cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
NILAI RELIGIUS ISLAMI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “KETIKA TUHAN JATUH CINTA” KARYA WAHYU SUJANI DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Priti Pawewang; Joni Junius Loho; Martinus Kamajaya Al Katuuk
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai religius Islami tokoh utama dalam novel “Ketika Tuhan Jatuh Cinta” karya Wahyu Sujani serta menjelaskan implikasi tentang nilai religius Islami tokoh utama dalam novel “Ketika Tuhan Jatuh Cinta” dalam pembelajaran sastra di SMA. Sumber data penelitian ini ialah Novel “Ketika Tuhan Jatuh Cinta” karya Wahyu Sujani selain itu sumber data lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian tetang nilai religius dalam tokoh novel. Untuk menganalisis data teknik yang digunakan adalah membaca novel Ketika tuhan Jatuh Cinta yang dijadikan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. Nilai-nilai Religius yang terkandung dalam novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta karya Wahyu Sujani meliputi 2 nilai relegius yaitu Aqidah dan Syariah. 1) Aqidah yang merupakan suatu ketetapan mutlak dari Allah kepada hamba-Nya, sedangkan 2) Syariah adalah tata aturan atau hukum-hukum yang diisyaratkan oleh Allah kepada hamba-Nya untuk ditunaikan. Oleh sebab itu dari penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa nilai religius dalam novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta karya Wahyu Sujani adalah suatu ketetapan atau aturan Allah yang wajib dijalankan setiap orang yang menganutnya. Nilai religius dalam novel Ketika Tuhan Jatuh Cinta dapat memberikan implikasi pembelajaran di SMA yaitu, Percaya Kepada Allah.Siswa-siswa yang beragama muslim
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA SISWA KELAS IX A BINSUS SMP NEGERI 2 TONDANO Mutiara Gloria Sambuaga; Wimsje R. Palar; Intama Jemy Polii
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) Bagaimana pola pembelajaran menulis teks cerpen melalui model project based learning pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. (2) Mengetahui hasil atau mendapat informasi terkait kemampuan siswa yang menyangkut model pembelajaran project based learning dalam menulis teks cerpen pada siswa kelas IX A Binsus SMP Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Penelitian ini menafsirkan dan menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam suatu masyarakat, pertentangan antara dua keadaan atau lebih, hubungan antarvariabel yang timbul, perbedaan antarfakta yang ada serta pengaruhnya terhadap suatu kondisi, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran menulis teks cerpen yang di dalamnya mengandung unsur intrinsik cerpen yang mencakup tema, tokoh-penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat kelas IX SMP Negeri 2 Tondano tergolong mampu, dengan rincian nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 81,07%
NILAI ETIKA DALAM CERITA RAKYAT BOLAANG MONGONDOW SEBAGAI UNSUR PEMBENTUK KARAKTER SISWA Rizqiya Andini Kobandaha; Wimsje R. Palar; Nontje Y. Pangemanan
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan: 1) Nilai-nilai etika apa saja yang terkandung dalam cerita rakyat Mongondow: (1) Mokoduludut; (2) Loloda’Mokoagow; dan (3) Podomi. 2) Untuk mendeskripsikan implikasi nilai etika dalam cerita rakyat Mongondow: (1) Mokoduludut; (2) Loloda’ Mokoagow ; dan 3) Podomi terhadap pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah cerita rakyat Bolaang Mongondow: Mokoduludut; 2) Loloda’ Mokoagow ; 3) Podomi. Untuk mengumpulkan data teknik yang digunakan ialah teknik kepustakaan (library research). Untuk menganalisis data teknik yang digunakan ialah teknik teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Cerita rakyat Bolaang Mongondow mengandung nilai etika atau biasa disebut nilai moral yang mencakup sikap baik dan tidak baik. SIkap baik mencakup : sabar, suka berusaha, saling menyayangi dan sikap menghargai ; sikap tidak baik mencakup : sikap tidak adil, sikap membedakan status, sikap tidak menerima takdir, menggunakan bahasa yang pantang diucapkan. Cerita rakyat Bolaang Mongondow memiliki implikasi terhadap pembentukan karakter yakni melalui cerita rakyat tersebut dapat dibentuk karakter siswa yaitu senantiasa sabar dalam menghadapi segala cobaan, senantiasa berusaha tanpa memaksa kehendak kepada orang tua, saling menyayangi serta memiliki sikap saling menghargai. Menghindari sikap yang tidak adil, tidak membedakan status, tidak menerima takdir serta bahasa yang digunakan hendaklah bahasa yang
MUSIK KEMBANG GITAR DI DESA SENDANGAN KECAMATAN KAKAS Egill Lombogia; Perry Rumengan; Franklyn Dumais
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan uraian mengenai Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kakas Kabupaten Minahasa. Penelitian ini adalah bentuk penelitian analitis deskriptif mengenai keberadaan dan struktur Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas. Terkait dengan keberadaan Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas, diuraikan hal-hal yang bersifat historis, kaitannya dengan kondisi atau keadaan masyarakat di Desa Sendangan Kecamatan Kakas, sedangkan kajian mengenai struktur adalah telaah mengenai struktur dan elemen-elemen Musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas dalam perspektif musikologi. Melalui hasil penelitian diketahui bahwa, di Desa Sendangan, Kecamatan Kakas, dikenal 3 bentuk permainan Kembang Gitar yaitu Hawayen (Hawaian), Saparua (Los Bas, dan Rosmarik (Rosemary) yang terletak pada scordatura dan alternate tuning yang berbeda dengan gitar standar ataupun gitar Klasik, dimana ketiga bentuk permainan Kembang Gitar ini memiliki prinsip dan teknik yang sama dengan permainan Gitar Makaaruyen dalam hal penjarian dan teknik memetik gitar (tyrando). Tangga nada yang digunakan adalah A Mayor, D mayor, F Mayor dengan scordatura yang berbeda untuk D mayor dan F mayor, sedangkan untuk A Mayor tidak dilakukan scordatura. Penalaan senar menggunakan kemampuan mendengar secara musikal berdasarkan ketegangan jenis senar. Progres akor dalam harmoni musik Kembang Gitar di Desa Sendangan Kecamatan Kakas tidak mengenal status akor, dan hanya menyebutkan istilah 1, 2, 3 dan 4. Penyebutan 1 untuk Tonika, 2 untuk Dominan dan 3 untuk Subdominant, dan 4 untuk Supertonika. Teknik permainan melodi pada musik Kembang Gitar adalah fingerstyle yang dimainkan dengan teknik petik tyrando. Instrumen utama yang digunakan adalah jenis folk guitar atau gitar klasik. Akor-akor dari permainan musik Kembang Gitar menggunakan istilah 1, 2, 3 dan 4, berdasarkan bentuk dan posisi jari tangan kiri.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PELAJARAN BAHASA JEPANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON Friliana M. Rindengan; Jusuf D. Ondang; Diane M. Tengker
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model pembelajaran yang inovatif dan menarik, akan membuat para pelajar tertarik serta nyaman dalam belajar dan paling utama memahami materi pelajaran. Model pembelajaran talking stick merupakan model pembelajaran yang berbasis permainan sehingga bisa membuat siswa semangat dalam belajar dan membuat suasana kelas menjadi aktif ketika proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dalam pelajaran bahasa Jepang di SMA Katolik Karitas Tomohon. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dimasukkan dalam tabel perhitungan kemudian dihitung dengan menggunakan rumus uji-t. Setelah dihitung maka diperoleh hasil yang sangat baik yaitu t=7,60. Hasil yang diperoleh dikatakan berhasil karena melewati taraf signifikan tinggi dan taraf signifikan rendah atau trasio > ttabel. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, dapat dibuktikan bahwa model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran bahasa Jepang.
MUSIK LITURGI PRAPASKAH PADA ANAK-ANAK DI PAROKI HATI KUDUS YESUS KEROIT Christian Antonius Tololiu; Luccylle Takalumang; R. A. Dinar Sri Hartati
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang Musik Liturgi Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Keroit Tentang Kehidupan Gereja Anak-Anak. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif serta semacam penelitian korelasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data triangulasi (gabungan), pengolahan data induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada makna. Penyelidikan dilakukan pada anak-anak Sekami, atau anak-anak remaja. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Menurut temuan penelitian, Anak-anak Sekami sangat aktif dalam Ibadah atau Perayaan Ekaristi, mereka sangat antusias dan penuh semangat dalam hal musik liturgi gereja Katolik, khususnya nyanyian Liturgi Gereja Katolik dalam Perayaan Ekaristi. Mereka dengan sungguh-sungguh percaya pada setiap nyanyian liturgi yang dilakukan saat mereka beribadah. Mereka juga menyatakan bahwa, meskipun mereka sering merasa malas untuk berpartisipasi dalam kebaktian atau perayaan ekaristi, periode liturgi Prapaskah dan lagu-lagu liturgi yang sangat menyentuh mereka dan membuat mereka merasa menyesal membuat mereka menyadari bahwa mereka lebih aktif dalam berpartisipasi dalam perayaan Ekaristi Kudus. Jadi, ketika data dikumpulkan, ditemukan bahwa mereka sangat setuju dengan musik liturgi, terutama nyanyian liturgi di gereja Katolik, karena musik liturgi atau lagu liturgi juga dapat mengubah sikap dan perilaku mereka melalui gairah lagu-lagu yang dinyanyikan, dan juga karena musik liturgi atau yanyian liturgi, yang sangat beragam, dapat membantu mereka belajar lebih banyak dan memiliki pengalaman iman yang mereka rasakan tentang musik liturgi gereja.
KAJIAN PSIKOANALISIS TOKOH AKU DALAM NOVEL KITA SEMUA PERNAH SEDIH KARYA BOY CANDRA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Indri Paulina Kakumboti; Kamajaya Al Katuuk; Selfvi Torar
KOMPETENSI Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis psikologi Id, Ego, dan Superego, serta konsekuensinya bagi pembelajaran sastra di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan dari novel Kita Semua Pernah Sedih Karya Boy Chandra. Secara spesifik, data yang dikumpulkan berbentuk kata dan frasa yang mendukung ekspresi karakter utama dalam novel, Aku. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pencatatan (note taking). Selanjutnya, analisis data didasarkan pada teori psikoanalisis Sigmund Freud yang mencoba menjelaskan sifat dan evolusi jiwa manusia. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa karakter Aku yang ditemukan dalam novel adalah keinginan karakter saya untuk selalu bersama dan mendorong karakter Aku agar menjadi pribadi yang kuat dalam menghadapi masalah kehidupan. Pada aspek Ego terlihhat bahwa karakter Aku berusaha melepaskan ketengikan di dalam, dan superego terelihat ketika karakter Aku mampu mendamaikan dan menerima masa lalunya. Konsekuensi pengajaran karya sastra di SMA dapat dipahami sejalan dengan KD 1.2 pada pembelajaran sastra kelas XII di tingkat SMA.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue