Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam
Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam (IJEI) is a periodical scientific publication intended for economists who want to publish their articles in the form of literature studies, research, and scientific development in the field of Islamic economics. IJEI was first published in 2009 which is annually published twice (June and December). IJEI works closely with the Islamic Economist Association (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) and Islamic Economic Society (Masyarakat Ekonomi Syariah) which provides editorial members, peer reviewers, and authors, both are professional associations related to IJEI aims and scopes. IJEI invites manuscripts in the areas: Islamic Economics, Islamic Banking, Islamic Business, Islamic Management, and Islamic Finance.
Articles
107 Documents
WOMENPRENUER ALISA KHADIJAH SEBAGAI AGEN RECOVERY EKONOMI KELUARGA DAN MASYARAKAT DI PALEMBANG
Siti Mardiyah;
Asili Asili
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (298.137 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.112
Abstract. The Womenpreneur Alisa Khadija as an Economic Quality Changer in Family and Society in Palembang. The perception of women's role discrimination in the economic sector is because of the influence of cultural and sacred religious understanding that makes the role women runs is still because of the limitation to sustain the life. The Study is conducted by looking at the role and how the management of womenprenuer in improving the economic quality of family and society. The methodology used is mixed methods. Qualitative methods are used to examine how the Islamic economic transformation of womenpreneur with its description and exploratory analysis. The quantitative method is used by spreading questioner with Guttman scale using non-parametric inferesial analysis to management of Alisa Khalijah ICMI womenprenuer. The results of the study were found that transformative understanding of women's roles and management of community development programs not only makes women an object or perpetrator of development, but rather To plan programs, manage strategies and gain opportunities against existing challenges, to make womenpreneur able to become economic quality changer both in family and society without eliminating the boundaries of sharia. Abstrak. Womenprenuer Alisa Khadijah Sebagai Agen Recovery Ekonomi Keluarga dan Masyarakat di Palembang. Adanya persepsi diskriminasi peran perempuan dalam sektor ekonomi karena pengaruh budaya dan pemahaman keagamaan yang sakral menjadikan peranan yang dijalankan perempuan masih karena keterbatasan untuk mempertahankan hidup. Kajian ini ingin membangun bagaimana sebenarnya Ekonomi Islam mampu menjadikan perempuan yang pada awalnya hanya sebagai sosok yang pasif-konsumtif menjadi sosok yang Aktif-Produktif dalam sektor ekonomi sehingga mampu menjadi agen dalam recovery ekonomi keluarga dan masyarakat. Kajian dilakukan dengan melihat peran dan bagaimana manajemen womenprenuer dalam meningkatkan kualitas ekonomi keluarga dan masyarakat. Metodologi yang digunakan adalah mixed methods. Metode Kualitatif digunakan untuk mengkaji bagaimana Transformasi Ekonomi Islam terhadap womenpreneur dengan analisis deskripsi dan eksploratif. Sedangkan metode Kuantitatif digunakan dengan menyebarkan questioner dengan skala Guttman mengunakan analisis inferesial non parametik terhadap peran dan manajemen womenpreneur Alisa Khalijah ICMI Palembang. Hasil kajian didapati bahwasanya Pemahaman transformatif dilakukan pada peran dan manajemen perempuan terhadap program-program pengembangan masyakat tidak hanya menjadikan perempuan sebagai objek atau pelaku dari pengembangan itu, tetapi lebih bagaimana mendampingi mereka untuk merencanakan program, mengatur strategi dan mendapatkan peluang terhadap tantangan yang ada. Kondisi ini menjadi satu tuntutan dalam Islam, bahawasanya bagaimana menjadikan womenpreneur mampu menjadi perubah kualitas ekonomi baik di keluarga dan masyarakat tanpa menghilangkan batas-batas syariahnya
Praktek Pengembangan Bagi Hasil Peternakan Sapi Masyarakat Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone Sulawesi Selatan
