cover
Contact Name
Syafryadin
Contact Email
syafryadin@unib.ac.id
Phone
+6285256498365
Journal Mail Official
jurnalpengabdianmpbing@gmail.com
Editorial Address
JL.RAYA KANDANG LIMUN POST CODE: 38123
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 27746194     EISSN : 27743667     DOI : http://doi.org/10.33369/jurnalinovasi
Core Subject : Education, Social,
JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker and Counter JIPMP Visitor TOOLS Crossref Member Badge Journal Help USER Username syafyadin Password ••••••••• Remember me NOTIFICATIONS View Subscribe LANGUAGE Select Language English JOURNAL CONTENT Search Search Scope All Browse By Issue By Author By Title Other Journals FONT SIZE Make font size smallerMake font size defaultMake font size larger INFORMATION For Readers For Authors For Librarians KEYWORDS Bee pollen, Biskuit, Pangan fungsional Big Book, Karakteristik, Keterampilan, Kognitif, Media Pembelajaran Bimtek Blended Learning, English Proficiency, TOEFL Brownies, Modified Cassava Flour, Produk Pangan, Ubi Kayu Democracy, Election, Beginner Voters, Political Education English ability Islamic FEFAC Karya ilmiah Labanu Village, Geological Map, Development Acceleration Mendeley PTK Pelatihan Pengelola sitasi dan referensi Tourism, Economy, Programs, Syari Beach. bahan ajar cerita, storytelling, Whatsapp Group kajian pustaka, genre-based method, artikel jurnal internasional, guru professional keterampilan membaca media pemanfaatan teknologi, google classroom, Pembelajaran Jarak Jauh HOME ABOUT LOGIN REGISTER SEARCH CURRENT ARCHIVES ANNOUNCEMENTS Home > About the Journal > Editorial Policies EDITORIAL POLICIES Focus and Scope Section Policies Peer Review Process Publication Frequency Open Access Policy Archiving Publication Ethics and Malpractice Statement Subscribe Policy Indexing and Abstracting Author Fees Author Guidelines Open Access Policy Screening for Plagiarism Copyright Notice FOCUS AND SCOPE The aim of this journal is to publish community service articles that explore the application of any field in education. This journal focuses on education practices. The article could be written in Indonesian or English. Sub topics can be as follows: 1. English Education 2. Language Education 3. Social Education 4. Natural Science Education 5. Primary Education 6 Sports Education 7. Educational Management 8. Technology of Education 9. Other fields of education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022)" : 5 Documents clear
Percepatan Pembangunan Desa Labanu Kabupaten Gorontalo Melalui Pembuatan Peta Geologi Aang Panji Permana; Ronal Hutagalung; Muhammad Kasim
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.639 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21219

Abstract

Peta geologi desa dibuat berdasarkan data primer dan sekunder, yang menggambarkan kondisi geologi desa tersebut, seperti jenis batuan, penyebaran, hubungan antar batuan, struktur geologi, dan sebagainya dan dibuat dengan skala 1:5.000, 1 : 10.000 atau 1 : 15.000. Peta geologi desa dapat digunakan sebagai acuan desa dalam mengembangkan potensi desa khususnya dalam aspek sumberdaya mineral dan batuan, potensi geowisata, geologi teknik, geologi lingkungan, serta objek belajar kebumian bagi siswa-siswa di desa tersebut. Selain itu, peta geologi desa juga dapat digunakan sebagai sumber informasi ancaman bencaba geologi yang ada di desa tersebut. Bencana geologi yang dimaksud adalah gempa bumi, tanah longsor, gunung api, tsunami, serta bahaya likuifaksi. Tujuan pengabdian membuat peta geologi desa Labanu untuk menjadi data pendukung percepatan pembangunan desa. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan metode kajian pustaka dan orientasi medan serta survei geologi lapangan. Hasil dari pengabdian ini menghasilkan peta geologi Desa Labanu yang didalamnya memuat satuan batuan, struktur geologi dan stratigrafi daerah Labanu.
Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Big Book Pada Guru Sekolah Dasar di Kota Metro Srikandi Octaviani; Alif Via Sufianti; Hanifah Fitria Azizah; Winie Setia Prilapnita Hapsari; Winda Maharani
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.322 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21420

Abstract

 Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang mudah dibuat, praktis, yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didik, dan peserta mampu memahami konsep, tata cara membuat serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini menerapkan beberapa metode diantaranya adalah In house Training, ceramah dan mentoring. Adapun hasil dari pelatihan dan pendampingan ini melatih keterampilan peserta dalam merancang dan membuat sendiri media pembelajaran Big Book yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didiknya, menghasilkan Big book yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini adalah pentingnya membuat media pembelajaran sendiri yang dapat disesuaikan dengan capaian tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih bermakna.
Memberikan Pendidikan Politik Pada Siswa Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Kota Bengkulu Anita Marianata; Iis Sujarwati; Syafryadin Syafryadin
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (31.848 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21256

