cover
Contact Name
Tauny Akbari
Contact Email
tauny.akbari@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalis@unbaja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya. Jl. Ciwaru II No. 73 Kota Serang 42117.
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS)
ISSN : -     EISSN : 28285638     DOI : https://doi.org/10.47080/jls.v4i2.1459
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) is an open access journal published by Department of Environmental Engineering, Faculty of Engineering, Banten Jaya University. JURNALIS publishes original research or review papers on Environment and Natural Resources subjects including Environmental Sciences; Environmental Studies; Environmental Engineering; Natural Resources Management; Sustainable Infrastucture; Ecological Engineering; Climate Change; Sustainable Development; Sustainable and Renewable Energy; Sustainable Product, Production and Consumption; Environmental Data and Information Management System from researchers, lecturers and practitioners. JURNALIS is published two times a year in April and October.
Articles 56 Documents
Pengolahan Limbah Domestik Perkantoran dengan Sistem Rotating Biological Contaktor (RBC) Frebhika Sri Puji Pangesti; Fitri Dwirani
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.583 KB)

Abstract

Gedung Sainath Tower terletak di Jln. Merpati St. Blok B.12 Kav.2, Kemayoran, Gunung Sahari Selatan DKI Jakarta - Jakarta Pusat. Gedung ini merupakan gedung perkantoran dengan luas 1.200 m2 dan memiliki 17 lantai. Dari luas area gedung tersebut diperkirakan penggunaan air bersihnya sebesar 51 m3/hari sehingga potensi air limbah yang dihasilkan adalah sebesar45 m3/hari. Untuk mengelola air limbah yang dihasilkan tersebut diperlukan system pengolahan air limbah yang ringkas (efisien) mengingat ketersediaan lahan yang terbatas dan tepat (efektif), dapat menghasilkan hasil olahan yang memenuhi satandar baku mjutu yang dipersyaratkan. Sehubungan dengan itu maka dirancanglah pengolahan air limbah dengan system Rotating Biological Contactor (RBC). Dari hasil analisis rancangan yang dilakukan dengan beban organik inlet100 mg/ltr dan outlet 5,6 mg/ltr didapatkan volume unit-unit IPAL Grease Trap : 0,512 m3, Equalisation Tank : 5,0 m3,ABR : 30 m3,ABT : 4,5 m3,RBC : 1,3 m3, Sedimentation Tank : 2,0 m3,Desinfection Tank : 2,5 m3.
PERENCANAAN CHECKDAM NOMOR DUA DI SUNGAI CIMAUR CIPANAS KABUPATEN LEBAK BANTEN Ichwanul Yusuf; Gunawan Noor; Jayanti Sulistian; Telly Rosdiyani
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.71 KB)

Abstract

Bendung penahan sedimen dibangun untuk menahan sedimentasi agar dasar sungai tidak terjadi degradasi akibat dari erosi dan kecepatan aliran yang besar. Perencanaan Bendung Sedimen untuk Daerah aliran Sungai Cimaur (DAS) sudah dilakukan Qd 113.42 m2/detik, kaji ulang 25 tahun, namun Bendung Penahan Sedimen tersebut sudah tidak relevan lagi, Sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang untuk menentukan dimensi Bendung dengan cara menganalisis stabilitas Bendung tersebut. Perencanaan menggunakan debit bajir periode lima puluh tahun (Q50), luas daerah resapan 21.40 km2 dengan metode penelitian yang dilakukan berdasarkan Tata Cara Perencanaan Bendung Sedimen yang menitikberatkan terhadap stabilitas gaya-gaya yang bekerja (Q50). Gaya-gaya tersebut adalah gaya berat sendiri, gaya gempa, gaya angkat, gaya berat air, tekanan air dan yang diperhitungkan adalah gradient hidrolik, eksentrisitas, daya dukung tanah, gaya guling serta gaya geser. Dari hasil perhitungan didapatkan sebagai berikut: Lebar peluap Check Dam 58 m, tinggi jagaan pada peluap 1,20 m, lebar ambang peluap 2 m, tinggi tubuh Check Dam 3 m, tebal lantai kolam olak 1,10 m, tinggi Sub Dam 1 m, panjang kolam olak 7,985 m. Berdasarkan analisis perancangan dimensi Bendung Penahan Sedimen tersebut memenuhi stabilitas aman.
KAJI ULANG PRODUKSI ALAT BERAT PADA PEMBANGUNAN RUANG TERBUKA HIJAU KAWASAN SUMUR KABUPATEN PANDEGLANG Bambang Hariyanto; Soedarsono Soedarsono; Suhaemi Suhaemi
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.378 KB)

Abstract

: Proyek Pembangunan Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan merupakan salah satu proyek yang besar dengan bentuk permukaan yang kurang rata, dimana pada pelaksanaan pematangan didominasi oleh penggunaan alat berat. Permasalah yang timbul dalam penggunaan alat berat ini yaitu pengoperasian dan pengkombinasian alat-alat berat yang salah dengan kondisi alat yang 100% . Penurunan produktivitas alat berat ini juga disebabkan oleh kondisi peralatan, keterampilan operator, waktu siklus, jenis material, kondisi kerja, tata laksana dan kondisi cuaca. Sehingga diperlukan pemilihan dan penentuan komposisi alat yang tepat agar alat berat tersebut dapat bekerja secara optimal dan pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dengan biaya sehemat mungkin. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu besarnya Harga sewa Alat berat perjam Exavator Rp.449.335,88, Bulldozer Rp.790.967,22, Vibration Roller Rp.329.051,95, Dump Truck Rp.687.021,62, Motor Grader Rp.444.448,48, Wheel Loader Rp.405.483,61 dan harga satuan pekerjaan pada masing-masing alat berat. Exavator Rp. 30.837,00/m3, Bulldozer Rp. 31.296,00/m3, Vibration Roller Rp. 27.882,00/m3, Dump Truck Rp. 55.026,00/m3, Motor Grader Rp. 22.981,00/m3, Wheel Loader Rp. 29.054,00/m3. jumlah keseluruhan harga satuan per m3 adalah Rp.197.016,00. sementara besarnya produktivitas alat berat dengan biaya dan waktu paling efektif dan efisien menggunakan komposisi alat alternatif ke-3 yaitu 3 unit excavator 163,30 m3/jam, 2 unit bulldozer 163,154 m3/jam, 2 unit vibration roller 201,29m3/jam, 9 unit dump truck 171,08m3/jam, 1 unit motor grader 987,84 m2/jam dan 3 unit wheel loader191,20 m3/jam dengan biaya total Rp1.323.120.000,00 dan total waktu pelaksanaan 322 jam atau 40 hari .
SISTEM DRAINASE PADA RUAS JALAN PONTANG – KRONJO KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Gunawan Noor; Euis Amilia
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.204 KB)

Abstract

Perkembangan zaman membawa pertumbuhan perekonomian, berpotensi pindahnya penduduk dari daerah satu ke daerah lain untuk mendapatkan kemajuan dalam hidup. Tentunya memerlukan tahapan terhadap ekosistem agar dapat terjaga kelestarian alam. Untuk menjaga kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Serang menetapkan strategi pengembangan wilayah yang dikenal sebagai prinsip dasar pengembangan “Dekonsentrasi Planologis” yang bertujuan untuk meningkatkan keunggulan kooperatif daerah – daerah kecil di sekitar wilayah Kabupaten Serang. Melalui Dinas Bina Marga dan Tata Ruang bidang pembangunan saluran drainase/goronggorong sebagai perwujudan untuk tercapainya daerah/permukiman penduduk yang layak huni dan terjaganya infrastruktur dengan baik, maka pembangunan “ saluran drainase di ruas jalan Pontang – Kronjo” adalah salah satu paket pekerjaan yang memerlukan penanganan. Metode yang digunakan dalam sistim drainase tersebut adalah distribusi normal kala ulang 20 tahun, hasil dari perencanaan panjang saluran drainase sebelah kiri dan kanan 800 meter, lebar 1.00 meter, serta tinggi 1,50 meter sudah memenuhi stabilitas keamanan.
ANALISIS BIAYA DAN WAKTU METODE HALF SLAB DALAM PEMBANGUNAN PROYEK KONSTRUKSI Dasa Aprisandi
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.016 KB)

Abstract

The selection of work methods in the construction of high-rise buildings is very influential on the use of cost and time of implementation. One of the work to be done in the construction of a multi-story building is the work of the floor plate structure. The selection of appropriate floor plate method will make the construction of high rise building to be efficient. The method of execution of floor plate used in the construction of the M-Gold Tower Bekasi project is the half slab method. This method is chosen because it is more advantageous in terms of cost and time. The half slab method costs Rp. 7,985,361,365.00. with a 180-day execution time. Meanwhile, if using conventional methods cost Rp. 10,174,649,180 with a time of 300 days. So the use of the half slab method for the floor plate structure is more advantageous than using conventional method.
TEKNOLOGI PENGOLAHAN AIR BERSIH MENGGUNAKAN MEDIA PAC Fitriyah Fitriyah; Zacky Maulana
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.324 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui air baku yang digunakan dalam PDAM Kenari telah memenuhi standar proses pengolahan air bersih. Variabel penelitian yang diteliti adalah TDS (Total Dissolved Solid), warna, DO (Dissolved Oxygen) yang mengacu pada PERMENKES 492 tahun 2010 tentang standar baku mutu air bersih. Metode pengumpulan data meliputi studi pustaka, pengamatan lapangan, pengambilan data primer dan pengambilan data sekunder. Proses pengolahan air bersih dilakukan dengan proses fisika dan kimia, meliputi tahapan yang di lakukan yaitu menambahkan koagulan Polyalumunium Chloride dengan variasi waktu tunggu dan variasi konsentrasi volume koagulan. Waktu tunggu yang dipakai yaitu 5 menit, 10 menit, 15 menit. Dengan menggunakan perhitungan didapatkan waktu tunggu dan penggunaan koagulan yang optimal yaitu TDS 21,7%, warna 50%, dan DO 99,3%.
EFISIENSI SISTEM EVAPORATOR DAN KARBON AKTIF UNTUK MENGURANGI KADAR FENOL PADA HASIL AIR BUANGAN PRODUKSI PT. LATINUSA, TBK Ade Ariesmayana; Asep Saepu Zaman
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 1 No 1 (2018): civil and environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.895 KB)

Abstract

Permintaan kemasan kaleng semakin hari semakin tinggi, hal ini memicu meningkatnya aktivitas produksi tinplate. Adapun dampak negative dari tingginya aktivitas produksi tinplate menimbulkan banyaknya juga hasil buangan hasil produksi itu sendiri dalam hal ini adalah limbah, limbah yang dihasilkan sangat beragam. Penulis disini ingin mengulas tentang limbah fenol yang termasuk dalam limbah B3. Keberadaan fenol dalam air buangan merupakan salah satu dari sekian banyak bahan kimia pencemar yang harus diwaspadai. Sifat fenol yang korosif terhadap kulit dapat menyebabkan gatal-gatal dari iritasi, oleh karena itu perlu penanganan secara khusus untuk mengolah limbah fenol. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui standar kadar fenol yang aman untuk dibuang, menganalisa system kerja evaporator dan karbon aktif. Metode dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder.System evaporasi dan karbon aktif sangat efektif menguarngi kandungan fenol dapat turun ketika melewati system evaporator dan karbon aktif.
PENERAPAN TEKNOLOGI MOVING BED BIOFILM REACTOR (MBBR) BERMEDIA KALDNESS DALAM MENURUNKAN PENCEMAR AIR LINDI Muhammad Al Kholif; Erviana Febrianti
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 2 No 1 (2019): environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.818 KB)

Abstract

Stasiun Peralihan Antara Persampahan Kota Surabaya merupakan sarana pemindahan sampah dari alat angkut kecil ke alat angkut lebih besar. Pada Stasiun Peralihan Antara Persampahan ini dilakukan pengepresan sampah yang dimana akan menghasilkan air lindi (Leachate). Secara umum kondisi air lindi berwarna pekat, mengeluarkan bau yang tidak sedap, dan mencemari lingkungan. Air lindi (Leachate) umumnya mengandung beban pencemar seperti Chemical Oxygen Demand (COD) dan Total Suspended Solid (TSS) yang tinggi. Salah satu alternatif dalam mengolah lindi yaitu dengan menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) bermedia Kaldness. Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengetahui efisiensi penurunan beban pencemar limbah lindi menggunakan MBBR. Konsentrasi limbah lindi yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan perbandingan 80% lindi: 20% air (Reaktor A) dan 60% lindi: 40% air (Reaktor B). Desain reaktor MBBR yang digunakan yaitu skala laboratorium bervolume 0,012 m3 dengan debit rancangan 10 L/hari. Setelah dilakukan pengolahan dengan MBBR diperoleh nilai COD pada Reaktor A sebesar 73% dan Reaktor B sebesar 66%. Sedangkan nilai TSS pada Reaktor A sebesar 81% dan Reaktor B sebesar 92%.
STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA BAHARI DI PULAU TUNDA Chotibul Umam
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 2 No 1 (2019): environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.358 KB) | DOI: 10.47080/jls.v2i1.528

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2018 s.d November 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengembangan ekowisata bahari di Pulau Tunda. Dalam pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara kepada narasumber, sedangkan data sekunder di peroleh dari lembaga, instansi yang terkait dengan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT yang digunakan untuk mengetahui strategi yang tepat dengan memaksimumkan kekuatan (strengths) dan peluang (oportunities) serta meminimumkan kelemahan (weakness) dan ancaman (Threats) dari ekowisata bahari di pulau Tunda. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan melalui pengembangan daya tarik ekowisata bahari tidak hanya snorkeling dan diving saja, namun pulau tunda memiliki potensi lainnya yang dapat dijadikan dijadika atraksi wisata, selain itu perlu peningkatan SDM lokal, penataan amenitas, serta aksesibiltas.
PEMANFAATAN LIMBAH PASIR SILIKA SEBAGAI BAHAN PENGGANTI PASIR UNTUK PEMBUATAN PAVING BLOCK. Gelar Yogha Luthfizar; Frebhika Sri Puji Pangesti; Tauny Akbari
Jurnal Lingkungan dan Sumberdaya Alam (JURNALIS) Vol 2 No 1 (2019): environmental
Publisher : Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Banten Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (637.614 KB)

Abstract

Pada proses penghalusan permukaan baja untuk menghilangkan karat menggunakan media pasir silika, akan menghasilkan limbah Sandblasting yang mengandung silika ± 60%. Dari limbah Sandblasting yang tak terolah tersebut maka dilakukan penelitian untuk pemanfaatan kembali bahan tersebut sebagai bahan pengganti pasir sungai atau pasir biasa pada paving block. Parameter yang di uji adalah kuat tekan, penyerapan air. Tujuan dari penelitian ini adalah Pemanfaatan limbah Sandblasting sebagai bahan pengganti alternatif, sehingga limbah pasir Sandblasting milik PT. Cilegon Fabricators Serang dapat digunakan maupun diproduksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan komposisi pasi silika 100% dari komposisi standar mampu menambah kekuatan paving blok dengan umur mencapai 28 hari dengan nilai 44,1 Mpa, penyerapan air sebesar 2,15 %.