Sitti Nikmah Marzuki
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1069.838 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.115
Abstrak. Praktek Pengembangan Bagi Hasil Peternakan Sapi Masyarakat Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Praktik bagi hasil peternakan masyarakat masih sering terjadi permasalahan yang muncul karena sistem bagi hasil yang tidak jelas, seperti halnya jika terjadi peristiwa force majeur pada saat perjanjian bagi hasil. Misalnya terjadi kematian terhadap anak sapi dari hasil peternakan sapi atau induknya sapi yang mengalami kematian. Penelitian ini mengungkap dan menganalisis praktek bagi hasil dan pendapatan masyarakat peternak sapi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan analisis deskriptif kualitatif. Praktek pengembangan bagi hasil peternakan sapi di Kecamatan barebbo Sistem peternakan sapi di Kecamatan Barebbo pada umumnya menggunakan tiga sistem yaitu teknik pemeliharaan ekstensif, teknik pemeliharaan intensif dan teknik pemeliharaan semiintensif dengan pendapatan peternak rata 2.000.000 – Rp. 5.000.000 setiap satu ekor sapi tergantung dari kondisi sapi dan teknik bagi hasil yang disepakati. Jika peternak melakukan kerjasama ternak sapi 2 sapi maka peternak akan memiliki keuntungan yang lebih besar. Sistem bagi hasil didasarkan pada yang dilakukan Sistem bagi hasil yang diterapkan berdasarkan pendapatan, bagi hasil berdasarkan laba kotor dan bagi hasil berdasarkan laba bersih. Sistem bagi hasil yang paling dominan digunakan oleh masyarakat peternak sapi di Kecamatan Barebbo adalah bagi hasil berdasarkan laba kotor. Sistem ini dipandang lebih adil dan memberikan mashlahah kepada kedua belah pihak. Sistem ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat peternak di Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.
Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak
Hayet Rakhi
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (249.652 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.119
AbstractKeyakinan dan pemahaman konsumen terhadap kehalalan dan keharaman suatu produk menjadi pertimbangan utama dalam aktifitas konsumsi. Keputusan membeli Kosmetik berlabel halal menjadi pertimbangan utama oleh konsumen dibandingkan dengan harga, merk dan atribut produk. Penggunaan Kosmetik yang tidak jelas status kehalalan nya akan memberikan dampak yang buruk bagi penggunaannya dari berbagai aspek. Jumlah produk yang telah bersertifikat halal di Indonesia memiliki presentase yang masih rendah jika dibandingkan dengan produk yang beredar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada masyarakat kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan data primer dengan jumlah 60 responden dari usia 15-64 tahun dari semua pekerjaan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan metode survei eksplanatif serta dilakukan deep interview. Hasil tabulasi data dilakukan analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan 43,3 persen responden termotivasi untuk menggunakan kosmetik berlabel halal; 53,3 persen responden memperhatikan kehalalan Kosmetik; 56,7 persen responden yakin kosmetik yang berlabel halal terjamin kualitasnya; 61,66 persen responden menjadikan label halal sebagai pertimbangan utama dalam membeli kosmetik, 53,3 persen responden mementingkan kehalalan dibandingkan harga kosmetik, dan 73,3 persen responden merasa puas jika menggunakan kosmetik berlabel halal. Responden tidak apatis dan mementikan label halal dalam menggunakan kosmetik. Hasil uji t menunjukkan bahwa tabel t hitung sebesar 8,385 t tabel sebesar 1,671. Hasil regresi menunjukkan bahwa label halal berpengaruh 78,07 persen terhadap keputusan responden membeli kosmetik sedangkan 21,93 persen dipengaruhi faktor lainnya. Keywords : Label halal, Kosmetik Halal, Keputusan Membeli
INVESTASI DAN GAYA HIDUP INVESTOR PEREMPUAN MODERN DI KOTA PALEMBANG
lemiyana lemiyana lemiyana
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (234.741 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.124
