cover
Contact Name
Aep Saepudin
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+6285294008040
Journal Mail Official
jrpai@unisba.ac.id
Editorial Address
Gedung Rektorat Lantai 4, Jl. Tamansari No. 20 Bandung 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28083172     EISSN : 27972852     DOI : https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu empirik dalam sub kajian Pendidikan Agama Islam. JRPAI ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2797-2852 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-indeks di Google Scholar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)" : 10 Documents clear
Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an Jessieca Annisa Meygamandhayanti; Aep Saepudin
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1163

Abstract

Abstract. One method of memorizing the Qur'an that is fun and suitable for children is the talaqqi method. Right now the whole world is shocked by the existence of a virus called Corona. Therefore, SD Featured Al'-Izzah Bandung carries out hybrid learning activities. Based on this phenomenon, the problems in this research are formulated as follows: (1) How is planning? (2) How is it implemented? (3) How is the evaluation and results? (4) What are the supporting and inhibiting factors?. This research uses descriptive qualitative. The data sources selected in this study were the principal, vice principal of the curriculum section, the main teacher and the companion teacher for tahfidz Qur'an. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used in this research are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result of this research is that the learning planning is guided by the rules that have been set by the module. In its implementation, it has been carried out well by using google meet for online by carrying out 7 stages and using a classical approach, and is equipped with the Qur'an. There are three types of evaluation, namely daily, mid semester, and end of semester. In the supporting and inhibiting factors, the inhibiting factors are more dominant so that the results are not optimal. Abstrak Salah satu metode menghafal Al-Qur’an yang menyenangkan dan cocok untuk usia kanak-kanak yaitu metode talaqqi. Saat ini seluruh dunia dihebohkan dengan adanya virus bernama corona. Oleh karena itu, SD Unggulan Al’-Izzah Bandung melaksanakan kegiatan pembelajaran secara hybrid. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan? (2) Bagaimana pelaksanaan? (3) Bagaimana evaluasi dan hasil? (4) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat?. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang dipilih dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru utama dan guru pendamping tahfidz Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam perencanaan pembelajaran berpedoman pada aturan yang sudah ditetapkan oleh modul. Dalam pelaksanaannya sudah terlaksana dengan baik dengan menggunakan google meet bagi online dengan melaksanakan 7 tahapan serta menggunakan pendekatan klasikal, dan dilengkapi Al-Qur’an. Dalam evaluasi terdapat tiga jenis yaitu harian, tengah semester, dan akhir semester. Dalam faktor pendukung dan penghambat lebih dominan faktor penghambat sehingga hasilnya belum maksimal.
Implikasi Pendidikan dalam Q.S. Luqman Ayat 13 terhadap Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Wildan Mansur; Eko Subiantoro
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1259

