cover
Contact Name
Eri Purwanti
Contact Email
stit.pringsewu@gmail.com
Phone
+6285273665681
Journal Mail Official
jurnalalibda@gmail.com
Editorial Address
Jl. UPTD Pengairan, Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu, Lampung 35372
Location
Kab. pringsewu,
Lampung
INDONESIA
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 27753778     EISSN : 27749851     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian pendidikan dan pembelajaran dasar, dan berkeinginan untuk menyalurkan pemikiran dan temuannya, terutama yang berkaitan dengan kajian dalam bidang studi sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, telaah ilmiah dan kritis serta komprehensif atas isu penting dan terkini yang tercakup dalam pembidangan jurnal.Fokus dan skopnya meliputi beberapa bidang kajian yang berhubungan dengan pendidikan dasar yaitu: IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan Pendidikan Jasmani.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022" : 6 Documents clear
ANALYSIS OF STUDENT FRIENDSHIPS AT MI RADEN INTAN GADINGREJO BASED ON: Perspectives OF George Caspar Homans Eri Purwanti; Yuni Lestari; Rojani Amsir
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54892/jpgmi.v2i02.236

Abstract

Manusia perlu membangun relasi dengan manusia lainnya karena pasti akan membutuhkan bantuan orang lain untuk mencukupi kebutuhannya. Interaksi yang terjadi antara dua individu atau lebih menghasilkan relasi. Salah satu relasi yang bisa dibentuk yakni berupa pertemanan. Hubungan pertemanan memiliki beberapa aspek yang mampu menjalin adanya interaksi antar individu salah satunya yakni adanya timbal balik. Hal ini sesuai dengan teori yang dicetuskan oleh George Caspar Homans yaitu teori pertukaran. Salah satu karakteristik teori pertukaran yang mencolok yakni cost and reward. Manusia Ketika melakukan interaksi selalu mempertimbangkan cost (biaya atau pengorbanan) dengan reward (hadiah atau manfaat) yang didapat dari interaksi. Pada hubungan pertemanan dapat bertahan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa analisis pertemanan siswi kelas II Madrasah Ibtidaiyah dengan yang diungkapkan oleh Homans pada teori pertukaran. Hubungan pertemanan tersebut cenderung bertahan dengan sebuah interaksi karena kedua individu memperoleh keuntungan berupa hadiah.
BEGINNING READING ABILITY USING IMAGE MEDIA (Analysis Study in Class 1 An-Nabawi MI Al Fajar Pringsewu): Indonesia Mawadah Kumalasari; Muhtarom; Wiwin Windayanti
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Membaca permulaan merupakan proses membaca yang dilakukan pada masa anak-anak, khususnya pada tahun awal sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa di kelas 1 An-Nabawi MI AL FAJAR Pringsewu Media yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan awal adalah media gambar Media bergambar sangat banyak diterapkan.pada siswa. Sekolah.Dasar I dan II dalam rangka keterampilan membaca. Keterampilan membaca dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah keterampilan bahasa dasar yang diajarkan di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau ucapan, serta perilaku orang yang diamati. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu kegiatan penelitian yang berkonteks kelas yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu, hasil pembelajaran, dan mencobakan hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwaada 88% siswa yang sudah bisa membaca secara lancar dari segi kata dan kalimat, ada 72% siswa yang sudah memahami dan membaca dengan menggunakan media gambar meskipun belum lancar dalam kalimat dan ada 68% siswa yang sudah bisa mengenal huruf tetapi untuk membacanya masih kesulitan. Kata kunci:Membaca Permulaan , Media Gambar
PATTERNS OF IMPLEMENTATION OF CHARACTERISTICS ON STUDENTS AT MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FAJAR PRINGSEWU: Indonesia Shoimmatun Azizah; Amrulloh Khoirul Ma'arif; Nurhadi Kusuma
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54892/jpgmi.v2i02.240