This study aimed to test whether there is any influence between the investment and lifestyle the investor women customers of Bursa Efek Indonesia in Palembang city. The object of this study were investor women in capital market of Bursa Efek indonesia in Palembang city. The sampling methods collection used is the Non Probability sampling and Judgmental Sampling. The sampling taken as many as 150 investor women customers of Bursa Efek Indonesia in Palembang city. Further analysis of data using Structural Equation Model analysis techniques or SEM. The results of the testing that was done show that: first, the variable investment have significant influence on variable investor women customer’s Bursa Efek Indonesia in Kota Palembang. Second, the lifestyle variable has significant on variable investor women customer’s Bursa Efek Indonesia in Kota Palembang
VIRTUAL ACCOUNT SANTRI : IKHTIYAR PESANTREN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PRIMA BERORIENTASI CUSTOMER SATISFACTION DI PONDOK PESANTREN
Hasan Baharun;
Rizaqil Ardillah
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (294.408 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.129
This article presents the services which is provided by Nurul Jadid Islamic Boarding School using the Virtual Account payment method. In essence, the purpose of a service is to provide a sense of satisfaction for the people who is being served. To achieve this level of satisfaction must be accompanied by facilities and personnel from each side. In providing a service we are required to be sensitive to the wishes and needs of customers. Through the Virtual Account method can be implemented in financial management, especially in the payment process in an educational institution because it can provide convenience, and can be guaranteed in the process of payment transactions. By using this method, the Islamic Boarding School's treasurer can provide services in the form of convenience, guarantees, and concerns of Islamic Students (Santri) or Islamic Student's Parent (Walisantri) when processing payment transactions.
PROMOSI DAERAH DAN E – MARKETING PARIWISATA HALAL TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI YOGYAKARTA
Raja Ela Safira;
Winda Sholikah;
Dhidhin Noer Ady Rahmanto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (42.196 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i1.155
Abstract. Regional Promotion and E-Marketing of Halal Tourism against Tourist Visits in Yogyakarta. This research was conducted to find out how the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing against Tourist Visits in Yogyakarta. Promotion is an important thing that needs to be considered in attracting tourists. In this millennial era, the development of technology very fast, many activities using technology. Furthermore, the using of E-Marketing more suitable for increasing the number of tourists. This research used multiple linear regression method with moderating variables to show the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing Against Tourist Visits in Yogyakarta with data collection techniques used were questionnaires and observations. The result of this research was found that using E-Marketing can increase tourist’s interest to visit halal tourism in Yogyakarta. When using regional promotions only gained 7% and when using E-Marketing increased to 67%. Abstrak. Promosi Daerah dan E–Marketing Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Promosi merupakan hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam menarik minat wisatawan. Di era milenial ini teknologi sangat berkembang dengan pesat, sehingga banyak aktivitas yang dilakukan menggunakan teknologi. Dengan demikian penggunaan E-Marketing dinilai cocok untuk meningkatkan wisatawan. Metode pengujian adalah dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan variabel moderating untuk menunjukkan hasil dari penelitian pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan observasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan E-Marketing dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke pariwisata halal di Yogyakarta. Pada awalnya ketika menggunakan promosi daerah hanya memperoleh sebesar 7% dan ketika menggunakian E-Marketing meningkat menjadi 67%.