Abstract

Abstract. Process of delivering information, thoughts and attitudes aim to achieve mutual understanding, regarding the problems to be discussed, which in turn is expected to change behavior. The type of approach in this writing is library research, which is taking research materials from several books or other literature that supports this research. The approach used is a phenomenological approach, which is trying to understand the meaning of interactions between human beings in terms of education. So, the emphasis is on an interactive understanding of the phenomena that occur. The results of this study indicate that the editorial "yaa bunayya" is a form of a sentence consisting of munada which is preceded by the letter nida. Bunayya as munada and yaa as the letter nida. The sentence bunayya is also a tasghir form of the word ibn, this word form shows the child is physically still small and shows a close relationship (al-iqtirab) and affection between parents and children. In addition, the word ibn has the same root as the word banaa (build) which means parents take part in building the character of the child. Interpersonal communication between parents and children can result in effective interpersonal relationships and cooperation can be improved. So parents need to be open, trusting, supportive, understanding, respecting, and developing each other's qualities. Interpersonal relationships need to be grown and improved by improving relations and cooperation between various parties. Abstrak. Dalam proses penyampaian informasi, pikiran dan sikap bertujuan untuk mencapai saling pengertian, mengenai masalah yang akan dibicarakan yang akhirnya diharapkan terjadi perubahan perilaku. Jenis pendekatan dalam artikel ini adalah penelitian kepustakaan, mengambil bahan penelitian dari beberapa buku atau publikasi lain yang mendukung penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode fenomenologi, yang berusaha memahami makna interaksi manusia dalam istilah pendidikan. Oleh karena itu, fokusnya adalah pada pemahaman interaktif terhadap fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan redaksi “yaa bunayya” merupakan bentuk kalimat yang terdiri dari munada yang didahului dengan huruf nida. Bunayya sebagai munada dan yaa sebagai huruf nida. Kalimat bunayya juga merupakan bentuk tasghir dari kata ibn, bentuk kata ini menunjukkan anak secara fisik masih kecil dan menunjukkan adanya hubungan kedekatan (al-iqtirab) dan kasih sayang antara orang tua dan anak. Selain itu, kata ibn seakar dengan kata banaa (membangun) yang bermakna orang tua ikut andil dalam membangun karakter anak. Komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak-anak dapat mengarah pada hubungan interpersonal yang efektif dan meningkatkan kolaborasi. Oleh karena itu, orang tua harus terbuka, percaya mendukung, memahami, menghormati, dan mengembangkan kualitas satu sama lain. Hubungan interpersonal perlu diperluas dan ditingkatkan dengan meningkatkan hubungan dan kerjasama antar pihak yang berbeda.
Peningkatan Pemahaman Siswa terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui Metode Index Card Match Kenia; Asep Dudi Suhardini
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1261

Abstract

Abstract. This research is motivated by the low understanding of students on the material aqidah morals, this is caused by the application of learning that is still teacher centered and the delivery of material is monotonous. To improve students' understanding, learning needs to be directed at activities that encourage students to be active in the classroom, namely by using the index card match method, where all students are active in learning because they have the same time. Based on this phenomenon, the formulation of the problem in this study are: (1) How is moral aqidah learning using conventional methods? (2) How is the application of moral aqidah learning by using the index card match method? (3) Is there an effect of the index card match method on the understanding of the moral aqidah learning material in class VIII students?. Researchers used a quasi-experimental method with a quantitative approach. Data collection techniques in this study are tests, observations, interviews, and documentation. Data analysis was performed by t-test using paired sample t-test. The results showed that the index card match method had an effect on increasing students' understanding as seen from the results of the t-test. Then H0 is rejected and Ha is accepted, this shows that there is an effect of the index card match method on increasing student understanding. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak, hal ini disebabkan oleh penerapan pembelajaran yang masih teacher centered dan penyampaian materi yang monoton. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, maka pembelajaran perlu diarahkan pada aktivitas-aktivitas yang mendorong siswa aktif di dalam kelas, yaitu dengan menggunakan metode index card match, di mana semua siswa aktif dalam pembelajaran karena memiliki waktu yang sama. Berdasarkan fenomena tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode konvensional? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode index card match? (3) Apakah terdapat pengaruh metode index card match terhadap pemahaman materi pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas VIII?. Peneliti menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji t-tes menggunakan paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode index card match terhadap peningkatan pemahaman siswa terlihat dari hasil uji t-tes. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh metode index card match terhadap peningkatan pemahaman siswa.
Analisis Nilai Agama Islam pada Novel “Cinta Suci Zahrana” Karya Habiburrahman El Shirazy Ashila Asfa Nabila; Heru Pratikno
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1504

