cover
Contact Name
Niken Lestari
Contact Email
jurnal.labatila@gmail.com
Phone
+6282134075363
Journal Mail Official
jurnal.labatila@gmail.com
Editorial Address
Kantor Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen Jl. Tentara Pelajar No. 55 B Kebumen Jawa Tengah Email: iainufebi@gmail.com / jurnal.labatila@gmail.com Website: http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/lab 
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Labatila: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam
ISSN : 26146894     EISSN : 26213818     DOI : https://doi.org/10.33507/labatila
Core Subject : Economy,
Jurnal Labatila adalah jurnal kajian ekonomi syariah, lembaga keuangan syariah, dan bisnis syariah. Jurnal Labatila berusaha untuk menyajikan karya ilmiah dalam bentuk tulisan yang mengulas permasalahan perekonomian yang sesuai perspektif syariah. Kajian yang disampaikan dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Ruang lingkup Labatila terbatas pada Ekonomi Islam, Perbankan dan Keuangan Islam, Manajemen Ekonomi Islam, Hukum Ekonomi Islam, Manajemen Zakat Infaq Shodaqoh dan Wakaf, Kewirausahaan dan Bisnis Islam, Pemasaran Islam, Akuntansi Islam, dll.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 01 (2018)" : 6 Documents clear
Optimalisasi Baznas Dalam Mensejahterakan Masyarakat Melalui Zakat Produktif Mukhsinun Mukhsinun
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1052

Abstract

Kajian ini membahas mengenai optimalisasi baznas dalam mensejahterakan masyarakat melaui zakat produktif. BAZNAS merupakan sebuah wadah resmi yang dikelola oleh pemerintah untuk menghimpun dan menyalurkan dana zakat dan infak guna mensejahterakan perekonomian di negara Indonesia. Zakat produktif merupakan salah satu bentuk produk yang diberikan oleh baznas kepada mustahiq dengan cara awal memberikan pelatihan sampai dengan menghasilkan output produk serta kemandirian financial mustahiq.
Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Kepuasan Pelanggan Umi Arifah; Windika Anggraeni
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1053

Abstract

ABSTRAK Penerapan etika dalam berbisnis seharusnya diterapkan secara merata agar mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku bisnis yang hanya ingin mendapatkan keuntungan semata tanpa mementingkan dampaknya terhadap pelanggan serta loyalitas dan integritas karyawan di dalam perusahaan. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan syariat Islam maka seharusnya bisnis yang dilakukan tidak boleh bertentangan dengan Etika Bisnis dalam Islam. Ketika etika dalam bisnis dapat dilaksanakan secara baik akan berdampak pada peningkatan kepuasan pelanggan sebagai penerima manfaat produk atau jasa. Disamping itu mekanisme komunikasi yang efektif dan efisien akan mampu mempengaruhi cara berpikir pelanggan ataupun meningkatkan daya beli pelanggan.
Kebebasan Usaha Ekonomi dan Keadilan Dalam Perilaku Bisnis yang Sah Siti Ngatikoh; Nanang Setiawan
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1054

Abstract

Menjalankan bisnis secara Islami harus menerapkan prinsip yang fundamental diantaranya kebebasan menjalankan usaha ekonomi namun tidak boleh bertentangan dengan nilai-nilai agama dan menerapkan prinsip keadilan. Dengan menerapkan perilaku yang baik dan tindakan yang benar dalam menjalankan suatu bisnis dan juga wujud dari transaksi tersebut harus dapat merefleksikan sikap kesadaran akan adanya Allah sebagai pemberi rezeki, kemurahan hati dalam menjalankan usaha dan motif pengabdian. Melaksanakan bisnis yang baik tentunya juga dapat dapat memberikan kontribusi yang positif bagi keluarga, masyarakat ataupun negara.
Manajemen Sumber Daya Insani Bank Syariah Nur Iman Hakim Al Faqih
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1055

Abstract

Tujuan kajian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya insani. 2) Untuk mengetahui analisis jabatan sumber daya insani di perbankan syariah. 3) Untuk mengetahui bagaimana manajemen sumber daya insani di perbankan syariah. 4) Untuk mengetahui fungsi serta peran DPS dalam perbankan syariah. Kajian diawali dengan mengumpulkan data-data dan dianalisis datanya, seperti melalui buku-buku dan beberapa situs-situs website. Hasil kajian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen sumber daya insani diartikan sebagai suatu rencana yang sudah disiapkan guna mewujudkan tujuan perusahaan baik dilihat dari materi ataupun non material dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki suatu individu atau manusi, 2) Analisis jabatan merupakan suatu perintah yang digunakan sebagai penentu wewenang dan keterampilan untuk suatu pekerjaan dan SDI dengan persyaratan harus sesuai dengan wewenang atau tugas yang diberika,. 3) Islam mengajarkan bahwa suatu pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang mampu dlm bidangnya, jika pekerjaan tersebut tidak dilakukan oleh ahlinya, nantinya pekerjaan itu akan berantakan bahkan bisa tidak mencapai tujuan yang sudah direncanakan, 4) DPS berperan sebagai pengawas dalam lembaga keuangan syariah yang mengawasi operasional kegiatan perbankan syariah agar sesuai dengan prinsip syariah.
Baitul Mal Wat Tamwil di Indonesia Muhammad Achid Nurseha
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1057

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu lembaga keuangan bank dan bukan bank yaitu BMT (baitul maal wa tamwil) dan bagaimana operasionalnya. BMT merupakan lembaga keuangan bukan bank yang bertujuan memberikan jasa keuangan bagi pengusaha mikro dan masyarakat berpenghasilan rendal. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu library research atau metode kepustakaan.Hasil dari kajian ini bahwa BMT bukan hanya menhimpun dan menyalurkan dana profit masyarakat melainkan juga memberikaan pelayanan jasa non profit seperti pehimpunan dan penyaluran dana zakat, infak dan sedekah.
Corporate Governance Pada Bank Syariah dan Dewan Pengawas Syariah dan Mekanismenya Pada BPRS Niken Lestari
LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam Vol 2 No 01 (2018)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33507/labatila.v2i1.1058

Abstract

Good Corporate Governance (GCG) atau tata kelola perusahaan yang baik mrupakan prinsip-prinsip yang mencampurkan dan mengendalikan perusahaan untuk mencapai keseimbangan antara kekuatan dan wewenang perusahaan untuk bisa dipertanggung jawabkan ke pemangku kepentingan. Fokus penelitian ini adalah studi kepustakaan atau literature tentang penelitian yang berkaitan dengan corporate governance pada bank syariah dan dewan pengawas syariah serta mekanismenya pada BPRS. Pada dasarnya penerapan prinsip good corporate governance sama bagi bank konvensional dan bank syariah, hal ini mengacu pada “Pedoman Good Corporate Governance Bank Indonesia” yang dikeluarkan oleh Komisi Nasional Kebijakan Governance. Bedanya, prinsip-prinsip good corporate governance di bank syariah diatur secara ketat dalam Pasal 34 ayat (1) UU No 21 Tahun 2008. Perbedaan lainnya terletak pada prinsip-prinsip syariah yang digunakan oleh bank syariah, karena bank syariah tidak hanya digalakkan. Hal ini juga diawasi tidak hanya oleh Otoritas Jasa Keuangan, tetapi juga oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada umumnya dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah khususnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 6