cover
Contact Name
Wari Dony
Contact Email
talentasipil.unbari@gmail.com
Phone
+6285266559852
Journal Mail Official
talentasipil.unbari@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Batanghari Jambi Jl. Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kodepos: 36122
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Talenta Sipil
ISSN : -     EISSN : 26151634     DOI : https://www.doi.org/10.33087/talentasipil
This journal publishes scientific articles on research results and reviews covering the fields of engineering
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2021): Agustus" : 22 Documents clear
Perencanaan Baja Ringan Sebagai Salah Satu Alternatif Pengganti Kayu Pada Struktur Rangka Atap Bangunan M Riza Primadani; Suhendra Suhendra; Eri Dahlan
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (841.355 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.74

Abstract

Seiring perkembangan jaman, kebutuhan akan kayu sebagai ibahan idasar irangka iatap isemakin imeningkat, namun tidak diiringi dengan kualitasidan kuantitas kayu itu sendiri. Semakin langkanya pohon terutama pohonidenganikualitasikayu baik menyebabkan hargaikayuimenjadiirelatifimahal.iHaliini menjadi dasar pemikiran produseniuntukimenciptakaniinovasi baru berupa baja ringan untukimembuat rangkaiatap.iBajairinganidipilih sebagaiialternatifipenggantiikayuisebagaiirangka atap ikarena ibaja iringan imemiliki ifaktor ikeawetan, itahan irayap idan itahan ikarat. Tujuan idari ipenelitian iini iuntuk imenganalisis irangka ikuda-kuda ibaja iringan idan ikuda-kuda ikayu, serta membandingkan ibesarnya ibiaya iatap iyang imenggunakan ikonstruksi irangka ibajairingan idan ikonstruksi irangka ikayu.iMaterial istruktur ikayu imenggunakan imaterial ikayu ikelas iII idan imaterial ibaja imenggunakan iBaja iRingan iC75.75.iBangunan iyang idi ijadikan iobjek iadalah ibangunan i72 im2 idengan iluas iarea ibangunan i8 im ix i9 im. Pada ipenelitian iini idiperoleh iPersentase iharga ipada ikuda-kuda ibaja iringan i101,93% ikali iharga ipada ikuda-kuda ikayu.iDan ipersentase iberat ikuda-kuda ibaja iringan i11,25% idari iberat ikuda-kuda ikayu.iTerdapat iperbedaan ibiaya ipada irangka iatap iyaitu ipada ipembangunan irangka iatap ibaja iringan idengan iluas i72m2 ididapatkan itotal ibiaya iyang idikeluarkan isebesar iRp.63.278.178, iSedangkan imenggunakan irangka iatap ikayu itotal ibiaya iyang idikeluarkan isebesar iRp.62.082.444.iPerbandingan ibiaya ipada ipembangunan irangka iatap iatap ibaja iringan idan irangka iatap ikayu iadalah isebesar iRp.1.195.734.iJadi ikesimpulan iyang ibisa idiambil idari ikedua iperbandingan ibiaya itersebut iadalah ipembuatan irangka iatap imenggunakan irangka iatap ibaja iringan ilebih imahal idari ipada ibiaya imenggunakan irangka iatap ikayu.
Kajian Perhitungan Struktur Atas Bangunan Hotel di Kota Jambi Marisa Lestari; Suhendra Suhendra; M Nuklirullah
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.715 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perhitungan struktur hotel yang berlokasi di Kota Jambi. Struktur bangunan beton bertulang dikaji dalam tiga dimensi. Referensi yang dipakai yaitu SNI 2847:2013, SNI 1726:2012, SNI 1727:2013 serta Peraturan Pembebanan Indonesia Untuk Gedung 1987. Alat bantu perhitungan dalam penelitian ini adalah Aplikasi SAP2000 (Student Version), PcaColumn, dan Microsoft Excel. Hasil analisa membuktikan bahwa Kriteria Desain Seismik struktur sama dengan D, hal mana untuk struktur setinggi 39m, sistem struktur penahan Gaya Gempa yang diperbolehkan ialah Sistem Rangka Pemikul Momen Khusus.
Hubungan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kuat Tekan Beton Rara Amelia; Suhendra Suhendra; Kiki Rizky Amalia
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.453 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.79

Abstract

Penggunaan material sebagai bahan campuran beton dapat menjadi keuntungan dari perencanaan konstruksi, apabila komposisi campuran betonnya tepat. Kekuatan karakteristik beton menjadi perhatian penting bagi perencana dan pengendalian mutu, karena kekuatan beton biasanya memberikan gambaran kualitas beton secara keseluruhan. Kuat tekan beton dipengaruhi oleh banyak factor. Studi ini meneliti faktor yang mempengaruhi kuat tekan beton dari proporsi bahan-bahan penyusun beton saja.Adapun komponen-komponen yang mempengaruhi kuat tekan beton yang dikaji ialah Faktor Air-Semen, nilai abrasi, Faktor Agregat-Semen dan Faktor Luas Permukaan agregat. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh masing-masing komponen secara parsial dan kombinasi dua komponen atau lebih secara simultan terhadap kuat tekan beton dengan 15 hipotesis data yang ditelaah melalui program SPSS versi 22 dan Ms.Excel. Dari 100 data sekunder yang bersumber dari laporan perencanaan campuran beton pada Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Batanghari diperoleh hasil Faktor Agregat-Semen memberikan pengaruh yang paling dominan secara parsial terhadap kuat tekan beton sebesar 63,8%. Pada kombinasi 2 komponen yakni Faktor Agregat-Semen dan nilai abrasi secara simultan memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap kuat tekan beton sebesar 65,7%. Pada 3 kombinasi komponen yaitu Faktor Agregat-Semen, nilai abrasi dan Faktor Luas Permukaan secara simultan memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap kuat tekan beton sebesar 71%. Pengaruh 4 kombinasi komponen ialah Faktor Air-Semen, Faktor Agregat-Semen, nilai abrasi dan Faktor Luas Permukaan secara simultan memberikan pengaruh sebesar 70,7% terhadap kuat tekan beton.
Kajian Penggunaan Alat Berat Pada Proyek Peningkatan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Batang Sangkir-Kerinci Ayu Athika Dewi; Azwarman Azwarman; Ellyta Mona
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.284 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.68

Abstract

Alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi dengan skala yang besar. Dalam pekerjaan tanah yang meliputi galian diperlukan alat berat yaitu excavator. Pemilihan alat berat tentunya sangat berpengaruh pada tingkat efisiensi agar dapat menghemat waktu dan biaya. Dalam pengerjaan tugas akhir ini digunakan metode analisis komparatif. Dengan kata lain beberapa jenis dan pabrikan excavator dibandingkan dan diambil keputusan excavator mana yang paling efisien. Maka hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Produktivitas excavator : Caterpillar CAT320D=58,14 m³/jam, Komatsu PC200-8MO = 63,52m³/jam, Komatsu PC130F-7 =39,84m³/jam, dan Hitachi ZX300LC-6 =73,50m3/jam. 2. Excavator yang efisien digunakan yaitu Komatsu PC200-8 dengan waktu 94,40 jam, biaya per jam Rp. 628.869,77 dan biaya total Rp. 59.365.306,71. Dengan selisih waktu lebih cepat 8,7 jam dari Caterpillar CAT320D dan dapat menghemat pengeluaran sebesar Rp. 6.695.416,67.
Evaluasi Simpang Tiga pada Jalan Jendral Sudirman Kuala Tungkal Ardiansyah Ardiansyah; Amsori M Das; Ari Setiawan
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.001 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.55

Abstract

Dalam menunjang kelancaran transportasi pada daerah urban khususnya transportasi darat, dibutuhkan sarana dan prasarana yang mendukung. Tingginya jumlah transportasi nasional khususnya kendaraan bermotor pertahun mencapai 6,13 % (BPS,2019). Dampak dari tingginya jumlah transportasi akan timbul ketika penambahan jumlah transportasi tidak diikuti dengan sarana dan prasarana yang memadai. Seperti adanya peningkatan arus lalu lintas yang tidak seimbang dikarenakan ketersediaan kapasitas jalan yang kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat pelayanan lalu lintas pada ruas simpang tiga Jalan Jendral Sudirman Kuala Tungkal. Perhitungan kinerja simpang menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data yang didapat pada penelitian ini menggunakan metode survei yang dilaksanakan pada pagi sore dan malam hari selama dua hari. Hasil survei menunjukan kondisi eksisting menghasilkan (DS) derajat kejenuhan pada malam hari sebesar 0,84 dimana kondisi eksisting kinerja simpang sudah mencapai kondisi jenuh.
Analisis Perbandingan Kehilangan Gaya Prategang pada Jembatan Fly Over Metode Stressing Satu Arah dan Dua Arah Permita Ulandari; Suhendra Suhendra; Ria Zulfiati
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.543 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.75

