cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
bimaberilmu@gmail.com
Phone
+6285290880751
Journal Mail Official
jurnal.diksi01@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Sumbawa, desa Leu, RT. 009, RW. 004, Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
ISSN : 28093585     EISSN : 28093593     DOI : https://doi.org/10.53299/diksi.v2i1
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan di satuan pendidikan, proses pembelajaran, dan kajian lainnya keterkaitannya dengan pendidikan. Kemudian kajian dibidang sosial kemasyarakatan diantaranya, kehidupan masayarakat lokal suatu daerah, perkembangan jaman terhadap perubahan tingkah laku masayarakat, dan kajian-kajian lainnya terkait kehidupan sosial masyarakat. Jurnal Diksi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Bima Berilmu dan terbit 2 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial" : 5 Documents clear
Pengembangan Modul Statistika Berbasis Software untuk Pembelajaran Jarak Jauh di Universitas Wahidiyah Desi Gita Andriani; Fajar Lestari
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v2i2.114

Abstract

Kesulitan mempelajari materi yang bersifat praktikum pada saat pembelajaran jarak jauh menyebabkan mahasiswa kurang paham dengan materi yang disampaikan, selain itu penyampaian materi yang hanya berupa slide persentasi saja, mengakibatkan prestasi belajar statsitika mahasiswa rendah. Sebagai upaya meningkatan prestasi belajar maka dibutuhkan alat bantu berupa modul pembelajaran berbasis praktik, seperti praktik penggunaan software statistik yang mampu memudahkan dalam perhitungan statistika.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan modul statistika berbasis software di Universitas Wahidiyah. Modul statistika berbasis software ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket yaitu angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa terhadap penggunaan modul. Analisis yang digunakan penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan menghitung rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul statistika berbasis software valid dan layak digunakan sebagai modul pembelajaran jarak jauh mata kuliah statistika ditinjau dari aspek isi, bahasa, penyajian dan grafis.
Penerapan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mandiri Siswa Kelas VII SMP pada Materi Perbandingan Eka Sri Indrayany; Fajar Lestari
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v2i2.115

Abstract

Blended learning menjadi salah satu strategi pembelajaran baru yang banyak memberikan keuntungan bagi siswa, sekaligus sebagai bentuk dukungan teknologi informasi dan komunikasi ke arah modus pembelajaran baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar mandiri siswa dengan pembelajaran blended learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI 1 Panggul tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 26 orang siswa. Pengumpulan data untuk keaktifan belajar siswa menggunakan lembar observasi dan menggunakan tes yang berbentuk soal uraian yang terdiri dari 5 butir soal. Hasil dari penelitian ini adalah persentase skor keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklus I yaitu 68,78%, siklus II 69,80%, dan siklus ke III 71,43%. Dimana siswa memperoleh skor diatas KKM pada akhir siklus. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Efektivitas Think Pair Share (TPS) dan Pembelajaran Langsung dengan Talking Stick (TS) ditinjau dari Prestasi dan Kemandirian Belajar Doni Susanto; Erny Untari; Indra Puji Astuti
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v2i2.116

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2 x 3 yang bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang paling baik antara siswa yang diajar dengan menggunakan TPS-TS atau DL-TS ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Negeri kelas XI di Kabupaten Ngawi pada tahun pelajaran 2021/2022, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Ngawi dan MAN 3 Ngawi. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket kemandirian belajar siswa dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama.berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan TPS-TS lebih baik dari DL-TS (2) prestasi belajar matematika siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah sama baik (3) pada setiap model pembelajaran, Prestasi belajar matematika siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah sama baik (4) pada masing-masing kategori kemandirian belajar, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan TPS-TS lebih baik dari DL-TS.
Penerapan Metode Pembelajaran EPA (Eksplorasi, Pengenalan, dan Aplikasi Konsep) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 8 Donggo Satap Materi Operasi Bilangan Pecahan Susisusanti Susisusanti; Ika Wirahmad; Syarifuddin Syarifuddin
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v2i2.117

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VII-A SMP N 8 Donggo Satap diduga salah satu penyebabnya adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang diajarkan. Serta dalam menyampaikan materi pelajaran, guru lebih banyak menerapkan metode ceramah yang sifatnya monoton dan kurang variatif. Akibatnya siswa menjadi kurang aktif dan hanya menerima apa yang diberikan oleh guru serta mengerjakan tugas sesuai dengan apa yang diminta oleh guru. Oleh karena itu, guru perlu mencari metode pembelajaran yang lebih baik sehingga dalam proses pembelajaran yang diusahakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan metode EPA.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode EPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Penelitian ini menggunakan metode EPA (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi konsep). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70.51 dengan persentase sebesar 74.28% dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 73.82 dengan persentase sebesar 80% serta nilai rata-rata pada siklus III sebesar 80.05 dengan persentase 88.57%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran EPA (Ekplorasi, Pengenalan, dan Aplikasi Konsep) materi Operasi pada bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Improving Students Speaking Ability Through Storytelling at Eleventh Grade of SMAN I Lambitu Ika Irawati; Fitri Ningsi; Rahmi Rahmi; Ita Fitriati
DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial Vol. 2 No. 2 (2021): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/diksi.v2i2.122

Abstract

Speaking Ability was the important aspect in communication. The aim of the study was to investigate the improving speaking ability through storytelling in teaching speaking at eight grade of SMAN 1 Lambitu. This research used classroom action research. The subjects in this research were the students at the eleventh grade of SMAN 1 Lambitu. The sample were 16 students in one class. The researcher used the technique of storytelling through recount text to improve speaking skill. Quantitative data analysis technique used this research through average score and percentage of students’ test, while qualitative data analysis was taken from analysis of observation during the classroom. The result of this study was in cycle I was at fair category (60-70) which average score was 67,4. It indicated the students’ ability in storytelling was not active (<50%)., which the critical success 31,5%. While in cycle II, the result of students’ score was 75,3, which means that the students were good category (60-79). The result was indicated that the students habits in storytelling technique in cycle II was active (<80%). Moreover the result of observation were student enjoy the lesson and follow the teaching and learning process smoothly and regularly. So, the conclusion that story telling technique was improving students’ speaking ability at Eleventh Grade of SMA 1 Lambitu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5