cover
Contact Name
Purwono
Contact Email
purwono@uhb.ac.id
Phone
+6285327779177
Journal Mail Official
pimas@uhb.ac.id
Editorial Address
Jl. Raden Patah No.100, Kedunglongsir, Ledug, Kec. Kembaran, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53182
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : 28280814     EISSN : 28280814     DOI : https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1
Ruang lingkup Jurnal Pengabdian Masyarakat (PIMAS) adalah Kesehatan, Bisnis, Sains Teknologi, Sosial, Pendidikan, Ekonomi dan semua kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ini memuat hasil-hasil pengabdian masyarakat berbasis penelitian seperti PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), Service Learning, Community Development, dan metodologi lainnya.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2023): Mei" : 11 Documents clear
Inovasi Abon dan Nugget Jantung Pisang Desa Buon Mandiri Kecamatan Luwuk Utara Kabaupaten Banggai Ramadhani Chaniago; Haruni Ode; Rahman Dani Lasamadi; Darni Lamusu
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.938

Abstract

Tujuan Program Kosabangsa adalah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Desa Buon Mandiri Kecamatan Luwuk Utara Kabupaten Banggai sebagai petani pisang dan penjual makanan dilapak pinggir jalan. Permasalahan yang di hadapi ialah kurangnya inovasi dalam pemanfataan jantung pisang menjadi produk yang berdaya saing dan bernilai ekonoimis. Selama ini jantung pisang hanya dimanfaatkan hanya sayur atau pauk dalam makan sehari-hari. Metode pelaksanaan pengabdian melalui (1) penyiapan alat dan bahan serta tempat kegiatan (2) pelatihan pembuatan abon dan nugget jantung pisang. Hasil dari program ini adalah bertambahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mengolah atau membuat inovasi dari jantung pisang menjadi abon dan nugget.
Pendampingan Penggunaan Aplikasi Quick Count Berbasis Website di Pemilihan Kepala Desa Ciberem Dinar Mustofa; Anggit Wirasto; Ananda Nur Syifa; Ridho Islami Achmadi
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.968

Abstract

Quick Count atau perhitungan suara cepat, atau juga dikenal sebagai tabulasi suara paralel (Parallel Vote Tabulation) merupakan salah satu metode yang berguna untuk memantau pada hari pemungutan suara. Perhitungan suara cepat merupakan sebuah proses pengumpulan informasi oleh ratusan bahkan ribuan relawan melalui pemantauan langsung saat pemungutan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah di tentukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendampingi panitia dalam penggunaan sistem quick count mulai dari persiapan sampai dengan pada saat kegiatan berlangsung. Harapannya pendampingan ini bisa membantu panitia dalam acara pemilihan kepala desa Ciberem sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan semua orang. Metode pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan metode observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Harapan dari pengabdian ini adalah proses pemilihan kepala desa di desa ciberem dapat berjalan dengan lancar khususnya pada saat proses penghitungan suara tanpa harus banyak kerumunan untuk mencegan penularan wabah covid 19. Disisi itu dengan adanya pendampingan penggunaan sistem ini mudah mudahan dapat membantu panitia mengatasi kendala scara langsung dalam proses penghitungan kotak suara menggunakan sistem quick count sehingga proses penghitungan suara dapat lebih efektif dan efisian. Untuk warga masyarakat desa ciberem harapannya dapat memantau jalannya proses penghitungan suara secara virtual sehingga tidak harus datang kelokasi pemilihan suara.
Senam Kaki untuk Pencegahan dan Pengobatan Neuropati Perifer Diabetik pada Penderita Diabetes Mellitus Tri Sumarni; Yuli Dwi Hartanto
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1016

Abstract

Diabetic peripheral neuropathy is the most common complication of DM. Diabetic neuropathy has a negative impact on peripheral foot and ankle function (strength and flexibility), thereby affecting daily physical activity and quality of life for people with DM. DM foot exercises are useful for strengthening intrinsic and extrinsic leg muscles and increasing flexibility, improving leg blood circulation so as to prevent complications of DM. This community service activity aims to increase the understanding of DM sufferers about DM foot care and improve skills related to DM foot exercises. The method of implementing the service is screening knowledge about foot care and DM foot exercise, counseling and discussion about DM foot care and DM foot exercise simulation. The target of the activity was DM sufferers, totaling 20. Most service participants were aged 61-70 years (55%), female (90%), had high blood sugar levels at the time (63%). Regarding knowledge about DM foot care, before counseling most were in the poor category (55%) and after counseling most were good (70%).
Pengelolaan Digital Marketing Agrowisata Techno 44 Heri Setiawan; Fithri Selva Jumeilah; Fernando Africano; Alditia Detmuliati; Astika Ulfah Izzati
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1025

