cover
Contact Name
Fahmi Yahya
Contact Email
fyahyaadam@gmail.com
Phone
+6281703766888
Journal Mail Official
karyajpm.unsa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Semongkat, Sumbawa, NTB
Location
Kab. sumbawa,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Published by Universitas Samawa
ISSN : 27982076     EISSN : 27981827     DOI : -
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk pemberdayaan, pelatihan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal terbit perdana mulai Juni 2021. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Seluruh artikel dapat diakses dan didownload secara bebas oleh pihak yang membutuhkan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" : 38 Documents clear
PENDAMPINGAN RE-BRANDING RUMAH BATIK JAWA TIMUR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN Novia Febrianti; Yusela Sara Dwipa; Devinta Nur Arumsari
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya persaingan ekonomi saat ini membuat pelaku usaha harus terus mengembangkan produk dan promosi usahanya. Salah satunya dengan promosi pada sosial media. Namun hal tersebut perlu juga adanya inovasi, baik dari konsep, desain maupun brand. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan strategi pada segi pemasaran dengan pengadaan dan pendampingan re-branding. Mitra pada pengabdian masyarakat ini yaitu Rumah Batik Jawa Timur. Pelaksana bersama mitra juga melakukan pengoptimalan pada sosial media sebagai media promosi. Hasil implementasi strategi re-branding merek dagang baru, yaitu Suramadu Batik by Rumah Batik Jawa Timur mulai dikenal oleh masyarakat dengan adanya kegiatan pelatihan batik yang telah dilakukan, dan juga merupakan efek dari perbaharuan serta perbaikan sosial media Rumah Batik Jawa Timur khususnya Instagram.
PENDAMPINGAN PEMBUATAN INSTAGRAM DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM KOYO COFFEE DESA BARENG KECAMATAN BARENG KABUPATEN JOMBANG Mayang Dwi Sayekti; Intan Sari; Shofwan Mohammad Firmansyah; Kusuma Wardhani Mas’udah
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Instagram adalah media sosial berbasis gambar yang memberikan layanan berbagi foto atau video secara online. Tujuan diadakanya pendampingan pembuatan instagram adalah untuk mengenalkan media sosial pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Koyo Coffee di Desa Bareng agar dapat menerapkan pemasaran online yang saat ini selalu berkembang sebagai salah satu cara agar produknya lebih cepat dikenal oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Kegiatan pendampingan pembuatan instagram ini dilakukan dengan dua metode yaitu metode demonstrasi oleh mahasiswa dan praktek secara langsung oleh pemilik usaha. Hasil pendampingan pembuatan media sosial instagram, sosialisasi serta pengambilan foto produk kemarin bapak Eko Waluyo sudah mampu mengunggah foto produknya dengan gambar yang menarik dan juga penulisan keterangan yang sesuai dengan gambar. Setelah mengikuti sosialisasi kemarin kemampuan yang telah dimiliki bapak Eko Waluyo dalam pengelolaan media sosial instagram sudah baik dalam pemasaran produknya.
IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROMOSI PEMASARAN UMKM DESA MUNENG Taufikurrahman Taufikurrahman; Endiva Khoirum Putri; Adinda Rachmawati Puspita Ayu; Aniq Farikha; Ni Putu Krisna Purnama Sari; Mega Cahyono Putera; M Andi Hakim
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dilakukan oleh perseorangan atau rumah tangga maupun suatu badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan dengan tujuan untuk memproduksi suatu produk baik itu barang atau jasa yang diperjualkan dan memiliki modal usaha yang terbatas. Seiring dengan perkembangan teknologi, UMKM diharapkan untuk tidak selalu mengandalkan pemasaran konvensional karena sudah tidak relevan dengan perkembangan teknologi saat ini. Untuk itu UMKM perlu bergabung dengan E-commerce untuk memperluas jangkauan pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu studi literatur, observasi dan wawancara, dan pembuatan toko online.
PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DENGAN KOMPOSTER DALAM PEMANFAATAN SAMPAH SERTA PENGAPLIKASIAN TEKNIK TANAM VERTIKULTUR DI DESA MUNENG Taufikurrahman Taufikurrahman; Akira Putra Ardiansyah; Deffany Riono Putri; Ellinda Febrianty; Poppy Avianti; M. Effendy Dwi Y
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Tepat Guna merupakan teknologi tepat sasaran yang diterapkan pada suatu tempat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Salah satu TTG yaitu berupa kompos. Kompos adalah pupuk organik yang merupakan hasil penguraian bahan organik oleh mikroorganisme aktif. Desa Muneng, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu desa yang menghasilkan sampah organik. Terlihat potensi desa munneg cocok untuk diperkenalkan pupuk kompos sebagai bahan organik di sawah petani. Bukan hanya itu, selain untuk para petani, maka pupuk kompos sangat cocok untuk para masyarakat yang ingin berkebun namun tidak memiliki lahan yang luas, salah satunya yaitu menanam secara teknik vertikultur.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN METODE LEARNING BY DOING DALAM PENGOLAHAN BUNGA TELANG DI KELURAHAN MOJO, KOTA SURABAYA Nurul Azizah; M Daffa Asyhari; Cleodora Beatrice; Citra Kristin
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pemberdayaan masyarakat merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kesempatan, kemampuan, kekuasan kepada masyarakat yang kurang beruntung, serta sebagai sebuah upaya untuk dapat membangun daya, mendorong, memotivasi dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk turut serta terlibat dalam mengelola potensi lokal yang dimiliki khususnya oleh warga RT 04 RW 10 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Salah satu potensi lokal yang dimiliki adalah keberadaan tanaman bunga telang atau yang memiliki nama latin Clitoria ternatea. Adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik dan program pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh kelompok 58 diharapkan mampu untuk membantu warga khususnya ibu rumah tangga untuk dapat mengolah serta menjual produk olahan berbahan dasar bunga telang ini. Adapun metode yang digunakan dalam melaksanakan program ini dengan sistem learning by doing disertai bantuan media modul. Didapatkan kesimpulan diadakannya kegiatan pengabdian masyarakat ini, agar semakin berdaya dan memiliki nilai taraf hidup lebih baik pada warga di RT 04 RW 10 Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya. Dengan memahami manfaat dari bunga telang yang beragam bagi kesehatan nantinya dapat diolah menjadi sumber penghasilan mandiri dan sebagai percontohan bagi masyarakat luas serta semakin meningkatkan kreativitas masyarakat dan kepedulian masyarakat akan sumber daya alam yang berada disekitar.
PENGEMBANGAN INDUSTRI UMKM BATIK KHAS KELURAHAN GUNDIH UNTUK MENDUKUNG PARIWISATA KREATIF DI SURABAYA Fauzatul Laily Nisa; Ni Made Nadia Resmarani; Marseto Marseto
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

UMKM Batik Kelurahan Gundih saat ini keberadaannya masih belum terlalu mendapat perhatian dari masyarakat luas. Sehingga perlunya dukungan yang lebih dari semua kalangan agar kebudayaan khas ini dapat terus berkembang dan lestari. Pemerintah Kota Surabaya yang sadar akan pentingnya dukungan lebih kepada kebudayaan Batik khas Gundih, mulai memberikan dukungan kepada UMKM yang bersangkutan. Penelitian ini dilakukan sebagai wujud program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang dilakukan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur dengan tema pengembangan industri UMKM batik yang bertujuan untuk mendukung pariwisata kreatif di Surabaya yang berada di Kelurahan Gundih sebagai upaya menggali potensi dari industri UMKM Batik di Kelurahan Gundih-Surabaya, agar kedepannya dapat terus menghasilkan produk-produk kebanggaan dalam negeri serta menjadi salah satu tujuan destinasi wisata masyarakat luas. Penelitian ini juga akan memetakkan kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mungkin akan dihadapi oleh pihak UMKM Batik kedepannya menggunakan analisis SWOT. Pemetaan dengan analisis SWOT ini akan sedikit banyak membantu dan memberikan solusi kepada pihak UMKM Batik.