Abstract

Abstract. In educational literature, including novels, there are many educational values that can be taken as learning and application in everyday life. The purpose of this study is to describe the values of Islamic education, the aspects contained in the novel Cinta Suci Zahrana by Habiburrahman El-Shirazy, and how to apply educational novels into learning values at school. The method used in this research is library research. The approach used is a qualitative approach. For data collection, a search for documentation materials will be carried out in the form of books, magazines, articles and the internet. The data collected is then analyzed using content analysis techniques. The results of the study conclude that the values of Islamic education contained in the novel Cinta Suci Zahrana by Habiburrahman El-Shirazy are the values of aqidah (faith), the value of worship, and the last is the moral value. The aspects contained in the novel Cinta Suci Zahrana by Habiburrahman El-Shirazy are educational, moral, and historical and cultural aspects. The last is how to apply educational novels into learning values at school. Related to that, the use of the Cinta Suci Zahrana novel, which is rich in Islamic educational values such as the values of faith, worship, and morals, is highly recommended for teaching materials. Abstrak. Di dalam karya sastra yang mendidik di antaranya novel banyak sekali terkandung nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil sebagai pembelajaran maupun penerapan di kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam, aspek-aspek yang terkandung di dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy, dan cara pengaplikasian novel yang mendidik ke dalam suatu pembelajaran nilai-nilai di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data akan dilakukan penelusuran bahan dokumentasi yaitu berupa buku-buku, majalah, artikel dan internet. Data yang terkumpul pada selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy adalah nilai aqidah (iman), nilai ibadah, dan yang terakhir adalah nilai akhlak. Aspek-aspek yang terkandung di dalam novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El-Shirazy adalah ada aspek edukatif, moral, dan aspek sejarah dan budaya. Yang terakhir adalah cara mengaplikasikan novel yang mendidik ke dalam suatu pembelajaran nilai-nilai di sekolah adalah berkaitan dengan itu pemanfaatan novel Cinta Suci Zahrana yang kaya akan nilai-nilai pendidikan Islam seperti nilai Iman, ibadah, dan akhlak ini sangat dianjurkan untuk bahan ajar.
Program Rehabilitasi ODGJ melalui Terapi Spiritual di Pondok Pesantren X Fatimatuz Zahroh; Dewi Mulyani
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1264

Abstract

Abstract. This research has background that The Islamic School of X has a program to recovery Soul Disorder People (ODGJ) by spiritual therapy that gives medication to soul disorder patients and drug abuse victim by spiritual therapy such as dzikr and giving a shower. The aims of this research are to know : (1) Rehabilitation program of ODGJ in Dormitory of Islamic School X. (2) Rehabilitation process which is done in Dormitory of Islamic School X. (3) Evaluation in rehabilitation of ODGJ in Dormitory of Islamic School X. (4) The obstacles or the problems in rehabilitation of ODGJ in Dormitory of Islamic School X. This research is using descriptive method through cualitative approachment to research rehabilitation program of ODGJ through spiritual therapy in Dormitory of islamic School X. The data collections in this research are using observation, interview, and documentation,. The technique of analysis data in this research is using analysis data Miles and Huberman model. The result of this research is approving that : (1) Rehabilitation program of ODGJ by spiritual therapy through Dzikr and Sholawat (giving praises to Prophet Muhammad SAW). (2) Rehabilitation process which is done by some procedurs and activities. (3) The result of evaluation such as compatibility of schedule implementation, feedback from the patients, public and family responses about the patients recovery. (4) The obstacles or the problems which are found : the lack of food supply, places, and the keepers of ODGJ. Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pondok Pesantren X yang membuka program rehabilitasi dengan terapi spiritual yang memberikan perawatan dan pengobatan pada pasien gangguan jiwa dan korban penyalahgunaan narkoba melalui terapi spiritual berupa dzikir dan mandi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) program rehabilitasi ODGJ di Pondok Pesantren X. (2) proses rehabilitasi yang dilakukan di Pondok Pesantren X. (3) evaluasi dalam rehabilitasi ODGJ di Pondok Pesantren X. (4) hambatan atau tantangan dalam rehabilitasi ODGJ di Pondok Pesantren X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk meneliti program rehabilitasi ODGJ melalui terapi spiritual di Pondok Pesantren X. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program rehabilitasi ODGJ berupa terapi spiritual dengan dzikir dan solawat. (2) Proses rehabilitasi dilakukan melalui beberapa prosedur dan kegiatan. (3) Hasil evaluasi berupa kesesuaian pelaksaan jadwal, feedback dari para pasien, dan tanggapan masyarakat serta keluarga mengenai kesembuhan pasien. (4) Hambatan atau tantangan yang ditemui yaitu kurangnya ketersediaan makanan, kurangnya ketersediaan tempat, dan kurangnya pengurus ODGJ.
Implementasi Metode Hiwar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Ratna Widian Ningke; Eko Subiantoro
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1480

