cover
Contact Name
Nia Kurniasari
Contact Email
niakurniasari17@gmail.com
Phone
+6281578512696
Journal Mail Official
jurnalpiaudqurroti@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jembatan Merah, Prayan Kulon No. 166-K, Condongcatur, Depok Sleman, Yogyakarta
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 26852985     EISSN : 27211509     DOI : https://doi.org/10.36768/qurroti
Jurnal Qurroti adalah jurnal pendidikan islam anak usia dini yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan anak usia dini oleh para pakat pendidikan, dosen, guru dan mahasiswa. Selain itu jurnal ini dirancang sebagai salah satu alternative untuk mengembangkan ide/gagasan yang progresif guna kemajuan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Lingkup Jurnal Qurroti meliputi : Perkembangan Anak Usia Dini Inovasi Kurikulum PAUD Strategi Pembelajararan PAUD Media Pembelajaran PAUD Manajeman PAUD Asesmen/Penilaian PAUD Pengasuhan Anak Usia Dini Filsafat PAUD Konsep Dasar PAUD Inovasi Pendidikan AUD Pengembangan PAUD dll
Articles 110 Documents
PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI PAUD ASUHAN BUNDA KABUPATEN ASAHAN Mhd Habibu Rahman
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 1, No 2 (2019): Oktober
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/qurroti.v1i2.39

Abstract

AbstrakTulisan ini menyajikan tentang peranan seorang pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini melalui metode eksperimen. Seorang pendidik harus mampu memberikan stimulasi aktif dalam mengeksplor setiap potensi kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini dan jenis kegiatan eksperimen yang dapat memicu kreativitas anak usia dini. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitiandi PAUD Asuhan Bunda dapat disimpulkan bahwa seorang pendidik memiliki peran yang fundamental dalam setiap perkembangan anak usia dini, termasuk di dalamnya kreativitas anak, seorang pendidik harus memberikan stimulasi aktif dan mengeksplor segala potensi kreativitas anak, jenis kegiatan eksperimen yang dilakukan di PAUD Asuhan Bunda diantaranya makanan ajaib, mencampur warna, dan minuman rasa baru.Kata Kunci: Peranan Guru, Kreativitas Anak Usia Dini, Metode Eksperimen
KONSEP TEACHING PYRAMID SEBAGAI METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI Asmarani Rosita Sari; Aprilia Rachmawati; Dwi Rachmawati; Nia Kurniasari
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 2, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (18.526 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v2i2.137

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI nia kurniasari
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 1, No 2 (2019): Oktober
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/qurroti.v1i2.42

Abstract

ABSTRAKAnak usia dini (0-6 tahun) berada pada tahapan usia emas dan mengalami perkembangan otak yang sangat pesat. Pendidikan anak usia dini berguna sebagai wadah yang dapat menumbuhkembangkan segala aspek perkembangan anak. Dalam pembelajaran anak usia dini diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi kecerdasan anak. Otak merupakan organ sangat penting bagi manusia yang berfungsi sebagai pusat syaraf, pengendali seluruh tindakan, berfikir, mengolah informasi, menganalisis dan menyimpan memori. Perkembangan otak anak mencapai 80% pada usia 0-8 tahun, sehingga disebut the golden ages. Oleh karena itu pemberian rangsangan pendidikan, ketrampilan, bimbingan moral dan agama, sangat tepat diberikan pada usia ini. Pembelajaran berbasis otak, berdasarkan teori Triune (mengaktifkan 3 bagian otak), mengoptimalkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak dan pemberdayaan. Selain itu dengan desain pembelajaran dan lingkungan yang kondusif, anak dapat belajar dengan mudah dengan cara yang menyenangkan tanpa paksaan maupun tekanan dari pihak luar. Brain Based Learning berorientasi pada potensi otak anak sehingga pembelajaran mengarah ke active learning. Berdasarkan prinsip Brain Based Learning, pembelajaran dapat diaplikasikan di PAUD menggunakan model pembelajaran konstruktivistik, quantum teaching, multiple intelegence, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif.Kata kunci : pembelajaran berbasis otak, brain based learning, anak usia dini
OPTIMALISASI PERKEMBANGAN ANAK MELALUI DETEKSI DINI TUMBUH KEMBANG ANAK Hibana Hibana; Susilo Surahman
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 3, No 1 (2021): April 2021
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.136 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v3i1.150

