cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
dyahwork39@gmail.com
Phone
+6281392202747
Journal Mail Official
jempper.journal@gmail.com
Editorial Address
http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jempper/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan
ISSN : 28095901     EISSN : 28096037     DOI : https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1
JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (p-ISSN : 2809-5901 (print), e-ISSN : 2809-6037 (online) adalah merupakan merupakan journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam studi Ilmu Ekonomi Manajemen yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategik bahkan manajemen yang terkait dibidang Pariwisata dan Perhotelan. Redaksi menerima artikel untuk diterbitkan tiga kali dalam setahun yaitu edisi Januari, Mei dan September.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan" : 15 Documents clear
MANAJEMEN STRATEGI MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG MUSEUM KERIS NUSANTARA SURAKARTA PADA MASA PANDEMI Darmaesti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.845 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.342

Abstract

This paper has a purpose to provide an understanding at the importance of museums as tourist attractions and places of learning or fun educational facilities and to find out the management strategies implemented by the Keris Nusantara Surakarta museum to increase visitors pandemic era. This research used qualitatif methodology by applying a qualitatif approach to the description of several relevant articles in collecting data and information and adjusting the problems taken, namely the data obtained based on site observations, literature review and document review. By visiting the Keris Nusantara Surakarta museum, it is hoped that a sense of nationalism will grow in visitors to be proud and love the homeland. The results showed that people’s interest to visit the museum in pandemic era is still low, so the management of the Keris Nusantara Surakarta museum must carry out several strategies to increase the number of visitors. The strategies that have been carried out are making public programs, changing the collection of kris so that visitors don't get bored with the collections on display, placing the keris donated by President Jokowi as an icon and attraction, equipping the museum with comfortable facilities for visitors, maintaining security and cleanliness of the museum area, preparing trained human resources.
PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE Siti Khoirun Nisa Renny Dwijayanti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.072 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.356

Abstract

Shopee menjadi salah satu marketplace pilihan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari, salah-satunya yakni pemenuhan kebutuhan sandang. Fenomena ini menimbulkan terciptanya banyak pelaku bisnis memanfaatkan marketplace Shopee untuk menjual produk fashion dengan memberikan kelebihan dari produk yang ditawarkan. Riset ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh OCR & rating terhadap purchase intention barang fashion di marketplace Shopee. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, dan mendapatkan sampel berjumlah 96 responden. Populasi penelitian yang diambil yakni Mahasiswa Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian didapatkan variabel OCR & rating berpengaruh terhadap variabel purchase intention baik secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan 2 variabel independen memberikan sumbangan sebesar 69,1 % serta sisanya 30,9 % dipengaruhi variabel lain.
PENGARUH DIMENSI KOMPENSASI TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA MARKETING UMKM DI WILAYAH YOGYAKARTA Rahma Widyawati; Dodi Setiawan Riatmaja
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.3 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.369

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the compensation dimension on the motivation and performance of MSME marketing employees in Yogyakarta. This research was conducted by taking 54 MSME employees in Yogyakarta randomly as many as 54 MSME marketing employees. The calculation technique used in this study is the Multiple Linear Regression Analysis model and path analysis. Based on the analysis results indicate that there is a significant influence between the dimensions of compensation on motivation; there is a significant effect between compensation on employee performance. Overall indirect effect, then incentive compensation is the variable with the strongest influence on performance through work motivation variables. It can be explained that incentives are the driving variables for increasing work motivation and performance because a lot or less of their income is very dependent on whether or not incentives are good. Simultaneously, the compensation system for salaries, incentives, and benefits has a strong influence on performance through work motivation, with a total determination coefficient is 0.822.
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN PERSEPSI KESESUAIAN TERHADAP PERLUASAN MEREK XIAOMI DI BANDAR LAMPUNG Viola
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.144 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.380

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas terhadap perluasan merek Xiaomi, persepsi kesesuaian terhadap perluasan merek Xiaomi serta pengaruh persepsi kualitas dan persepsi kesesuaian terhadap perluasan merek Xiaomi. Hal ini dilakukan karena masih kurangnya kepercayaannya konsumen terhadap perluasan merek Xiaomi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Xiaomi di Bandar Lampung. Tekhnik pengambilan sempel dalam penelitian ini nonprobability sampling dengan teknik purposive dengan jumlah sempel 100 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini secara parsial bahwa persepsi kualitas berpengaruh terhadap perluasan merek dan persepsi kesesuaian berpengaruh terhadap perluasan merek serta secara simultan persepsi kualitas dan persepsi kesesuaian berpengaruh terhadap perluasan merek Xiaomi di Bandar Lampung. Kata kunci : Persepsi Kualitas, Persepsi Keseuaian dan Perluasan Merek
PENGARUH GAMIFICATION DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA APLIKASI MOBILE SHOPEE MAHASISWA FEB UNESA Eka Ratnasari
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.721 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.389

Abstract

Teknologi kini semakin berkembang pesat dengan bertambahnya kegunaan internet untuk melaksanakan transaksi jual beli melalui marketplace. Shopee menduduki peringkat kedua marketplace dengan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 117 juta. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh gamification dan perceived enjoyment terhadap repurchase intention pada pengguna aplikasi mobile shopee. Populasi penelitian merupakan mahasiswa aktif FEB Universitas Negeri Surabaya dengan jumlah 97 responden. Penelitian kuantitatif dipilih dapalam penelitian ini dengan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan antara gamification dan perceived enjoyment terhadap repurchase intention pada pengguna mobile aplikasi shopee mahasiswa FEB Unesa.
Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa Sifa Nur Uyuun
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.669 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.390

Abstract

Merek lokal sangat berkembang dan digemari remaja terutama diproduk kecantikan. Scarlet whitening merupakan salah satu produk kecantikan lokal yang digemari ditengah persaingan perusahaan sejenis dan banyaknya brand lain yang bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening pada mahasiswa FEB Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang digunakan dan mengambil 97 sampel responden. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEB Unesa angkatan 2018 – 2021. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa influencer marketing dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 67,5 % dari kedua variabel sedangkan sisanya sebesar 32,5 % dipengaruhi oleh variabel lain
KINERJA KARYAWAN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI INTERNAL YANG DIMEDIASI ETOS KERJA Mochamad Rofik
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.68 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja karyawan ditinjau dari religuisitas dan motivasi internal yang dimediasi etos kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 100 karyawan STIKES Surya Global Yogyakarta sebagai sampel dengan teknik purposive sampling. Pengukuran variabel menggunakan Skala Likert. Analisis data mengunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS 3.0 Hasil analisis menunjukkan bahwa religuisitas dan motivasi internal berpengaruh terhadap etos kerja dan kinerja karyawan dan etos kerja karyawan memediasi pengaruh religuisitas dan motivasi internal terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH INTENSITAS ASET BIOLOGIS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN ASET BIOLOGIS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERKEBUNAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2019-2020 Namira Anggraini; Dwi Urip Wardoyo; Aulya Izza Anggini; Fahirah Rachmadani; Nathasya Prissillya Aggatha
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.037 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Biological Asset Intensity dan Ukuran Perusahaan terhadap pengungkapan aset biologis. Populasi penelitian adalah Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang terdaftar di BEI periode 2019-2020. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan penulis dan diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas aset biologis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan aset biologis, sedang ukuran perusahaan tidak berpengaruh. Intensitas aset biologis dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan aset biologis.
ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI ASET BIOLOGIS BERDASARKAN PSAK 69 (PERUSAHAAN PERKEBUNAN DI BEI TAHUN 2017-2018) Melda Tri Pratiwi; Dwi Urip Wardoyo; Tasya Nafila Septia; Larassari; Ismi Raswati
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.98 KB) | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.417

Abstract

Sumber daya alam yang melimpah di Indonesia akan berdampak pada beragamnya alam terutama pada produk agrikultur. Perusahaan sektor agrikultur mempunyai aset yang membedakan dari sektor lain yaitu terdapat aset biologis. Aset biologis dalam PSAK 69 adalah hewan atau tanaman hidup. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat meneliti perlakuan akuntansi atas aset biologis berdasarkan PSAK 69 pada perusahaan sektor agrikultur subsektor perkebunan tahun 2017-2018 yang terdaftar di (BEI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi yang digunakan adalah perusahaan subsektor perkebunan yang terdaftar di (BEI) pada tahun 2017-2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa perusahaan agrikultur subsektor perkebunan yang terdapat di (BEI). Perusahaan yang menjadi sampel penelitian belum menerapkan PSAK 69 karena pada tahun tersebut belum diberlakukannya PSAK 69. Sedangkan pada tahun 2018 keempat entitas sudah melakukan PSAK 69 pada laporan keuangannya dan sudah sesuai dengan indikator penilaian PSAK 69 pada agrikultur.
POTENSI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA AIR TERJUN PARANG IJO KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH Made Prasta Yostitia Pradipta; Emmelia Nadira Satiti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 2 (2022): Mei : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i2.401

Abstract

Parang Ijo merupakan sebuah air terjun yang terdapat di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sayangnya, Air Terjun Parang Ijo masih kurang diminati dan kurang dikenal oleh sebagian besar masyarakat di luar Kabupaten Karanganyar. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisinya yang sepi pengunjung. Padahal, Air Terjun Parang Ijo tidak kalah indah dari Air Terjun Jumog dan Air Terjun Grojogan Sewu yang juga terletak di Kabupaten Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi pengembangan yang cocok diselenggarakan di objek wisata Air Terjun Parang Ijo yang sesuai dengan potensinya, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan dapat membawa manfaat untuk masyarakat setempat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data yaitu observasi dan studi pustaka dari beberapa jurnal dan artikel serupa.

Page 1 of 2 | Total Record : 15