cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
PHYCTOGRAF KANJI DASAR DALAM BUKU MINNA NO NIHONGO KANJI EDITION 1 Novita J.N Badar; Sherly F Lensun; Elni J Usoh
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.208 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1842

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Pictograf dari kanji dasar yang Terdapat Dalam Buku Minna No Nihongo Kanji Edition 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh tahapan dan cara yang tepat dalam menjawab semua permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas disimpulkansebagai berikut: Kanji terdiri dari perpaduan 3 unsur yaitu: On音 (bunyi), Kei形(bentuk) dan Gi儀(arti) hal ini tidak dimiliki oleh huru-huruf lain seperti huruf latin. Berdasarkan asal mula terbentuknya Kanji ini dibagi kedalam 6 grup, antara lain: (1) Shoukei Moji (承継文字) Piktograf, (2) Shiji Moji (支持文字) Tanda atau simbol, (3) Kaii Moji ( 怪異文字) Ideograf, (4) Keisei Moji (形成文字) Phonetik/ Ideograf atau Semasio Phonetic. Kei berarti bentuk sementara Sei berarti bunyi. (5) Tenchu Moji ( 展中文字) Meminjam huruf. (6) Kasha Moji (貨車文字) Meminjam bacaan kanji.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EKSPRESI BEBAS TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT RAGAM HIAS WARUGA Helery F Pratasik; Ruddy Pakasi; Ruly Rantung
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.696 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1846

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menerapkan metode ekspresi bebas dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar membuat ragam hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano? Kita dapat merumuskan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah metode pembelajaran ekspresi bebas dalam kegiatan belajar mengajar Seni Budaya khususnya pada materi belajar membuat ragam hias waruga dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan pengolahan data secara statistik, yang berarti mengadakan percobaan dan pembelajaran membuat ragam hias waruga. Untuk mendapatkan data yang akan diolah secara statistik maka diadakan tes awal dan tes akhir yang nantinya hasil dari kedua tes akan digunakan dalam pengolahan data.Setelah dilakukan perhitungan, maka didapatkan nilai hasil perhitungan menggunakan rumus t-tes t = -3.70, sedangkan untuk nilai t tabel= -1.677 yang berarti nilai t hitung < t tabel. Dengan demikian ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran ekspresi bebas berpengaruh terhadap hasil belajar membuat ragam hias waruga siswa kelas VII SMP Negeri 6 Tondano. Melalui penerapan metode ekspresi bebas ini siswa lebih merasa nyaman serta termotivasi, mereka lebih giat dan bersemangat dalam kegiatan belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai hasil rata-rata pre-tes 74.8 dan hasil rata-rata post-tes 86.8. Dari penelitian yang dilakukan maka disarankan kepada guru-guru khusunya dalam mata pelajaran seni budaya harus menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan tentunya sesuai dengan materi yang diajarkan agar siswa dapat lebih mengerti. Guru juga harus memberikan waktu kepada siswa untuk bereksperimen dan berkreasi. Dan Guru harus memberikan penghargaan bagi siswa yang mendapatkan hasil yang baik maupun siswa dengan hasil yang kurang baik agar mereka lebih semangat dalam kegiatan pembelajaran dan nantinya semua siswa akan mendapatkan hasil yang sangat baik.
PENERAPAN SUGESTI DALAM TEKNIK CONDUCTING PADUAN SUARA Riski Kalalo; Perry Rumengan; Meyny Kaunang
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.414 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1847

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar supaya kita dapat mengetahui ciri khas tentang penerapan sugesti kondukting Paduan Suara oleh Perry Rumengan dan dampak yang diakibatkan dalam memimpin Paduan Suara. Sugesti yang diterapkan oleh Perry Rumengan ini adalah suatu niat agar setiap kondakter mampu mempengaruhi penyanyi sesuai dengan apa yang kondakter inginkan melalui gestur dan postur itu sendiri. Dalam penelitian ini penulis mengambil metode penelitian kualitatif wawancara mendalam kepada Perry Rumengan dikarenakan sumber data utama dalam penelitian kualitatif ini berupa kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis yaitu: foto dan data-data di lapangan serta data wawancara kepada seniman-seniman Indonesia. Berdasarkan hal-hal di atas maka dengan ini penulis atau peneliti mengambil kesimpulan bahwa setiap gerakan yang dilakukan oleh Perry Rumengan ini selain memiliki makna, tapi juga dampak bahkan efek, untuk menjadi seorang kondakter profesional. sebab itu tidak seperti membalikan telapak tangan saja. Tapi, semuanya butuh latihan yang sangat tekun ditambahkan juga dengan ilmu tentang kondakting yang sangat mapan.
PENGARUH LIVE MUSIC TERHADAP DAYA TARIK PENGUNJUNG DI 1 MILLION COFFEE SHOP Amelia Rey; Glenie Latuni; Lucylle M Takalumang
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (256.737 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1848