Abstract

Abstract. The method is one of the appropriate and harmonious ways to present something so that an effective and efficient learning goal is achieved in accordance with what is expected. The method that can be applied by PAI teachers for this is the implementation of the hiwar method. This method can encourage student participation to ask questions and express their opinions. This research is a research with a pre-experimental approach. Data collection techniques in this study using interviews, observation, and documentation. This quantitative research is presented in the form of numbers and text to explain clearly how the preliminary activities, core activities, and evaluation of learning are carried out by PAI teachers in implementing the hiwar method at SMK X Margasari. The previous condition of learning participation was classified as lacking with an average value ranging from 53%-54%. This is because learning focuses on teacher explanations and textbooks only. Lack of exploring student knowledge makes students tend to be passive and less enthusiastic in expressing their opinions or asking questions. The lack of discussion activities also affects student learning participation. Therefore, with the implementation of the hiwar method students are able to increase learning participation (participation in asking questions, answering questions, doing assignments, discussing and concluding material) with an average range ranging from 58.33% - 98.80% and getting good and very good categories. Abstrak. Metode merupakan salah satu jalan yang ditempuh sesuai dan serasi untuk menyajikan suatu hal sehingga tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diharapkan. Metode yang bisa diterapkan oleh guru PAI untuk hal tersebut adalah dengan implementasi metode hiwar. Metode tersebut dapat mendorong partisipasi siswa untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan pre-experimental. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian kuantitatif ini disajikan dalam bentuk angka dan teks untuk menjabarkan secara jelas bagaimana kegaiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI dalam pengimplementasian metode hiwar di SMK X Margasari. Kondisi sebelumnya partisipasi belajar tergolong kurang dengan nilai rata-rata yang berkisar 53%-54%. Hal ini dikarenakan pembelajaran berfokus pada penjelasan guru dan buku paket saja. Kurangnya meng-eksplore pengetahuan siswa membuat siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam mengemukakan pendapatnya ataupun bertanya. Kurangnya kegiatan diskusi pun mempengaruhi partisipasi beajar siswa. Oleh karena itu, dengan implementasi metode hiwar siswa mampu meningkatkan partisipasi belajar (partisipasi bertanya, menjawab pertanyaan, mengerjakan tugas, diskusi serta menyimpulkan materi) dengan range rata-rata berkisar 58,33% - 98,80% dan mendapatkan kategori baik serta sangat baik.
Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro di TPQ X Rengasdengklok Karawang Ali Mahfud; Sobar Al Ghazal
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1482

Abstract

Abstract. This study aims to determine the effectiveness of the iqro method in improving the ability to read the Qur'an at TPQ X Rengasdengklok Karawang. Data collection techniques in this study using observation, interviews, and documentation. Data analysis is done by compiling data, connecting data, reducing, presenting data, then concluded. The results of this study reveal 4 findings, namely: 1) Teacher planning in improving the ability to read the Qur'an with the iqro method and has not fully met the criteria, because in the planning there are still some things that have not been fully implemented. 2) The implementation of the teacher in improving the ability to read the Qur'an with the iqro method is in accordance with the existing concept or the implementation clearly follows the rules of the iqro method. 3) Teacher evaluation in improving the ability to read the Qur'an with the Iqro method in its implementation can be said to be still less effective. 4) As for the obstacle, it is constrained by time, place and lack of educators. The conclusion is that the use of the iqro method in improving the ability to read Al-Qur’an is less effective because of the lack of teachers and the absence of learning evaluation. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ X Rengasdengklok Karawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analasis data dilakukan dengan cara menyusun data, menghubungkan data, mereduksi, menyajikan data, kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan 4 temuan yaitu: 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro dan belum sepenuhnya memenuhi kriteria, karena dalam perencanaanya masih ada beberapa hal yang belum sepenuhnya terlaksana. 2) Pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode iqro sudah sesuai dengan konsep yang ada atau pelaksanaanya sudah jelas mengikuti aturan metode iqro. 3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro dalam pelaksanaannya dapat dikatakan masih kurang efektif. 4) adapun kendalanya yaitu terkendala oleh waktu, tempat dan juga kurangnya tenaga pendidik. Kesimpulannya yaitu penggunaan metode iqro dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an kurang efektif karena kurangnya guru dan tidak adanya evaluasi pembelajaran.
Penerapan Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa Muhammad Yusuf Maulana Reksa; Huriah Rachmah
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1484