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah kegiatan penyuluhan pendidikan politik bagi pemilih pemula dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa sekolah (pemilih pemula), dalam hal ini diwakili oleh Siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat adalah (1) dialog antara Tim Pengabdian Dosen dengan siswa sekolah, (2) pemberian pengarahan dalam menyusun strategi untuk menghadapi black campaigne, (3) lomba desain stiker anti black campaigne pada pemilih pemula, (4) pembagian stiker anti black campaigne pada pemilih pemula. Pendidikan politik terhadap siswa sekolah sebagai pemilih pemula menimbulkan dampak positif, antara lain: mengurangi jumlah penyimpangan dalam proses pemilihan umum yang akan datang; sebagai penambah wawasan bagi siswa sekolah atau pemilih pemula mengenai pentingnya pemilihan umum tanpa ada black campaigne; sebagai motivasi siswa sekolah atau pemilih pemula untuk menyampaikan aspirasi berdasar hati nurani.
Edukasi Kesiap-Siagaan Bencana Tsunami Pada Anak Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif M. Iqbal Liayong Pratama; Daud Yusuf; Hendra Hendra
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.556 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21158

Abstract

Pelaksanaan pengabdian berfokus pada edukasi kesiap-siagaan bencana tsunami pada anak dikawasan pesisir Teluk Tomini sebagai langkah awal untuk pengurangan resiko bencana. Hal ini dilakukan berdasar pada upaya untuk mengurangi risiko bencana pada anak, yang mana anak-anak merupakan golongan yang rentan terhadap suatu bencana. Anak-anak perlu dibekali akan berbagai informasi mengenai bencana alam, tentu saja muatan informasi tersebut dan cara penyampaiannya perlu disesuaikan dengan usia mereka. Alternatif yang mudah dalam mengenalkan konsep bencana alam ialah melalui penggunaan media pembelajaran interaktif.  Penggunaan media bertujuan untuk menarik minat anak untuk belajar dan memberikan kemudahan dalam menyajikan materi kepada anak. Pelaksanaan pengabdian edukasi kesiap-siagaan bencana tsunami pada anak menggunakan media interaktif ini menunjukkan hasil yang positif. Anak-anak lebih mengetahui tentang konsep dan penyebab dan tanda-tanda terjadinya bencana tsunami, serta tindakan-tindakan dalam menghadapi bencana tersebut. Selain itu, anak-anak bersedia untuk berbagi informasi kepada teman-teman dan keluarga tentang konsep bencana tsunami dan sikap kesia-siagaan dalam menghadapinya.
Pelatihan Bertutur (Storytelling) Destinasi Wisata bagi Pemangku Kepentingan di Kawasan Objek Wisata Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan Menggunakan Asistensi Whatsapp Group Dedeh Rohayati; Iskhak Iskhak; Andi Rustandi
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.404 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21444

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya para pemangku kepentingan di kawasan obek wisata budaya Ciung Wanara Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis melalui pelatihan keterampilan bertutur (storytelling) destinasi wisata menggunakan asistensi Whatapps Group.  Khalayak sasaran adalah para pemangku kepentingan yang terdiri dari perwakilan perangkat desa, pengurus harian Paguyuban Kawargian Adat, pengurus harian Bumdes, Juru Pelihara, pemandu, pedagang kios, pedagang kaki lima, pedagang asongan, petugas parkir, pengurus harian Karang Taruna, dan pengurus Museum Ciung Wanara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan interview mendalam menggunakan teknik Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion). Observasi dilakukan untuk mengamati lebih jauh dan secara langsung kemampuan menyusun cerita untuk menuturkan (storytelling) destinasi wisata budaya Ciung Wanara Karangkamulyan. Hasil observasi baik secara offline dan online berupa tangkap layar, panggilan suara dan pesan suara Whatsapp Group kemudian dianalisa secara detail melalui beberapa tahapan: reduksi data, penyajian menggunakan tabel, reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan hasil Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion) dianalisa secara tematik dengan beberapa tahapan terlebih dahulu seperti transcribing, coding, categorizing, dan interpreting. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa WhatsApp Group telah menjadi solusi dan media yang memudahkan pemangku kepentingan dalam penguasaan tekhnik bertutur (storytelling) destinasi wisata budaya Ciung Wanara. Keberhasilan peserta pelatihan mencapai 64% dalam memahami materi yang telah disampaikan. Selain itu, asistensi yang diperoleh pemangku kepentingan di kawasan wisata ini adalah pemahaman terhadap materi bertutur (storytelling) termasuk definisi bertutur (storytelling), unsur-unsur bertutur dan pemahaman menyajikan storytelling masing-masing mencapai 55%, sedangkan materi mengenai keunggulan bertutur (storytelling) mencapai 46%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5