Abstract

ABSTRAK Pendidikan akhlak merupakan aspek kehidupan yang sangat mendasar, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Karena bagaimanapun kecerdasan seorang siswa tanpa dilandasi dengan akhlak yang baik, tidak akan mencerminkan kepribadian yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru dan Siswa, sedangkan objek pada penelitian ini adalah kondisi nilai-nilai akhlak di MI Al-Fajar Pringsewu, adanya faktor penghambat dan faktor pendukung pola penanaman nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang dilakukan adalah 1). Observasi 2). Wawancara 3). Studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, menampilkan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Kondisi akhlak peserta didik di MI Al-Fajar Pringsewu sudah baik. Faktor penghambat dan faktor pendukung Pola Penanaman Nilai-Nilai Akhlak pada peserta didik di MI Al-Fajar Pringsewu menyebutkan bahwa Sarana dan prasarana yang belum mencukupi untuk menampung jumlah siswa, salah satu contohnya mushola/masjid di MI Al fajar masih terlalu kecil,tidak sesui dengan jumlah peserta didiknya, sehingga proses pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah tidak bisa langsung semua siswa melainkan harus antri. Belum kompaknya guru untuk mengkondisikan para siswa, sehingga kegiatan-kegiatan yang menunjang proses penenanaman nilai akhlak, belum berjalan dengan maksimal. Dukungan kepala madrasah. Komitmen guru dalam melaksanakan pola-pola penanaman akhlak yang telah disepakati bersama. Kata Kunci: Pola Penanaman, Nilai-Nilai Akhlak, Peserta didik.
ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SHAPING CHARACTER IN HIGHER EDUCATION: Indonesia Nurlela; Evi Gusliana
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54892/jpgmi.v2i02.244

Abstract

AbstractCharacter formation is associated with the term ethics, morality, and or values related to moral strength, connoting "positive" and "good" not neutral. Therefore, character education more broadly can be interpreted as education that develops cultural values and national character in students so that they have values and character as their own character, apply these values in their lives as members of society, and religious citizens. nationalist, productive, and creative. The application of Islamic education needs to be done by increasing taqwa to God Almighty and noble character is a manifestation of the faith that is believed by everyone. Therefore, faith and piety that are united in a person will shape a person into a good, strong, honest and responsible person. With a strong character, it will be very useful for the unity and future of the nation. Character education in higher education is very important because it creates a young generation that is honest, polite and ethical. [1]Keywords: Islamic religious education, character, higher education
TEACHER'S STRATEGY IN IMPROVING STUDENT'S LEARNING MOTIVATION: Indonesia Alfain Hadid Bagaskara; Tajudin Nur; Yayat Herdiana
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54892/jpgmi.v2i02.245

Abstract

Abstract The existence of this study aims to respond to several strategies that must be used by a teacher to complete the learning process. Teacher strategy is a general approach to teaching that is applicable in various subject areas and is used to meet various learning objectives. Teachers must have an ideal teaching strategy in the classroom to suit conditions that are usually different at each level. The type of method used in this research is a literature study that presents previously published material, and reports new facts or analyzes and a literature review provides a summary of the best and most relevant publications. Based on the results of this study that in an effort to provide motivation, teachers can analyze the motives behind students who are lazy to learn and have decreased achievement in school. The teacher's strategy is very necessary in increasing students' learning motivation, with the implementation of this strategy it is expected that students can improve their learning achievement. Keywords: Teacher's Strategy, Student's Learning Motivation
REVIEW: THE ROLE OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION IN IMPROVING THE PROFESSIONALISM OF PAI TEACHERS: Indonesia Hanifah Utami Rahman; Hinggil Permana
Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 2 No. 02 (2022): Vol. 02 No. 02 Tahun 2022
Publisher : STIT Pringsewu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54892/jpgmi.v2i02.248

Abstract

Abstract The purpose of this article is to discuss the role of educational administration in improving teacher professionalism. Educational administration is a set of activities to collect, record, procure, reproduce, send and store various information materials for organizational purposes and consideration for leaders in making appropriate decisions or policy steps. In this case the need for a professional spirit in working with it emphasizes a mental attitude in the form of commitment from a job that becomes his profession. Someone who is a professional will always try to improve and realize the quality of his work. The Contribution of Educational Administration in Improving the Professionalism of PAI Teachers, Educational administration has five contributions in developing the professionalism of PAI teachers, namely: (1) time management, (2) classroom management, (3) stimulates innovation, (4) stimulates technical skills development, and (5) the concept of transforming students. Keywords: Education Administration, PAI Teacher Professionalisme

Page 1 of 1 | Total Record : 6