cover
Contact Name
Saprizal Hadisaputra
Contact Email
rizal@unram.ac.id
Phone
+6287738066422
Journal Mail Official
pijarmipa@unram.ac.id
Editorial Address
Univesitas Mataram. Jalan Majapahit No 62 Mataram, Lombok, NTB. 83125. Indonesia
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pijar MIPA
Published by Universitas Mataram
ISSN : 19071744     EISSN : 24601500     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pijar MIPA (e-ISSN: 2460-1500 & p-ISSN: 1907-1744) is an open-access scientific periodical journal published by the Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram. Jurnal Pijar MIPA publishes original articles on current issues and trends in mathematics-science-science education studies. In addition, this journal addresses issues concerning environmental education and environmental science. The journal scopes are: a. Physics and Physics Education b. Chemistry and Chemistry Education c. Biology and Biology Education d. Natural Science and Science Education e. Mathematics and Mathematics Education f. Environmental and Environmental Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER" : 10 Documents clear
EFEK MEDIA DEMONSTRASI KIMIA YANG DIMODIFIKASI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA PADA KONSEP ELEKTROKIMIA Mutiah Mutiah; Jeckson Siahaan; Sukib Sukib
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.622 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.107

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menyelidiki pengaruh penerapan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi terhadap pemahaman mahasiswa pada konsep sel elektrokimia. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Matram, Indonesia. Penelitian merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan kelas kontrol (metode konvensional) dan kelas eksperimen (media demonstrasi kimia yang dimodifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan pembelajaran hasil tes akhir/post tes menunjukan bahwa persentase mahasiswa yang menguasai konsep dengn benar sebesar 36% untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen sebanyak 56%. Perbaikan miskonsepsi tertinggi terdapat pada subtopik sebagai berikut: reaksi pada elektroda (9%), fungsi jembatan garam (9%), aliran muatan listrik pada rangkaian luar (6%), dan rangkaian tertutup dan terbuka (4%). Hasil uji statistik anacova menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media demonstrasi kimia yang dimodifikasi terhadap perbaikan miskonsepsi mahasiswa pada topik elektrokimia. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media demonstrasi kimia yang dimodifikasi mampu memperbaiki miskonsepsi karena sesuai dengan prinsip model mental dan representasi dari ilmu kimia The aim of this study was to investigate the effect of the application of chemical demonstration on the students' understanding of the concept of an electrochemical cell. The chemistry students of Faculty of Teacher Training and Science Education, Mataram University, Indonesia was taken as samples. The study was quasi-experimental research in which the control classes was taught using conventional methods and the experimented classes was taught by incorporating chemistry demonstration experiment. The results showed that the percentage of students who mastered the concept correctly was 36% and 56% for the control group and the experimental class, respectively. Repair misconception shows that the highest values found in the subtopics as follows: reaction on the electrode (9%), the function of the salt bridge (9%), the flow of electric charge on the circuit outside (6%), and the flow of electricity on a series of closed and open (4% ). Anacova statistical test results showed that there was a significant effect of the use of chemically modified media demonstration on reducing student misconceptions. It can be concluded that the demonstration of the modified chemical capable of reducing misconceptions students on the topic of electrochemistry. 
SINTESIS DAN KARAKTERISASI FOTOKATALIS TiO2 MONTMORILONIT TERPILAR ALUMINA Iwan Sumarlan; Is Fatimah; Karna Wijaya
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.457 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.108

