cover
Contact Name
Stralen Pratasik
Contact Email
stralente@unima.ac.id
Phone
+628114354343
Journal Mail Official
edutik@unima.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Unima, Tonsaru, Tondano Sel., Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara 95618
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN : 2798141X     EISSN : 2798141X     DOI : -
Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan bidang Teknik Informatika dengan ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Jaringan dan Keamanan Komputer, Sistem Pendukung Keputusan, Pendidikan TIK, E-Learning, E-Government dan Aplikasi Mobile.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023" : 15 Documents clear
Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata di Universitas Negeri Manado Rana Harvie Aipassa; Verry Ronny Palilingan; Indra Rianto
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7489

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi memberikan dampak yang sangat baik dalam membantu mengoptimalkan suatu proses bisnis yang diterapkan dalam suatu instansi. Contoh kemajuan teknologi yang diterapkan pada sebuah instansi dalam melakukan suatu proses bisnis adalah penggunaan Sistem Informasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Sistem Informasi ini dapat membantu sebuah instansi pendidikan dalam mengolah data menjadi suatu informasi yang diperlukan sehingga dapat membantu mempermudah instansi pendidikan tersebut dalam pelakasanaan suatu proses bisnis. Dalam hal penelitian dan pengabdian di lingkungan Universitas Negeri Manado dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M). Tugas dari LP2M sendiri salah satunya adalah mengadakan kegiatan seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa yang telah sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Salah satu kewajiban dalam Tridharma perguruan tinggi yaitu mahasiswa wajib melakukan pengadian kepada masyarakat. Berdasarkan penjelasan yang ada, maka dilakukan penelitian mengenai “Pengembangan Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata di Universitas Negeri Manado”. Sistem Informasi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah sistem informasi yang berbasis website. Dipilihnya website sebagai teknologi yang dimanfaatkan karena website mampu menyajikan informasi yang dibutuhkan pihak terkait secara dinamis, yang berarti pihak terkait tersebut dapat mengakses informasi yang dibutuhkannya kapanpun dan dimanapun.
Hubungan Antara Minat dan Prestasi Belajar Siswa TKJ SMK Negeri 1 Bitung Evalinda Evalinda; Jimmy Waworuntu; Peggy Veronica Togas
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara minat dan prestasi belajar siswa TKJ SMK Negeri 1 Bitung. Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang bersifat ex factoyang melibatkan 42 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian seperti kuesioner.Dari 38 butir soal yang diuji coba terdapat 34 soal yang valid dengan nilai realibilitas sebesar 0,854. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik korelasi product moment. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa cukup memuaskan dengan nilai rata-rata 73,52 sehingga dinyatakan terdapat hubungan positif antara minat dan prestasi belajar siswa TKJ XI SMK Negeri 1 Bitung.
Pengaruh Literasi Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Informatika Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Tenga Gerry Theofilus Tambaani; Parabelem Tinno Dolf Rompas; Keith Francis Ratumbuisang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar informatika siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tenga sebanyak 63 orang sekaligus digunakan sebagai Sampel, dikarenakan popolasi yang kurang dari 100. Instrumen penelitian literasi digital dan media pembelajaran menggunakan angket sedangkan pada hasil belajar menggunakan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan literasi digital (X1) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,402, media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dengan koefisien regresi sebesar 0,482. Kemudian literasi digital (X1) dan media pembelajaran (X2) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar (Y) secara langsung dan simultan dengan koefisien regresi sebesar 0,509.
Pengaruh Pengguanaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano Susanti Higinik; James Sumayku; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7505

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X BDP (32 respondent). Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. berdasarkan persamaan analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai Ŷ= 7.352+ 0,767x dimana penggunaan media edukasi sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Dari hasil korelasi menunjukkan nilai r = 0,700 membuktikan bahwa pengaruh antara penggunaan media edukasi kahoot (variabel X) terhadap motivasi belajar siswa (variabel Y) tergolong kuat. Berdasarkan signifikan Fhitung = 28,821 > FTabel = 4,17 Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media edukasi kahoot terhadap motivasi belajar simulasi dan komunikasi digital siswa kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano. Pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) adalah sebesar 49% sedangkan 51% di pengaruhi oleh faktor lain.
Analisa Kemiripan Struktural Model Proses Bisnis Menggunakan Metode Jaccard Irene Realyta Halldy Trosi Tangkawarow
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7560

Abstract

Setiap organisasi membutuhkan proses bisnis untuk menunjang efisiensi dan ekfektifitas kerja organisasi. Analisa, perancangan kembali (reengineering), penyempurnaan (improvement, dan implementasi proses bisnis merupakan aktifitas yang dibutuhkan dalam organisasi. Permasalahan yang sering terjadi adalah adanya perbedaan antara bisnis proses yang ditetapkan dalam prosedur operasi standart organisasi dengan bisnis proses yang dijalankan. Hal ini akan berpengaruh pada efektifitas dan efisensi kinerja. Perhitungan kemiripan antara keduanya perlu dilakukan dengan menghitung kesamaan model proses bisnis menggunakan metode Jaccard. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung kemiripan antara model bisnis proses dalam organisasi serta membandingkannya dengan hasil expert judgment. Dari hasil perhitungan ini dapat memberikan rekomendasi apakah dibutuhkan reengineering model proses bisnis atau improvement model proses bisnis dalam organisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Jaccard memiliki akurasi tinggi dalam menghitung nilai kemiripan proses bisnis secara struktural dengan deviasi 1,59%.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Desain Grafis Siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 3 Manado Noviyanti Clarita Kakomere; Alfrina Mewengkang; Olivia Eunike Selvie Liando
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7588

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMK Negeri 3 Manado peneliti mendapati masalah pada hasil siswa kelas X TKJ II tanpa terkecuali hasil belajar dasar desain grafis. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai Desember tahun 2022 dan dilakukan pada kelas X TKJ II dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dassar desain grafis siswa dari penerapan di siklus yang pertama sampai penerapan pada siklus yang kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dasar desain grafis.
Klasifikasi Pencapaian Nilai Mahasiswa Berdasarkan Jenis Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Naive Bayesian Classifisier Charles Rasyid Batuallo; Alfrina Mewengkang; Daniel Riano Kaparang
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7606

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengelompokkan data nilai mahasiswa berdasarkan atribut yang ada serta menentukan kebijakan dalam menentukan bakat dan kemampuan mahasiswa berdasarkan hasil klasterisasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian deskriptif mengkaji antar dua variabel atau lebih, variabel pada penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat prestasi akademik mahasiswa Nilai Mahasiswa Universitas Negeri Manado Fakultas Teknik Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini (1) Impelementasi Naive bayes menggunakan Aplikasi WEKA dapat menelusuri karakteristi katribut dari dataset dengan Lulus dan Tidak Lulus. Metode Klasifikasi Naive Bayes menggunakan data training untuk menciptakan probabilitas setiap kriteria untuk berbagai kelas yang berbeda, dengan tujuan agar nilai-nilai probabilitas dari kriteria ini dapat ditingkatkan untuk memprediksi status data nilai mahasiswa proses klasifikasi yang dilakukan dengan metode Klasifikasi Naive Bayes. (2) Berdasarkan data nilai mahasiswa yang dijadikan data testing, metode Naive Bayes berhasil mengklasifikasikan 3.929 data yang diuji. Di mana dari 3.928 data mahasiswa, untuk Correctly Classified Instance sebanyak 99,9745 % sementara persentase untuk Incorrectly Classified Instance adalah sebesar 0,0255 %. Dimana dari 3.928 data klasifikasi pencapaian nilai mahasiswa dengan menggunakan Naive Bayesian Classifisier berhasil diklasifikasikan dengan benar dan sebanyak 1 data penggunaan klasifikasi pencapaian nilai mahasiswa tidak berhasil diklasifikasikan dengan benar.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D Berbasis Mobile Pierre Wullur; Peggy Veronica Togas; Charnila Desria Heydemans
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7607

Abstract

Penelitian ini mengembangkan aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D berbasis mobile dengan tujuan membantu siswa SMK program keahlian Multimedia dalam pemahaman materi Animasi 2D dan 3D. Aplikasi ini diuji oleh seorang dosen ahli Pendidikan Teknik Informatika dari Universitas Negeri Manado dan seorang Guru Kelas XI SMK Negeri 1 Tondano. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mendapatkan skor 91% pada Uji Media dan 87% pada Uji Materi, menunjukkan kelayakan isi aplikasi. Pengujian Blackbox Testing juga menghasilkan skor 100%, menunjukkan bahwa aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulannya, aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Animasi 2D dan 3D Berbasis Mobile ini layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil uji kelayakan dari Uji Media, Uji Materi, dan Blackbox Testing. Aplikasi ini dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran melalui animasi 2D dan 3D yang interaktif.
Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital SMK Negeri 6 Bitung Celan Andrew Rotty; Trudi Komansilan; Djafar Wonggo
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X jurusan DKV pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital SMK Negeri 6 Bitung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas X DKV yang berjumlah 17 siswa. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian terdapat 2 siklus dan setiap akhir siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar observasi, Lembar Tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dimana siswa bisa aktif dalam pembelajaran, apalagi model ini tidak membutuhkan biaya yang besar, hanya memerlukan kreativitas dan motivasi dari guru. Hal ini dapat dilihat dari Hasil Tes ketuntasan siswa dari siklus I sebesar 47% meningkat pada siklus II sebesar 76 %. Dari hasil yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital kelas X SMK Negeri 6 Bitung.
Analisis Pola Pembelajaran Dalam Jaringan Menggunakan Algoritma Fuzzy C-Means Darma Fijai Poluan; Daniel Riano Kaparang; Indra Rianto
Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 3 No. 4 (2023): EduTIK : Agustus 2023
Publisher : Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/edutik.v3i4.7611

Abstract

Pembalajaran dalam jaringan atau biasa disingkat daring merupakan pembelajaran yang terjadi dengan melibatkan media sosial dan perangkat Elektronik. Media pembelajaran daring biasa disebut LMS (Learning Management System) adalah sistem yang sering digunakan dalam instansi pendidikan seperti perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelajaran yang terjadi dalam LMS Amelia Unima dan mempermudah dari pihak universitas untuk melakukan evaluasi mengenai penggunaan LMS berupa sebuah laporan aktivitas dengan menggunakan algoritma Fuzzy C-Means Klastering dengan aplikasi RStudio. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 mei sampai 22 desember 2022. Sedangkan penelitian dilakukan di Universitas Negeri Manado. Klasterisasi dengan fuzzy c-means menghasilkan pola aktivitas pembelajaran yang terbagi menjadi beberapa klaster. Pra-prosesing data menggunakan proses data mining. Analisis pola pembelajaran ini dibuat untuk mengetahui hasil akhir dari pengelompokan data aktivitas pembelajaran menjadi sebuah informasi berupa laporan untuk menjadi acuan evaluasi penggunaan LMS.

Page 1 of 2 | Total Record : 15