cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnal.p4i@gmail.com
Phone
+6285239967417
Journal Mail Official
jurnal.p4i@gmail.com
Editorial Address
Lingkungan Handayani, Kel. Leneng, kec. Praya, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Core Subject : Education, Social,
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Community Service
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 42 Documents
PENINGKATAN PENGETAHUAN PENGELOLAAN WISATA DI PULAU LOMBOK BERBASIS MEDIA SOSIAL BAGI SISWA KABUPATEN LOMBOK BARAT SULAEMAN SULAEMAN; ZINNU RAIN; MA’RUF AL GIFARI; MUHAMAD SUHARDI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.105

Abstract

Social media is a communication and interaction forum used by millennials to interact and share information with one another. The potential of social media as a media for tourism promotion is very large, but it is still not optimally utilized for productive activities, including students of Madrasah Aliyah Al Madani, West Lombok Regency due to the lack of knowledge and skills of madrasah students in the use of social media they have. This training aims to improve the knowledge and creativity skills of MA Al Madani students in utilizing social media as a promotional media in tourism management, especially in program promotion activities and tourism media. The stages of this service activity process begin with observing the potential of schools, followed by discussion activities and formulating the theme of training activities in accordance with school plans and programs, then carrying out training activities according to the agreed theme until post-training evaluation activities take place. The training activities were guided by expert trainers, it was found that through this training students could develop their skills in the use of various social media as a promotional platform in developing and managing tourism programs in Lombok Nusa Tenggara. The evaluation process, by monitoring and examining the trainees' social media after one week of training, shows that the program has been successfully developed and utilized by MA Al Madani students, West Lombok Regency, West Nusa Tenggara.
PENYULUHAN PENDIDIKAN DAN PENGASUHAN POSITIF DIMASA PANDEMI COVID-19 ENENG GARNIKA; BQ.ROHIYATUN ROHIYATUN; LU’LUIN NAJWA
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.136

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan pada guru dan orang tua tentang pendidikan dan pengasuhan positif dimasa Pandemi Covid-19. Meningkatkan pemahaman pada guru dan orang tua dampak positif dari Pendidikan dan pengasuhan positif di masa Pandemi Covid 19.Sasaran kegiatan adalah guru-guru dan orang tua peserta didik TK Dahlia Darmaji Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Tahapan kegiatan pengabdian dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah Pendidikan dan pengasuhan positif dapat mengembangkan aspek perkembangan anak dan dapat membuat anak bahagia sehingga dapat belajar lebih baik. Pendidikan dan pengasuhan positif dapat dilakukan dengan memberikan umpan balik positif, kata-kata yang menguatkan, guru dan orang tua memberikan motivasi, guru dan orang tua dapat melihat potensi baik anak, membangun hubungan sosial positif yang baik, serta memberi teladan dan mampu mengembangkan potensi terbaiknya.
EDUKASI GIZI SEIMBANG MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP PADA SISWA MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN BOGOR MUKHLIDAH HANUN SIREGAR; RATU DIAH KOERNIAWATI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.148

Abstract

Remaja adalah kelompok daur hidup yang sangat memerlukan informasi tentang gizi seimbang. Hal ini dikarenakan, remaja mengalami masa transisi menuju dewasa yang perlu asupan gizi yang optimal agar terhindari dari masalah kesehatan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi gizi seimbang kepada siswa Madrasah Aliyah Daarul Fataa. Edukasi dilakukan menggunakan media sosial Whatsapp dengan mengumpulkan siswa dalam satu grup. Nilai rata-rata skor pengetahuan pre dan post test yaitu 21,33 dan 49,33. Dan ditemukan bahwa skor pengetahuan pre dan post test berbeda secara signifikan (pvalue=0,000). Disimpulkan bahwa edukasi menggunakan Whatsapp efektif dalam memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan pada siswa Madrasah Aliyah. Kegiatan ini dapat dilakukan kembali dengan tetap mengupayakan inovasi dalam pemberian materi sehingga umpan balik peserta meningkat.
BASIC TRAINING LEADERSHIP MANAGEMENT FOR STUDENT AGUS FAHMI; HARDIANSYAH HARDIANSYAH; MENIK ARYANI; AHMAD MUSLIM
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.166