Abstract

Abstrak. Dispersi TiO2 ke dalam montmorilonit terpilar alumina (PILM) telah sukses dilakukan. Fotokatalis dibuat dengan menginterkalasikan Al13 ke dalam montmorilonit alam kemudian dikalsinasi pada temperatur 500oC. Dispersi TiO2 ke dalam montmorilonit terpilar aluminium (PILM) dilakukan dengan menggunakan metode impregnasi dengan konsentrasi teoritis 0,4; 0,8; 1 dan 3%. Hasil yang diperoleh kemudian dikarakterisasi dengan menggunakan XRD, porosimetry, SEM dan Diffuse Reflectance Spectrophotmetry UV-Visible (DRUV). Hasil karakterisasi fotokatalis Ti/PILM menunjukkan bahwa terjadi penurunan luas permukaan spesifik, volume total pori dan basal spacing setelah dispersi TiO2 pada PILM. Gambar citra SEM menunjukkan bahwa TiO2 masuk ke dalam pori dan juga terdapat pada permukaan fotokatalis. Hasil karakterisasi menggunakan DR UV menunjukkan bahwa band gap fotokatalis Ti/PILM 0,8; 1 dan 3% ialah 3,66; 3,19 dan 3,19 eV. Kata Kunci : Karakterisasi, Montmorilonit, pilarisasi, fotokatalis, TiO2 Abstract. Dispersion of TiO2 on montmorillonite pillared aluminium has been done successfully. The photocatalyst were prepared by intercalation of Al13 onto natural montmorillonite and then calcined at 500oC. Titania dispersion onto aluminium pillared montmorillonite was carried out by impregnation method at the theoritic concentration of 0.4, 0.8, 1 and 3% titania. The photocatalyst then characterized by XRD, porosimetry, SEM and Diffuse Reflectance Visible methods. Results of characterization showed that the basal spacing and specific surface area as well as total pore volume were decreased after dispersion of TiO2 on PILM,  meanwhile SEM image exhibited that beside in the pores of PILM, the TiO2 was also dispersed on the surface of PILM. DR UV characterization result indicated that the band gap of TiO2 dispersed PILM for Ti/PILM 0,8%, Ti/PILM 1% and Ti/PILM 3% was 3.66, 3.19 and 3.19 eV respectively Key word : montmorillonite, pillarization, photocatalyst, TiO2
PENGEMBANGAN LKS DAN PENERAPANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK STOIKIOMETRI SISWA KELAS X SMAN 1 BATULAYAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Sumiati Sumiati
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.676 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.109

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan LKS dan penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan stoikiometri siswa kelas X SMAN 1 Batulayar 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang secara umum terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdapat 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 1 Batulayar dengan jumlah siswa 29 orang. Penelitian ini difokuskan pada materi hukum-hukum dasar kimia, konsep mol yang mencakup konversi jumlah mol ke dalam jumlah partikel, jumlah massa, dan jumlah volume. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar observasi dan angket. Dari hasil penelitian pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I yaitu, pada siklus II diperoleh rata-rata nilai pos test siswa 77 dan prosentase ketuntasan hasil belajar mencapai 78,57% (siswa mencapai nilai ≥70). Sementara pada siklus I rata-rata nilai siswa hanya 58 dan prosentase ketuntasan hasil belajar hanya mencapai 54,17% (siswa mencapai nilai ≥70). Dan dari hasil observasi terhadap pembelajaran dengan pengembangan dan penerapan LKS melalui diskusi terdapat peningkatan aktivitas yang signifikan yaitu dari skor rata-rata 18 menjadi 21 dimana skor ini masuk kategori aktif.  Sedangkan berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada siswa terlihat proses pembelajaran mendapat respon yang baik dari siswa. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pengembangan dan penerapan LKS memberikan dampak yang positif bagi siswa dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: LKS, Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Siswa Abstrak: The purpose of this study is to know whether the student’s worksheet development and its application are able to increase the students’ competence of the stoichiometry at the X grade of SMAN 1 Batulayar. The method of study used is class action research in which consists of two cycles and each of them has four steps such as planning, action, observation and reflection. This study focuses on basic laws of chemistry, the mole concept which includes the conversion of the number of moles to the number of particles, the amount of mass and volume number. Data was collected by test, observation and questionnaire. The result of study indicated that there were sifnificant increase of the students’ competence and activities. On the second cycles was found that the students’ post test result average was 77 and 78.57% student accomplish the topic. In contrast, on the first cycle the students average was 58 and only 54.17% student accomplish the topic. The students respond to the development and application of the students worksheet throughout discussion significantly improved whereas there are improvement in which previously only 18 students active during the leraning process, it increased into 21 students.  It can be concluded that the development and application of the students’ worksheet gives positive impact to the students’ competence of the stoichiometry topic. Key words: students’ worksheet, result and students, activity
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT PADA PERKULIAHAN PROGRAM LINIER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS MATARAM Nani Kurniati; Sri patmi; Muhammad Turmuzi
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.198 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.110

