cover
Contact Name
Muhammad Subhan
Contact Email
stkipbima.jurnal@gmail.com
Phone
+6282340867086
Journal Mail Official
admin@jurnal.stkipbima.ac.id
Editorial Address
Jl. Piere Tendean - Mande Kota Bima Kode POS 84119 Tlpn. (0374) 43195/42801
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pedagogos : Jurnal Pendidikan
ISSN : 26850532     EISSN : 26556804     DOI : https://doi.org/10.33627/gg.v4i1
Pedagogos : Jurnal Pendidikan merupakan media publikasi yang diterbit oleh kampus STKIP Bima, menerima dan menerbitkan hasil penelitian dari berbagai bidang keilmuan pada scope kependidikan. Pedagogos : Jurnal Pendidikan terdaftar pada LIPI (lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) terbit secara ofline/ cetak dengan ISSN : 2685-0532 dan terbit secara online dengan ISSN : 2655-6804, melakukan penerbitan artikel online 2 kali setahun yaitu pada bulan Januari dan Juni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan" : 19 Documents clear
Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul Isni Rahmawati
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.072 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.497

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SD Negeri 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data angket, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Panjangrejo dengan jumlah siswa 62 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji normalitas, dan uji T (uji hipotesis). Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Micrososft Excel 2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pada uji linearitas yang diperoleh nilai significance from linier adalah 0,75. Hal ini menunjukkan bahwa df>0,05 dan dapat diinterpretasikan bahwa terdapat hubungan linier yang signifikan antara X dan Y. Dari tabel hasil Uji T menunjukkan bahwa lebih besar dari yaitu 14.21978769>2.042272456. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif atau pengaruh antara variabel aplikasi Tik Tok dan Prestasi Belajar Peserta Didik di SD N 1 Panjangrejo Pundong Kabupaten Bantul. Kata Kunci: Media sosial, Aplikasi Tik Tok, Prestasi belajar ABSTRACT The purpose of this study is to find out how much influence Tik Tok social media has on the learning achievement of students at SD Negeri 1 Panjangrejo, Bantul Regency. This study uses quantitative research by collecting questionnaire data, documentation and observation. The subjects of this study were fourth grade students of SDN 1 Panjangrejo with a total of 62 students. The data analysis method used is validation test, normality test, and T test (hypothesis test). Data processing in this study using Microsoft Excel 2010 application. The results of this study indicate that the linearity test obtained the significance value from linear is 0.75. This shows that df> 0.05 and can be interpreted that there is a significant linear relationship between X and Y. From the table the results of the T test show that r_count is greater than r_table, namely 14.21978769>2.042272456. This shows that there is a positive correlation or influence between the variables of the Tik Tok application and the learning achievement of students at SD N 1 Panjangrejo Pundong, Bantul Regency. Keywords: Social media, Tik Tok application, learning achievement
Pengaruh Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Puzzle Pada PPkn Lambang Pancasila SD Nur Ariyanti
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.607 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.498

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh media puzzle pada lambang negara,agar pembelajaran bisa menggunakan media sebagai alat pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa lebih cepat mengingat l ambang. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis yaitu memperhitungkan hasil angket dengan menggunakan rumus uji validitas,uji test T dan uji normalitas. Yang menyimpulkan bahwa hasil belajar sendiri merupakan hasil interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dimana peran mengajar di posisikan sebagai guru dan peran belajar diposisikan sebagai murid. Lalu media pembelajaran sendiri bisa memperjelas penyampaian,dalam pelajaran sendiri ada beberapa materi yang sulit dijelaskan secara lisan,dengan media ini guru bisa menggunakan alat bantu konkret agar murid bisa melihat,mengamati dan menyimpulkan dengan pemikirannya sendiri. Jika penggunaan media puzzle pada pembelajaran PPkn sd dengan materi Lambang negara Indonesia dapat meningkatkan dan memacu siswa untuk berkontribusi dalam pembelajaran dan mengembangkan materi dengan hasil belajar yang didapat yaitu penerapan,pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki siswa selama permainan puzzle di lakukan. Kata Kunci : Hasil belajar,media puzzle The purpose of this study is to explain how much influence the puzzle media has on the national symbol, so that learning can use the media as a learning tool that aims to help students remember symbols faster. Researchers used quantitative methods with analytical techniques, namely estimating the results of the questionnaire using the validity test formula, T test test and normality test. concluded that the learning outcomes themselves are the result of the interaction of the act of learning and the act of teaching. Where the role in teaching is positioned as a teacher and the role of learning as a student. Then the learning media itself can clarify the delivery, in the lesson itself there are some materials that are difficult to explain orally, with this media the teacher can use tools so that students can see, observe and conclude with their own thoughts. If the use of puzzle media in primary school education with the material of the coat of arms of Indonesia can improve and encourage students to contribute to learning and develop materials with the learning outcomes obtained, namely the application, knowledge and understanding of students during the puzzle game. Keywords: learning outcomes, puzzle media
Fenomena Game Online Di Kalangan Anak Sekolah Dasar Rizma Rizma
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.135 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.505

