cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snip@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Jl. Kepodang No. 67 A Panjer Kebumen
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : 23389400     EISSN : 28082621     DOI : https://doi.org/10.20961
Core Subject : Education,
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, evaluasi pendidikan, dan pendidikan guru.
Arjuna Subject : -
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan" : 23 Documents clear
Penerapan Model Cooperative Script dalam Peningkatan Kerjasama dan Komunikasi pada Tema Panas dan Perpindahannya Siswa Kelas V SD N 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2018/ 2019 Ingtiarti Ingtiarti; Kartika Chrysti Suryandari; Tri Saptuti Susiani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.402 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40766

Abstract

Penerapan Model Cooperative Script dalam Peningkatan Kerja Sama dan Komunikasi Pada Tema Panas dan Perpindahannya Siswa Kelas V SD N 1 Bumirejo Tahun Ajaran 2018/ 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah penerapan model cooperative script untuk meningkatkan kerja sama dan komunikasi pada tema Panas dan Perpindahannya siswa kelas V SD N 1 Bumirejo tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N 1 Bumirejo dengan guru sebagai pelaksana tindakan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, angket serta hasil pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kerja sama dan komunikasi siswa meningkat melalui penerapan model cooperative script pada tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD
Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) dengan Media Kertas Lipat dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas III SD Negeri Mangli Tahun Ajaran 2018/2019 Annisa Zuraida Rahmah; Wahyudi Wahyudi; Muhamad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.798 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40782

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan melalui penerapan model ARIAS dengan media kertas lipat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model ARIAS dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan.  
Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) dalam Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris tentang Things in the Classroom pada Siswa Kelas III SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019 Novi Nurhayati; Ngatman Ngatman; Suhartono Suhartono
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.805 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40761

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam peningkatan hasil belajar bahasa Inggris dan meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris tentang things in the classroom melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penerapan metode TPR melalui langkah-langkah (a) mengenalkan kosakata yang akan diajarkan, (b) mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata, (c) memperagakan kalimat yang menggambarkan kosakata, (d) mengulangi peragaan disertai dengan mengucapkan kalimat yang menggambarkan kosakata, (e) menuliskan kosakata beserta dengan arti dalam bahasa Indonesia; 2) penerapan metode TPR dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019
The Application of The Think Talk Write Model to Improve Poetry Writing Skills in Grade III Students of SDN 1 Wonosari Academic Year 2018/2019 Cahya Hidayanti; Suhartono Suhartono; Joharman Joharman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.709 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40777

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi dan meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penerapan model Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD N 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019. 
Penerapan Model Concept Sentence dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas III SD Negeri Kalikotes Tahun Ajaran 2018/2019 Maulida Ajeng Priyatnomo; Tri Saptuti Susiani; Muhamad Chamdani
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.247 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40772

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dan meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa melalui penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Concept Sentence dengan media flashcard dilaksanakan dengan tujuh langkah yaitu: : (1) penyampaian kompetensi yang akan dicapai, (2) penyampaian  materi sesuai dengan kompetensi, (3) pembentukan kelompok secara heterogen dan dan membagikan media flashcard, (4) penyajian kata kunci dengan flashcard, (5) Pembuatan kalimat dengan kata kunci yang ada di flashcard, (6) diskusi bersama, dan (7) kesimpulan. Penerapan model pembelajaran Concept Sentence yang dilakukan dengan langkah-langkah tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa yang diketahui melalui peningkatan persentase ketuntasan siswa sebesar 31,03% pada siklus I, 79,23% pada siklus II, dan 82,79% pada siklus III. 
The Improvement of Natural Science Learning Outcomes about Force through The Multiple Inquiry Learning Model in Vocational School Students in SD Negeri Wero in Academic Year 2018/2019 Maudhi Cinthia Larasati; Ngatman Ngatman; Ratna Hidayah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.969 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40767

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Wero pada mata pelajaran IPA tentang kekuatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Sumber data yang digunakan adalah siswa dan guru. Data yang digunakan adalah dalam bentuk data kualitatif, yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan data kuantitatif, yaitu hasil tes pembelajaran subjek sains tentang kekuatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik tes dan non-tes. Validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi dan sumber data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar sains tentang kekuatan di kelas lima SD Negeri Wero. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa siswa terlibat langsung dalam kegiatan penyelidikan selama pembelajaran sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan siswa menjadi lebih mudah mengingat materi yang telah dipelajari, melalui proses perumusan masalah, secara aktif, dan inisiatif untuk menemukan konsep melalui inkuiri dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing sehingga siswa menjadi terbiasa belajar secara kritis tentang fenomena di sekitarnya, dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga mereka dapat melatih siswa untuk terampil dalam mendapatkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber belajar, meningkatkan antusiasme siswa selama pembelajaran melalui kegiatan investigasi, meningkatkan sikap kerjasama melalui proses diskusi kelompok, dan melatih kepercayaan diri siswa melalui presentasi. 
Penerapan Model Predict Observe Explain (POE) dalam Peningkatan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Tema 6 Cita-Citaku di Kelas IV SD Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019 Marchelina Dwi Saputri; Kartika Chrysti Suryandari; Ngatman Ngatman
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.998 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40783

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis penerapan model Predict Observe Explain, meningkatkan berpikir kritis pada pembelajaran IPA tema 6 cita-citaku.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Predict Observe Explain dapat meningkatkan berpikir kritis pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019.
The Application of Cooperative Script Type Model to Improve Intensive Reading Skills in Grade III Students of SD Negeri 1 Panjer in Academic Year 2018/2019 Chalisa Nurul Ilmi; Suhartono Suhartono; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.671 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40762

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Cooperative Script, untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif dan meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui penerapan model kooperatif tipe Cooperative Script. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N 1 Panjer tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi dan sumber. Analisis data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistik deskriptif komparatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III SD Negeri 1 Panjer tahun ajaran 2018/2019.
Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Multimedia untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS tentang Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Lerep Kebumen Tahun Ajaran 2018/2019 Anggun Larasati Hasyim; Wahyudi Wahyudi; Rokhmaniyah Rokhmaniyah
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.076 KB) | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40778

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatatkan pembelajaran IPS tentang tema Peristiwa dalam Kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesipulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat menigkatkan pembelajaran IPS tentang tema Peristiwa dalam Kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen
Penerapan Pendekatan Paikem untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Sudut pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Purwodadi Tahun Ajaran 2018/2019 P, Mauliddhina Imas; Wahyudi, Wahyudi; Chamdani, Muhamad
Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 7, No 3 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/jkc.v7i3.40773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan PAIKEM. Jenis Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan tiga siklus. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV di sekolah dasar negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang berupa hasil observasi dan wawancara tentang penerapan pendekatan PAIKEM dan data kuantitatif berupa nilai tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pengukuran sudut pada siswa kelas IV sekolah dasar negeri 3 Purwodadi tahun ajaran 2018/2019

Page 1 of 3 | Total Record : 23