cover
Contact Name
Irma Lusi Nugraheni
Contact Email
irma.nugraheni@fkip.unila.ac.id
Phone
+6281279088877
Journal Mail Official
jurnalpenelitiangeografi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23020032     EISSN : 2746248X     DOI : -
Jurnal Penelitian Geografi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal ini berisikan kumpulan karya ilmiah dalam bentuk artikel baik berupa skripsi, tesis, ataupun disertasi, serta hasil-hasil penelitian lain yang berhubungan dengan kajian pendidikan geografi dan geografi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)" : 10 Documents clear
PROFIL PEDAGANG LESEHAN DI JALAN KARTINI KELURAHAN PALAPA KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT Ebbie Prambesi; I Gede Sugiyanta; Nani Suwarni
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.046 KB)

Abstract

This study aimed to obtain the information about the profile of Lesehan trader at kartini street. The object of this research was lesehan food businesses. The subject of this research was Lesehan seller. This research used descriptive research method with 15 people as trader. Data were collected by observation technique, and structured interviews. The results of this research showed that most of the sources business fund were from private fund. The education level of the business owners which was 46.67% were high school graduates. The license taken out by the Government City of Bandar Lampung has been owned by lesehan food businesses owner which made this business as livelihood. The labours which every lesehan owned were between 2-3 people. 60% of trader earn more than 2.4 million Rupiah/ month.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai Profil Pedagang lesehan di Jalan Kartini . Objek penelitian yaitu usaha lesehan. Subjek penelitian ini ialah pedagang lesehan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pedagang sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar sumber modal usaha berasal dari uang pribadi . Pendidikan pemilik usaha sebanyak 46,67 % merupakan lulusan SMA. Surat izin yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung telah dimiliki oleh para pedagang lesehan yang menjadikan usaha ini sebagai pekerjaan pokok. Tenaga kerja yang dimiliki setiap warung lesehan antara 2 3 orang. 60 % pedagang memperoleh pendapatan lebih dari Rp 2.400.000/bulan.Kata kunci: lesehan, profil, pedagang
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DAN KONVENSIONAL Evi Mivtahul Khoirullah; Yarmaidi Yarmaidi; Rahma Kurnia Sri Utami
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.658 KB)

Abstract

This study aimed to analyze the difference results of class X student on the subjects of Geography in Al - Huda Jati Agung which used concept sentence learning model compared with learning outcomes of students who used conventional learning model. The research method used Quasi Eksperiment Design. Subject of this research was class X3 as experimental class treated by concept sentence learning model and class X2 as control class used conventional learning model. Data of students result were gathered by test instrument such as pre-test and post-test. Data analysis used t test. Analysis of data from this research indicated that there are differences of learning outcomes where the student which used concept sentence learning model reached higher score than students who used conventional learning model.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Geografi di SMA Al-Huda Jati Agung yang menggunakan model pembelajaran concept sentence dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X3 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran concept sentence dan kelas X2 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes berupa pre-test dan post-test. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t. Analisa data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dimana siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran concept sentence mendapat nilai yang lebih tinggi dibanding dengan nilai siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.Kata kunci : concept sentence, hasil belajar, konvensional
PENGARUH AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI Neti Betria Sari; Yarmaidi Yarmaidi; Zulkarnain Zulkarnain
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.892 KB)

Abstract

The research was concerned with the relatively low learning result in Geography among the students of SMA Negeri 13 Bandar Lampung. The research was aimed at examining: (1) the effect of learning activity using portfolio-based learning model on students learning, (2) the effect of learning motivation through portfolio-based learning model on students learning, and (3) the effect of both learning activity and learning motivation through portfolio-based learning model on students learning. Quasy-experimental was applied, and using one group pretest-posttest design. The result of data analyses showed that (1) learning activity has influence the students learning result in the experimental class, (2) learning motivation has an effect on students learning result in the experimental class, and (3) both learning activity and learning motivation contribute to students learning result in the experimental class.Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh aktivitas belajar dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. (3) mengetahui pengaruh aktivitas dan motivasi belajar dalam penggunaan model pembelajaran berbasis portofolio terhadap hasil belajar geografi kelas di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen (2) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen (3) ada pengaruh aktivitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas eksperimen.Kata kunci: aktivitas, motivasi belajar, portofolio, hasil belajar
PEMETAAN DATA MONOGRAFI KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2014 Joni Irawan; I Gede Sugiyanta; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.214 KB)

Abstract

This research aimed to create thematic maps by using Monograph Data of South Coast District in the form of data about location and number of junior and senior high school, the location of pekon government offices, the location of public offices distribution, number of population according to population density, sex ratio, number of households, acceptors, industries and the number of worship places map. This study used quasi experiment research. This research used descriptive informative.The results showed that Monograph Data of South Coast District could be presented in a map. The information was more innovative and communicative.Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta tematik dengan memanfaatkan Data Monografi Kecamatan Pesisir Selatan berupa data tentang letak dan jumlah SMA dan SMP Negeri, letak kantor pemerintahan pekon, letak sebaran kantor pelayanan umum, jumlah penduduk berdasarkan kepadatan penduduk, sex ratio, jumlah rumah tangga, jumlah akseptor KB, jumlah industri dan jumlah tempat ibadah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif informatif.Hasil dalam penelitian ini adalah Data Monografi Kecamatan Pesisir Selatandapat disajikan kedalam sebuah peta.Informasi yang dituangkan lebih inovatif dan komunikatif.Kata kunci: pemetaan, data monografi kecamatan, pesisir selatan.
PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI Danel Mahendra; Pargito Pargito; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.982 KB)

Abstract

This research was based by students learning achievment which was low on geography subject at XI social grade students in SMAN 3 Metro. This research was aimed at finding out the influence of peer tutoring method toward students geography learning achievement at XI grade students in SMAN 3 Metro in the year of 2015/2016. This research used experimental method. The population of this research was all the students of XI social grade in SMAN 3 Metro in the year of 2015/2016. This research used randomized control-group pretest-posttest design. 52 students used as the sample which was consisted of 27 students as the experimental class and 25 students as the control class. Data analysis which was used in this research were uji T, n-Gain, and Effect Size. Based on the test criteria it can concluded that there was a significant influence toward students geography learning achievement at the class which used peer tutoring as their learning methodPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Metro pada tahun pelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan adalah metode Eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Metro tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian ini menggunakan Randomized control-group pretest-posttes Design. Dengan jumlah sampel sebanyak 52 siswa yang terdiri dari 27 di kelas eksperimen dan 25 siswa di kelas kontrol. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T, n-Gain dan Efek Size. Berdasarkan kriteria uji disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode belajar tutor sebaya.Kata Kunci: metode tutor sebaya, hasil belajar, geografi
DESKRIPSI KEBUTUHAN GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2015 Agus Subadra; Buchori Asyik; Nani Suwarni
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.473 KB)

Abstract

This study aimed to study about the distribution of the geography teachers needs high school in Kabupaten Pesawaran Lampung Provincel 2015 .The data collection was done by means of interviews and documentation .Analysis of data and table while the .The results of the study showed that distribution of teachers geography sma in kabupaten pesawaran lampung provincial 2015 not in accordance with their needs teachers occurring in each school . To be demonstrated that the total teacher shortage geography sma as many as seven men teachers geography and excess one teachers geography .Most of educational background of teachers geography 39,1 % with back an undergraduate degree geography and 60,9 % with back non an undergraduate degree geography .A large 56.5 % are non civil servants and only 43,4 % bersetatus civil servants.Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang sebaran kebutuhan guru geografi SMA di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung tahun 2015. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisi data dengan tabel dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebaran guru geografi SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pesawaran provinsi lampung tahun 2015 tidak sesuai dengan kebutuhan guru yang terjadi di tiap sekolah. ditunjukan bahwa total kekurangan guru geografi SMA Negeri dan Swasta sebanyak 7 orang guru geografi dan kelebihan 1 orang guru geografi. Sebagian besar latar belakang pendidikan guru geografi 39,1% berlatar belakang S1 Geografi dan 60,9% berlatar belakang non S1 geografi. Sebagaian besar 56,5% berstatus non PNS dan hanya 43,4% bersetatus PNS.Kata kunci: kebutuhan guru, sebaran, SMA.
HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL HASIL BELAJAR SISWA Fitri Nuryani; Sumadi Sumadi; Sudarmi Sudarmi
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (54.308 KB)

Abstract

This study ained to determine and analyze (1) the relations between student perception of pedagogic competence teacher with learning social outcomes (2) the relations between student perception of professional competence teacher with learning social outcomes (3) the relations between student perception of pedagogic competence and professional competence teacher with learning social outcomes. The method was correlasional. Based on the analysis of the data it obtained the following results, (1) there was a significant positive relationship between the perception of students on pedagogical competence of teachers to student learning outcomes (2) there was a significant positive correlation between the students' perceptions about the professional competence of teachers to student learning outcomes (3) there was a positive relationship between the perception of students on pedagogical competence of teachers and professional competence of teachers to student learning outcomes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru IPS dengan hasil belajar siswa (2) hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru IPS dengan hasil belajar siswa (3) hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru IPS secara bersamaan dengan hasil belajar siswa.Metode yang digunakan adalah metode korelasional.Berdasarkan analisa data diperoleh hasil yaitu (1) ada hubungan positif yang signifikan antara antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa (2) ada hubungan positif yang signifikan antara antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa (3)ada hubungan positif antara antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa.Kata kunci : kompetensi pedagogik, profesional, hasil belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI Adi Pranoto; Buchori Asyik; Rahma Kurnia Sri Utami
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.719 KB)

Abstract

This research aimed to find out the difference and the effect of contextual teaching and learning model on learning result in geography subject at XI IPS SMA Negeri 6 Bandar Lampung school year 2014/2015. This research used quasi experiment method which was the method that compare learning result with a treatment to the object. The subjects of this result were students of second grade of social class 1 and social class 3 which consisted of 64 students. Data collecting technique of this research weretest and data analysis used were t-test and effect size. The result of this research showed that there is a significant difference of learning result in the class which was given by the conventional model of teaching learning, where the experiment class is higher than control class. There is an effect of contextual teaching and learning model on learning result in geography subject.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan danpengaruh model pembelajaran kontekstualterhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri 6Bandar Lampungtahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semuyaitu metode yang membandingkan hasil belajar dengan pemberian perlakuan pada suatu objek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 sebanyak 64 siswa.Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data yang digunakan adalah uji t dan efek size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar pada kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional, dimana kelas eksperimen lebih tinggi rata-rata hasil belajarnya dari kelas kontrol. Ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.Kata kunci: hasil belajar, geografi, model pembelajaran kontekstual
PENAMBANGAN BATUBARA OLEH RAKYAT DI DESA TANJUNG LALANG KECAMATAN TANJUNG AGUNG Aditya Eko Saputra; I Gede Sugiyanta; Rosana Rosana
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.552 KB)

Abstract

This study aimed to assess on coal mining by the people in the village of Tanjung Lalang Sub District Tanjung Agung, with a pressure point on the review of mining areas, the number of miners, revenue per month, the number of mining and mine way. This research used descriptive method. The results showed that: (1) The area of coal mining predominantly on location VI (very narrow) as many as 13 people. (2) The number of coal miners dominated by miners in a large area with a number of miners were 105 people. (3) The amount of a coal mine as much as 6 points. (4) How coal mining communities that is the way in and open pit mines.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penambangan batubara oleh rakyat di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung, dengan titik tekan kajian pada wilayah penambangan, jumlah penambang, pendapatan per bulan, jumlah penambangan dan cara menambang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Wilayah penambangan batubara didominasi Lokasi VI (sangat sempit) sebanyak 13 orang (2) Jumlah penambang batubara didominasi oleh penambang pada lahan yang luas dengan jumlah penambang sebanyak 105 orang. (3) Jumlah tempat penambangan batubara sebanyak 6 titik penambangan. (4) Cara penambangan batubara oleh masyarakat dengan cara tambang dalam dan tambang terbuka.Kata kunci: penambangan, batubara, rakyat
SIG DALAM PEMETAAN SEBARAN GURU IPS DAN GEOGRAFI DI WILAYAH KOTA METRO Riki Tri Kurniawan; Budiyono Budiyono; Dedy Miswar
JPG (Jurnal Penelitian Geografi) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG)
Publisher : JPG (Jurnal Penelitian Geografi)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research was aimed to study on the use of GIS in mapping the distribution of social studies and geography teacher at Junior and senior high school on Metro Citys region in 2014. This research focused on map,GIS data and the distribution of social studies and Geographys teacher at Metro City. This research uses descriptive informative method. The results in this study were proved that the data like facilities, teacher of junior and senior high school in Metro city can be presented through maps and GIS and the distribution and the need for social studies and Geographys teacher at the Metro City region isnt spread evenly and infact, it encounter excess of social study and geography teacher and that data can be presented through the map.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pemanfaatan SIG dalam pemetaan sebaran guru IPS dan geografi pada SMP dan SMA Negeri Diwilayah Kota Metro tahun 2014. Titik tekan kajianya pada peta dan data SIG SMP dan SMA serta persebaran guru IPS Geografi di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif informatif. Hasil dalam penelitian ini adalah data fasilitas serta guru SMP dan SMA Negeri di Kota Metro dapat disajikan melalui peta dan SIG serta diketahui bahwa sebaran dan kebutuhan guru IPS Geografi di wilayah Kota Metro tidak merata bahkan mengalami kelebihan guru IPS Geografi dan keadaan tersebut dapat disajikan melalui peta.Kata Kunci: sistem informasi geografi, pemetaan, basisdata, kebutuhan guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 10, No 2 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 9, No 2 (2021): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 9, No 1 (2021): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 6 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 5 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 4 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 3 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 6 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 2 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 6 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 5 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 4 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 3 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 6 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 5 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 4 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 6 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 5 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 4 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 3 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 6 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 5 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 4 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 3 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 2, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 6 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 5 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 4 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Geografi (JPG) More Issue