Strategi Pengembangan Wakaf Produktif untuk Kesejahteraan Umat
Anisa Fitria Utami
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1008.869 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i2.125
Abstract. The Strategy Of Productive Waqf Management For General Welfare (Case Study On Nadzir Of Malang Islamic University Foundation). The purpose of this research is to find out the strategy of productive waqf management for general welfare that conducted by The Nadzir of Universitas Islam Malang Foundation. Malang City still has a quite high poverty rate that is 4,6%. Waqf is an instrumen in islamic economy that can solve poverty beside zakat. The development of waqf in Malang City is increased every year plus there are many waqf asset that spreaded in all sub-district in Malang City. The Nadzir of Universitas Islam Malang Foundation that domiciled in Malang City was given funds by Kementrian Agama with waqf fund agreement. The purpose of that waqf fund is as the example on productive waqf management. The Nadzir of Universitas Islam Malang Foundation has succeed in developing eleven VIP Rooms in UNISMA Hospital. 70% from the outcomes of that management, are used to development and management of the VIP Rooms and used to develop a minimarket that spreaded in several regions. 20% from the outcomes of productive waqf management was channeled to the 40 mauquf alaih periodically. Abstrak. Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif untuk Kesejahteraan Umat (Studi Kasus di Nadzir Yayasan Universitas Islam Malang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan wakaf produktif untuk kesejahteraan umat yang dilakukan oleh Nadzir Yayasan Universitas Islam Malang. Kota Malang masih memiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi yaitu sebesar 4,6 %. Wakaf merupakan salah satu instrumen dalam ekonomi islam yang mampu mengatasi kemiskinan selain zakat. Perkembangan wakaf di Kota Malang semakin meningkat tiap tahunnya ditambah banyak aset wakaf yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Malang. Nadzir Yayasan Universitas Islam Malang yang berkedudukan di Kota Malang diberi dana oleh Kementrian Agama dengan akad dana wakaf. Tujuan dari dana wakaf tersebut adalah sebagai percontohan dalam pengelolaan wakaf secara produktif. Nadzir Yayasan Universitas Islam Malang telah berhasil membangun Ruang VIP di Rumah Sakit UNISMA sebanyak 11 kamar, 70% dari hasil pengelolaan tersebut digunakan untuk pengembangan dan pengelolaan Ruang VIP serta digunakan untuk membangun minimarket yang tersebar di beberapa daerah. 20% hasil pengelolaan wakaf produktif disalurkan kepada sekitar 40 mauquf alaih secara periodik.
FACTORS INFLUENCING WILLINGNESS TO CONTRIBUTE IN CASH WAQF: CASE OF SOUTH TANGERANG, INDONESIA
Hudzaifah Ahmad
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1042.028 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i2.135
Abstract: Factors Influencing Willingness to Contribute in Cash Waqf: Case of South Tangerang, Indonesia. Waqf has long been the backbone of community service in Indonesia, especially in the fields of religion and education. Considering the importance of waqf in the socio-economic field in Indonesia, the government expanded the scope of waqf which was originally only in the form of fixed assets and then added with movable assets such as money. As a country with the largest Muslim population in the world, Indonesia has a huge cash waqf potential. But this potential has not been able to be optimized by the government or the private sector. The problem of the lack of awareness of Muslims in Indonesia about cash waqf is the main obstacle. There are several factors that influence one's willingness to do cash waqf, namely knowledge, income, social culture, and promotion. To determine the influence of these factors, the data obtained from respondents from the survey instrument adopted were subjected to descriptive analysis statistical analysis. The findings indicate that all factors significantly affect a person's willingness to do cash waqf. Recommendations contingent on research findings were offered. Abstrak. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesediaan untuk Berkontribusi dalam Wakaf Tunai: Kasus Tangerang Selatan, Indonesia. Wakaf telah lama menjadi tulang punggung pengabdian masyarakat di Indonesia, khususnya di bidang agama dan pendidikan. Mengingat pentingnya wakaf dalam bidang sosial ekonomi di Indonesia, pemerintah kemudian memperluas cakupan wakaf yang semula hanya berupa aset tetap menjadi ditambah dengan aset bergerak seperti uang. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi wakaf tunai yang besar. Tetapi potensi ini belum dapat dioptimalkan oleh pemerintah atau sektor swasta. Masalah kurangnya kesadaran umat Islam di Indonesia tentang wakaf tunai adalah kendala utama. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemauan seseorang untuk melakukan wakaf tunai, yaitu pengetahuan, pendapatan, sosial budaya, dan promosi. Untuk menentukan pengaruh faktor-faktor ini, data yang diperoleh dari responden dari instrumen survei yang diadopsi menjadi sasaran analisis deskriptif analisis statistik. Temuan menunjukkan bahwa semua faktor secara signifikan mempengaruhi kesediaan seseorang untuk melakukan wakaf tunai. Rekomendasi yang bergantung pada temuan penelitian ditawarkan.