Abstract

Abstract. X Islamic Boarding School is an Islamic boarding school that prioritizes yellow learning, using the bandongan method, besides that X Islamic Boarding School uses the sorogan method to improve the ability of students to read the yellow book. Therefore, the authors are interested in conducting research on "Application of the Sorogan Method in Improving Reading Ability of the Yellow Book of Santri Students of X Dago Islamic Boarding School Bandung". To achieve maximum results, it is necessary to have an effective yellow book learning, because the method is one of the most important factors in the success of a yellow book learning, without the right method of course it will make the goal of improving the ability to read the yellow book less than optimal. Therefore, the yellow book learning was chosen in the best way. The method used is the method of observation, documentation and interviews. Meanwhile, for data analysis, the author uses a qualitative approach Abstrak. Pondok Pesantren X merupakan Pesantren yang memprioritaskan pembelajaran kuning, dengan menggunakan metode bandongan, selain itu juga Pondok Pesantren X menggunakan metode sorogan guna meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning. Untuk mencapai hasil yang maksimal perlu adanya pembelajaran kitab kuning yang efektif, karena metode merupakan salah satu faktor terpenting dalam keberhasilan suatu pembelajaran kitab kuning, tanpa metode yang tepat tentu saja akan membuat tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu pembelajaran kitab kuning dipilih dengan cara yang terbaik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa metode sorogan merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan santri dalam hal membaca kitab kuning, karena metode sorogan didasari dengan tujuan pokok yaitu ketepatan dalam membaca yang tentunya harus sesuai dengan kaidah nahwu-shorof, kepemahaman isi dan mampu mengungkapkan isi bacaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode sorogan di pondok Pesantren X sangat membantu santri dalam meningkatkan kemampuannya membaca kitab kuning.
Analisis Kegiatan Mentoring dalam Pembinaan Karakter Religius Ola Nisa Iqtisodiyah Sa’adah; M. Imam Pamungkas
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1515

Abstract

Abstract. Departing from various attitudes or behaviors among teenagers which are quite apprehensive in terms of character such as attitudes against parents, reduced levels of honesty when taking exams, reduced ethics when talking to older people, and looking outside the norm. So there is a need for coaching in terms of character, one of which is a mentoring program including mentoring efforts to increase understanding in preparing the younger generation towards a more positive character. The purpose of this study is to examine the management of mentoring programs including planning, implementation and evaluation. This study uses a descriptive-qualitative method with data collection techniques in the form of interviews, documentation and observations which are then analyzed on the data by means of data reduction, data presentation and data conclusions. From this research, it is known that planning in mentoring activities includes planning competence or goals, material sourced from the Qur'an and hadith, media, methods, evaluation and time. The implementation of mentoring activities is carried out in a network using the lecture and discussion method with power point media. Evaluation in mentoring activities is to review the implementation and planning that has been done so as to produce data in order to fix obstacles so that later it can run well. Abstrak. Berangkat dari berbagai sikap atau perilaku di kalangan remaja yang cukup memprihatinkan dalam segi karakter seperti sikap menentang orang tua, berkurangnya tingkat kejujuran saat mengerjakan ujian, berkurangnya etika pada saat berbicara dengan orang yang lebih tua, dan berpenampilan diluar aturan norma. Maka perlu adanya pembinaan dalam hal karakter, salah satunya program mentoring termasuk pada upaya pendampingan untuk meningkatkan pemahaman dalam mempersiapkan generasi muda menuju karakter yang lebih positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengelolaan program mentoring diantaranya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi yang selanjutnya dilakukan analisis terhadap data dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Dari penelitian ini diketahui bahwa perencanaan dalam kegiatan mentoring diantaranya perencanaan kompetensi atau tujuan, materi yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadits, media, metode, evaluasi serta waktu. Pelaksanaan kegiatan mentoring dilakukan dalam jaringan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan media power point. Evaluasi dalam kegiatan mentoring untuk meninjau kembali pelaksanaan dan perencanaan yang telah dilakukan sehingga menghasilkan data guna memperbaiki kendala supaya selanjutnya dapat berjalan dengan baik.
Implikasi Pendidikan QS Al-Kahfi Ayat 70 tentang Etika Komunikasi Murid kepada Guru Ratna Juwita; Dinar Nur Inten
Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam Volume 2, No. 2, Desember 2022, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrpai.v2i2.1518