IMPLEMENTASI PASAR DIGITAL MELALUI PROSES PENDAMPINGAN BAGI PARA UMKM DI KELURAHAN DARMO, KEC. WONOKROMO, SURABAYA Laksmi Diana; Adam Fahrezi; Feriza Lucia Islammiyah; Nabila Fitri Indah Kurniawati; Vindi Sinta Maysella
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia (UMKM) cukup pesat selama beberapa tahun terakhir. Pentingnya UMKM ini membawa manfaat bagi pendapatan masyarakat sekitar, selain itu juga mampu menumbuhkan kreativitas bagi warga masyarakat setempat dan dapat mengurangi tingkat pengangguran. Ditengah-tengah potensi yang dimiliki oleh tiap UMKM, namun masih ada saja masalah UMKM di Indonesia yang belum teratasi secara maksimal. Terutama UMKM yang berada di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya yang kebanyakan masyarakatnya masih gagap teknologi, hal ini membuat pelaku UMKM tidak mengalami kemajuan sehingga kurang menjangkau pemasaran digital. Membawa potensi yang ada, kami melakukan program Pendampingan Usaha Berbasis Pasar Digital di Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Kami menggunakan beberapa metode diantaranya yakni wawancara dan observasi. Metode tersebut digunakan sebagai pemetaan dengan memprioritaskan masalah terlebih dahulu, pengumpulan data dan informasi, pemilihan solusi yang tepat bagi UMKM terpilih, serta pelaksanaan pendampingan. Kegiatan yang akan dilaksanakan ini bertujuan untuk mewujudkan UMKM yang maju berbasis ekonomi digital, mengembangkan pangsa pasar dengan luas dan memiliki prospek usaha yang tinggi, mengikuti tren masyarakat, terakhir menciptakan nilai tambah pada produk yang dijual serta pengembangan aspek pemasaran produk berbasis digital. Hal itu dapat dimulai dengan memanfaatkan e- commerce sebagai platform yang tepat untuk menjual dan memasarkan produk kepada konsumen yang berada di wilayah yang lebih luas. Dengan dilakukannya pendampingan usaha melalui jejaring pasar digital diharapkan para UMKM berkembang bisnisnya hingga kedepannya nanti.
SEMINAR DAN PELATIHAN DIGITALISASI SEBAGAI PENDORONG PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN DARMO SURABAYA Thorik Khaikal Fajry; Herman Saputro; Indiari Afnawati; Annisa Gusri Salsabila; Syalomita Nadia Putri; Kamala Nailil Muna
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagian besar UMKM di Kelurahan Darmo, Kota Surabaya memiliki berbagai kendala dalam menjaga eksistensi dan ketahanan usaha mereka menghadapi persaingan dan perubahan model pasar yang semula mengandalkan transaksi fisik menjadi transaksi melalui pasar digital berbasis online dengan memanfaatkan e-commerce. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingkat pendidikan dan kualitas sdm yang rendah, tingkat melek teknologi yang minim, serta kondisi ekonomi yang menyulitkan pengembangan usaha. Seminar dan pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN Kelompok 12 UPNVJT bertujuan agar para pelaku UMKM mempelajari konsep digital marketing dan komunikasi online. Pasar digital memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen tanpa batasan jarak dan waktu. Metode yang digunakan adalah qualitative research for public relations and marketing communications atau riset kualitatif dalam area hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran yang dicetuskan oleh Daymon dan Holloway (2011), metode ini dirumuskan berdasarkan fakta dilapangan dan digabungkan dengan menggunakan teori pendukung untuk menjelaskan hubungan masyarakat dengan berlandaskan sebab-akibat sehingga ditemukan solusi untuk mengidentifikasi kelemahan, memperbaiki, dan meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dalam menjalankan komunikasi pasar. Program kerja yang terbagi kedalam 2 kegiatan yang berbeda yakni seminar dengan mengangkat tema strategi pengembangan usaha melalui pasar digital dan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan sebagai implementasi secara langsung dengan dilakukan pendampingan untuk mendaftarkan beberapa UMKM kedalam platform e-commerce dengan melatih mereka untuk membuat akun google, manajemen media sosial, mengajarkan tips dan trik foto produk, dan mendaftarkan diri ke akun Shopee. Program kerja seminar dan pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan memberikan inspirasi serta motivasi kepada para pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Darmo maupun masyarakat disekitarnya untuk memanfaatkan peluang bisnis di platform jual-beli online, untuk memasarkan dan menjual produknya melalui platform jual-beli online tersebut sehingga dapat memperluas segmen pasar dan survabilitas produk.