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dari pengalaman peneliti selama mengampu mata kuliah Program Linier terlihat bahwa aktivitas belajar mahasiswa masih kurang sehingga prestasinyapun tidak maksimal. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram tahun akademik 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 3 siklus, hasil yang diperoleh pada masing – masing siklus adalah rata – rata hasil evaluasi 63,14, ketuntasan klasikal 67,65 % dan kategori keaktifan cukup aktif dan aktif pada siklus I, rata – rata hasil evaluasi 75,74, ketuntasan klasikal 100 % dan kategori keaktifan aktif dan aktif pada siklus II, rata – rata hasil evaluasi 79, ketuntasan klasikal 85,35 % dan kategori keaktifan  aktif dan sangat aktif pada siklus III. Dilihat dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe cooperative script secara optimal pada perkuliahan program linier dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa semester IV program studi pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram tahun akademik 2013/2014. Kata Kunci : Cooperative Script, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Program Linier Abstract: The background of the research was the experience of researcher during teaching of Linear Programming topic whereas that the student learning activity was low. It has contribution to less optimum learning outcomes. The purpose of this research was to increase the activity and learning outcomes of the students of fourth semester, mathematics education division, Faculty of Teacher Training and Science Education, Mataram University in the academic year 2013/2014. This classroom action research conducted using 3 cycles. The results obtained in the first cycle were the 63.14 average of the evaluation results, 67.65% classical completeness and categorized as quite active. The results of the second cycle were 75.74 with 100% classical completeness and considered as active. In the third cycle showed that the average of the evaluation results was 79 with classical completeness 85.35%, categorized as very active. It can be concluded that the strategy of cooperative learning cooperative script optimally at lectures linear program can increase the activity and achievement of students. Keyword : Cooperative Script,  learning activity, learning achievement, Linier Programing
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA Eka Nurul Qomaliyah; Sukib Sukib; I Nyoman Loka
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.574 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.111

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI SMAN 1 Gunungsari. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari yang terdiri dari empat  kelas, dengan jumlah total 98 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional, yaitu ceramah dan tanya jawab. Hasil uji hipotesis dengan uji Anakova satu jalur dengan satu kovariabel didapatkan Fhitung sebesar 13,91, sedangkan nilai Ftabel dengan probabilita 0,05 sebesar 4,05, maka Fhitung>Ftabel (13,91>4,05) yang menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar. Nilai rata-rata kelas dan ketuntasan klasikal yang lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol menunjukkan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbasis literasi sains lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dikaitkan dengan hasil belajar.Kata Kunci: Hasil belajar, Inkuiri Terbimbing, Larutan Penyangga, Literasi Sains Abstract.  This research aimed to investigate the influence of guided inquiry model based on science literacy to the learning outcomes of the subject matter of the buffer solution of second year student in SMAN 1 Gunungsari. The research used quasi-experimental method with nonequivalent control group design. The population of the research were 98 students of second year science of SMAN 1 Gunungsari, which were divided into four classes. The sampling technique in this research used purposive sampling. XI science-1 class was selected as the experimental class which used guided inquiry model based on science literacy and XI science-2 class was selected as the control class which used conventional models through lectures and question-answer. Hypothesis test results through the Ancova one lane with one covariates test obtained Fcount equal to 13.91, while the value of  Ftable with probability 0,05 equal to 4,05, then Fcount > Ftable (13.91 > 4.05), the results show that there is an influence of guided inquiry learning model. The average and classical completeness value of experimental class greater than the control class shows that guided inquiry based on science literacy learning is better than the conventional learning related to learning outcomes.Key words: Learning Outcomes, Guided Inquiry, Buffer Solution, Science Literacy
PENERAPAN PENILAIAN NON TES SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SIKAP DAN KETERAMPILAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA DI MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2014/2015 Lia Savitri Romdani; Nur Lestari; I Wayan Merta
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.171 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.112