Abstract

Abstract. The purpose of this study is to collect the opinions of the mufassir about the interpretation of Qs. Al-Kahfi verse 70; Discovering the essence of Qs. Al-Kahfi verse 70; Collecting Opinions of educational experts on the ethics of student communion to teachers in studying; Formulate the educational implications of Qs. Al-Kahfi verse 70 on the ethics of student communion to teachers in studying. This research uses the type and approach of library studies (library research). Methods and techniques for collecting studies in the form of literature studies. Research activities are carried out by examining more deeply the various interpretations and books related to the core of this research problem. The essence of Qs. Al-Kahfi verse 70: 1) Obey and obey the rules and regulations when the position is in study. 2) Do not interrupt the conversation and listen to each explanation first. 3) Be patient and patient by not rushing to get answers from each explanation. 4) Do not ask or speak before being welcome. Implications Qs. Al-Kahfi verse 70: 1) Obey and respect all rules and regulations. 2) Communicate with good language and be polite when speaking. 3) Empathy as well as being a good listener when others speak. 4) Ask or talk if you are welcome. 5) Be afraid and patient when studying. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengumpulkan pendapat para mufassir tentang tafsiran Qs. Al-Kahfi ayat 70; Menemukan esensi dari Qs. Al-Kahfi ayat 70; Mengumpulkan Pendapat para ahli pendidikan tentang etika komuniasi murid kepada guru dalam menuntut ilmu; Merumuskan implikasi pendidikan dari Qs. Al-Kahfi ayat 70 terhadap etika komuniasi murid kepada guru dalam menuntut ilmu. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kajian kepustakaan (library research). Metode serta teknik pengumpulan kajian berupa study literatur. Kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji secara lebih dalam dari berbagai tafsir dan buku yang berhubungan dengan inti masalah penelitian ini. Esensi dari Qs. Al-Kahfi ayat 70: 1) Patuh dan taat terhadap peraturan dan ketentuan ketika posisi sedang dalam menuntut ilmu. 2) Tidak menyela pembicaraan dan mendengarkan setiap penjelasan terlebih dahulu. 3) Bersikap tawadhu serta sabar dengan tidak terburu-buru untuk mendapatkan jawaban dari setiap penjelasan. 4) Tidak bertanya atau berbicara sebelum dipersilahkan. Implikasi Qs. Al-Kahfi ayat 70: 1) Patuh dan hormat terhadap segala peraturan dan ketentuan. 2) Berkomunikasi dengan bahasa yang baik serta bersikap sopan saat berbicara. 3) Empati serta menjadi pendengar yang baik saat orang lain berbicara. 4) Bertanya atau berbicara jika sudah dipersilahkan. 5) Bersikap tawadhu dan sabar saat menuntut ilmu.

Page 1 of 1 | Total Record : 10