang telah dilaksanakan untuk mendapatkan informasi tentang efektifitas dan tingkat ketercapaian dari suatu pendidikan dan pelatihan.
SOSIALISASI STRATEGI MEMINIMALISIR PERNIKAHAN USIA MUDA DI SMK ASSULAMY LANGKO M. ZAINAL MUSTAMIIN; ZULFAKAR ZULFAKAR; HADI GUNAWAN SAKTI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.167

Abstract

Artikel pengabdian masyarakat ini berisikan cara pencegahan pernikahan usia dini di SMK Assulamy, Desa Langko Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat begitu penting dilakukan. Pernikahan usia muda berdampak negatif bagi remaja dan ketika dalam menjalani hidup berkeluarga. Alasan orang tua dulu melakukan pernikahan usia dini karena untuk menghindari zinah dan fitnah, mitos bahwa “apabila ada anak perempuan menolak untuk diajak menikah sampai 3 kali maka dirinya tidak akan laku” dan perjodohan dari orang tua mereka. Akibatnya lingkungan persepsi orang tua menjadi negatif berdasarkan pengalaman buruk yang mereka alami setelah melakukan pernikahan usia dini, yaitu pendidikan rendah, mengalami kekerasan hingga perceraian dan ibu usia muda mengalami pendarahan. Adapun strategi pencegahan pernikahan usia dini adalah orang tua menyekolahkan anak ke pondok pesantren Assulamy Langko dan himbauan dari balai nikah/KUA agar tidak nikah usia muda.
PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DI KABUPATEN SUMBAWA ADE KURNIAWAN; ELISKA JULIANGKARY; ZAENAL ABIDIN; PUJILESTARI PUJILESTARI; SRI YULIYANTI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.414

Abstract

Penggunaan Macromedia Authorware Terintergrasi Flas penting sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika sedemikian sehingga pada proses belajar mengajar siswa lebih termotivasi dan menguasai materi pembelajaran khususnya matematika dengan lebih baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) bagi guru-guru khususnya guru bidang studi matematika. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri dari tahapan (1) menyusun modul pelatihan yang disusun oleh tim pengabdian, (2) penyampaian materi oleh tim (3) praktek. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan ini antara lain: 1) Guru–guru atau peserta pelatihan dapat mengetahui dasar-dasar dari media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) dalam pembelajaran matematika. 2) Guru dapat menghasilkan media pembelajaran dengan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas). Kegiatan pelatihan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) bagi guru-guru di Alas Barat khususnya guru SMP Muhammadiyah Mapin dapat menambah pengetahuan guru-guru serta mengembangkan kreativitas dalam membuat serta merencanakan media interaktif dalam pengajaran.
PENYULUHAN PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN POSITIF DIMASA PANDEMI COVID-19 ENENG GARNIKA; BQ.ROHIYATUN ROHIYATUN; LU’LUIN NAJWA
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.136

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pada guru dan orang tua tentang pendidikan dan pengasuhan positif dimasa Pandemi Covid-19. Meningkatkan pemahaman pada guru dan orang tua dampak positif dari Pendidikan dan pengasuhan positif di masa Pandemi Covid 19.Sasaran kegiatan adalah guru-guru dan orang tua peserta didik TK Dahlia Darmaji Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Tahapan kegiatan pengabdian dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah Pendidikan dan pengasuhan positif dapat mengembangkan aspek perkembangan anak dan dapat membuat anak bahagia sehingga dapat belajar lebih baik. Pendidikan dan pengasuhan positif dapat dilakukan dengan memberikan umpan balik positif, kata-kata yang menguatkan, guru dan orang tua memberikan motivasi, guru dan orang tua dapat melihat potensi baik anak, membangun hubungan sosial positif yang baik, serta memberi teladan dan mampu mengembangkan potensi terbaiknya.
EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP PADA SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BOGOR MUKHLIDAH HANUN SIREGAR; RATU DIAH KOERNIAWATI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.148

Abstract

Remaja adalah kelompok daur hidup yang sangat memerlukan informasi tentang gizi seimbang. Hal ini dikarenakan, remaja mengalami masa transisi menuju dewasa yang perlu asupan gizi yang optimal agar terhindari dari masalah kesehatan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi gizi seimbang kepada siswa Madrasah Aliyah Daarul Fataa. Edukasi dilakukan menggunakan media sosial Whatsapp dengan mengumpulkan siswa dalam satu grup. Nilai rata-rata skor pengetahuan pre dan post test yaitu 21,33 dan 49,33. Dan ditemukan bahwa skor pengetahuan pre dan post test berbeda secara signifikan (pvalue=0,000). Disimpulkan bahwa edukasi menggunakan Whatsapp efektif dalam memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan pada siswa Madrasah Aliyah. Kegiatan ini dapat dilakukan kembali dengan tetap mengupayakan inovasi dalam pemberian materi sehingga umpan balik peserta meningkat.

Page 1 of 3 | Total Record : 23