cover
Contact Name
Piki Setri Pernantah, S.Pd., M.Pd
Contact Email
piki.setri@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282384078345
Journal Mail Official
jp@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau Kampus Bina Widya, Jl. HR Soebrantas Km. 12,5 Panam Pekanbaru, Riau, Indonesia – 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Riau
ISSN : 20864779     EISSN : 27158209     DOI : -
Core Subject : Education,
JP memuat artikel-artikel hasil penelitian dan/atau kajian analitis-kritis di bidang pendidikan dan pembelajaran dengan tujuan untuk memaparkan, mengeksplorasi, dan mengembangkan penelitian dan/atau pengetahuan tentang berbagai topik dan persoalan pendidikan, agar tersedianya informasi dan wadah publikasi bagi akademisi, praktisi dan peneliti dari berbagai PT Negeri, LPTK dan IAI/STAI Negeri dan PT Swasta seluruh Indonesia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2010)" : 6 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PEMBERIAN TUGAS MEMBUAT PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA MATA KULIAH KIMIA ORGANIK I Herdini '; Asmadi '; Nurmayati '
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.035 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuanmeningkatkan aktifitas dan hasil belaja mahasiswa, dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjekpenelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia semester tiga tahun akademis2007/2008, yang berjumlah 23 orang. Data yang dikumpulkan dari hasil penelitian ini adalahdata aktifitas belajar mahasiswa, aktifitas mengajar dosen, lembar tugas mahasiswa (LTM),dan ketuntasan belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisadeskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil berturut-turut untuk siklus I, II, danIII sebagai berikut : Aktifitas belajar mahasiswa 43, 48%, 43, 78%, dan 44,94%, aktifitasdosen 67,05%, 67,43%, dan 69,70%, rata-rata nilai LTM 46,55%, 71,65%, dan 78,84%,sedangkan ketuntasan belajar mahasiswa yang didapat adalah 52,17 %, 73,91 %, dan 78, 26%. Dari gambaran hasil yang diperoleh terlihat bahwa peningkatan yang cukup berarti adalahpada hasil LTM dan Ketuntasan belajar. Peningkatan hasil LTM diiringi dengan peningkatanketuntasan belajar, sedangkan aktifitas belajar mahasiswa terjadi peningkatan, tetapi sangatkecil.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH SPEAKING MELALUI PENERAPAN STRATEGI DRAMA PADA MAHASISWA BAHASA INGGRIS FKIP UNRI Jismulatif '
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.284 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk melihat keefektifandrama dalam meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa bahasa Inggris FKIPUNRI. Hasil observasi pada siklus I rata-rata kemampuan speaking mahasiswa(49,40%) dan skor hasil test siswa rata-rata (65,50). Hasil ini belum memenuhikriteria yang ditetapkan untuk ketuntasan siswa yaitu 70. Sehingga diadakan tindakanke dua (II) dengan melanjutkan pengajaran dengan menggunakan teknik bermaindrama. Mahasiswa juga diberi kesempatan latihan untuk adegan drama diluar kelas.Setelah diadalan tindakan pada siklus ke II berdasarkan observasi dan tes yangdilakukan ternyata kemampuan siswa meningkat menjadi (78,32%) dan skor hasilpost test mahasiswa rata-rata menjadi 75,00. Hasil penelitian ini memperlihatkanbahwa hasil yang telah dicapai siswa melebihi kriteria yang ditentukan. Dengandemikian teknik Drama dapat meningkatkan prestasi siswa dalam mata kuliahspeaking.
PENINGKATAN PROSES BELAJAR-MENGAJAR KIMIA MELALUI PEMANFAATAN VCD DI SMA MUHAMMADIYAH PEKANBARU Asmadi Muhammad Noer
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (275.594 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di sekolah menegah atas (SMA)Muhammadiyah, Pekanabaru dengan tujuan untuk meningkatakan proses belajar-mengajar (sekaligusuntuk meningkatkan hasil belajar). Penelitian tindakan kelas ini memfaatkan VCD dalam prosespembelajaran (kimia, sain). Hasil penelitian menunjukan peningkatan minat (motivasi) siswa dalampembelajaran kimia dan hal ini ditunjukan pula dengan hasil evaluasi belajar yang meningkat. Nilairata-rata siswa dengan pemanfaatan program VCD sebesar 74,23 dengan Ketuntasan Belajar siswa71,16 (%). Sedangkan Nilai rata-rata siswa tanpa VCD sebesar 62, 20 and Ketuntasan Belajar siswa45, 30 (%). Peningkatan hasil belajar sebesar 22, 9 (%). . Program VCD ini sangat menarik bagisiswa dan ini ditunjukkan dari hasil penilaian angket siswa. Dimana penilaian sebesar 3,95 (skala 5).Dengan pemanfaatan program VCD kimia membuat minat/motivasi siswa meningkat begitu pula hasilbelajar meningkat.
PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR I MAHASISWA SI PRODI PENDIDIKAN KIMIA FKIP UNRI Miharty '; Rasmiwetti '
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.692 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untukmenuntaskan kemampuan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Kimia Dasar I melaluipenerapan model pembelajaran berdasarkan masalah. Subjek penelitian, mahasiswa ProgramStudi Pendidikan Kimia PMIPA FKIP UR semester satu yang mengambil mata kuliah KimiaDasar I Tahun ajaran 2009/2010. Data penelitian ini dari evaluasi belajar dan lembaranaktivitas pembelajaran setiap siklus. Kriteria ketuntasan secara klasikal ditetapkan 75%.Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, pada Siklus I ketuntasan klasikal 52 %, Siklus II 62 %,dan Siklus III 86 %. Jadi ketuntasan tercapai pada Siklus III. Ketuntasan belajar dilaksakandengan proses; 1) pengajaran secara kelompok yang terdiri dari 5 atau 6 orang, 2)menggunakan media pembelajaran berupa buku bacaan Kimia Dasar dan Lembaran KerjaMahasiswa (LKM), 3) semua anggota kelompok harus diaktifkan, 4) dosen memberikanarahan materi dan pembahasan LKM, dan 5) menjelaskan materi yang didiskusikan baiksecara kelompok maupun secara klasikal.
PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 PEKANBARU Mariani Natalina; Yustini Yusuf; Maifitri '
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.678 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuanuntuk meningkatkan sikap ilmiahsains biologi siswa kelas VII4 SMP Negeri 21 Pekanbaru melalui Penggunaan Bahan AjarBerbasis CTL.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitiandilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2010. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII4,dengan jumlah siswa 41 orang (22 orang laki-laki dan 19 orang perempuan). Denganparameter sikap ilmiah. Instrumen pengumpulan datanyadengan menggunakan lembarobservasi dan angket. Hasil penelitian dengan menggunakam lembar observasimenunjukkan bahwa sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan, rata-rata sikap ilmiahpada siklus I yaitu sebesar 65 % (kategori cukup) dan pada siklus II menjadi 80%(kategori baik). Rata-rata sikap ilmiah siswa dengan mengunakan angket mengalamipeningkatan, sikap ilmiah siswa sebelum penggunaan yaitu sebesar 69.67% (kategoricukup) sedangkan sesudah penggunaan yaitu sebesar 82.76 % (kategori baik). Ujiternormalisasi (N-gain)menunjukkan peningkatan skor sikap ilmiah siswa sesudahpenggunaan bahan ajar berbasis CTL dengan rata-rata sebesar 0.44 (kategori sedang).Darihasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis CTL dapatmeningkatkan sikap ilmiah sains biologi siswa kelas VII4 SMP Negeri 21 PekanbaruTahun Ajaran 2009/2010.
POTENSI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL RANGKA PADA PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES , SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI Evi Suryawati
Jurnal Pendidikan Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.489 KB) | DOI: 10.31258/jp.1.2.%p

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pembelajaran kontekstualRANGKA terhadap keterampilan proses, sikap ilmiah dan hasil belajar Biologi.Penelitian kuasi eksperimen sebagai penelitian awal telah dilaksanakan di SMPN 7Pekanbaru, sampel terdiri dari 35 siswa kelompok eksperimen dan 36 orang siswakelompok kontrol. Data keterampilan proses, sikap ilmiah, dan hasil belajar diperolehmelalui observasi, kuesioner, dan tes kinerja. Analisis data secara deskriptif daninferensial dengan t-test. Rata- rata peningkatan melalui uji ternormalisasi (N-gain)diperoleh 0,31 untuk kelompok eksperimen dan 0,24 untuk kelompok kontrol. Secarakeseluruhan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 73,55 dan kelompok kontrol62,4. Analisis uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimendan kontrol. Hasil ini menunjukkan pembelajaran kontekstual RANGKA berpotensiuntuk pengembangan keterampilan proses , sikap ilmiah, dan hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6