cover
Contact Name
Mohamad Aji Prasetia
Contact Email
research.yana@gmail.com
Phone
+6285297583822
Journal Mail Official
research.yana@gmail.com
Editorial Address
Head Office : Jl. Sisingamangaraja Nomor 171 Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara Editorial Office : Jl. Bilal Ujung, Kota Medan, Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Relevan
ISSN : 28088832     EISSN : 28088670     DOI : -
Core Subject : Education,
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika dengan p-ISSN : 2808-8832 dan e-ISSN : 2808-8670. Jurnal ini dikelola oleh Yayasan Amanah Nur Aman dengan mengusung tema dalam bidang Pendidikan Matematika, Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, didedikasikan untuk semua praktisi, akademisi, peneliti, dan pemerhati di bidang Pendidikan Matematika. Jurnal ini memuat hasil penelitian, studi literatur/literatur, studi empiris, studi kasus, evaluasi, studi kebijakan, isu pendidikan terkini, atau resensi buku, yang terbit enam kali dalam setahun (Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, dan Desember). Relevan : Journal of Mathematics Education with p-ISSN : 2808-8832 and e-ISSN : 2808-8670. This journal is managed by the Amanah Nur Aman Foundation with the theme in the field of Mathematics Education, Relevant: Journal of Mathematics Education, dedicated to all practitioners, academics, researchers, and observers in the field of Mathematics Education. This journal contains research results, literature studies, empirical studies, case studies, evaluations, policy studies, current education issues, or book reviews, which are published six times a year (February, April, June, August, October, and December).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika" : 20 Documents clear
PENGARUH MODEL TSTS DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS Siti Nur Annisyah Dalimunthe; Indra Jaya; Wahyuddin Nur Nasution
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.006 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design (desain eksperimen semu). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAS YMPI Sei Tualang Raso. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA-1 dan kelas X IPA-2. Insrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan Uji Mann Whitney. Dari hasil penelitian yang diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen akan diberi model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Reciprocal Teaching sedangkan kelas kontrol akan diberi model pembelajaran konvensional diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan tipe Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. ABSTRACT                This research was conducted with the aim of knowing the effect of the Two Stay Two Stray (TSTS) type and Reciprocal Teaching type learning model on students' conceptual understanding and mathematical communication skills. This research is a quantitative research with a quasi-experimental design type of research (quasi-experimental design). In this study, the experimental class will be given a Two Stay Two Stray and Reciprocal Teaching learning model, while the control class will be given a conventional learning model. The research population was all students of class X MAS YMPI Sei Tualang Raso. The research sample was students of class X IPA-1 and class X IPA-2. The research instrument is a test in the form of a description. Data analysis was performed with the Mann Whitney test. From the results of the research that were given different treatments, the experimental class would be given a Two Stay Two Stray and Reciprocal Teaching learning model while the control class would be given a conventional learning model. on the ability to understand concepts and mathematical communication skills of students.
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION Siti Anisa Sitanggang; Neliwati; Ella Andhany
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.973 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas XI MAN 2 Tapanuli Tengah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berhasil dikumpulkan dari responden sebanyak 29 siswa, maka diperoleh skor tertinggi adalah 71 dan skor terendah adalah 70, sedangkan rata-ratanya adalah 71,28. Dengan demikian, gambaran persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction di kelas XI MAN 2 Tapanuli Tengah memiliki kategori sangat setuju. Sedangkan hasil perhitungan yang telah dilakukan pada hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 2 Tapanuli Tengah yang berhasil dikumpulkan dari responden sebanyak 29 siswa, maka diperoleh nilai tertinggi adalah 100, nilai terendah adalah 55, dan rata-ratanya adalah 81,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa gambaran hasil belajar matematika siswa di kelas XI MAN 2 Tapanuli Tengah secara umum berada pada kategori sangat tinggi.serta persepsi siswa tentang model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas XI MAN 2 Tapanuli Tengah sangat setuju. Hal itu dibuktikan dengan perolehan skor tertinggi yaitu 71 dan skor terendah 70, sedangkan rata-ratanya adalah 71,28 dan hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu t hitung > t tabel dengan t hitung = 20,290 dan t tabel = 2,000. ABSTRACT                  This study aims to determine how students' perceptions of the Team Accelerated Instructiontype cooperative learning model on students' mathematics learning outcomes in class XI MAN 2 Tapanuli Tengah. Based on the results of research conducted was collected from 29 students from respondents, the highest score was 71 and the lowest score was 70, while the average was 71.28. This means that students have a perception that strongly agrees with the Team Accelerated Instruction type cooperative learning model in class XI MAN 2 Tapanuli Tengah. While the results of the calculations that have been carried out on the mathematics learning outcomes of class XI students of MAN 2 Tapanuli Tengah which were collected from respondents as many as 29 students, the highest score was 100, the lowest score was 55, and the average was 81.90. Thus, it can be concluded that the description of students' mathematics learning outcomes in class XI MAN 2 Central Tapanuli is generally in the very high category. This is evidenced by the acquisition of the highest score of 71 and the lowest score of 70, while the average is 71.28 and the results of hypothesis testing using the t test, namely t count > t table with t count = 20.290 and t table = 2,000.
PERBEDAAN PEMBELAJARAN ROLLING QUESTION DAN TAKE AND GIVE TERHADAP BERPIKIR KRITIS Roni Hasiholan Gultom; Yahfizham; Eka Khairani Hasibuan
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.972 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan pembelajaran Rolling Question dan Take and Give pada materi Fungsi di  kelas X SMA Utama Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Utama Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 40 siswa sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif matematis siswa adalah tes berbentuk uraian. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Rolling Question dengan model pembelajaran Take and Give pada materi Fungsi dengan nilai Fhitung = 10,096 > Ftabel taraf α(0,05) = 4,085. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siwa yang diajar melalui model pembelajaran Take and Give lebih baik daripada model pembelajaran RollingQuestion.  ABSTRACT             This study aims to determine the differences in students' critical thinking abilities who are taught by learning Rolling Questions and Take and Give on Functions material in class X SMA Utama Medan. This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is all students of class X SMA Utama Medan which consists of 2 classes with a total of 40 students as well as samples in this study. The test instrument used to determine students' critical thinking and mathematical creative thinking skills is a test in the form of a description. Furthermore, the data were analyzed using analysis of variance (ANOVA). From the results of data analysis and discussion, it is obtained: There are differences in the critical thinking abilities of students who are taught with the Rolling Question learning model with the Take and Give learning model on Function material with a value of Fcount = 10,096 > Ftable level (0,05) = 4,085. From the results of the study, it was found that the students' mathematical critical thinking skills taught through the Take and Give learning model were better than the Rolling Question learning model.
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING Windi Rezeki Indah; Riri Syafitri Lubis; Tanti Jumaisyaroh Siregar
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.962 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika berbasis contextual teaching learning. Materi ajar yang disajikan peneliti adalah integral untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Subjek dalam penelitian ialah peserta didik kelas XI IPA 2 Di Perguruan Islam Cerdas Murni Tembung. Prosedur Pengembangan modul pembelajaran matematika dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4D yakni Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop) dan Tahap penyebaran (disseminate). Modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan skor rata-rata validasi modul 4,6 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian guru 4,6 kategori sangat baik dan respon siswa 4,55 kategori sangat baik. Memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 80% dimana 28 dari 35 orang peserta didik dan berdasarkan Uji N-Gain dengan hasil signifikan 0,82 menunjukan kategori 0,70 < g > 1,00 tergolong sangat tinggi. ABSTRACT                   This study aims to develop teaching materials in the form of mathematics learning modules based on contextual teaching learning. The teaching material presented by the researcher is integral for class XI SMA/MA students. The subjects in the study were students of class XI IPA 2 at the Tembung Intelligent Pure Islamic College. The procedure for the development of the mathematics learning module in this study refers to the 4D development model, namely the  definition stage, the design stage, the develop stage and the dissemination stage. The learning module developed was declared feasible based on the average score of the module validation in the very good category. Meet the practical criteria based on the teacher's assessment of 4.6 very good categories and student responses in the very good category. Fulfilling the effective criteria based on the classical learning completeness of which of the students and based on the N-Gain Test with significant results indicating the category is classified as very high.
PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN ROPES Siti Rahmah; Wahyudin Nur Nasution; Mara Samin Lubis
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.924 KB)

Abstract

Dewasa ini, pembelajaran matematika di kelas kurang mengaitkan siswa secara aktif dimana siswa hanya mencatat dan mendengarkan apa yang ditulis dan dijelaskan guru di papan tulis. Hal tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswayang diajar dengan pembelajaran ROPES pada materi prisma di kelas VIII SMP IT Baiti Jannati. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Baiti Jannati. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-1 dan kelas VIII-2. Insrumen penelitian adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan Uji ANAVA Satu Jalur. Dari hasil penelitian yang diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran ROPES diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa yang diajar dengan pembelajaran ROPES pada materi prisma di kelas VIII SMP IT Baiti Jannati. ABSTRACT                     Nowadays, learning mathematics in the classroom doesn’t engage students actively where students only take notes and listen to what the teacher writes and explains on the blackboard. This causes the students’ mathematical reasoning ability to be low. The aim of this study were to determine the difference of mathematical reasoning ability between students taught by Jigsaw type cooperative learning and students taught by ROPES learning model on prism material in class VIII Integrated Islamic Junior High School Baiti Jannati. This type of research is a quasi experiment. The population of research is all students of class VIII Integrated Islamic Junior High School Baiti Jannati. The sample of research are students of class VIII-1 and students of class VIII-2. The instrument is a test in the form of a description. The data were analysed by One Way ANAVA. From the results of different research, experimental class 1 with Jigsaw type cooperative learning and experimental class 2 with ROPES learning obtained the conclusion that there was difference of mathematical reasoning ability between students taught by Jigsaw type cooperative learning and students taught by ROPES learning model on prism material in class VIII Integrated Islamic Junior High School Baiti Jannati.
ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI ERA PANDEMI COVID.19 Suci Rahmadhani; Amiruddin Siahaan; Indra Jaya
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.934 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran ICARE untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di era pandemi covid.19 di SMP Tunas Bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang dilakukan menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek penelitian pada tingkat kemampuan berfikir kritis tinggi sudah mampu memyelesaikan soal matematika siswa dari indikator 1 sampai dengan indikator 4,Dan dapat simpulkan bahwahasil penelitian kemampuan berfikir kritis siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran (ICARE) siswa kelas VIII SMP Swasta Tunas Bangsa Tahun Ajaran 2021-2022 dikatakan mampu dan baik. ABSTRACT                This study aims to find out how to apply the ICARE learning model to improve students’ critical thinking skills in the covid.19 pandemic era at Tunas Bangsa Junior High School. This research is a descriptive qualilatitative research. The sampel iof this research is class VIII students. In this study, data analiysus techniques perfromed according to Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions and data collection techniques by interview, observation, and documentation. The result showd that (1) the research subjects’ math problem from indicato 1 to indicator 4, and it can be concluded that the result of reseach on students’ critical thinking skill by applying the Learning Model ICARE for class VIII junior high school students Private Tunas Sangsa Nation for the Acadmic Year 2021//2022 is said to be capable and good.
PERBEDAAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MAKE A MATCH Saleh Avif Koto; Ella Andhany; Mesiono
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.942 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble dan Make A Match; 2) Perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble dan Make A Match; 3) Perbedaan kemampuan koneksi danpenalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Scramble dan Make A Match. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAS Sirajul Huda Tigabinanga yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti sampling jenuh, yaitu kelas XI A dan XI B yang masing-masing berjumlah 30siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan eksperimen II ABSTRACT                      This study aims to determine: 1) Differences in students' mathematical connection abilities taught by the Scramble and Make A Match learning models; 2) Differences in students' mathematical reasoning abilities taught with the Scramble and Make A Match learning models; 3) Differences in students' mathematical reasoning and connection abilities taught with the Scramble and Make A Match learning models. This research uses quantitative research methods, with a quasi-experimental type of research. The research population was all students of class XI MAS Sirajul Huda Tigabinanga, totaling 60 students. The sampling technique used by the researcher was saturated sampling, namely class XI A and XI B, each of which amounted to 30 students to be used as experimental class I and experiment II.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DAN INKUIRI Sucia Ramadani; Yahfizham; Tanti Jumaisyaroh Siregar
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.938 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi nya yaitu semua kelas XI IPA. Sampel diambil dengan teknik penarikan sampel jenuh/sampel total Sampel pertama yakni kelas X IPA I yang diajar dengan strategi AKS dan kelas XI IPA II diajar dengan strategi INK. Instrumen untuk tes awal dan akhirmenggunakan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan uji t dan telah memenuhi syarat sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa strategi AKS diperoleh post test 77,55 sedangkan rata-rata hasil belajar strategi INK diperoleh post test 75,05. Hasil belajar matematika yang diajar dengan strategi AKS lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang diajar dengan strategi INK. Daridata diperoleh t-hitung = 2,72 dan t-tabel = -1,69 . Hal ini menunjukkan bahwa -t tabel < t hitung < t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi AKS dan strategi INK. Sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasilbelajar siswa dengan strategi AKS lebih baik dari strategi INK ABSTRACT                  This research is a quantitative research with a quasi-experimental type of research. The population is all class XI IPA. The sample was taken using the saturated sampling technique/total sampling. The first sample was class X IPA I who was taught the AKS strategy and class XI IPA II was taught by the INK strategy. The instrument for the initial and final tests uses a learning outcome test. Analysis of the data using the t test and has met the requirements of the sample comes from a population that is normally distributed and homogeneous. The average value of mathematics learning outcomes of students with AKS strategy was obtained by post-test 77.55 while the average learning outcomes of INK strategy obtained post-test 75.05. The learning outcomes of mathematics taught by the AKS strategy are better than the learning outcomes of mathematics taught by the INK strategy. From the data obtained t-count = 2.72 and t-table = -1.69 . This shows that -t table < t arithmetic < t table then Ho is rejected and Ha is accepted so that it can be concluded that there is a significant difference between the mathematics learning outcomes of students who are taught the AKS strategy and the INK strategy. So it can be concluded that the data on student learning outcomes with the AKS strategy is better than the INK strategy.
PERBEDAAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN DIRECT INSTRUCTION Rizki Husnaini; Yahfizham; Eka Khairani Hasibuan
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.933 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Make A Match dan Direct Intsruction siswa kelas XI. Populasinya adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI-1 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Make A match, dan XI-2 berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen II dengan odel Direct Intruction. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk angket minat belajar dan tes uraian . Hasil penelitian, diperoleh uji normalitas kelas eksperimen I angket minat Lhitung = 0,140. Kelas eksperimen pre-test Lhitung = 0,136  dan post-test Lhitung = 0,070. Sedangkan kelas eksperimen II angket minat belajar Lhitung = 0,136. Kelas eksperimen II pre-test Lhitung = 0,153 dan post-test Lhitung = 0,146.Berdasarkan Ltabel = 0,190 data dari kelas eksperimen I dan eksperimen II tersebut dinyatakan berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas diperoleh hasil angket minat belajar Fhitung = 0,847. Nilai pre-test Fhitung = 0,961, dan post-test Fhitung = 0,562. Berdasarkan Ftabel = 2,171 diperoleh Fhitung < Ftabel , sehingga kedua sampel homogen. Uji hipotesis Uji-t, untuk hipotesis pertama diperoleh thitung > ttabel dengan 1,722> 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel dengan 1,919 > 1,685 menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. ABSTRACT                     This study aims to determine differences in interest and learning outcomes through the Make A Match and Direct Instruction learning model for class XI The population is class XI which consists of 2 classes. Class XI-1 consisted of 20 people as experimental class 1 with the Make A match learning model, and XI-2 consisted of 20 people as experimental class II with Direct Instruction model. The instruments in this study were in the form of a learning interest questionnaire and a description test. The results of the study, obtained the normality test of the experimental class I interest questionnaire Lcount = 0.140. The experimental class pre-test L count = 0.136 and post-test L count = 0.070. While the experimental class II questionnaire of learning interest L count = 0.136. Experimental class II pre-test L count = 0.153 and post-test L count = 0.146. Based on Ltable = 0.190, the data from the experimental class I and experiment II were declared to be normally distributed with Lcount < Ltable. The homogeneity test obtained the results of the interest in learning questionnaire Fcount = 0.847. The pre-test value Fcount = 0.961, and the post-test Fcount = 0.562. Based on Ftable = 2.171, Fcount < Ftable is obtained, so that the two samples are homogeneous. Hypothesis test T-test, for the first hypothesis obtained tcount > ttable with 1,722 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted. The second hypothesis is obtained tcount > ttable with 1,919 > 1,685 stating Ho is rejected and Ha is accepted.
PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DIAJAR DENGAN MODEL PBL DAN SSCS Thoibah; Fibri Rakhmawati; Siti Maysarah
Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2 No 2 (2022): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Publisher : Yayasan Amanah Nur Aman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.903 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share pada materi Trigonometri kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Tanjungbalai Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 96 siswa, dan sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 (Eksperimen I) sebanyak 32 siswa dan kelas X MIA 2 (Eksperimen II) sebanyak 32 siswa. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis varians (ANAVA)dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share dengan Fhitung < Ftabel yaitu 0,355 < 3,996. Maka disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Search Solve Create and Share. ABSTRACT                         This study aims to determine the differences in students' mathematical critical thinking skills who are taught with the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models in the class X Trigonometry material at SMA Negeri 7 Tanjungbalai. This type of research is quantitative research, with a quasi-experimental research approach. The population is all students of class X SMA Negeri 7 Tanjungbalai for the academic year 2020/2021, totaling 96 students, and the sample in this study was class X MIA 1 (Experiment I) as many as 32 students and class X MIA 2 (Experiment II) as many as 32 students. The analysis was performed using a two-way analysis of variance (ANOVA). The results of this study indicate that there is no difference in critical thinking skills taught by the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models with F_(count )< F_table which is 0.355 < 3.996. It is concluded that there is no difference in critical thinking skills between students who are taught the Problem Based Learning and Search Solve Create and Share learning models.

Page 1 of 2 | Total Record : 20