cover
Contact Name
Wahyu Dwi Kurniawan
Contact Email
wahyukurniawan@unesa.ac.id
Phone
+6285732007088
Journal Mail Official
jvte@unesa.ac.id
Editorial Address
Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Gedung E1 Fakultas Teknik Kampus Unesa Ketintang Surabaya Kode Pos 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE)
ISSN : 22262555     EISSN : 26565587     DOI : -
JVTE focuses on topics related to learning, evaluation, curriculum, management and policy on technology and vocational education including electrical engineering education, mechanical engineering education, civil engineering education, automotive engineering education, informatics engineering education, cosmetology education, fashion education, culinary education, cosmetology education, and the development of other vocational education.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2021): September" : 6 Documents clear
Eksplorasi Bunga Rafflesia Arnoldi dalam Pembuatan Busana Pesta Malam Ara Fitria Hediningsih; P Pipin Tresna
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.857 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p40-47

Abstract

Busana merupakan kebutuhan pokok manusia untuk melindungi dan menutupi tubuhnya. Busana seiiring berjalannya waktu memiliki desain dan mode yang beranekaragam. Oleh karena itu dalam pembuatan busana harus disesuaikan dengan kesempatan, jenis kelamin, waktu dan fungsi dari busananya. Salah satu busana yang memiliki beragam desain dan siluet adalah busana pesta malam. Tanaman rafflesia arnoldi atau yang sering di kenal dengan bunga rafflesia arnoldi merupakan tanaman raksasa terbesar di dunia dengan diameter mencapai ±1m. Rafflesia arnoldi juga termasuk ke dalam tumbuhan asli dari Indonesia. Keberadaan tanaman rafflesia arnoldi sangat sulit ditemukan dan tidak dapat tumbuh di sembarang tempat  sehingga tanaman rafflesia arnoldi termasuk ke dalam tanaman yang langka. Kondisi demikian menuntut kita untuk menjaga, melindungi, dan melestarikan tanaman rafflesia arnoldi. Upaya untuk menjaga, melindungi dan melestarikan tanaman rafflesia arnoldi salah satunya dengan mengeksplorasi bunga rafflesia arnoldi pada bentuk busana pesta malam. Kelopak bunga rafflesia arnoldi yang besar dengan warnanya yang merah dan bintik-bintik yang menyebar di seluruh bagian kelopak menjadi inspirasi penulis sebagai sumber ide dalam pembuatan busana pesta malam. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Project Based Learning yang merupakan model pembelajaran inovatif yang melibatkan kerja proyek dimana peserta didik bekerja secara mandiri dalam mengrekonstruksi pembelajarannya dang mengkulminasikannya dalam produk nyata. Penggunakan metode tersebut dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mulai dari sumber ide, desain, pengembangan produk dan terakhir evaluasi. Hasil dari penelitian ini yaitu produk fashion yang inovatif yaitu busana pesta malam dengan eksplorasi bunga Rafflesia Arnoldi, artikel ilmiah yang dapat dijadikan penulis lain dalam mengeksplor kekayaan alam yang ada di Indonesia, dan sebagai bentuk pelestarian bunga Rafflesia Arnoldi sebagai salah satu bunga Nasional Indonesia.
Analisis Usability Penggunaan Platform Google Classroom Pada Mata Pelajaran PPKP Di SMKN 1 Jakarta Nadia Aulia Rizkiani; Tuti Iriani; R Eka Mutinugraha
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88.969 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p9-17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usabilitas penggunaan platform Google Classroom pada kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti di SMKN 1 Jakarta. Usability dalam penelitian ini dilihat pada indikator efektivitas, efisien dan kepuasan dari segi pengguna. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kompetensi keahlian bisnis konstruksi dan properti tahun ajaran 2020 pada mata pelajaran pelaksanaan dan pengawasan kosntruksi dan properti yang berjumlah 43 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil uji reliabilitas instrumen adalah 0,968. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada indikator efisien dan efektif memiliki presentase lebih dari 80% yang berarti bahwa Google Classroom dapat mempermudah peserta didik untuk menemukan informasi pembelajaran maupun penugasan dan kemudahan penggunaan fitur fitur yang telah tersedia di dalamnya. Sedangkan untuk indikator kepuasan pengguna memiliki presentase lebih dari 95% karena Google Classroom memiliki tampilan yang menarik dan sederhana untuk digunakan oleh peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa usability penggunaan platform Google Classroom sudah sangat baik karena hasil presentase semua indikator hampir mencapai 100%.
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL THE BIG 6 SKILLS PADA MATA KULIAH KONSTRUKSI BANGUNAN I Sevia Chairani; Tuti Iriani; R. Eka Murtinugraha
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.415 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p18-25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi informasi mahasiswa dengan menggunakan Model The Big 6 Skills pada mata kuliah Konstruksi Bangunan I. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskritif. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa pilihan ganda. Hasil realibilitas untuk instrumen = 0,958. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasi sebanyak 115 dengan jumlah sampel 87 mahasiswa angkatan 2016 dan 2017 program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ.Penelitian ini menggunakan model The Big 6 Skills yang memiliki 6 indikator, yaitu: Perumusan Masalah, Strategi Pencarian Informasi, Lokasi dan Akses, Pemanfaatan Informasi, Sintesis dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pada indikator perumusan masalah = 49,43 mendapatkan kategori rendah. Namun, nilai pada strategi pencarian informasi = 70,98, lokasi dan akses = 80,17 memiliki kategori tinggi. Dan untuk nilai pada pemanfaatan informasi = 56,61, sintesis = 64,37 dan evaluasi = 58,05 mendapatkan kategori cukup.Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi informasi mahasiswa PTB UNJ mandapatkan kategori cukup dengan nilai rata-rata 63,27. Untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi diperlukan upaya-upaya yang dilakukan oleh pendidik maupun mahasiswa khususnya pada tahap perumusan masalah.
PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRUKTUR KAYU MATERI SAMBUNGAN KAYU BERBASIS PJBL M. Agphin Ramadhan; Santoso Sri Handoyo; Wildan Satria Kinasih Gusti
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.093 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p26-32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul pada mata kuliah struktur kayu materi sambungan kayu berbasis Project Based Learning, dengan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, adapun tahapan dari model tersebut mulai dari (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data analisis kebutuhan, kelayakan produk oleh validator ahli materi dan ahli media, dan penilaian produk oleh mahasiswa sebagai pengguna. Waktu pelaksanaan penelitian dilakukan mulai dari bulan Januari - Agustus 2021. Hasil dari pengembangan produk adalah bahan ajar modul. Hasil validasi dari ahli media dengan nilai validasi sebesar 76,50 (skala 100) menyatakan modul dapat digunakan  dengan kriteria validasi layak. Hasil validasi dari ahli materi menyatakan modul dapat digunakan dengan revisi dengan nilai validasi 70,90 (skala 100) kriteria validasi layak. Pada penilaian produk oleh mahasiswa didapatkan hasil rata-rata skor sebesar 4,32 (skala 5) dengan kategori sangat baik dan hasil data uji coba terbatas mendapatkan peningkatan nilai rata rata, yaitu nilai pre-test 49,00 (skala 100) dan post-test 78,00 (skala 100). Penilaian yang diberikan cenderung konsisten sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan dan bahan ajar modul layak digunakan.
KEPUASAN PENGGUNA (MAHASISWA) TERHADAP DOSEN DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA imami arum tri rahayu; Lutfiyah Hidayati
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.162 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p01-08

Abstract

Kepuasan mahasiswa adalah sikap positif mahasiswa terhadap pelayanan lembaga pendidikan tinggi karena adanya kesesuaian antara harapan dari pelayanan dibandingkan dengan kenyataan yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana kepuasan mahasiswa terdadap layanan Dosen di prodi S1 Pendidikan Tata Busana, jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Kepuasan mahasiswa terhadap Dosen meliputi 5 aspek antara lain: 1) Keandalan (reliability), 2) Daya tanggap (responsiveness), 3) Kepastian (assurance), 4) Empati (empathy), dan 5) Tangible. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif dengan subjek mahasiswa aktif di prodi S1 Pendidikan Tata Busana sebanyak 146 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket secara online melalui google form. Hasil penelitian ini diketahui bahwa aspek keandalan (reliability) diperoleh skor 2,97 (baik), aspek daya tanggap (responsiveness) diperoleh skor 2,87 (baik), aspek kepastian (assurance) diperoleh skor 3,06 (baik), aspek empati (empathy) diperoleh skor 2,75 (baik), dan aspek tangible diperoleh skor 2,93 (baik). Dari kelima aspek tersebut didapatkan rata-rata skor 2,94, sehingga dapat disimpulkan bahwa kepuasan mahasiswa terhadap Dosen di Prodi S1 Pendidikan Tata Busana adalah Baik
PELATIHAN PEMANFAATAN MARKET PLACE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH DI SIDOARJO Yeni Anistyasari; Ari Kurniawan; Ardhini Warih Utami
Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) Vol. 3 No. 2 (2021): September
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1743.185 KB) | DOI: 10.26740/jvte.v3n2.p33-39

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi budaya masyarakat dalam berbelanja. Dahulu, orang pergi ke pasar atau toko ketika membeli suatu barang tetapi saat ini transaksi jual beli dapat dilakukan tanpa harus berpindah tempat. Cukup menggunakan ponsel atau di depan komputer, orang dapat bertransaksi jual beli. Keadaan ini mendorong pertumbuhan jual beli online di Indonesia. Sebagian besar anggota IKM Kabupaten Sidoarjo memiliki kegiatan wiraswasta sampingan untuk membantu perekonomian keluarga yang dipasarkan secara offline atau door to door. Mereka mengaku kesulitan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu meningkatkan omzet penjualan. Oleh karena itu, pelatihan penggunaan market place perlu dilakukan. Pelatihan ini dilakukan kepada pelaku IKM di Kecamatan Tanggulangin agar omzet penjualan meningkat tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Kegiatan ini memilih menggunakan marketplace sebagai media pemasaran karena kemudahan bagi calon penjual untuk menawarkan barang dagangan tanpa syarat yang rumit. Dari hasil pelatihan dan pendampingan diperoleh hasil bahwa pelaku IKM terbantu karena mengalami peningkatan pendapatan setelah menggunakan marketplace untuk mempromosikan barang yang dijual.

Page 1 of 1 | Total Record : 6