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh live music terhadap daya tarik pengunjung di 1 Million Coffee Shop Tondano dan seberapa besar pengaruhnya. Untuk mencapai tujuan dipergunakan alat pengambilan data berupa kuesioner dan digunakan metode kuantitatif untuk mempermudah penghitungan dan untuk menganalisis data, menguji hipotesis dan mengetahui seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan digunakan analisis korelasi sederhana dari Pearson dan diolah secara kualitatif.Berdasarkan analisis, dicapai kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara live music dengan daya tarik pengunjung di 1 Million Coffee Shop Tondano. Hal ini ditunjukan oleh nilai koefisien korelasinya sebesar 0,933 dengan taraf signifikan 5% sehingga hipotesis yang menyatakan adanyapengaruh yang signifikan antara live music terhadap daya tarik pengunjung di 1 Million Coffee Shop Tondano diterima. Sedangkan besarnya pengaruh yang ditimbulkan karena live music terhadap daya tarik pengunjung adalah sebesar 87% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang lain.
PENERAPAN STYLE DALAM ORKESTRASI ANSAMBEL MUSIK KOLINTANG KAYU MINAHASA Rahel Gabriella Lolong; Perry Rumengan; Franklin E Dumais
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.34 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1851

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan styledalam permainan alat musik Kolintang. Hal ini dikarenakan instrumen musik Kolintang Kayu memiliki teknik permainan yang khas di mana instrumen musik Kolintang Kayu ini merupakan instrumen perkusi Melodi yang dibunyikan dengan cara dipukul menggunakan stik. Hingga saat ini semua orang mengetahui bahwa Kolintang adalah genre musik yang berasal dari Minahasa, akan tetapi bagaimana cara penerapan style dalam orkestrasi musik Kolintang, hingga saat ini belum ada satu tulisan pun yang ada dan mengulasnya secara ilmiah. Permasalahan yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana penerapan style dalam orkestrasi Ansambel musik Kolintang Kayu Minahasa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan Musikologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hal-hal di atas maka dengan ini peneliti mengambil kesimpulan bahwa style-styleyang digunakan dalam musik Kolintang sama dengan style-style pada umumnya, tetapi harus dibenahi dan lebih dikembangkan lagi agar komposisi dalam musik Kolintang tidak terdengar monoton dan biasabiasa saja. Tetapi lebih modern dengan menggunakan style-style yang sudah ada atau baru ada.
ETHAN FROME’S CHARACTER DEVELOPMENT IN WHARTON’S ETHAN FROME Budiarto U Sugeha; Tini Mogea; Elizabeth Z Oroh
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.579 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1852

Abstract

The aim of this research is To find out Ethan’s character development portrayed through his characteristics in the novella.In this study, the writer employed qualitative research in which the data gathered in form of words and quotations. In analysing this novel, the writer applies objective approach because this analysis will be only focused on the literary work itself without looking at the external aspects of the literary work. It means that the writer only pay attention to the internal parts of the story in the novel. The result of this research shows that Ethan character development are influenced by people around him, in this case, Zeena and Mattie. He experience a view of changes of his character; hopeful into hopeless, responsible into irresponsible, faithfulness into unfaithful, and happiness into unhappiness.
STUDENTS’ PERCEPTIONS TOWARD THE USE OF GOOGLE TRANSLATE IN TRANSLATING Selfian Tumbal; Nihta V.F. Liando; Sanerita T Olii
KOMPETENSI Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.39 KB) | DOI: 10.36582/kompetensi.v1i02.1853

Abstract

This study aims to reveal students’ perception toward the use of google translate in translating at English Education Department, Universitas Negeri Manado. This research was a quantitative research and descriptive method is applied. A questionnaire that consists of 17 items was used as an instrument to collect the data. The questionnaire employed Likert scale. The sample was 30 eighth semester students of English Education Department Universitas Negeri Manado. The collected data were quantitative and analysed with percentage formula. Based on the findings, almost all statements received positive responses from the respondents. There were 2 statements that had higher responses which number 1 and 6. There were 93.3% of respondents agreed that they were interested in translating activity and used google translate as a media in translating, furthermore 80% of respondents agreed that they can translate easier using google translate. It means that the 8th semester students of English Education Department in Universitas Negeri Manado like the activity of translating and they do the translation easier using Google Translate. In addition, the average of the positive response in the other questionnaire items were above 50%. on the other hand, 40.3% of the respondents disagreed about the statement “google translate can translate paragraph by paragraph effectively”, 60% of respondents agreed that google translate made them lazy to open dictionary. Thus it can be concluded that google translate was helpful in translating especially translating English to Indonesian, furthermore the students are suggested to re-check the result of google translate and to not rely totally on it.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue