cover
Contact Name
Hendy Yuliansyah
Contact Email
wacadesain@ars.ac.id
Phone
+6287739022302
Journal Mail Official
wacadesain@ars.ac.id
Editorial Address
Jl. Sekolah Internasional 1-2, Antapani. Kota Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Wacadesain
ISSN : -     EISSN : 27752232     DOI : 10.51977/wacadesain
Core Subject : Art,
Jurnal Wacadesain Jurnal Wacadesain merupakan jurnal hasil penelitian ilmiah dibidang Seni dan Desain Komunikasi Visual. Dengan artikel yang belum dipublikasikan secara online atau versi cetak. Jurnal wacadesain memiliki versi online dan cetak dengan jadwal publikasi pada bulan Mei dan November setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain" : 5 Documents clear
ELEMEN PENDUKUNG INTERIOR PADA RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK GRHA BUNDA BANDUNG Santi Salayanti; Shafira Rosdiani
Wacadesain Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/wacadesain.v3i1.369

Abstract

Rumah Sakit Ibu dan Anak merupakan sarana kesehatan khusus yang melayani pemeriksaan ibu selama masa kehamilan hingga melahirkan dan memberikan pelayanan bagi kesehatan anak-anak, Rumah Sakit Ibu dan Anak juga sebaiknya memperhatikan aspek psikologi pasien dan kebutuhan pasien dalam tatanan desain yang bisa mendukung proses penyembuhan. Selain dibutuhkannya fasilitas yang dapat mewadahi seluruh aktivitas pengguna, juga dibutuhkan suasana ruang yang dapat memberikan rasa nyaman, aman serta mengurangi stress saat berada didalamnya dengan tujuan mampu mempercepat proses penyembuhan pasien, atau yang bisa disebut dengan healing environment. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk mengevaluasi konsep healing environment pada rumah sakit ibu dan anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan, mengkaji teori dengan desain yang sudah ada untuk diaplikasikan pada perancangan interior rumah sakit. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan pengetahuan dibidang akademik maupun pemanfaatan praktis di lapangan oleh masyarakat khususnya pihak rumah sakit untuk pengembangan interior.
PEMBUATAN ARTBOOK GUNA MENINGKATKAN AWARENESS AKAN KEBERADAAN DISTRO DI KOTA BANDUNG Muhammad Rafli Aditia Putra Solihin; Moh. Isa Pramana Koesoemadinata; Rendy Pandita Bastari
Wacadesain Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/wacadesain.v3i1.644

Abstract

Distro merupakan industri yang lahir dari komunitas pemuda-pemudi dan telah mengubah Kota Bandung dari segi ekonomi dan dari gaya hidup. Distro memiliki peran penting dalam perkembangan industri fashion anak muda, distro juga merupakan bagian dari sejarah berkembangnya subkultur di Kota Bandung. Berkat kemunculan distro banyak subkultur yang masuk melalui fashion dan hobi, akhirnya membuat distro menjadi objek wisata di Kota Bandung. Namun Industri distro ini mengalami penurunan akibat kemunculan online shop pada tahun 2015 dan pandemik covid-19 pada tahun 2020 membuat bisnis distro mengalami penurunan jumlah pengunjung. Industri distro harus dipertahankan karena perannya bagi Kota Bandung, hal ini dapat dimulai dengan mengenalkan kembali distro kepada khalayak umum. Media seperti artbook yang dapat mengemas informasi mengenai distro dengan menampilkan ilustrasi yang menarik, membuat artbook dapat mempromosikan distro secara tidak langsung. Dengan pembuatan artbook tentang distro, dibantu menggunakan metode pengumpulan data seperti metode wawancara, kuesioner, observasi, dan studi pustaka kemudian data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis matriks untuk mendapatkan kesimpulan. Data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner juga akan digunakan untuk dijadikan pertimbangan selama proses perancangan. Diharapkan artbook ilustrasi ini dapat membantu meningkatkan awareness dan mengenalkan kembali akan keberadaan distro di Kota Bandung.
PERANCANGAN MOTIF KONTEMPORER KAIN SARUNG SEBAGAI TREND MODE PADA URBAN STYLE Panji Firman Rahadi; Oki Adityawan; Warsa Suarsa; Dion Eko Valentino
Wacadesain Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/wacadesain.v3i1.733