Abstract

Stressing adalah proses penarikan kabel tendon yang ada di dalam girder untuk menjadikan girder sebagai beton pretegang. Stressing satu arah yaitu sistem stressing kabel strand dengan hanya menarik salah satu ujung kabel strand saja. Sedangkan stressing dua arah yaitu dengan menarik kedua ujung kabel. Kehilangan gaya prategang yakni berkurangnya gaya-gaya prategang yang bekerja pada suatu baja / kabel prategang (tendon) di setiap tahap-tahapan pembebanan. Sehingga harus diperhitungkan berapa total kehilangan prategang yang terjadi diakibatkan oleh stressing satu arah dan dua arah. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode stressing pada saat pelaksanaan pekerjaan jembatan fly over terhadap kehilangan gaya prategang dan mengetahui bagaimana kehilangan gaya prategang akibat pengaruh metode stressing pada jenis girder yaitu PC I girder. Metode stressing pada proyek pembangunan fly over Bukittinggi berpengaruh pada kehilangan gaya prategang khususnya pada kehilangan prategang karena gesekan tendon dan relaksasi pada baja. Berdasarkan data yang diperoleh, di dapatkan hasil analisa kehilangan gaya prategang diakibatkan oleh stressing satu arah yaitu 29,696% dan metode stressing dua arah yaitu 28,764%. Namun telah dilakukan tegangan awal yang lebih besar pada saat stressing untuk mengatasi kehilangan prategang karena gesekan pada tendon dan slip angkur. Maka nilai kehilangan gaya prategang yang diakibatkan oleh metode stressing satu arah yaitu 17,778% dan metode stressing dua arah yaitu 17,994%. Kontrol keamanan struktur telah memenuhi syarat keamanan struktur dengan tegangan dan lendutan yang terjadi kurang dari tegangan dan lendutan yang diizinkan.
Kelayakan Transportasi Air Sungai Batanghari (Studi Kasus Angkutan Motor Ketek Di Desa Terusan Kabupaten Batanghari) Rendy Al Akbar; Elvira Handayani; Kiki Rizky Amalia
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.253 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.63

Abstract

Sungai Batanghari adalah sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang sungai kurang lebih 800 KM. Motor ketek adalah salah satu moda transportasi tradisional yang digunakan sebagai angkutan penyeberangan di Sungai Batanghari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayalan motor ketek melalui kepuasan dan penilaian para pengguna jasa transportasi motor ketek sebagai angkutan penyeberangan di sungai Batanghari Desa Terusan. Penelitian ini dilakukan di desa Terusan, Maro Sebo ilir Kabupaten Batanghari, Jambi. Penelitian dilakukan dengan cara meneyebarkan kuisioner kepada para pengguna/penumpang motor ketek. Pengamatan dilakukan selama 3 hari. . Data kuesioner dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan komputer program Ms. Excel. Dari hasil pengumpulan data, secara keseluruhan kelayakan motor ketek sebagai angkutan transportasi di sungai Batanghari dinilai dari 15 pertanyaan antara lain yaitu: Desa Terusan-Pasar Terusan 8 Pertanyaan yang memiliki nilai Layak dengan persentase 53,33%. 6 Pertanyaan yang memiliki nilai Cukup Layak dengan persentase 40% dan 1 Pertanyaan yang memiliki nilai Sangat Tidak Layak dengan persentase 6,67% ,Pasar Terusan-Desa Terusan 11 Pertanyaan yang memiliki nilai Layak dengan persentase 73,33%. 3 Pertanyaan yang memiliki nilai Cukup Layak dengan persentase 20% dan 1 Pertanyaan yang memiliki nilai Sangat Tidak Layak dengan persentase 6,67%. Berdasarkan penilaian dan kepuasan motor ketek dari para pengguna jasa angkutan penyeberangan sungai Batanghari di desa Terusan , bahwa tingkat kelayakan motor ketek dari Desa Terusan - Pasar Terusan dan Pasar Terusan – Desa Terusan sebagai angkutan penyeberangan di nilai Layak untuk saat ini.
Perbandingan Peningkatan Kuat Tekan Beton Normal Dengan Menggunakan SNI 03-2834-2000 dan SNI 7656:2012 Sampai Umur 28 Hari Ivan Setiawan; Suhendra Suhendra; Ria Zulfiati
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.858 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.81

