cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): Februari" : 6 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE TERHADAP MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA SISWA KELAS XI DI MA AL-ISTIQOMAH TELAGAWARU Amirul Haj; Ni Ketut Alit Suarti; Indriaturrahmi Indriaturrahmi
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i1.76

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu strategi pembelajaran untuk mencapai tujuan dari pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik masih konvensional seperti dalam pelaksanaan proses pembelajarannya yang selalu monoton, guru hanya menerangkan dan menulis di papan, guru yang lebih banyak aktif dari pada muridnya. Tidak diberikan kebebasan untuk mengeksplorasikan kreatifitasnya, sehingga menyebabkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kurang atau masih di bawah KKM. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Adanya Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Di MA Al-Istiqomah Telagawaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one pre-test post-test design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test. Sesuai dengan hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 5,763 dan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 19 ternyata t hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel (5,763 > 2,086) dengan demikian H0 ditolak sedangkan Ha diterima yang berbunyi: Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI Di MA Al-Istiqomah Telagawaru, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah “Signifikan”.
PENGARUH DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SAKRA TIMUR Endi Irwinsa; Restu Wibawa; Ary Purmadi
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i1.77

Abstract

Permasalahan Penggunaan media yang terpaku pada buku paket dan kurang bervariasi mempengaruhi hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur, hampir 70% siwa tidak tuntas mencapai ketuntasan kriteria minimal (KKM). Sebagai salah satu sarana pembelajaran, sekolah harus dapat menyediakan media yang tepat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) agar tidak jenuh dalam menerima pembelajaran di kelas, untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu digunakan media lain yang mampu mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satunya dengan menggunakan media sparkol videoscribe. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Desain Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sakra Timur Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu peneliti menggunakan sampel dengan populasi sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 7,837 dan nilai ttabel pada taraf Signifikan 5% dengan db (N-1) = 21-1 = 20 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (7,837 >2,086), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: adanya Pengaruh Desain Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sakra Timur.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP NEGERI 2 WOJA Muhammad Syarifudin; Herlina Herlina; Restu Wibawa
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i1.78

Abstract

Proses belajar mengajar yang selama ini digunakan oleh Guru SMPN 2 Woja masih menggunakan metode ceramah (konversional) sehingga pada saat tanya jawab sebagian siswa sibuk dengan kegiatan masing-masing bahkan sebagian besar relatif diam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMPN 2 Woja. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan data t-test. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5%, maka di peroleh hasil penelitian yaitu nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (8,505>2,064). Dengan db (N-1) = 24 dengan kata lain, menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) berbunyi: Ada Pengaruh Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII SMPN 2 Woja.
PENGARUH PENERAPAN MEDIA TUTORIAL AUTOCAD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TKJ DI SMK NEGERI 9 MATARAM Istigna Istigna; Muh Husein Baysha; Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i1.79

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kreativitas hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram. Metode yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian ini yakni menggunakan teknik random sampling karena jumlah siswa 136 maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil 34 orang siswa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan observasi sebagai metode pokok sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus Chi-squere. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai t hitung 28,624 dan t table 9,488. Dengan demikian, t hitung > t tabel yaitu 28,624 >9,488. Ini berarti Hipotesis alternatif yang berbunyi ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram diterima dan Hipotesis nol yang berbunyi tidak ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMK Negeri 9 Mataram ditolak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media tutorial Autocad terhadap kreativitas belajar siswa kelas XI jurusan TKJ di SMKN 9 Mataram yang artinya hasil penelitian ini adalah signifikan dengan t hitung 28,624.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DI MA ANNAJAH Ernawati Ernawati; Wiwien Kurniawati; Muzakkir Muzakkir
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v3i1.80

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu guru mengajar lebih sering menggunakan model ceramah dan tanya jawab, serta tidak menggunakan model pembelajaran yang tepat, akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan menimbulkan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi rendah. Untuk mangatasi masalah yang telah dikemukaan di atas adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan pendekatan cara belajar peserta didik aktif yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran Reconnecting kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengruh strategi pembelajaran Reconnecting terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di MA Annajah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis eksperimen two-group posttest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pokok dengan observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rumus t-tes. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini Adalah Random Sampling dengan jumlah 38 siswa. Sesuai dengan hasil yang diperoleh t-hitung lebih kecil dari pada nilai t-tabel (1.714< 2.101) yang berarti Ho diterima dan Ha di tolak yang berbunyi: tidak adapengruh strategi pembelajaran Reconnecting terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X di MA Annajah, yang dikarenakan keterbatasan waktu jam pelajaran serta masih banyaknya siswa yang tidak konsentrasi dan kurang memperhatikan pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar didalam kelas sehinggadapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “tidak signifikan”.
Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi E. Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2022): Februari
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Daftar isi, Dewan Redaksi

Page 1 of 1 | Total Record : 6