Abstract

KaKain Sarung diakui merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia, terbukti penggunaan kain Sarung hingga kini masih lestari digunakan oleh masyarakat Nusantara. Memiliki berbagai macam motif yang berbeda-beda dari setiap daerah di Indonesia, salah satunya motif Madras yang hingga kini masih mendominasi pada kain Sarung di Indonesia. Terpaku dengan identiknya motif Madras saat ini, diperlukan strategi untuk menghadapi trend-trend baru di masa yang akan datang, sehingga kelestarian kain sarung tidak tergores oleh perkembangan zaman. Inovasi perlu dilakukan karena Semakin berkembangnya motif pada kain Sarung akan memberikan banyak pilihan pada para peminat sekaligus memperluas cakrawala pemanfaatannya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yakni metode kualitatif bertujuan untuk mengetahui keadaan sebenarnya. Wawancara dan observasi adalah dua metode pengumpulan data kualitatif sebagai bagian dari penelitian. Hasil wawancara dan observasi menunjukan bahwa motif pada saat ini kurang variatif dikarnakan keterbatasan mesin yang digunakan. Mesin ATBM (alat tenun bukan mesin) hanya bisa menghasilkan motif madras dan garis tegak lurus saja, cukup sulit diterapkan pada banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan motif kain Sarung yang lebih modern. Seperti halnya pada komunitas pemuda hijrah yang memiliki harapan motif kain Sarung bisa mewakili kaum muda saat ini. Hal tersebut merupakan tujuan proyek perancangan ini sebagai bentuk startegi pelestarian dengan memberikan ragam pilihan motif kepada para peminat maupun peminat baru untuk menarik kaum urban dan juga kaum muda di IndonesiaKain Sarung diakui merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia, terbukti penggunaan kain Sarung hingga kini masih lestari digunakan oleh masyarakat Nusantara. Memiliki berbagai macam motif yang berbeda-beda dari setiap daerah di Indonesia, salah satunya motif Madras yang hingga kini masih mendominasi pada kain Sarung di Indonesia. Terpaku dengan identiknya motif Madras saat ini, diperlukan strategi untuk menghadapi trend-trend baru di masa yang akan datang, sehingga kelestarian kain sarung tidak tergores oleh perkembangan zaman. Inovasi perlu dilakukan karena Semakin berkembangnya motif pada kain Sarung akan memberikan banyak pilihan pada para peminat sekaligus memperluas cakrawala pemanfaatannya. Metode yang digunakan dalam perancangan ini yakni metode kualitatif bertujuan untuk mengetahui keadaan sebenarnya. Wawancara dan observasi adalah dua metode pengumpulan data kualitatif sebagai bagian dari penelitian. Hasil wawancara dan observasi menunjukan bahwa motif pada saat ini kurang variatif dikarnakan keterbatasan mesin yang digunakan. Mesin ATBM (alat tenun bukan mesin) hanya bisa menghasilkan motif madras dan garis tegak lurus saja, cukup sulit diterapkan pada banyaknya permintaan konsumen yang menginginkan motif kain Sarung yang lebih modern. Seperti halnya pada komunitas pemuda hijrah yang memiliki harapan motif kain Sarung bisa mewakili kaum muda saat ini. Hal tersebut merupakan tujuan proyek perancangan ini sebagai bentuk startegi pelestarian dengan memberikan ragam pilihan motif kepada para peminat maupun peminat baru untuk menarik kaum urban dan juga kaum muda di Indonesia.
ANALISIS TATA LETAK PANEL KOMIK CETAK DAN KOMIK ONLINE Sandi Destian Pratama; Bayu Bambang Perdana; Sellya Shafariya
Wacadesain Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain
Publisher : Wacadesain

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/wacadesain.v3i1.741

Abstract

Komik merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki kekuatan untuk menyampaikan informasi secara populer dan mudah dimengerti. Kekuatan komik sendiri terletak pada teks dan gambar yang membentuk alur cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberitahukan kepada pembaca komik serta komikus-komikus pemula tentang tata letak panel yang terdapat pada komik. Respon pembaca pembaca para komikus bisa membangun hubungan dengan pembaca dan bisa menerima kritikan ataupun saran yang nantinya berguna untuk meningkatkan kualitas komik atau komikus tersebut atau juga memberikan masukan ide untuk komik selanjutnya. Analisis ini diharapkan bisa membantu para komikus pemula untuk dalam pembuatan komik. Analisis ini juga diharapkan bisa membantu pembaca komik agar tujuan dari gambar komik tersebut lebih mudah dimengerti. Tata letak panel pada komik cetak serta komik online tentu berbeda. penelitian ini akan mengulas fungsi serta perbedaan pada tata letak panel komik cetak dan komik online.
ANALISIS SEMIOTIKA KARAKTER DORAEMON PADA KEMASAN BOTOL AIR MINUM CLEO Angel Purwanti; Agus Triyadi
Wacadesain Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Wacadesain
Publisher : LPPM Universitas Adhirajasa Sanjaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51977/wacadesain.v3i1.742

Abstract

Dewasa ini merk air mineral kemasan yang bermunculan sehingga mau tak mau maka makin memunculkan persaingan Banyak pelaku usaha yang tidak begitu memperhatikan kemasan produknya, maka mereka akan tertinggal. Cleo sebagai salah satu merk air mineral kemasan yang berasal dari PT SARIGUNA PRIMA TIRTA TBK di pasuruan hadir memberikan inovasi baru dengan air mineral kemasan dengan bentuk botol Doraemon yang digemari anak-anak karena karakter produknya ialah karakter kartun yang tampil lebih menarik dan sesuai dengan segmentasi pasarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan makna dan tanda pada kemasan air botol merek Cleo yang memiliki karakter doraemon, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis semiotic Sanders Pierce. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa kemasan yang dibuat dalam bentuk 3 dimensi dengan karakter Doraemon yang didesain sesuai dengan karakternya juga ditambahkan karakter lain yang ada di cerita Doraemon seperti nobita, giant, suneo dan sizuka. Kemasan tersebut didesain dengan warna-warna ceria dan tulisan yang mudah dibaca terutama untuk anak-anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5