Abstract

Pengelolaan pemasaran perlu untuk dilakukan oleh semua bidang usaha, tak terkecuali pada bidang usaha pariwisata. Salah satu obyek wisata baru yang ada di Provinsi Sumatera Selatan adalah Agrowisata Tekno 44 yang terletak di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan. Obyek wisata ini tergolong obyek wisata baru sehingga perlu pengelolaan pemasaran agar meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Permasalahan yang ditemukan pada obyek wisata ini adalah belum banyaknya masyarakat yang tahu akan adanya obyek wisata ini. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan pengelola obyek wisata untuk mengelola pemasaran. Dikarenakan saat ini merupakan era digital dimana informasi akan menyebar luas di media digital, oleh sebab itu dibuatkan kegiatan sosialisasi mengenai pemanfaatan digitalisasi dalam melakukan pemasaran. Dalam hal ini disosialisasikan penggunaan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan awareness masyarakat akan keberadaan Agrowisata Tekno 44.
Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan Aplikasi Perkantoran Azhar Basir; Ryan Fitrian Pahlevi; Fitri Ayuning Tyas
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1030

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini telah membawa perubahan bagi kehidupan masyarakat Indonesia termasuk dalam dunia kerja sehingga generasi kerja harus mempersiapkan diri dengan meningkatkan kompetensinya. Layanan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan yang dapat meningkatkan kompetensi terkait aplikasi perkantoran. Sasaran program pengabdian adalah siswa kelas 12 SMK Muhammadiyah 2 Paguyangan Kabupaten Brebes yang terletak di daerah pegunungan sehingga belum pernah dilakukan pengabdian sebelumnya. Metodenya meliputi teori dan praktek dengan Microsoft Office yang meliputi Microsoft Office word, Microsoft Office Excel, dan Microsoft Office PowerPoint. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa kelas 12 SMK Muhammadiyah Paguyangan brebes mengalami peningkatan kemampuan dan pengetahuan dalam mengoperasikan aplikasi perkantoran.
Pelatihan Pengolahan Jamur Tiram dalam Rangka Memberikan Nilai Tambah Hasil Budidaya di Kampung Sayur Cempako Frianka Anindea; Fitriani Fitriani; Anggia Jesica Dati; Khalia Silvia Maisyarani; Dendi Irawan; Welan Mauli Angguna; Claudya Nurcahaya; Septini Kumalaputri; Imas Permatasari
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1035

Abstract

Kampung Sayur Cempako didirikan berawal dari kepedulian Bapak Rudi Harsam terhadap lingkungan. Dengan memanfaatkan lahan kosong tempat pembuangan sampah, Bapak Rudi Harsam memulai bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik. Upaya tersebut kemudian mendapatkan apresiasi dari warga sekitar di Gang Berdikari yang turut serta menanam sayur dengan metode serupa. Jamur tiram merupakan salah satu hasil budidaya dari warga di Kampung Sayur Cempako. Untuk memberikan nilai tambah dari hasil budidaya jamur tiram tersebut, diperlukan pelatihan pengolahan jamur tiram. Produk olahan yang dihasilkan berupa jamur crispy yang dapat dijadikan alternatif cemilan lezat dan bergizi untuk masyarakat. Pelatihan pengolahan jamur tiram ini melibatkan Ibu-Ibu warga Kampung Sayur Cempako. Selain diberikan materi mengenai cara mengelola jamur tiram menjadi cemilan, mereka juga diberikan materi cara mengemas produk dengan baik agar tidak cepat rusak dan lebih menarik saat dipasarkan.
Penerapan Sosialisasi Edukasi dan Informasi New Normal Menggunakan E-Poster Pada SDN 1 Sikui Lili Rusdiana; Abraham Pamungkas Mara Putra; Hery Hermawan; Jamalul Insan; Novi Vebriyanti; Reffaldi Reffaldi
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1056

Abstract

E-posters as a substitute for posters are in digital form so that the distribution of posters can be done more widely and more easily without being limited by space and time, and can even spread to areas far from urban areas. SDN 1 SIKUI Muara Teweh City has minimal use of e-posters in the school environment, this occurs due to the lack of use of e-posters as a means that can provide education and information, especially about healthy living during a pandemic. In addition, the function of the poster is to convey information to more groups of people such as teachers, students, parents/guardians of students at SIKUI 1 Public Elementary School, Muara Teweh City, and can even reach the general public. In carrying out this community service, implementers use methods that are used online to distribute e-posters about implementing healthy living in schools. Six e-posters were made and distributed to SDN 1 SIKUI environment in Muara Teweh City. After this implementation, the e-posters could attract students' attention about the importance of maintaining health during a pandemic.
Pengabdian Masyarakat Melalui Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyakit HIV/Aids di SMAN 1 Baturaden Galih Samodra; Siti Setianingsih; Barlian Kristanto; Reina Melani
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1059

Abstract

HIV/AIDS is a health problem in the world, including in Indonesia. he number of HIV/AIDS cases continues to increase from year to year. Adolescents are included in a group that is vulnerable to exposure to HIV/AIDS. As an effort to prevent and transmit HIV / AIDS can be done through health promotion. This activity aims to provide health promotion through outreach activities about HIV/AIDS to students at SMAN 1 Baturraden. The method used is using pretest and posttest. The results of community service activities showed an increase in knowledge about HIV/AIDS as seen from the increase in the score obtained. The conclusion of this activity is that counseling activities are easily accepted and increase knowledge about HIV/AIDS for students of SMAN 1 Baturaden.
Pelayanan Kesehatan dan Edukasi Hipertensi Serta Pemberian Makanan Tambahan Bubur Kacang Hijau Untuk Peningkatan Status Kesehatan Masyarakat Gusti Ayu Tirtawati; Lorrien G Runtu; Anselmus Kabuhung; Wahyuni Wahyuni; Irmasanti Fajrin; Herlina Memah; Kusmiyati Kusmiyati; Agnes Montolalu; Anita Lontaan
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1060

Abstract

Kesehatan yang prima merupakan kunci dalam memperoleh hasil kinerja yang optimal. Kesehatan diperlukan juga dalam peningkatan kualitas hidup seorang individu. Hasil pendataan Masyarakat Kelurahan Sagerat mempunyai riwayat penyakit hipetrtensi sebesar 30,6 % , asam urat 18,5%, kolesterol 2% dari 264 orang. Upaya dalam peningkatan status kesehatan masyarakat yaitu melakukan pemeriksaan asam urat dan kolestrol serta pemberian kacang hijau. Metode pendekatan kepada Pemerintah Kel. Sigerat, tokoh masyarakat untuk melakukan edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan (Tekanan Darah, Asam urat, dan kolesterol) serta pemberian makanan tambahan kacang hijau pada Masyarakat. Sasaran dari kegiatan ini yaitu Masyarakat Kel. Sagerat. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Kel. Sagerat tanggal 8 Maret 2023. Hasil kegiatan semua peserta memahami materi hipertensi, dilakukan pemeriksaan status Kesehatan pada 26 orang. Setelah selesai dilakukan pemeriksaan peserta diberikan bubur kacang hijau. P emeriksaan tekanan darah ditemukan 7 orang mengalami hipertensi, 1 orang mengalami asam urat tinggi, 5 orang mengalami kolestrol tingg. Tercapaianya target dengan hasil peserta sudah mengetahui status Kesehatan mereka.. Kesimpulan Dalam mendeteksi penyakit tidak menular dapat dilakukan secara rutin karena dalam hal ini, usia maupun jenis kelamin tidak dapat menentukan seseorang dapat mengalami penyakit tidak menular tersebut. Diharapkan Masyarakat Kel. Sagerat dapat selalu rutin memeriksaan kesehatannya dan mengonsumsi makanan yang sehat di rumah maupun di kantor.
Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi IOT Bidang Peternakan di Desa Jatimulyo Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar Erwin Apriliyanto; Dedi Irawan; Wahyudi Wahyudi; Achmad Azhar
Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS Vol. 2 No. 2 (2023): Mei
Publisher : LPPM Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35960/pimas.v2i2.1061

Abstract

Sistem peternakan dapat dilakukan dengan cara tradisional maupun modern. Sistem peternakan tradisional biasanya dilakukan oleh peternak kecil dengan menggunakan alat dan teknologi yang sederhana. Sedangkan sistem peternakan modern biasanya dilakukan oleh peternak besar dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti pemberian pakan otomatis, kandang terkomputerisasi, dan penggunaan teknologi reproduksi seperti inseminasi buatan. negara melalui peningkatan produksi dan ekspor produk peternakan. Namun, sistem peternakan juga harus dilakukan secara berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan dan kesejahteraan hewan. Mayoritas masyarakat Dusun Ngennep, Desa Jati Mulyo, Kecamatan Jatipuru, dan Kabupaten Karanganyar beternak khususnya sapi, terjadi peningkatan penjualan sebesar 27,10%.

Page 1 of 2 | Total Record : 11