cover
Contact Name
Muhammad Istiqlal
Contact Email
m.istiqlal@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
m.istiqlal@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001,Dsn.Bandungan,Ds. Gedangan,Kec. Tuntang, Semarang 50773
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 27459985     DOI : https://doi.org/10.35672/afeksi.v2i2.28
Core Subject : Education, Social,
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that emphasized on improving the quality of education. Afeksi is published by Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran in corporate with Mahfud Ridwan Institute.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2023)" : 10 Documents clear
TRADISI BANU SEBAGAI SUMBER INSPIRASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK MENGATASI KRISIS EKOLOGI Irene SOndang Ully
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.69

Abstract

Krisis ekologi telah menjadi isu global yang mendesak untuk diselesaikan, terutama karena sangat mengamcam keberlangsungan kehidupan di bumi. Artikel jurnal ini membahas tentang nilai-nilai ekologis dalam tradisi Banu, salah satu bentuk kearifan lokal Atoni Meto yang masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Loli, Nusa Tenggara Timur (NTT). Melalui pendekatan penelitian kualitatif, penulis menganalisis nilai-nilai dan praktik yang terkandung dalam tradisi Banu dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diintegrasikan ke dalam Pendidikan Agama Kristen untuk mengatasi krisis ekologi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subyek penelitian 10 orang dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Banu dapat dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi krisis ekologi. Artikel ini memberikan kontribusi konseptual dan praktis dalam upaya mengurangi dampak dari kerusakan alam melalui pendidikan agama Kristen dan memberikan gambaran tentang tradisi Banu yang kaya dan berharga untuk dilestarikan.
PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP MASA DEPAN PEKERJAAN REMAJA PUTUS SEKOLAH DI KENAGARIAN SUNGAI BETUNG KABUPATEN SIJUNJUNG Zuwirda Zuwirda; Adiya Warman; Fadil Maiseptian
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.88

Abstract

Idealnya remaja harapan bangsa memiliki ilmu pengetahuan dan pekerjaan, tapi kenyataannya banyak dari mereka yang belum memiliki pekerjaan dan masih banyak yang hanya berhuru- hara bersama teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman, penilaian, dan tindakan  masyarakat terhadap masa depan pekerjaan remaja putus sekolah di Kenagarian Sungai Betung. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis deskriptif yaitu menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan apa adanya. Sumber data yaitu masyarakat yang berusia 40-50 tahun. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sabjek penelitian ini berjumlah 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang masa depan pekerjaan remaja putus sekolah, yaitu: (a) sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa pendidikan dan pekerjaan itu penting; (b) sebagaian kecil berpendapat akan sulit bagi remaja untuk memperoleh pekerjaan yang baik dan memadai. (2)  Penilaian masyarakat tentang masa depan pekerjaan remaja putus sekolah, yaitu: (a) pada umumnya masyarakat menilai bahwa tidak baik bagi remaja jika tidak berpendidikan dan memiliki keterampilan; (b) akan menyulitkan bagi remaja putus sekolah untuk mendapatkan pekerjaan. (3) Tindakan masyarakat tentang masa depan pekerjaan remaja putus sekolah, yaitu: (a) masyarakat membawa anak remajanya untuk ikut membantu bertani; (b) ikut mengurus dagangan orang tuanya yang memilki dagangan; (c) menyuruh remajanya untuk membuka usaha dengan modal yang telah disediakan; (d) masyarakat yang berperan sebagai Niniak Mamak, Tungku Tigo Sajarangan, Alim Ulama, dan Wali Nagari sering mengikut sertakan remaja putus sekolah untuk ikut kegiatan Kenagarian sesuai kemampuannya.
PELAKSANAAN METODE DAKWAH PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM PENANGGULANGAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KECAMATAN KUBUNG Rosdialena Rosdialena; Thaheransyah Thaheransyah; Alifatunnisa Melia
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.74

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di lingkungan Masyarakat Nagari Koto Baru Dalam penyalahgunaan Narkoba. Berdasarkan observasi awal ditemukan penyebab permasalahan tersebut karena kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya terutama usia remaja. Remaja terlibat dalam pergaulan bebas sehingga terpengaruh dalam penyalahgunaan narkoba. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu penyuluh agama Islam di Nagari Koto Baru Kecamatan Kubung. Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan sampling incidental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil dari penelitian ini  yaitu : 1) Pelaksanaan metode bil hikmah dapat dilakukan dengan memberikan contoh keteladanan dalam penanggulangan narkoba baru menceritakan kisah-kisah nabi dan sahabat nabi. 2) Pelaksanaan metode bil mauidzah hasanah dapat menggunakan kata dan materi yang berkaitan dengan narkoba. 3) Pelaksanaan metode bil mujadalah billati hiya ahsan  Dalam mengikuti dakwah selalu diberikan kebebasan kepada siapa pun. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penyuluh agama lebih dominan melaksanakan dakwah menggunakan metode bil mauidzah hasanah dari pada penggunaan metode bil hikmah, dan  metode bil mujadalah billati hiya ahsan.
PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PENDIDIK DI MI AL BIDAYAH CANDI BANDUNGAN Lia Adintya; Erna Risfaula Kusumawati
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.76

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pengembangan kepribadian guru di MI Al Bidayah Candi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Studi ini berfokus pada kesulitan yang dihadapi guru ketika mengajar pengembangan kepribadian dan kompetensi di kelas. Kepala sekolah dan guru di MI Al Bidayah Candi menjadi fokus penelitian ini. metode pengumpulan data di MI Al Bidayah Candi melalui dokumentasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru. Teknik pencarian informasi berupa transkrip, catatan, surat kabar, buku, risalah rapat, dan bentuk dokumentasi lainnya sedangkan wawancara dilakukan untuk menyelidiki data verbal atau kualitatif yang diberikan informan kunci. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru di MI Al Bidayah Candi mengalami kesulitan dalam pengembangan kepribadian karena kepribadian siswa masih terbentuk sejak lahir. Selain itu, pengembangan kepribadian guru terhambat oleh kurangnya rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat, kurangnya disiplin waktu, kurangnya apresiasi terhadap hasil karya siswa, dan kesulitan membedakan masalah di rumah dengan di sekolah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah pengembangan kepribadian guru di MI Al Bidayah Candi dapat diatasi melalui evaluasi dan pembinaan sehingga menghasilkan kompetensi kepribadian yang tanggung jawab, berwibawa, dewasa, stabil, dan lainnya.
ANALISIS RESPON DOSEN SEBAGAI PENGGUNA E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS TERINTEGRASI KEISLAMAN KEINDONESIAAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Fenny Widiyanti
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.87

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon dosen sebagai pengguna e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan materi klasifikasi makhluk hidup bagi mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga. Penilaian kelayakan e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan topik klasifikasi makhluk hidup bagi mahasiswa Tadris IPA IAIN Salatiga kepada 10 responden yaitu, dosen Biologi. Teknik purposive sampling digunakan dalam memilih dosen untuk penelitian ini dan hanya 10 orang yang dipilih berdasarkan pengetahuan mereka, yaitu. biologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan rumus uji pearson product moment. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil survey terhadap respon pengguna e-modul dengan rerata masuk kategori layak yaitu 2,41. Mereka cenderung melengkapi pembelajaran dengan e-modul berbasis literasi sains terintegrasi keislaman keIndonesiaan materi klasifikasi makhluk hidup. Perkuliahan berjalan dengan efektif dan efisien. E-modul menawarkan banyak keuntungan selama pembelajaran.
KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA KELAS VI DALAM MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN ALAT PRAKTIKUM IPA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK Siti Rohani; Erna Risfaula Kusumawati
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kegiatan pembelajaran IPA berbasis proyek dan praktikum pada materi rangkaian listrik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI MI Muhammadiyah Tangerang Selatan, Banten yang berjumlah 10. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian mixed method. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian kemampuan psikomotorik, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek yang dikolaborasikan dengan praktikum, peserta didik mampu membuat, mengembangkan, dan menggunakan alat praktikum IPA khususnya pada materi rangkaian listrik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian psikomotorik seluruh peserta didik kelas VI di atas KKM. Sembilan siswa memperoleh nilai 93-99 (kategori sangat baik) dan satu siswa memperoleh nilai 79 (kategori baik).  Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah masukan bagi guru dan calon guru untuk melakukan pembelajaran berbasis proyek dan praktikum agar kemampuan psikomotorik peserta didik bisa tercapai sesuai dengan target.
Pengaruh Buku Pop Up Jawa Terhadap Keterampilan Bahasa Jawa Anak PAUD Dwiana Asih Wiranti; Ulvia Febriana Hadiningsih
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.83

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media buku pop up dalam pembelajaran unggah–ungguh bahasa jawa anak usia 5–6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima maka Ho ditolak. Perhitungan uji-t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu = 7,221 dengan nilai sig (2-tailed) 0,05. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak pada pretest dan posttest di kelas eksperimen menggunakan media pop up book mengalami peningkatan, hal ini dilihat dari skor nilai pretest yaitu 83,33% dan skor nilai post test yaitu 91,67%. Maka, peningkatan persentase di kelas eksperimen sebesar 8,34%. Pada pretest dan posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa media pop up book memberikan pengaruh terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa. Hal ini juga dibuktikan dari hasil presentase pada kelas eksperimen sebesar 8,34%, dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak melalui perhitungan uji-t bahwa thitung ttabel yaitu 7,221 2,179. Maka disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku pop up book terhadap Unggah-ungguh Bahasa Jawa anak usia 5-6 tahun di RA Al Muhtadin Dermolo RT 03 RW 02 Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PEMBELAJARAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN Fadilla Esa Hadianti; Raisya Anandya Balqiest; Salma Ar-Raufa; Mochamad Whilky Rizkyanfi
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.71

Abstract

Pendidikan menjadi investasi suatu bangsa karena pendidikan berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara intelektual, psikologis, dan sosial masyarakat dalam suatu negara. Pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi yang berkualitas. Motivasi sangat diperlukan karena motivasi lah yang menjadi faktor utama yang mengarahkan seseorang saat melakukan suatu kegiatan tertentu. Motivasi belajar termasuk ke dalam faktor psikis dengan sifat non-intelektual yang dapat mempengaruhi kemampuan suatu individu pada saat mengikuti proses belajar dan mengajar. Motivasi dapat memengaruhi semangat belajar seorang individu. Semangat belajar bisa datang dari dalam diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar.  Mahasiswa sebagai seorang remaja yang menga membutuhkan motivasi yang kuat yang dapat membuat mahasiswa giat belajar sehingga dapat dilihat sebagai prestasi belajar yang diwakili oleh indeks nilai kumulatif (IPK) yang memuaskan. Mahasiswa harus memiliki motivasi untuk belajar agar merasa senang dalam mengikuti materi perkuliahan. Mahasiswa Pendidikan Manajemen Perkantoran sebagai calon guru harus mengetahui motivasi belajar bagi siswa karena motivasi sangat diperlukan untuk menjaga sekaligus meningkatkan semangat belajar siswa. Prodi pendidikan manajemen perkantoran adalah prodi yang memberikan pembelajaran mengenai ilmu kearsipan, pengolahan data, dan tata kelola perkantoran. Selain mempelajari ilmu-ilmu perkantoran juga diberikan pemahaman mengenai motivasi. Pemahaman ini yang nantinya digunakan sebagai bekal awal mahasiswa lulusan prodi Pendidikan Manajemen Perkantoran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Metode penelitian ini mneggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimana data yang diakumilasikan berupa kata-kata, berbentuk teknik pengumpulan data menggunakan form yang diberikan. Dari hasil pengolahan data terdapat 37,5 % mahasiswa yang lebih termotivasi ketika mengerjakan tugas inidividu, sedangkan 18,8 mahasiswa lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas kelompok.
PERSEPSI BURUK SISWA TERHADAP AKUNTANSI: BAGAIMANA ITU BISA TERJADI? Nur Shania Hardiyanti; Annisa Ayuningtyas; Chintya Fasya Arrahman; Gesika Putri Kencana Arum; Khaulah Najdah Labibah Ahmady; Rama Wijaya Abdul Rozak; Heni Mulyani
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.85

Abstract

Persepsi siswa terhadap akuntansi menjadi indikator keberhasilan pembelajaran. Keberhasilan pembelajaran didukung dengan persepsi baik yang dimiliki siswa terhadap akuntansi. Namun, nyatanya sebagian siswa memiliki persepsi buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap akuntansi dan penyebab timbulnya persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang secara objektif memaparkan mengenai persepsi siswa terhadap akuntansi. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan hasil wawancara yang dilakukan kepada 50 siswa SMA kelas 12 yang berusia rata-rata 17-18 tahun. Peneliti mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber yang terdiri dari pertanyaan terbuka dan tertutup. Peneliti menganalisis dan mengategorikan jawaban narasumber untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi buruk terhadap akuntansi. Persepsi buruk tersebut disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya analisis kasus akuntansi yang dianggap sulit, rumit dan adanya ketidakminatan siswa terhadap pembelajaran numerik. Dalam proses pembelajaran, guru sangat berperan untuk membentuk dan mengubah persepsi siswa terhadap akuntansi. Penyebab persepsi buruk siswa terhadap akuntansi dapat dianalisis melalui pendekatan psikologis, pendekatan pengalaman, dan pendekatan komunikasi.
PERAN PEMBINA ASRAMA TERHADAP STRESS ACADEMIC SANTRI DI PONDOK PESANTREN SUMATERA THAWALIB PARABEK BUKITTINGGI Thaheransyah Thaheransyah; Rosdialena Rosdialena; Isro Diin
Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 4, No 2 (2023)
Publisher : Pusat Studi Penelitian dan Evaluasi Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35672/afeksi.v4i2.75

Abstract

This research was motivated by the problems found in the Sumatra Thawalib Parabek Bukittinggi Islamic Boarding School. Students who feel academic stress due to many demands from parents and schools, such as encouragement for achievement in students in academic learning outcomes. In this case, there are many failures that students do find difficult due to the limited abilities of students. While the purpose of this study is to describe how the role of dormitory coaches on the academic stress of students at the Sumatra Thawalib Parabek Bukittinggi Islamic Boarding School. The research method used is qualitative descriptive research. The subjects of this study were dormitory supervisors aged 20-30 years and students aged 14-16 years as many as 10 people. How to take research subjects using total sampling techniques. Data collection techniques in this study by conducting observations, interviews and documentation. The results of this study show that the role of dormitory coaches on student academic stress from cognitive aspects, affective aspects, physiological aspects, and behavioral aspects has a positive impact on students, this is indicated when students can improve student learning outcomes at school

Page 1 of 1 | Total Record : 10