ANALISA POTENSI KAMPUNG CERIA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA KREATIF KOTA SURABAYA Heidy Arviani; Ninda Talita Utami; Ni Made Nadia Resmarani; Rena Rigin Putri; Mia Puspitasari
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan pariwisata kreatif diberikan dorongan untuk menonjolkan keunikan dan potensi yang dimiliki. Wisata Kampung Ceria adalah salah satu konsep yang diusung oleh Kelurahan Gundih, Surabaya dengan tema pelestarian budaya permainan anak tradisional. Pengembangan pariwisata kreatif di Kelurahan Gundih bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar agar lebih kreatif, produktif dan menjadikan Gundih menjadi tempat pariwisata kreatif Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisa SWOT untuk mengetahui dan mengobservasi kelemahan, kekuatan, hambatan, dan peluang yang dimiliki oleh Kampung Ceria. Kampung Ceria yang memiliki karakteristik dan keunikan dapat menjadi daya tarik sebagai desa wisata dan untuk terus mengembangkan Kampung Ceria maka diperlukan keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan desa wisata dan juga peran dari pemerintah desa.
PEMBERDAYAAN POTENSI UMKM SUSU KEFIR MELALUI PROGRAM KAMPUNG EDUWISATA GUNDIH Berliana Rizka Khusnul Azizah; Fira Nur Isnaini; Salsabrina Putri Riyadi Mallarangi; Sevtia Eka Khusnul Khotimah; Sheva Krisna Danendra
KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 No 2 (2022): KARYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : FKIP Universitas Samawa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang pada saat ini menjadi topik pembahasan di kalangan masyarakat maupun akademisi, proses pembentukan suatu organisasi yang berlatar belakang kemasyarakatan untuk di bina sehingga menjadikan sebuah komunitas atau organisasi yang dapat menghasilkan lapangan pekerjaan sekaligus penghasilan bagi masyarakat pada umumnya menjadi sebuah fokus utama dari kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini penulis menyampaikan tujuan dari adanya penulisan artikel ini yaitu untuk mengetahui tentang proses pemberdayaan sekaligus menganalisis efektivitas potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah “Susu Kefir” yang melibatkan masyarakat Kelurahan Gundih Kota Surabaya sehingga dapat diketahui arah gerak dari proses pemberdayaan masyarakat yang terintegrasi secara langsung dengan program Kampung Eduwisata yang dilaksanakan oleh penulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan wawancara mendalam (deep interview) dimana di dalamnya menempatkan peneliti sebagai instrument utama dalam penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan sudah berjalan dengan baik mulai dari tahap awal produksi hingga pemasaran, proses pemberdayaan “Susu Kefir” juga merupakan hasil kerjamasa bersama mitra yaitu PT. Pelindo dalam mewujudkan pemberdayaan potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah “Susu Kefir”. Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini adalah proses pemberdayaan masyarakat melalui pemasaran susu kefir ini dilaksanakan melalui pemasaran digital dan pengenalan melalui pameran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Pemasaran digital dilakukan dengan pembuatan salah satu media sosial yaitu melalui instagram agar produk susu kefir dapat dikenali masyarakat luas, namun di dalam pemasaran produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah tersebut masih perlu dilakukan perbaikan terutama dalam menarik minat konsumen akan adanya produk susu kefir.

Page 1 of 4 | Total Record : 38