PENERAPAN JASA PINJAMAN DALAM SIMPAN PINJAM DI KOPERASI
Alif Ilham Akbar Fatriansyah
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1006.755 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i2.138
Jasa Pinjaman merupakan bagian dari Koperasi didalam unit usaha Simpan Pinjam, yang dihasikan atas ketidakkonsistenan dalam penerapan suatu prinsip, apakah koperasi menggunakan prinsip syariah atau prinsip konvensional sehingga akan menghasilkan penyimpangan. Hal ini bisa tercermin karena jasa pinjaman yang selama ini terjadi di Koperasi Simpan Pinjam merupakan gabungan dari Al-Qardh yang mewakili dari prinsip syariah dan Hutang yang mewakili dari prinsip konvensional.
PENGARUH KEJELASAN LABELISASI HALAL DAN PERILAKU-BERAGAMA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN: ANALISIS DUA MODEL ALTERNATIF
Wahyu Dwi Apriyanto;
Ignatius Heruwasto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 2 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1151.885 KB)
|
DOI: 10.32678/ijei.v10i2.143
Abstract. The Influence of Halal Labelization and Religious Behavior of Consumer Buying Interest: Analysis of Two Alternative Models. This research was conducted to determine the effect of clarity on halal labels, and religious attitudes and behavior on consumer buying interest. The attitude and behavior of Muslims in buying a product is influenced by the presence or absence of halal labels and religious attitudes and behavior. But at this time no one has examined the impact of the clarity / clarity of the halal label on a product in influencing the desires of Muslim consumers. In this study two models were developed, in which the first model wanted to see the impact of the clarity of halal labeling together with religious behavior as a purely independent variable effect on buying interest. Whereas alternative models or moderation models, want to see the possibility of halal label clarity as a moderating relationship between religious behavior and buying interest. This study shows that the clarity of the halal label is not a moderating variable on the relationship between religious behavior and buying interest, but it is a purely independent variable that together religious behavior encourages buying interest. The results showed that the clarity of the halal label is a major factor that can encourage buying interest in Muslim consumers. Then furthermore, the level of observance of Muslims in implementing religion/ religious observance also encourages interest in buying halal products. Abstrak: Pengaruh Kejelasan Labelisasi Halal dan Perilaku Beragama Terhadap Minat Beli Konsumen: Analisis Dua Model Alternatif. Penelitian ini melihat pengaruh kejelasan label halal, dan sikap serta perilaku beragama terhadap minat beli konsumen. Sikap dan perilaku umat muslim dalam membeli suatu produk dipengaruhi oleh ada tidaknya label halal serta sikap dan perilaku beragama. Tetapi saat ini belum ada yang meneliti dampak jelasannya / kejelasan label halal dalam suatu produk dalam mempengaruhi keinginan konsumen muslim. Dalam penelitian ini dikembangkan dua model, dimana model pertama ingin melihat dampak kejelasan labelisasi halal bersama-sama dengan perilaku beragama sebagai variabel independen murni pengaruhnya terhadap minat beli. Sedangkan model alternatif atau model moderasi, ingin melihat kemungkinan kejelasan label-halal sebagai moderasi hubungan antara perilaku beragama terhadap minat beli. Penelitian ini menunjukkan bahwa kejelasan label halal bukan merupakan variabel moderasi terhadap hubungan antara perilaku beragama dengan minat beli, tetapi merupakan variable independen murni yang bersama-sama perilaku beragama mendorong minat beli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejelasan label halal merupakan faktor utama yang dapat mendorong minat beli konsumen muslim. Kemudian selanjutnya, tingkat ketaatan muslim dalam melaksanakan agama/ taat dalam beragama juga mendorong minat beli produk halal.