cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
ANALISIS KARAKTERISTIK TOKOH UTAMA DALAM NOVEL LOVED YOU BEFORE I MET YOU KARYA LINA RAMDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH Enjelin Yermias; Kamajaya Al Katuuk; Selfvi Torar
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendesrkipsikan karakteristik psikologi sifat tokoh Hyo Ra dalam novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda serta implikasinya terhadap pembelajaran sastra di Sekolah. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif di mana novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda menjadi sumber data utama dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber data. Data yang diperoleh dianalisis dalam 2 tahapan: menganalisis karakteristik psikologi sifat tokoh utama dan menganalisis karakter tokoh utama berdasarkan sikap dan tingkah lakunya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakter utama menghadapi pertentangan dan kegelisahan di dalam dirinya. Karakter tokoh utama juga memiliki karakter supel, sopan, imajinatif dan tenang. Terkait dengan implikasinya dalam pembelajaran sastra, novel ini dapat dijadikan sebagai referensi tambahan kepada siswa untuk memperdalam pengetahuan mereka terkait tokoh utama dalam novel Loved You before I Met You karya Lina Ramda. Secara khusus dalam kurikulum 2013, dalam hal ini pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII, novel ini dapat membantu pengajar sebagai referensi tambahan dalam mengajarkan kompetensi dasar yang berkaitan dengan materi pembacaan novel.
PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP KRISTEN KEMBES Ira Chenia Regar; Franklin Dumais; Meyny Kaunang
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses pembelajaran seni musik di SMP Kristen Kembes pada materi modul skala mayor. Penelitian ini juga disusun untuk menjelaskan strategi dan teknik yang digunakan guru dalam memotivasi siswa dan mengajarkan materi modul skala mayor kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dan materi penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu, informasi dievaluasi menggunakan prosedur seperti mengkonfirmasi kebenaran informasi, mengurangi informasi, menampilkan informasi, dan memvalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran seni musik dengan materi modul skala mayor berjalan dengan efektif. Hal ini terlihat dari strategi yang digunakan guru untuk selalu melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa merasa termotivasi untuk belajar. Terlihat bahwa guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan baik dan menciptakan atmostif pembelejaran yang kondusif bagi siswa. Selain itu, untuk memastikan bahwa siswa terus termotivasi dalam proses pembelajaran, siswa diberikan penghargaan oleh guru ketika mampu melalukan sebuah tugas yang diberikan oleh guru. Untuk membuat pembelajaran menjadi semakin menarik guru juga menciptakan iklim kompetisi yang sehat di antara siswa sehingga menumbuhkan daya saing siswa. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa guru menggunakan berbagai strategi dan teknik pembelajaran yang mengintegrasikan dan mengelaborasikan penggunaan media dan teknologi untuk membuat proses pembelajaran menjadi semakin kondusif. Penggunaan berbagai strategi dan teknik pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengatasi berbagai hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran.
KAJIAN PESAN MORAL DALAM NOVEL “CERMIN TAK PERNAH BERDUSTA”KARYA MIRA W DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN KARAKTER Mira Ketsi Ambat; Intama Jemy Polii; Susan Monoarfa
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah (1) Mengungkap pesan moral dalam Novel “Cermin Tak Pernah Berdusta” karya Mira W (2) Mengimplikasikan pesan moral dalam Novel “Cermin Tak Pernah Berdusta” karya Mira W pada pendidikan karakter. Dalam mengungkapkan pesan moral novel Cermin Tak Pernah Berdusta, penulis menggunakan teori Nurgiantoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis dengan memperhatikan ungkapan-ungkapan dalam Novel. Sumber data yang digunakan adalah novel Cermin Tak Pernah Berdusta karya Mira W. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 nilai moral yaitu Keimanan Ketakwaan, Kejujuran, Kecerdasan, Ketangguhan, Kepedulian. Dan dapat disimpulkan bahwa novel ini sangat. bermanfaat bagi kalangan anak muda atau remaja karena dapat memberikan pembelajaran atau manfaat sehingga dapat berpikir dalam melakukan sesuatu dan memiliki tujuan hidup yang benar. Penelitian ini kiranya dapat memberikan manfaat secara teoretis dan praktis. Baik bagi peneliti, pembaca, penikmat sastra serta untuk membentuk karakter menjadi lebih baik.