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap dan keterampilan peserta didik yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan penilaian nontes pada kelas XI IPA di MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April - Mei 2015. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 122 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling.  Kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2. Pengumpulan data menggunakan angket dan penilaian unjuk kerja. Angket digunakan untuk menilai sikap, sedangkan penilaian unjuk kerja digunakan untuk menilai keterampilan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rerata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,97 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,74 untuk hasil belajar ranah afektif (sikap). Peningkatan hasil belajar ranah psikomotorik sebesar 0,63 lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 0,53. Pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki hasil belajar yang berbeda signifikan. Maka dapat disimpulkan penilaian non tes dapat meningkatkan sikap dan keterampilan peserta didik. Kata Kunci: Penilaian non tes, hasil belajar (afektif dan psikomotorik) Abstract: This study aims to determine the increase in students' attitudes and skills are given learning by applying non-test assessment. In this study, the student is in grade XI MAN 2 Mataram Academic Year 2014/2015. This study was conducted in April-May 2015. The research is a quasi experiment. The population in this study are all students in grade XI MAN 2 Mataram academic year 2014/2015 (122 students). The research design was non equivalent control group design. Sampling was done by simple random sampling with a control class (XI IPA 1) and the experimental class (XI IPA 2). Questionnaire and performance assessment are used for data collection. Improved learning outcomes can be seen from the N-Gain in the experimental class 0,97. This value is higher than the control class of 0.74 for the affective learning outcomes (attitudes). Increased yield of 0.63 psychomotor domains of learning. This value is higher than the control class is 0.53. Learning outcomes between control and experimental classes differ significantly. It can be concluded non-test assessment can improve attitudes and skills of learners.Keywords: Non-test Assessment, learning outcomes (affective and psychomotor)
UJI PENURUNAN KOLESTEROL PADA MENCIT PUTIH (Mus musculus) SECARA IN-VIVO MENGGUNAKAN EKSTRAK METANOL UMBI TALAS (Colocasia esculenta L) SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN CARDIOVASCULAR DISEASE Samsul Rizal Umami; Sarifa Siti Hapizah; Rosita Fitri; Aliefman Hakim
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.383 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.113

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak umbi talas (Colocasia esculenta L) terhadap penurunan kadar kolesterol mencit putih (Mus musculus). Induksi hiperkolesterolemik dilakukan dengan pemberian kuning telur puyuh, pakan ayam broiler dan pemberian propiltiourasil (PTU) pada mencit putih (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan metode ekstraksi dan uji penurunan kadar kolesterol dengan ekstrak umbi talas. Mencit dibagi menjadi 5 kelompok percobaan yang terdiri dari 3 kelompok perlakuan (P1, P2, dan P3) dan 2 kelompok kontrol (K+ dan K-). Dosis yang digunakan yaitu 100 mg/kgBB, dosis P2 yaitu 200 mg/kgBB, dan P3 yaitu 300 mg/kgBB. Sedangkan kelompok K+ diberikan dosis simvastatin dan K- hanya aquades. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dosis 100 mg/kgBB terjadi peningkatan kadar kolesterol sebesar 5,2 mg/dL, pada K- juga mengalami peningkatan sebesar 3,8 mg/dL. Sedangkan pada P2 mengalami penurunan yang cukup tinggi sebesar 27,9 mg/dL, sementara P3 mengalami penurunan sebesar 2,4 mg/dL dan K+ juga mengalami penurunan sebesar 2,2 mg/dL. Berdasarkan hasil ini, dosis 200 mg/kgBB menunjukkan penurunan dosis yang lebih baik daripada dosis yang lain. Kata Kunci : Hiperkolesterolemik, PTU, Umbi Talas, Ekstraksi, Kolesterol Abstrack: This study aimed to determine the effect of taro root extract (Colocasia esculenta L) to decrease cholesterol levels of white mice (Mus musculus). Induction hiperkolesterolemik done by providing quail egg yolk, broiler chicken feed and administration of propylthiouracil (PTU) in white mice (Mus musculus). In this study using extraction methods and test cholesterol-lowering with taro root extract. The mice were divided into 5 experimental groups consisting of 3 treatment groups (P1, P2, and P3) and two control groups (K + and K-). In the group P1 doses used were 100 mg / kg body weight, P2 dose of 200 mg / kg, and P3 is 300 mg / kg. While the group K + and K- simvastatin dose given only distilled water. The results showed that at a dose of 100 mg / kg showed elevated levels of cholesterol by 5.2 mg / dL, the K- increased by 3.8 mg / dL. While at P2 decreased quite high by 27.9 mg / dL, P3 decreased by 2.4 mg / dL and K + also decreased by 2.2 mg / dL. Based on these results, a dose of 200 mg / kg showed a dose reduction is better than another dose. Keywords: Hiperkolesterolemik, PTU, Bulbs Talas, Extraction, Cholesterol
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Nuning Apriani; Syahrial Ayub; Hikmawati Hikmawati
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.539 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.114

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only group design. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 2 Praya Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 400 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas X 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes multiple choice dengan lima alternatif jawaban. Hipotesis Penelitian diuji menggunakan t-test polled varians, diperoleh thitungsebesar 3,42 dan ttabelsebesar 1,99 pada taraf signifikansi 5 %. Oleh karena  t­hitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Praya tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar. Abstract – The purpose of this study was to investigate the influence of problem based learning model toward physics learning outcomes at SMAN 2 Praya grade X at the academic year 2015/2016. This study was experiment with post-test only control group design. The population of this study were all students of Xth grade with number of students were 400 students. Cluster random sampling was used to choose the class sample with X-4 as experiment class and X-6 as control class. The instrument of this study used multiple choise test with 5 alternative answer. Based from the result, data were analyzed using t-test polled varians. The data obtained 3.42 for the t-hint and 1.99 for the t-table with significant level 5%. Therefore t-hint > t-table, the H0 rejected and Ha be accepted. This result shows that problem based learning model is influencing the stuent’s physics academy result at SMAN 2 Praya Xth grade academic year 2015/2016. Keywords: Problem based learning model, learning outcomes.
DESALINASI BERBASIS TENAGA SURYA DI KECAMATAN BAYAN LOMBOK UTARA Nurul Ismillayli; Dhony Hermanto; Siti Raudhatul Kamali; Fahrurazi Fahrurazi
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.087 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.115

Abstract

Abstrak: Minimnya ketersediaan air bersih dan keterbatasan sarana untuk mendapatkannya membuat masyarakat Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) rentan terhadap krisis air. Secara geografis sebagian besar wilayahnya merupakan pesisir pantai yang kaya akan cahaya matahari, mengingat dalam setahun bulan basah hanya terjadi 3-4 bulan. Air laut dapat menjadi bahan baku air bersih melalui teknologi desalinasi dengan menggunakan sinar matahari sebagai sumber panas. Melalui kegiatan Ipteks bagi masyarakat, alih teknologi pembuatan alat desalinasi berbasis tenaga surya di Kec. Bayan, KLU dilakukan.  Kegiatan meliputi sosialisasi pada beberapa kelompok tani Kec. Bayan tentang prinsip kerja alat yang telah diuji coba di laboratorium kimia Universitas Mataram. Praktik kerja pembuatan alat juga dilakukan agar kelompok tani dapat membuat alat sekaligus dapat menyalurkan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota masyarakat lainnya. Produk kegiatan diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi krisis air walaupun masih diperlukan peningkatan produktivitasnya. Kata kunci: desalinasi, air laut, air bersih, tenaga surya. Abstrac: The lack of clean water and limited access to get it made public of Bayan District, North Lombok (KLU) were vulnerable to the water crisis. Geographically, most of KLU is coastal region that rich in sunshine, considering the wet months of the year only occur 3-4 months. Sea water can be the raw material of fresh water through desalination technology using sunlight as source of heat. Through IbM activity, transfer technology by producing and setting desalinator based on solar power in the Bayan district, KLU has been done. The activity included socialization on some farmer groups of Bayan district about basic principle of the desalinator that has been tested in the Chemistry Laboratory at Mataram University.        Practicing on production of desalinator also has conducted, hence they can produce and share their knowledge and skills to other community. Product activity is expected to be an alternative solution to overcome the water crisis despite still needed some refinement for increasing its productivity. Keyword: desalination, seawater, fresh water, solar energy
PENGELOLAAN LIMBAH KIMIA DI LABORATORIUM KIMIA PMIPA FKIP UNRAM Lalu Sulman; Jono Irawan
Jurnal Pijar Mipa Vol. 11 No. 2 (2016): SEPTEMBER
Publisher : Department of Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.067 KB) | DOI: 10.29303/jpm.v11i2.116

Abstract

Abstrak: Limbah bahan kimia baik sisa praktikum maupun bahan kedaluarsa di Laboratorium Kimia PMIPA FKIP Universitas Mataram perlu dikaji secara mendalam, sehingga dapat ditemukan solusi bagaimana cara pengelolaan yang tepat. Untuk menemukan formula pengelolaan yang tepat diperlukan pengkajian tentang: identifikasi penyebab timbulnya limbah bahan kimia, perhitungan jumlah limbah, mekanisme pengolahan dan pembuangan ke lingkungan. Kuantitas limbah bahan kimia dan teknik pengelolaannya menjadi indikator seberapa baik tata kelola limbah. Tujuannya adalah untuk menemukan solusi dalam pengelolaan limbah bahan kimia, sehingga dapat dijadikan dasar/pedoman dalam upaya minimalisasi potensi limbah baik pada penanganan di gudang maupun pengurangan kuantitas limbah yang dihasilkan dari kegiatan praktikum di laboratorium PMIPA FKIP Universitas Mataram. Teknik dokumentasi yang digunakan dalam pengelolaan dapat diperoleh beberapa hal, yaitu: (1) limbah bahan kimia berasal dari sisa pembuatan larutan, sisa praktikum, hasil pencucian alat, dan bahan kedaluarsa. (2). Penurunan jumlah bahan kimia yang disimpan  di  gudang  sebesar  18,5 %  dari  total  persediaan,  sedangkan jumlah bahan penyebab limbah B3 berkurang 29%. (3) Diperlukan teknik pengolahan limbah bahan kimia tersebut sebelum dibuang ke lingkungan. (4) Rekomendasi usulan  amandemen S.O.P Perencanaan, Penerimaan Bahan, Audit Gudang sehingga pencegahan pencemaran bahan kimia. Kata kunci : Bahan kimia,  Pengelolaan limbah, MSDS, Incompatibility, Standard   Operating   Procedure (S.O.P)Abstract: Hazardous chemicals and materials practicum good rest expiry Chemistry Laboratory, University of Mataram PMIPA FKIP needs to be studied in depth, so as to find solutions on how to appropriate management. To find the right formula management studies are necessary regarding: the identification of the causes of chemical wastes, the calculation of the amount of waste, treatment and disposal mechanisms to the environment. The quantity of chemicals and waste management techniques to be an indicator of how well the governance of waste. The goal is to find a solution in the management of chemical waste, so it can be used as the basis / guidelines in an effort to minimize the potential for waste both in handling in the warehouse as well as a reduction in the quantity of waste generated from laboratory experiments PMIPA FKIP University of Mataram. Techniques used in the management of documentation may be obtained several ways, namely: (1) chemical wastes coming from the rest of the preparation of the solution, the rest of the lab, the results of the washing apparatus, and outdated materials. (2). Decrease the amount of chemicals stored in the warehouses of 18.5% of the total inventory, while the amount of material cause of the B3 waste is reduced by 29%. (3) Required waste processing techniques such chemicals before being discharged into the environment. (4) Recommendations proposed amendments S.O.P Planning, Reception Materials, Audit Vault so that the prevention of chemical contamination. Keywords: Chemicals, Waste management, MSDS, Incompatibility, Standard Operating Procedure (S.O.P)

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2016 2016