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan suatu negara sebagai unsur utama perubahan kearah yang lebih baik. Pembukaan UUD 1945 telah mengamanatkan bahwa tujuan utama indonesia Merdeka adalah “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa” artinya, pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi setiap insan yang hidup di bumi nusantara merupakan tanggungjawab penuh negara. Pada pelaksanaannya, pendidikan dituntut untuk melaksanakan kegiatan yang dapat memacu dan mewujudkan peserta didik yang tangguh, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, Cerdas, terampil, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Oleh karena itu, pelatihan manajemen kepemimpinan dasar bagi siswa sangatlah penting untuk dilaksanakan mengingat bahwa perkembangan Zaman dan Teknologi akan menggerus jiwa kritis, percaya diri, inisiatif, dan kepekaan sosial. Pelatihan manajemen kepemimpinan ini akan menggunakan metode ceramah atau penyuluhan dan simulasi atau permainan yang melatih untuk berpikir kritis. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar management kepemimpinan untuk siswa ini diharapkan dapat mewujudkan siswa yang mampu berpikir kritis, memiliki kecintaan dan ketakwaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu mengelola konflik dan emosi, memiliki inisiatif untuk pemecahan masalah, dan selalu menghargai pendapat orang lain, serta memiliki kepekaan sosial yang tinggi.
SOSIALISASI STRATEGI MEMINIMALISIR PERNIKAHAN USIA MUDA DI SMK ASSULAMY LANGKO M. ZAINAL MUSTAMIIN; ZULFAKAR ZULFAKAR; HADI GUNAWAN SAKTI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.167

Abstract

Artikel pengabdian masyarakat ini berisikan cara pencegahan pernikahan usia dini di SMK Assulamy, Desa Langko Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat begitu penting dilakukan. Pernikahan usia muda berdampak negatif bagi remaja dan ketika dalam menjalani hidup berkeluarga. Alasan orang tua dulu melakukan pernikahan usia dini karena untuk menghindari zinah dan fitnah, mitos bahwa “apabila ada anak perempuan menolak untuk diajak menikah sampai 3 kali maka dirinya tidak akan laku” dan perjodohan dari orang tua mereka. Akibatnya lingkungan persepsi orang tua menjadi negatif berdasarkan pengalaman buruk yang mereka alami setelah melakukan pernikahan usia dini, yaitu pendidikan rendah, mengalami kekerasan hingga perceraian dan ibu usia muda mengalami pendarahan. Adapun strategi pencegahan pernikahan usia dini adalah orang tua menyekolahkan anak ke pondok pesantren Assulamy Langko dan himbauan dari balai nikah/KUA agar tidak nikah usia muda.
PELATIHAN PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI GURU DI KABUPATEN SUMBAWA ADE KURNIAWAN; ELISKA JULIANGKARY; ZAENAL ABIDIN; PUJILESTARI PUJILESTARI; SRI YULIYANTI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.414

Abstract

Penggunaan Macromedia Authorware Terintergrasi Flas penting sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika sedemikian sehingga pada proses belajar mengajar siswa lebih termotivasi dan menguasai materi pembelajaran khususnya matematika dengan lebih baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Mapin Kabupaten Sumbawa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) bagi guru-guru khususnya guru bidang studi matematika. Metode pelaksanaan PKM ini terdiri dari tahapan (1) menyusun modul pelatihan yang disusun oleh tim pengabdian, (2) penyampaian materi oleh tim (3) praktek. Adapun hasil dari kegiatan pelatihan ini antara lain: 1) Guru–guru atau peserta pelatihan dapat mengetahui dasar-dasar dari media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) dalam pembelajaran matematika. 2) Guru dapat menghasilkan media pembelajaran dengan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas). Kegiatan pelatihan media interaktif (Macromedia Authorware Terintergrasi Flas) bagi guru-guru di Alas Barat khususnya guru SMP Muhammadiyah Mapin dapat menambah pengetahuan guru-guru serta mengembangkan kreativitas dalam membuat serta merencanakan media interaktif dalam pengajaran.
PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI REMAJA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI MUJIBURRAHMAN MUJIBURRAHMAN; NURAENI NURAENI; FARIDA HERNA ASTUTI; AHMAD MUZANNI; M MUHLISIN
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.422

Abstract

Pendidikan merupakan tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, yakni menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Remaja bukanlah orang dewasa ataupun anak-anak, remaja merupakan waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut dewasa tetapi tidak dapat juga disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pernikahan dini (early married) adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan atau salah satu pasangan masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia dibawah usia 19 tahun. Kegiatan penyuluhan pendidikan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pendidikan dan beberapa dampak buruk dari pernikahan yang dilangsungkan di bawah umur. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Peserta dalam pengabdian ini berasal dari kelas X, XI dan XII berjumlah 50 orang tergabung dalam satu ruang utama untuk terlibat aktif dalam pengabdian. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian ini, bahwa siswa kelas X kurang aktif dalam diskusi namun tetap mengikuti dengan seksama, kemudian kelas XI dan XII berpatisifasi aktif baik dalam diskusi maupun menjawab pertanyaan dari para pemateri, siswa mengetahui pentingnya pendidikan, mengetahui usia untuk boleh melangsungkan pernikahan, dan mengetahui dampak buruk dari pernikahan yang dilakukan dibawah umur.
EVALUASI PASCA PELATIHAN KADER POSBINDU PTM ANGKATAN I DI LATKESMAS MURNAJATI TAHUN 2020 DENGAN PENDEKATAN MODEL KIRKPATRIC DONY NOERLIANI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.508

Abstract

Penyakit Tidak Menular (PTM) dapat dicegah dengan mengendalikan factor resikonya. Upaya untuk menunjang program pemerintah dalam pengendalian factor resiko PTM serta terlaksananya pencegahan dan pengendalian factor resiko PTM berbasis peran serta masyarakat secara terpadu, rutin dan periodic maka diperlukan strategi khusus yaitu dengan pendidikan dan pelatihan kader Posbindu PTM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perubahan perilaku peserta Diklat Kader Posbindu PTM angkatan I dalam menerapkan hasil belajarnya pada pelaksanaan tugas sebagai kader Posbindu PTM di wilayah kerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengevaluasi perubahan perilaku peserta Diklat Kader Posbindu PTM I dengan metode evaluasi Kicrpatrick tahap tiga dengan sumber data peserta diklat, kader Posbindu PTM dan PJ PTM di tempat peserta Diklat Kader Posbindu PTM I. Pengambilan data secara daring dengan google drive dan observasi oleh enumerator. Pengambilan data dilakukan sepuluh (10) bulan setelah pelatihan. Hampir seluruh peserta diklat telah menindaklanjuti Rencana Tindak Lanjut yang telah dibuat yaitu pelaporan, sosialisasi, dan penyusunan rencana kerja. Sebagian besar peserta diklat telah melaksanakan upaya pencegahan dan pengendalian Faktor Resiko PTM secara preventif, promotif, deteksi dini dan monitoring serta pelaksanaan rujukan pada warga dengan resiko dan melaksanakan pencatatan dan pelaporan. Posbindu PTM merupakan wujud peran serta masyarakat dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini factor resiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Pelatihan diperlukan untuk pengembangan diri kader agar penyelenggaraan Posbindu menjadi lebih efekltif oleh karena itu diperlukan evaluasi pelatihan yang telah dilaksanakan untuk mendapatkan informasi tentang efektifitas dan tingkat ketercapaian dari suatu pendidikan dan pelatihan.
WORKSHOP PENYUSUNAN PROGRAM UNGGULAN MADRASAH HAROMAIN HAROMAIN; RUDI HARIAWAN; MUHAMMAD SUHARDI
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.543

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi tenaga pendidik dan kependidikan dilingkup madrasah dan menghasilkan program-program unggulan yang akan dilaksanakan oleh setiap warga madrasah. Peserta dalam kegiatan pengabdian yang terdiri atas tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Pondok Pesantren Nahdlatul Mujahidin sangat antusias dalam memberikan ide, pemikiran dan konsep yang diharapkan sebagai lembaga pendidikan yang efektif. Peningkatan kemampuan akademik siswa, pengembangan budaya madrasah serta penguatan karakter siswa menjadi acuan umum dalam menyusun program-program yang sesuai dengan keadaan madrasah.
MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA SISWA MDTA MELALUI BUKU CERITA BERTEMA ISLAM HAFNI HAFSAH
COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021)
Publisher : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51878/community.v1i1.551

Abstract

Kegiatan ini merupakan Pengabdian Pada Masyarakat yang bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan bagi siswa Madrasah Diniyah Takwiliyah Awaliyah (MDTA) Nurul Jadid 2 di Kota Pekanbaru. Bahan bacaan yang disumbangkan berbentuk buku cetak sebanyak 84 (delapan puluh empat) buku cerita bergambar dan buku bertema Islami yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan tingkat literasi membaca siswa. Literasi membaca sangat diperlukan dalam kehidupan seseorang, dimana kebiasaan membaca perlu dipupuk sedari dini, sehingga menjadi suatu budaya. Buku cerita bergambar merupakan bahan bacaan yang menarik bagi anak-anak sekolah, sehingga penulis merasa perlu untuk menyediakan buku-buku tersebut sebagai salah satu bentuk dukungan kepada Program Gerakan Literasi Sekolah. Akses mudah terhadap buku bukanlah hal yang lumrah bagi siswa Madrasah, disebabkan kurangnya sarana dan prasarana seperti perpustakaan di sekolah tersebut. Oeh sebab itu, buku yang disumbangkan dapat dipinjamkan kepada siswa sebagai penambah ilmu dan wawasan serta diharapkan dapat menanamkan budi pekerti yang baik.