Abstract

ABSTRAK Fenomena game online dikalangan anak sekolah dasar mengenai dampak positif dan negatif game online. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang mempunyai kaitan dengan topik pembahasan. Model artikel ini adalah studi literatur. Dari hasil analisis dan pengkajian literatur yang dilakukan menunjukkan bahwa, fenomena penggunaan game online dikalangan anak sekolah dasar memiliki dampak positif dan negatif. Penelitian ini mengunakan teori ketergantunan media secara sederhana, bahwa semakin besarnya pengaruh sebuah media terhadap pengguna media tersebut maka akan semakin kuat tingkat ketergantungan individu pada media yang disenangi. Teori ini sangat berkenaan dengan era saat ini, media dengan sarananya yang kemudian tiap individu sudah mulai bergantung pada media-media yang banyak tersebut. Misalnya, bermain game online hingga kecanduan. Selain menjadi sarana komunikasi sesama pengguna, game juga berguna menghilangkan rasa lelah dan jenuh setelah beraktivitas. Apalagi game sekarang tidak lagi hanya dimainkan dengan pilihan single player, tetapi sekarang game bisa dimainkan secara online (multiplayer). Kata kunci: Fenomena Sosial, Game Online, Anak Sekolah Dasar ABSTRACT The phenomenon of online games among elementary school children regarding the positive and negative of online games. This article is the result of an analysis by reviewing the literature related to the topic of discussion. The model of this article is a literature study. From the results of the analysis and literature review, it shows that the phenomenon of the use of online games among elementary scool children has a positive and negative. This study uses the theory of media dependence simply, that the greater the influence of a media on media users, the stronger the level of individual dependence on the preferred media. This theory is closely related to the current era, namely when various kinds of media appear with their facilities, which then each individual has started to depend on these many media. For example, playing online games to addiction. In addition to being a means of communication among users, games are also useful for relieving fatigue and boredom after activities. Keywords: Social Phenomena, Online Games, Elementary School Children
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Kuliah Konsep Dasar lPA I pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggunakan Pengajaran Remedial Sulistiawati .; Rita Sulistyowati; Lefudin .
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.495 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa PGSD yang mengambil mata kuliah Konsep Dasar IPA 1 (MKKD 113). Pendidikan Sekolah Dasar (SD) adalah pendidikan awal bagi anak didik untuk mengenal sekolah formal. Sekolah Dasar merupakan fondasi dasar pendidikan yang nantinya akan menunjang pendidikan selanjutnya. Oleh karena itu, guru SD harus memiliki fondasi pengetahuan yang benar dan kuat serta memiliki penguasaan materi pelajaran yang baik. Penguasaan materi ini merupakan salah satu kompetensi bidang kognitif yang harus dimiliki seorang guru dan sangat erat hubungannya dengan pemahaman konsep terhadap materi yang diajarkan. Pemahaman konsep diperlukan untuk menghindari miskonsepsi, baik oleh guru maupun murid. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Metode kualitatif yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan tipe One-group Pretest-posttest Design. Soal tes yang digunakan adalah mid semester dalam ranah C2 sebanyak 6 soal dalam Taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran remedial telah mampu menaikan persentase jawaban yang benar secara keseluruhan sebanyak 13,2 %. Perubahan pemahaman konsep mahasiswa yang dilihat dari nilai N-Gain, juga cukup baik yakni kategori sedang 32,5 % dan 21,6 % dengan kategori tinggi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terjadi miskonsepsi di kalangan mahasiswa melainkan hanya kekeliruan biasa
Persepsi Siswa Terhadap Minat Belajar Berbasis Aplikasi E-book Mata Pelajaran Fisika Siswa Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2020/2021 Nur Hajral
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.975 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.508

