cover
Contact Name
Asep Dadan Suganda
Contact Email
asep.dadan@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
islamiconomic@uinbanten.ac.id
Editorial Address
Jurusan Ekonomi Syariah, Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : 20853696     EISSN : 25414127     DOI : 10.32678/ijei
Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam (IJEI) is a periodical scientific publication intended for economists who want to publish their articles in the form of literature studies, research, and scientific development in the field of Islamic economics. IJEI was first published in 2009 which is annually published twice (June and December). IJEI works closely with the Islamic Economist Association (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) and Islamic Economic Society (Masyarakat Ekonomi Syariah) which provides editorial members, peer reviewers, and authors, both are professional associations related to IJEI aims and scopes. IJEI invites manuscripts in the areas: Islamic Economics, Islamic Banking, Islamic Business, Islamic Management, and Islamic Finance.
Articles 119 Documents
ANJAK PIUTANG (FACTORING) DALAM EKONOMI ISLAM Naerul Edwin Kiky Aprianto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.788 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v8i1.59

Abstract

Dalam dunia bisnis, pelaku bisnis dan perusahaan selalu ingin memperlancar barang produksinya, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan mempercepat perputaran modal yang pada gilirannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang, maka menyebabkan banyak perusahaan menyediakan dana segar yang diperoleh dari lembaga anjak piutang (factoring). Lembaga pembiayaan anjak piutang diartikan sebagai badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan serta pengurusan piutang jangka pendek. Oleh karena itu, tulisan ini akan mengkaji tentang konsep anjak piutang (factoring) dalam perspektif ekonomi Islam dengan menggunakan pendekatan teori hiwalah. Selain itu, tulisan ini juga akan menguraikan manfaat dalam perjanjian anjak piutang (factoring), serta perbedaan konsep anjak piutang secara syariah dan konvensional.
IMPLEMENTASI BENTUK-BENTUK AKAD BERNAMA DALAM LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH Naerul Edwin Kiky Aprianto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.868 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v9i1.58

Abstract

Abstrak. Implementasi Bentuk-Bentuk Akad Bernama Dalam Lembaga Keuangan Syariah. Pada dasarnya, Islam adalah agama yang sempurna mencakup segala bidang kehidupan manusia. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas untuk berhubungan dengan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan manusia sangat beragam, sehingga secara pribadi tidak mampu untuk memenuhinya dan harus berhubungan dengan orang lain. Hubungan antara satu manusia dengan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan harus terdapat aturan yang menjelaskan hak dan kewajiban keduanya berdasarkan kesepakatan. Proses untuk membuat kesepakatan dalam memenuhi kebutuhan keduanya, yaitu dengan proses untuk berakad atau melakukan kontrak. Dalam pembahasan fikih, akad atau kontrak yang dapat digunakan bertransaksi sangat beragam, sesuai dengan karakteristik dan spesifikasi kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, tulisan ini akan mengkaji bentuk-bentuk akad yang lebih berfokus pada bentuk-bentuk akad bernama. Hal ini merupakan syarat yang utama bagi orang yang melakukan aktivitas ekonomi dan bisnis serta memiliki akibat hukum bagi pihak yang berakad. Abstract. Implementation of Akad Bernama in Sharia Financial Institutions. Property played an important role and have a significant influence in human life. As social beings, humans cannot escape to connect with others in meeting the needs of life. Human needs are very diverse, so personally not able to fulfill it and to be in touch with others. The relationship between one human being with another human being to meet the needs there must be rules that define the rights and obligations of both consensual. The process for making a deal to meet the needs of both the process for berakad or perform a contract. In the discussion of jurisprudence, the contract or contracts which can be used to transact very diverse, according to the characteristics and specifications of the existing needs. Therefore, this paper will examine the forms of contract that is more focused on forms of contract named. This is the main requirement for people doing business and economic activity.
PROMOSI DAERAH DAN E – MARKETING PARIWISATA HALAL TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI YOGYAKARTA Raja Ela Safira; Winda Sholikah; Dhidhin Noer Ady Rahmanto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (42.196 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v10i1.155

Abstract

Abstract. Regional Promotion and E-Marketing of Halal Tourism against Tourist Visits in Yogyakarta. This research was conducted to find out how the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing against Tourist Visits in Yogyakarta. Promotion is an important thing that needs to be considered in attracting tourists. In this millennial era, the development of technology very fast, many activities using technology. Furthermore, the using of E-Marketing more suitable for increasing the number of tourists. This research used multiple linear regression method with moderating variables to show the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing Against Tourist Visits in Yogyakarta with data collection techniques used were questionnaires and observations. The result of this research was found that using E-Marketing can increase tourist’s interest to visit halal tourism in Yogyakarta. When using regional promotions only gained 7% and when using E-Marketing increased to 67%.  Abstrak.  Promosi Daerah dan E–Marketing Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Promosi merupakan hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam menarik minat wisatawan. Di era milenial ini teknologi sangat berkembang dengan pesat, sehingga banyak aktivitas yang dilakukan menggunakan teknologi. Dengan demikian penggunaan E-Marketing dinilai cocok untuk meningkatkan wisatawan. Metode pengujian adalah dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan variabel moderating untuk menunjukkan hasil dari penelitian pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan observasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan E-Marketing dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke pariwisata halal di Yogyakarta. Pada awalnya ketika menggunakan promosi daerah hanya memperoleh sebesar 7% dan ketika menggunakian E-Marketing meningkat menjadi 67%.
SUKUK WAQF FOR THE DEVELOPMENT OF ISLAMIC EDUCATIONAL INSTITUTIONS Syamsuri Syamsuri; Eka Risana Putri; Anisa Rosdiana Zein; Resi Handayani
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 12, No 1 (2021)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1346.442 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v12i1.267

Abstract

Education becomes an urgency in improving the quality of human life. Improving the quality of education is one of the goals of maqashid shariah, waqf as the property of the people whose benefits are intended for the continuity of the benefit of the people becomes one of the potential to be associated as a source of provision of educational institutions to improve the quality of human resources, considering that man is the caliph fil ardl and as an agent of change. The purpose of this study will explain about sukuk waqf in the development of Islamic education. In this study, the authors used qualitative research types using descriptive analysis. Information and data obtained from various sources from related aspects related to research issues with the source of books, journals, or other sources relevant to the discussion with the aim to reach conclusions about the benefit of sukuk waqf in the development of Islamic educational institutions. Waqf and sukuk integrated will be two phenomenal financial instruments by combining modern schemes of waqf asset development with securities that produce sukuk waqf. In integrating sukuk wakaf, educational institutions can use innovative product waqf models by using sukuk issued by waqf institutions as nadzir, as well as istitusi as third parties. This paper is limited by the scope of discussions related to waqf and Islamic educational institutions, as well as sukuk waqf that can be used as one of the innovations in the development of waqf assets in educational institutions. This research is expected to be used by practitioners of waqf, wakif, nazir, to be used as material in the management and development of productive waqf, especially in Islamic educational institutions.
AKUNTANSI SEBAGAI SUATU SIKLUS HENDRIETA FERIEKA
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 4, No 2 (2013)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.699 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v4i2.14

Abstract

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Sehingga tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.Faktor desakan pasar dan desakan peraturan mempengaruhi penyediaan informasi keuangan kepada pihak luar perusahaan, dan mempengaruhi isi maupun penyampaian laporan keuangan. Laporan keuangan adalah laporan manajemen kepada pemegang saham untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan manajemen mengenai keadaan perusahaan secara rinci. Bermula dari tanggapan lisan hingga tertulis yang juga meliputi misalnya laporan produksi dan eksplorasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian informasi kepada pihak luar mempertimbangkan juga keputusan perusahaan dan keputusan pihak lain misalnya serikat industri dan dagang serta pialang. Manajemen mempunyai kebijaksanaan dalam mengungkapkan
KONTRIBUSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PEREKONOMIAN BANTEN ZAINI IBRAHIM
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 6, No 1 (2015)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.855 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v6i1.32

Abstract

Abstract. The Contribution of Islamic Banking on the Banten Economy. The development of Islamic banking in Banten can be seen from the four aspects, such as amount of assets, DPK, financing and credit risks. Even indicates the good growth, but the performance of Islamic banking from the total banking in Banten region is still relatively small. Until the fourth quarter of 2013, the share of Islamic banking assets in Banten only reached 6.78 percent of total banking assets in the province of Banten. Likewise, the share of Islamic banking on third party funds amounted only 5.20 percent. While the financing extended by the Islamic banking in Banten province amounted  only 7.61 percent of total bank credit in Banten Province. This research was conducted with a view to determine the contribution of Islamic banking to increase PDRB Banten Province. This research uses 60 samples, including monthly data from January 2009 until December 2013 consisted of PDRB Banten, DPK and financing Islamic banking in Banten. The data were analyzed using multiple linear regression with the help of software eviews. The results showed that the DPK data processing and financing not partial effect on PDRB increase in Banten. However DPK and financing jointly/ simultaneous effect on PDRB Banten. Figures determination coefficient of 53% shows the value of the contribution of Islamic banking and finance sector generally, to the economic progress of Banten. The remaining 47% was contributed by other sectors that are not included in this study. The high contribution of Islamic banking to Banten’s economy must be supported by the preparation of adequate infrastructure, especially concerned to improve the quality and quantity of human resources in the Islamic economics and finance area. Beside that, we must give the encouragement to the government of Banten in order to increase the proportion of decentralized funds placement in Islamic financial institutions.Abstrak. Kontribusi Perbankan Syariah Terhadap Perekonomian Banten. Perkembangan perbankan syariah di Banten dapat dilihat dari empat aspek, yaitu jumlah aset, DPK, pembiayaan dan resiko kredit. Meski terus menunjukkan perkembangan yang baik, namun kinerja perbankan syariah terhadap total perbankan di wilayah Banten masih relatif kecil. Sampai triwulan IV 2013, pangsa aset perbankan syariah di Banten baru mencapai 6,78 persen dari total aset perbankan di wilayah Provinsi Banten. Demikian juga dengan pangsa penghimpunan DPK perbankan syariah hanya sebesar 5,20 persen. Sementara itu pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah di Provinsi Banten hanya sebesar 7,61 persen dari total kredit perbankan di Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui kontribusi perbankan syariah terhadap peningkatan PDRB Provinsi Banten. Riset ini menggunakan 60 sampel, meliputi data bulanan sejak Januari 2009 sampai Desember 2013 terdiri dari PDRB Banten, DPK dan pembiayaan perbankan syariah di Banten. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software eviews. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa DPK dan pembiayaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap peningkatan PDRB Banten. Namun DPK dan pembiayaan secara bersama-sama/ simultan berpengaruh terhadap PDRB Banten. Angka koefisien determinasi sebesar 53% menunjukkan nilai kontribusi perbankan syariah, dan umumnya sektor keuangan, terhadap kemajuan perekonomian Banten. Sisanya 47% disumbangkan oleh sektor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tingginya kontribusi perbankan syariah terhadap perekonomian Banten harus direspon dengan penyiapan infrastruktur yang memadai, terutama berkaitan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang menguasai bidang ekonomi dan keuangan Islam. Diperlukan juga dorongan untuk Pemprov Banten agar meningkatkan proporsi penempatan dana desentralisasi di lembaga keuangan syariah.
ANALISA MANAJEMEN PEMBIAYAAN MACET (STUDI PADA BMT MITRA MUAMALAH JEPARA) Aan Zainul Anwar; Rudi Joko Laksono; Darwanto Darwanto
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.507 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v9i1.87

Abstract

Abstrak. Analisa Manajemen Pembiayaan Macet (Studi Pada BMT Mitra Muamalah Jepara). Hampir setiap lembaga keuangan baik konvensional maupun syariah yang menyalurkan dana mengalami risiko pembiayaan masalah keuangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian bagaimana pengelolaan pembiayaan macet pada lembaga keuangan syariah. Penelitian ini menganalisis dan menggambarkan penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance - GCG) dalam pengelolaan pembiayaan dan menggambarkan strategi kebijakan dalam mengatasi pembiayaan macet yang ada di BMT Mitra Muamalah Jepara pada tahun 2015-2016, dengan metode pendekatan kualitatif (wawancara, observasi dan dokumentasi). ) Informan dalam penelitian ini adalah pemangku kepentingan BMT Mitra Muamalah Jepara dengan teknik purposive dan snowball sampling. Metode analisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tata kelola perusahaan (GCG) pengelolaan pembiayaan buruk cukup baik dan dapat diterapkan untuk mengatasi masalah kredit macet yang terjadi di BMT Mitra Muamalah. Strategi untuk mengatasi kredit macet adalah membentuk tim perbaikan dan memperkuat prosedur operasi standar (SOP) pembiayaan dan memaksimalkan peran Account Officer (AO) sebagai pelaksana utama dalam proses pembiayaan penghentian non-performing.Abstract. Analysis of Financing Management Loss (Study on BMT Mitra Muamalah Jepara). Almost every financial institution both conventional or sharia that distributed funds experienced financing risk of financial problem. Therefore, it is necessary to research how the management of financial institutions especially sharia make efforts to minimize the financing of jams. This paper analyses and describes the implementation of Good Corporate Governance (GCG) in the management of financing and describes the policy strategy in overcoming the existing stalled financing in BMT Mitra Muamalah Jepara in 2015-2016, with qualitative approach method (interviews, observation and documentation) and trianggulasi techniques. Informants in this research are stakeholder BMT Mitra Muamalah Jepara by using purposive technique and snowball sampling. Method analyze with interactive analysis technique of Miles and Huberman. The result show that the implementation of corporate governance (GCG) on the management of bad financing has been quite good and can be applied to solve the problem of bad debts that occurred in BMT Mitra Muamalah. The strategy to overcome bad debts is to form a remedial team and strengthen standard operating procedures (SOP) of financing and maximize the role of Account Officer (AO) as the main implementer in the process of financing the termination of non-performing.
VIRTUAL ACCOUNT SANTRI : IKHTIYAR PESANTREN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PRIMA BERORIENTASI CUSTOMER SATISFACTION DI PONDOK PESANTREN Hasan Baharun; Rizaqil Ardillah
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 10, No 1 (2019)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.408 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v10i1.129

Abstract

This article presents the services which is provided by Nurul Jadid Islamic Boarding School using the Virtual Account payment method. In essence, the purpose of a service is to provide a sense of satisfaction for the people who is being served. To achieve this level of satisfaction must be accompanied by facilities and personnel from each side. In providing a service we are required to be sensitive to the wishes and needs of customers. Through the Virtual Account method can be implemented in financial management, especially in the payment process in an educational institution because it can provide convenience, and can be guaranteed in the process of payment transactions. By using this method, the Islamic Boarding School's treasurer can provide services in the form of convenience, guarantees, and concerns of Islamic Students (Santri) or Islamic Student's Parent (Walisantri) when processing payment transactions.
COMPARISON OF ISLAMIC BANKS PERFORMANCE AND CONVENTIONAL BANKS PERFORMANCE IN MUSLIM-MAJORITY PROVINCES AND NON-MUSLIM MAJORITY PROVINCES Eko Fajar Cahyono; M. Fariz Fadillah Mardianto; Tika Widiastuti
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 11, No 2 (2020)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1305.599 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v11i2.173

Abstract

This study aims to look a universality services Islāmic banking and conventional bank services and products in Indonesia by testing whether the services and products of conventional Islāmic banks and conventional banks accepted by all groups, both Muslims and non-Muslims. The method used was the Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) test by comparing Islāmic banks performance and conventional banks performance represented by several financial ratios in a number of provinces in Indonesia. There are two provincial categories, namely the first group is a provincial province with a most Muslim population and the second is a class of provincial provinces with a most non-Muslim population in Indonesia.
PENGARUH PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN MUKHLISHOTUL JANNAH
ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam Vol 4, No 1 (2013)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.798 KB) | DOI: 10.32678/ijei.v4i1.9

Abstract

Tujuan utama dari suatu bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Sedangkan  yang memberikan keuntungan bukan hanya pelanggan, tetapi ada sumber daya manusia yang merupakan faktor produksi yang bisa membuat keinginan pelanggan bisa terpenuhi. Di sinilah peran sumber daya manusia, sejak bahan baku yang masih berada di suplier, dalam proses produksi, hingga barang ke tangan pelanggan. Di sisi lain perusahaan harus menyadari bahwa karyawan sebagai mahluk sosial pada dasarnya memiliki berbagai macam kebutuhan yang semakin lama semakin bertambah. Untuk itu perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan baik berupa materi maupun non materi kepada karyawan beserta keluarganya. Hal ini dapat membuat para pegawai bersemangat dalam bekerja, terciptanya ketenangan, loyal terhadap perusahaan dan mau memberikan segala kemampuannya dalam bekerja, sehingga kinerja karyawan menjadi lebih optimal.Dalam meningkatkan kinerja karyawan diperlukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan memperhatikan kebutuhan dari para pegawai, diantaranya adalah upah atau gaji dan insentif. Insentif dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memotivasi karyawan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja mereka dan merangsang para karyawan untuk berperan aktif dalam pencapaian tujuan perusahaan

Page 1 of 12 | Total Record : 119