Abstract

ERUMUSAN VISI, MISI, TUJUAN DAN PROGRAM PAUD DI TKIT SALSABILA AL-MUTHI'IN YOGYAKARTA Suhaini Suhaini
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.826 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v2i1.84

Abstract

MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU ANAK USIA DINI DENGAN CINTA DAN CERDIK Endang Lestari; Rifa Suci Wulandari
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 3, No 2 (2021): Oktober 2021
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.937 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v3i2.193

Abstract

PENANGANAN DAN EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK Muhammad Fatkhan Mualifin
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 1, No 1 (2019): April
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/qurroti.v1i1.35

Abstract

ABSTRAKSeorang pembimbing yang baik perlu mempunyai minat terhadap pekerjaan dengan orang lain dan harus mempunyai kemampuan untuk bertindak dan bertingkah laku secara ramah dan bijaksana terhadap klien.Pada umumnya guru biasa membatasi dirinya pada kasus-kasus yang tidak begitu berat di dalam kelasnya. Guru pembimbing diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih lengkap mengenai kepribadian peserta didik serta teknik-teknik untuk mengadakan wawancara, serta menghadapi kasus-kasus yang lebih besar. Tetapi meskipun demikian, dalam hal-hal yang amat berat ia harus minta pelayanan kepada orang yang ahli, seperti: dokter, psikolog atau klinik bimbingan yang memiliki perlengkapan yang memadai. Metode yang digunakan adalah kajian literature yang membahas tentang pentingnya Program perencanaan dan evaluasi program bimbingan dan konseling pada anak, sebelum anak melaksanakan kegiatan bimbingan, anak dan guru telah memahami program dan perencanaan bimbingan terlebih dahulu. Dimana program yang dibuat berlanjut pada proses pengaplikasian untuk mewujudkan perencanaan program tertentu. Setelah proses pengaplikasian dilajutkan melaksanakan program evaluasi dengan memperhatikan teknik-teknik evaluasi. Sehingga hal yang dievaluasi tepat pada sasaran dan ditemukannya hasil dari bimbingan konseling.Kata kunci: Penanganan Bimbingan Konseling, Evaluasi Bimbingan Konseling
INOVASI PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA PADA ANAK USIA DINI Nurfaizah Nurfaizah; Mhd Habibu Rahman
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 2, No 2 (2020): Oktober 2020
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (905.288 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v2i2.127

Abstract

BIMBINGAN KONSELING MELALUI KOMUNIKASI EMPATIK BERDASARKAN NILAI-NILAI ISLAM Ihda A'yunil Khotimah
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 2, No 1 (2020): April 2020
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (943.712 KB) | DOI: 10.36768/qurroti.v2i1.92

Abstract

MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK ANAK USIA DINI nia kurniasari
QURROTI : JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI Vol 1, No 2 (2019): Oktober
Publisher : STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36768/qurroti.v1i2.40

Abstract

ABSTRAKAnak usia dini (0-6 tahun) berada pada tahapan usia emas dan mengalami perkembangan otak yang sangat pesat. Pendidikan anak usia dini berguna sebagai wadah yang dapat menumbuhkembangkan segala aspek perkembangan anak. Dalam pembelajaran anak usia dini diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan potensi kecerdasan anak. Otak merupakan organ sangat penting bagi manusia yang berfungsi sebagai pusat syaraf, pengendali seluruh tindakan, berfikir, mengolah informasi, menganalisis dan menyimpan memori. Perkembangan otak anak mencapai 80% pada usia 0-8 tahun, sehingga disebut the golden ages. Oleh karena itu pemberian rangsangan pendidikan, ketrampilan, bimbingan moral dan agama, sangat tepat diberikan pada usia ini. Pembelajaran berbasis otak, berdasarkan teori Triune (mengaktifkan 3 bagian otak), mengoptimalkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak dan pemberdayaan. Selain itu dengan desain pembelajaran dan lingkungan yang kondusif, anak dapat belajar dengan mudah dengan cara yang menyenangkan tanpa paksaan maupun tekanan dari pihak luar. Brain Based Learning berorientasi pada potensi otak anak sehingga pembelajaran mengarah ke active learning. Berdasarkan prinsip Brain Based Learning, pembelajaran dapat diaplikasikan di PAUD menggunakan model pembelajaran konstruktivistik, quantum teaching, multiple intelegence, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kooperatif.Kata kunci : pembelajaran berbasis otak, brain based learning, anak usia dini

Page 1 of 11 | Total Record : 110