Abstract

Awal mula terbentuk SNI 7656:2012, rancangan campuran beton normal berpedoman sesuai SNI 03-2834-2000. Untuk riset sekarang sudah dicoba sesuatu perbandingan rancangan kepada kedua SNI bersangkutan untuk kualitas beton 25 MPa. Benda uji dipakai berupa silinder dengan dimensi 150milimeter x 300milimeter, berjumlah 15 benda uji buat tiap- tiap SNI. Penyelesaian riset menampilkan mutu yang diperoleh SNI 2000 dan SNI 2012 berturut: 21,95 MPa dan 23,01 MPa. Berikutnya, nilai slump buat kedua rancangan beton adalah 70 milimeter. Penyelesaian ini menampilkan kalau hasil nilai mutu yang dihasilkan dari rancangan campuran sesuai SNI 2000 sangat besar dibandingkan nilai mutu SNI 2012 dan keduanya memperlihatkan nilai slump yang bagus. Keduanya SNI memperlihatkan ikatan empiris dan relative dari kepada bahan beton didalam campuran, berdasarkan rancangan kandungan bahan yang diperoleh tiap –tiap tata cara hendak berbeda-beda, yang disetiap ujungnya bakal mendapatkan nilai mutu yang beda-beda.
Analisa Perbandingan Koefisien Harga Satuan Bahan Material Pekerjaan Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Tanjung Type D Elvira Handayani; M Nuklirullah; EL Gafur
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.807 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.71

Abstract

Untuk menentukan besarnya biaya bangunan rancangan pekerjaan kosntruksi dari suatu bangunan gedung diperlukan suatu acuan dasar. Acuan tersebut adalah analisa biaya konstruksi yang disusun melalui kegiatan konstruksi penelitian produktivitas pekerja di lapangan dan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan konstruksi suatu pembangunan. Analisa biaya konstruksi sering disebut dengan analisa harga satuan pekerjaan. Batasan masalah pada Penelitian ini adalah Pengamatan dilakukan secara langsung pada pekerjaan Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Tanjung Type D. Penelitian ini meninjau pekerjaan pasangan dinding. Bahan material yang diamati dan dihitung guna membandingkan koefisien lapangan dengan koefisien Standar Nasional Indonesia. Harga satuan material yang dipakai adalah harga satuan yang mengacu pada harga aktual. Dalam penelitian ini mengukur koefisien bahan dan harga satuan yang di kerjakan pada pekerjaan Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Tanjung Type D. Tujuan Penelitian pada Penelitian ini; Untuk dapat mengetahui besarnya nilai koefisien analisis harga satuan bahan material pada pekerjaan pasangan dinding bata. Untuk mengetahui perbandingan koefisien harga satuan lapangan dengan koefisien harga satuan Standar Nasional Indonesia (SNI 2016). Berdasarkan pengamatan di lapangan, didapatkan besarnya koefisien harga satuan material dinding dan plesteran pada Pekerjaan Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Tanjung Type D adalah Koefisien harga satuan material untuk pekerjaan 1 m² pasangan dinding bata adalah: 63 Bata,10,569 Kg Portland Cement (PC), 0,0395 m³ Pasir, dan 5,284 l air. Koefisien harga satuan material untuk pekerjaan 1 m² plesteran dinding bata adalah: 6,171 Kg Portland Cement (PC), 0,0237 m³ Pasir, dan 3,086 l air. Perbandingan Harga Material dinding dan plesteran untuk Pekerjaan Revitalisasi Pasar Rakyat Desa Tanjung Type D adalah sebagai berikut : Pekerjaan Pasangan Dinding Bata Bangunan Utama harga total analisa di Lapangan lebih kecil di bandingkan SNI 2016 dengan selisih Rp. 4.694.581,92 . Pekerjaan Plesteran Dinding Bata Bangunan Utama harga total analisa di Lapangan lebih kecil di bandingkan SNI 2016 dengan selisih Rp. 331.365,60 .
Kajian Jembatan Beton Prategang di Muara Klukup Bentang 32 Meter Exacta Lovendays Simamora; Suhendra Suhendra; Annisaa Dwiretnani
Jurnal Talenta Sipil Vol 4, No 2 (2021): Agustus
Publisher : Universitas Batanghari Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.238 KB) | DOI: 10.33087/talentasipil.v4i2.56

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perhitungan struktur jembatan klukup yang berlokasi di Desa Kelukup, Kecamatan Merangin, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Struktur jembatan berupa beton bertulang, dan beton prategang. Referensi yang digunakan adalah AASHTO LRFD Bridge Design Specifications, MKB No. 009/BM/2008, RSNI T-12-2004, SKBI-1328- 1987, SNI 03-2847-2002, SNI 2847-2013, SNI 1727-2013, SNI 2833-2016, SNI 2052:2017 dan Peraturan Pembebanan Untuk Jembatan SNI 1725:2016. Alat bantu perhitungan dalam penelitian ini adalah Aplikasi SAP2000 V 20 dan Microsoft Excel. Hasil kajian menunjukkan bahwa perhitungan struktur jembatan adalah di dapat hasil perhitungan 4 buah lubang tendon, memiliki 2 tipe balok girder yaitu balok girder lapangan dan balok girder tumpuan, memiliki 2 di mensi balok diafragma , system prategang mengunakan sistem Pasca-Tarik dan stressing satu arah.

Page 1 of 3 | Total Record : 22