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk memperoleh atau mengumpulkan data informasi tentang populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang relatif lebih kecil. Subjek dalam penelitian ini adalah 109 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Belo, sumber data dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik sampling random/acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa Angket tertutup tentang minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi e-book. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa terhadap media pembelajaran berbasis aplikasi e-book berada dalam kategori sangat baik sebanyak 3 responden, 21 responden berada dalam kategori baik dan 6 responden berada dalam kategori cukup. Dengan nilai total skor keseluruhan minat siswa adalah 71,05%. Maka dapat disimpulkan bahwa Persepsi siswa terhadap minat belajar berbasis aplikasi e-book mata pelajaran fisika kelas XI SMA Negeri 1 Belo berada dalam kategori baik
Sistem Alarm Kebakaran Berbasis Arduino Menggunakan Flame Detector Dan Sensor MQ-2 Dian Indriani
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.574 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.509

Abstract

Telah dilakukan penelitian perancangan sebuah alat sistem alarm kebakaran dengan berbasis arduino menggunakan flame detector dan sensor MQ-2. Alat ini memberikan peringatan melalui buzzer ketika sensor mendeteksi api dan gas atau kebakaran yang berada di sekitarnya. Sumber objek berupa lilin yang akan dideteksi sensor flame detector dan sumber objek gas portable yang akan dideteksi sensor MQ-2. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen dimana dilakukan pengambilan data pada flame detector sebanyak 7 kali dan sensor MQ-2 sebanyak 5 kali. Sistem alarm kebakaran ini telah dilakukan validasi kelayakan alat oleh pakar media, tujuannya yaitu untuk mengukur kelayakan pada alat yang telah dirancang dengan membagikan angket kepada validator. Berdasarkan hasil validasi alat didapatkan hasil rata-rata 3,57 dimana skor tersebut memenuhi kriteria kelayakan dengan standar kelayakan 3,26 < x < 4,00. Hasil pengujian didapatkan bahwa sensor flame detector dapat mendeteksi keberadaan api pada jarak 5 cm - 40 cm, dimana pada jarak 5 cm dengan rata-rata waktu 0,57143, jarak 10 cm 1,57143, jarak 20 cm 8, jarak 30 13 dan jarak 40 cm 9. Sensor MQ-2 dapat mendeteksi kadar PPM yang melampui 1,20 PPM pada jarak 5 cm – 20 cm, dimana pada jarak 5 cm dengan rata-rata waktu3,8, jarak 10 cm 7,6, jarak 20 cm 11,4. Berdasarkan data dapat disimpulkan semakin jauh jarak yang ditempuh sensor dengan objek maka semakin lama pula waktu sensor mendeteksi objek tersebut.
Penerapan Teknik Role Playing Untuk Menurunkan Perilaku Bullying Pada Remaja Faijin .; Nurhayati .; Nasution .; Juanda Mansyur; Sarbudin .
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.166 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.535

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas role playing untuk menurunkan perilakubullying pada remaja. Masalah bullying adalah salah satu masalah serius yang dihadapai oleh kita semua saat ini terutama remaja. Pada masyarakat awam, perilaku bullying dianggap suatu hal biasa dan masyarakat tidak menyadari bahwa perilaku tersebut berdampak buruk pada perkembang anak khususnya perkembangan psikologi. Masa remaja adalah masa mencari identitas, untuk itu remaja perlu perlakuan dan pengasuhan keluarga dan lingkungan yang positif agar dapat berkembang kearah yang diharapkan secara maksimal. Perilaku bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang kepada seorang atau kelompok yang tidak mampu melawan atau mempertahankan diri. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen one group pretest-posttest design (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). Pada tahap pre-test responden dilakukan test awal sebelum diberikan perlakuan selanjutnya diberikan perlakuan, kemudian diukur kembali (posttest). Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengukuran hasil penelitian menggunakan lembar penilaian diri, observasi. Data hasil penelitian ini dianalisa dengan rumus ttest (uji t). Hasil analisis data menemukan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 69,85% sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 56,57%. Nilai thitung adalah 2,309% apabila dikonsultasikan dengan nilai ttabel maka nilai ttabel adalah 1,943%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada nilaittabel. Maka hal itu bermakna bahwa hipotesis alternatif (Ha) “penggunaan teknik role playing efektif untuk menurunkan perilaku bullying pada remaja” diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Role Playing efektif untuk menurunjan perilaku bullyimh pada remaja.
Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA . Syaifullah; . Darwis; . Tahir
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.424 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.538

Abstract

Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan tentunya berada lini terdepan senantiasa meningkatkan pembelajaran yang bermutu di sekolah. Kepala sekolah diangkat untuk menduduki jabatan dan bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan upaya bersama dalam mencapai tujuan pendidikan pada level sekolah. Kunci utama dalam peningkata mutu pendidikan adalah komitmen bersama dan siap melakukan perubahan. Semua pihak, baik guru dan staf sekolah telah memiliki komitmen tersebut, pimpinan dapat dengan mudah mendorong mereka menemukan cara baru untuk memperbaiki efisiensi, produktivitas dan kualitas layanan pendidikan. Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan; 1) membantu para guru memahami, memilih, dan merumuskan tujuan pendidikan yang akan dicapai; 2) menggerakkan para guru, para karyawan, para siswa, dan anggota masyarakat untuk mensukseskan program-program pendidikan di sekolah; 3) menciptakan sekolah sebagai lingkungan kerja yang harmonis, sehat, dinamis, nyaman. sehingga segenap anggota dapat bekerja dengan penuh produktivitas dan memperoleh kepuasan kerja yang tinggi.
Pengaruh Senam Ergonomik Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibaru Kota Bima Tahun 2019 Arif Budi Wibowo
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.85 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.545

Abstract

Hypertension is one of the most common cardiovascular problems in the elderly. Prolonged blood pressure will cause damage to blood vessels throughout the body, so it can be controlled with pharmacological and non-pharmacological therapy, one of them using ergonomics gymnastics. Ergonomics Gymnastics is a movement of gymnastics combined with respiratory technology. The purpose of this research is to know the effect of ergonomics of gymnastics on changes in blood pressure in elderly hypertension in the work area of Puskesmas Jatibaru Kota Bima. Method: This study used quasi-experiment design with pre-post test control group design. About 30 elderly were divided into 15respondents in the intervention group and 15 respondents in control group, which were recruited using purposive sampling. The results of this study showed a significant difference between the intervention and control group in level of blood pressure changes. Based on Wilcoxonsigned rank test in the intervention group obtained pvalue = 0.001 < α 0.05, meaning there is an infulence of ergonomics gymnastyc on blood pressure change in elderly hypertension. For the results of Wilcoxonsigned rank test in control group obtained pvalue = 0.005 < α 0,05, meaning there is influence on weekly program of Puskesmas Jatibaru of the control group on blood pressure change in elderly hypertension. While difference test between treatment and control group using Mann whitney obtain pvalue = 0.004 < 0.05, meaning there is a difference between the intervention and control group in level of blood pressure changes in elderly. Discussion:This research is expected to be considered as the new intervention of Puskesmas Jatibaru to be able to make ergonomics exercise as a hypertensive control program. Conclusion in this study there were sigificant blood pressure changes before and after the nature of ergonomics gymnastyc on elderly hypertension in the work area of Puskesmas Jatibaru Kota Bima.
Pengaruh Pemberian Air Kelapa Muda Dengan Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi . Ayatullah
PEDAGOGOS : Jurnal Pendidikan Vol 3 No 2 (2021): Pedagogos : Jurnal Pendidikan
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.644 KB) | DOI: 10.33627/gg.v3i2.546

Abstract

Hypertension is a health problem that has been becoming the first killing disease in the world. Almost one billion people in the world suffer from hypertension and a quarter of these people were mostly adult. Hypertension is also places the first rank of diseases that lead to mortality in community health centers and Puskesmas in Tolowata According to the data of Tolowata 1 Community Health Ambalawi, especially in Tolowata Village Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, there were 24% people in the village suffered from hypertension. One of non-pharmacological treatment for hypertension is by consuming young coconut water. The objective of the research is to investigate the effect of young coconut water therapy toward blood pressure on hypertension patient in Village Tolowata Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. The research employed quasi One Group Pre Test-Post Tes Desig. The plan of this research was in a form of equivalent controled group design. The sampling technique used in the research was nonprobability sampling by using purposive sampling. There were 10 respondents involved in the research. The respondents were divided into two groups, 2 respondents belonged to experimental group and other 5 respondents belonged to controlled group. The result of mann-whitney test on systole and dyastole blood pressure before and after being given the treatment on first and second group was as follow, p-value equaled to 0,012<0,05 and 0,001<0,005. There is an effect of young coconut water therapy toward blood pressure on hypertension patients in Village Tolowata Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima.

Page 1 of 2 | Total Record : 19