cover
Contact Name
Dyah Palupiningtyas
Contact Email
dyahwork39@gmail.com
Phone
+6281392202747
Journal Mail Official
jempper.journal@gmail.com
Editorial Address
http://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jempper/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan
ISSN : 28095901     EISSN : 28096037     DOI : https://doi.org/10.55606/jempper.v1i1
JEMPPER : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan (p-ISSN : 2809-5901 (print), e-ISSN : 2809-6037 (online) adalah merupakan merupakan journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam studi Ilmu Ekonomi Manajemen yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen strategik bahkan manajemen yang terkait dibidang Pariwisata dan Perhotelan. Redaksi menerima artikel untuk diterbitkan tiga kali dalam setahun yaitu edisi Januari, Mei dan September.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan" : 15 Documents clear
SISTEM PEMASARAN PRODUK HOTEL PADA MEDIA SOCIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN HOTEL ARYADUTA SEMANGGI,JAKARTA SELATAN Joko Edwin Saputra; Rizki Nurul Nugraha; Rivaldo Lucas Waworundeng
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.493

Abstract

Instagram adalah sebagai tempat untuk membagi foto dengan cara mengunggahnya agar dapat dilihat oleh banyak orang. Dengan demikian komunikasi antar sesama pengguna Instagram dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga memberi komentar terhadap foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu hal terpenting, dimana jumlah seperti berbanding lurus dengan tingkat kebagusan dan kepopuleran foto tersebut. Hal itu sangat berpengaruh dalam Rencana Pemasaran di media sosial Instagram. Akun Instagram bernama @aryaduta_hotels berdiri sejak tahun 2013. akun ini adalah sebuah akun yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi hotel. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pemanfaatan Instagramoleh akun @aryaduta_hotelsyang dipilih sebagai media promosi Pelayanan di Hotel Aryaduta Suites Semanggi . hal ini terbukti dari hasil penelitian dengan pemilik akun dan 2 orang perwakilan hotel yang menjadi mitra @aryaduta_hotels. banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dalam akun instagram , mulai dari pemanfaatan foto , feed , story , status , viewer , hastag , dapat diperluas untuk promosi pelayanan hotel yang dilakukan dengan memaksimalkan pemanfaatan fitur dan Strategi Pemasaran media yang tersedia dalam aplikasi instagram .
PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA TERASKITA HOTEL JAKARTA Sidik Ihsannudin; Rizki Nurul Nugraha; Tria Husnul Chotimah
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.497

Abstract

Hotel merupakan salah satu bidang usaha jasa pariwisata, yang dimana hotel menjadi sarana akomodasi bagi para wisatawan yang mengunjungi destinasi pariwisata. Untuk meningkatkan pendapatan hotel perlu dilakukan cara untuk membantu menjual produk-produk yang terdapat pada hotel, salah satunya dengan melakukan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada penelitian ini membahas mengenai penerapan bauran pemasaran pada Teraskita Hotel Jakarta. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Teraskita Hotel Jakarta menerapkan bauran pemasaran sebagai strategi pemasaran dalam upaya mencapai target pasar yang diinginkan, serta Teraskita Hotel Jakarta juga memanfaatkan media online maupun offline dalam melakukan pemasaran kepada pelanggan, sehingga pelanggan juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar hotel mulai dari kamar, fasilitas makanan dan minuman, fasilitas ruang pertemuan, hingga promosi yang sedang berlangsung.
STRATEGI PENGEMBANGAN TARIAN TRADISIONAL ZAPIN BENGKALIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT KHUSUS DAYA TARIK WISATA DAN BUDAYA Firno Hadi; Sri Yuwanti
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.537

Abstract

Indonesia memiliki berbagai macam seni budaya yang telah dilestarikan secara turun temurun, salah satunya adalah Tari Zapin. Tari Zapin asli atau yang biasa dikenal dengan Tari Tradisional Zapin merupakan salah satu tarian tradisional Melayu yang masih bertahan di Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan tari zapin sebagai atraksi wisata budaya yang hampir punah di era urban saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana sejarah seni Tari Zapin di Kabupaten Bengkalis?; 2) apa saja nilai-nilai budaya yang terkandung dalam seni Tari Zapin?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, studi kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam strategi pengembangan Tari Zapin Bengkalis terdapat 2 unsur yang berperan besar yaitu Pemerintah dan Masyarakat. Strategi pemerintah adalah mempromosikannya melalui media sosial dan media cetak. Memberikan bantuan keuangan dan kerjasama dengan instansi dan organisasi terkait. Strategi komunitas dengan ikut mendukung kegiatan pengembangan pelatihan Tari Zapin.
PENGARUH CITA RASA DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (SURVEI PADA PERUSAHAAN SMOOTH CHEESE TEA TASIKMALAYA) Refian Kurnia Rustiawan
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.608

Abstract

One of the contemporary culinary ventures that are currently hits in Tasikmalaya is Smooth Cheese Tea which persists even though many contemporary drinks are popping up in Tasikmalaya. Smooth Cheese Tea always innovates in creating new products or flavors at very affordable prices so that they can survive until now and maintain customer satisfaction. This study aims to determine and analyze the effect of taste and price perception simultaneously and partially on consumer satisfaction surveys at the company Smooth Cheese Tea Tasikmalaya. The method used in this research is a quantitative and causal method with a survey approach. With a sample of 80 consumers of Smooth Cheese Tea. The data collected in the form of primary data. Data analysis in this study used multiple regression analysis, correlation coefficient and coefficient of determination using SPSS software. The results showed that taste and price perception simultaneously had a significant effect on consumer satisfaction. Partially, taste has a significant effect on consumer satisfaction. And also partially price perception has a significant effect on consumer satisfaction.
ANALISIS PERAMALAN JUMLAH PRODUKSI HIJAB MENGGUNAKAN METODE FORECASTING (Studi Kasus Pada Aliya Hijab Collection Kabupaten Tasikmalaya) Tetin Adawiah; Suci Putri Lestari; Kusuma Agdhi Rahwana
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.609

Abstract

This study aims to determine and predict the optimal amount of production the must be carried out by the company by predicting the data on the amount of production owned by the Aliya Hijab Collection for the period January to December 2021. The data collection method ini this study was by direct observation on the Aliya Hijab Collection, using interview techniques, observation and documentation. The Analytical tools used are forecasting method such as moving average and exponential smoothing. The results of the forecasting analysis show that the 3- month moving average method is better for companies because the forecasting error is smaller. The company should follow the calculation of the 3-month moving average forecasting method so as to be able to predict and determine the optimal amount of production.
PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada pengguna sepeda motor Honda Beat di Kota Tasikmalaya) Shintya Nisawaty; Ari Arisman; Kusuma Agdhi Rahwana
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.611

Abstract

This study aims to determine the effect of simultaneous and partial of Purchase Decisions in terms of brand image, and product quality on purchasing decisions for Honda Beat motorcycles in Tasikmalya city. The research method used in this study is a quantitative method with a survey approach. The population studied were 100 respondents. Analysis of the data in this study using Multiple Regression Analysis using SPSS version 26 software. The results showed that brand image and product quality simultaneously influenced the purchase decision of Honda Beat motorcycles in the city of Tasikmalya. Brand image partially influences the purchase decision of Honda Beat motorcycles in the city of Tasikmalya. Product quality partially has a significant effect on purchasing decisions for Honda Beat motorcycles in the city of Tasikmalya. Product quality partially has a significant effect on purchasing decisions for Honda Beat motorcycles in the city of Tasikmalaya.
PENGARUH PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada Konsumen Produk Bolu CV Yaki Tiga Putri) Derisna Febia Utami; Arga Sutrisna; Suci Putri Lestari
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.613

Abstract

The reseach aim to determine the partial and simultaneous influence of the promotion and brand image to the purchasing decision product yaki bread of tasikmalaya city. The methods used in this study is a quantitative methods with a survey.analysis of the data in this study used SPSS Version 26 software. The result showed that the simultaneous promotion and brand image had a significant role in the consumer purchasing decision yaki bread. Partially, the promotion has significant effect on the consumer purchasing decision yaki bread. Partially, the brand image has significant effect on the the consumer purchasing decision of yaki bread.
PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan CV. Sri Rasa Kota Bengkulu) Anggi Risnawati; Barin Barlian; Arga Sutrisna
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.614

Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of compensation and work discipline on the performance of employees of CV. Sri Rasa. Respondents in this study were employees of CV. Sri Rasa. Based on the sample method, the total sample in the study was 37 respondents. In this study using primary data obtained from the distribution of questionnaires. The number of questionnaires distributed was 37 copies and which could be returned and processed were 37 copies. The analytical method used in this research is multiple linear analysis. The results showed that compensation had no a significant effect on employee performance, work discipline had a significant effect on employee performance and compensation and work discipline simultaneously had a positive and significant effect on employee performance. This means that when compensation and work discipline are high, employee performance increases.
the PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU TERHADAP KELANCARAN PROSES PRODUKSI rudi kardina
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Metode yang dilakukan yaitu kualitatif dan diukur melalui pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu data persediaan bahan baku pada objek yang diteliti dari tahun 2018-2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu interview dan informasi mengenai kepustakaan. Dan teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil perhitungan analisis regresi linier berganda bahwa intercept dan konstanta tanpa adanya pengaruh dari persediaan bahan baku pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung yaitu sebesar 310357,498. Artinya bahwa apabila seluruh variabel bebas dianggap konstan maka kelancaran proses produksi pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung akan bersifat positif. Nilai koefisien variabel bebas menunjukan nilai positif, artinya setiap persediaan bahan baku pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung mengalami kenaikan sebesar 1% maka kelancaran proses produksi pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung akan mengalami kenaikan sebesar 0,624 atau sebesar 62,4%. Nilai koefisien variabel bebas bernilai positif artinya menunjukkan hubungan positif antara persediaan bahan baku pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung dengan kelancaran proses produksi pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung. Maka dari itu, semakin tinggi nilai bahan baku maka akan tinggi juga nilai kelancaran proses produksi pada Usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung. Pada nilai standar error nya sebesar 0,131 atau sebesar 13,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan antara pengendalian bahan baku terhadap kelancaran proses produksi pada pada usaha Sentana Brownies Meleleh Cieunteung. Kata kunci: Pengendalian, Persediaan Bahan Baku, Kelancaran, Proses Produksi
ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERBASIS MARKETING MIX DALAM MENDUKUNG WISATA KULINER DI EDEN DAILY INTERNATIONAL FOOD DI KOTA SEMARANG Ahmad Mansur
Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan Vol 1 No 3 (2022): September : Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jempper.v1i3.676

Abstract

The research carried out has the function of analyzing market segmentation based on marketing mix in supporting culinary tourism at Eden Daily International Food in Semarang City. This research was conducted because this restaurant is considered not maximal in supporting culinary tourism in the city of Semarang seen from the customers who are mostly from within the city of Semarang. With the problem, namely: "What are the strategies carried out by Eden Daily International Food in order to support Semarang culinary tourism, How to apply the marketing mix in Eden Daily International Food in order to support Semarang culinary tourism, How to analyze market segmentations in eden daily international food in order to support culinary tourism in Semarang This research was conducted using qualitative methods, with a sample of 11 informants, 1 owner, 5 Eden employees and 5 customers. The research data were obtained from observation, interviews, and documentation with open questions. The results of this research show that the strategy that Eden has implemented for its promotion has not been maximized properly, there are still deficiencies in the field of promotion, then the marketing mix has been maximized by seeing the several facilities it has, then the market segmentation that has been carried out is good, for example the price and product are in accordance .

Page 1 of 2 | Total Record : 15