PENGARUH MUSIK TERHADAP KESENANGAN “TULUNG KERJA” PADA ACARA PESTA PERNIAKAN DI DESA SION KECAMATAN TOMPASO BARU KABUPATEN MINAHASA SELATAN Sefanya Sinaulan; Meyny Kaunang; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh musik terhadapkesenangan “Tulung Kerja” pada acara pesta Pernikahan didesa Sion Kecamatan Tompaso Baru Kabupaten Minahasa Selatan. Desa Sion merupakan desa yang terletak di kecamatan Tompaso Baru, Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara. Desa Sion memiliki kebudayaan yang sampai saat ini masih jumpai, diantaranya budaya saling tolong-menolong atau gotong-royong yang dalam bahasa Minahasa disebut (Mapalus), serta beberapa tradisi lainya. Setiap desa pada umumnya memiliki budaya yang beragam saat menggelar pesta pernikahan. Masyarakat desa Sion menerapkan budaya “Tulung Kerja” yaitu dengan mengumpulkan sebagian warga yang telah diundang khusus oleh keluarga yang menggelar acara untuk membantu khususnya bagian konsumsi (dapur) dan atau mensukseskan acara pesta pernikahan yang digelar. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Musikologi dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hal-hal diatas maka dengan ini peneliti menyimpulkan bahwa wawancara yang telah dilakukan kepada beberapa informan tersebut tentang pengaruh musik terhadap kesenangan “Tulung Kerja”, maka dapat disimpulkan bahwa hukum tua, sekretaris dan beberapa masyarakat “Tulung Kerja” desa Sion semua sangat senang mendengarkan musik saat melakukan kegiatan “Tulung Kerja” di pesta pernikahan. Sebagian besar informan senang mendengarkan jenis musik Pop, Jazz, Rock, Klasik Rohani. Informan lainnya senang mendengarkan jenis musik Dangdut, Pop, Rock musik Indonesia (sekuler). Informan lainnya senang mendengarkan musik daerah dengan berbagai jenis musik.
PEMBELAJARAN KEYBOARD PADA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 LANGOWAN Marfel Lenggie; Meyny Kaunang; Sri Sunarmi
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keyboard merupakan sebuah alat musik yang sangat familiar bagi banyak orang dan menjadi salah satu alat musik yang cara permainnya diajarkan pada muatan pelajaran Seni Budaya di tingkat Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/K). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menejelaskan dan menggambarkan pelaksanaan pembelajaran alat musik keyboard pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Langowan. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan penelitian: pra-penelitian, pelaksanaan penelitian dan pelapiran hasil penelitian. Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yang adalah instrumen utama dalam penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran alat musik keyboard berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif bagi peserta didik. Pembelajaran tersebut mendorong mereka untuk mengembangkan minat mereka dalam memainkan keyboard meskipun terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran. Kendala paling besar yang dihadapi oleh siswa adalah mereka tidak memiliki dasar-dasar dalam memainkan alat musik keyboard sehingga harus diajarkan dari dasar-dasarnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan berbagai metode seperti ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan latihan. Metode-metode tersebut digunakan pada saat pembelajaran hingga pada saat evaluasi pembelajaran.
SIKAP GENERASI MUDA TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA BALI PADA MASYARAKAT DESA WERDHI AGUNG KECAMATAN DUMOGA TENGAH KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Ni Luh Wati Asih; Oldie Stevie Meruntu; Thelma I.M. Wengkang
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan sikap generasi muda terhadap penggunaan bahasa Bali pada masyarakat Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu remaja yang berada di Desa Werdhi Agung Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dalam 2 tahapan: analisis statistik deskriptif terhadap hasil angket dan analisis data kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahw remaja Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow masih merasa sangat bangga terhadap bahasa Bali yang digunakan untuk berkomunikasi, dan juga sangat bangga jika masyarakat luar mau mempelajari dan menggunakan bahasa Bali. Mereka juga menunjukkan sikap sangat bangga terhadap bahasa Bali untuk dilestarikan dan digunakan sebagai bahasa sehari-hari. Hasil temuan juga menunjukkan bahwa mereka sangat tidak setuju jika penggunaan bahasa Bali dianggap ketinggalan zaman dan sangat tidak setuju jika generasi muda tidak perlu ikut campur terhadap masyarakat luar yang mengolok-olok bahasa Bali. Pengaruh lingkungan dan kasta masih menjadi acuan masyarakat dalam menggunakan dan melestarikan bahasa Bali di Desa Werdhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah Kabupaten Bolaang Mongondow.
METODE PENGAJARAN BIOLA NOLDI WENAS BAGI ANAK USIA DINI (6-8 TAHUN) Ralf Sorongan; Perry Rumengan; Franklin Dumais
KOMPETENSI Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengajaran biola Noldi Wenas bagi anak usia dini (6-8 tahun). Subjek dalam penelitian ini adalah Noldi Wenas sendiri sebagai guru biola. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung kepada Noldi Wenas, dan wawancara hanya dengan Noldi Wenas sendiri, serta dokumentasi yang berupa foto-foto Noldi Wenas menunjukkan metodenya. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian metode pengajaran biola Noldi Wenas Bagi anak usia dini (6-8 Tahun) adalah mempunyai 11 tahap dalam pengajarannya, yaitu: (1) Pengenalan alat musik biola, (2) Cara memegang biola, (3) Cara memegang bow, (4) Cara menggesek di strings, (5) Memperkenalkan nada di ke 4 strings. (6) Memperkenalkan nomor jari, (7) Not balok open strings, (8) Menekan strings biola, (7) Mengenal pembagian menggesek bow (8) Mengenal letak not balok dan ketukannya, (9) Pembagian bow, (10) belajar lagu “twinkle-twinkle little star”, dan (11) materi dilanjutkan dengan buku “A Tune a day by C. Paul Herfurth”. Dalam metode pengajaran Noldi Wenas, terdapat juga pendekatan yang dilakukan dalam pengajaran untuk menunjang keberhasilan dari pengajarannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue