cover
Contact Name
Nurjaya
Contact Email
nurjaya58023@gmail.com
Phone
+62816616825
Journal Mail Official
jubis@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : 27989275     EISSN : 27989348     DOI : https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, Leadership, Service marketing, Technology Business
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2021): Desember" : 5 Documents clear
PENGARUH DEBT TO ASSET RATIO TERHADAP RETURN ON ASSET PADA PT. ASURANSI SINAR MAS, TBK PERIODE TAHUN 2011-2020 Irma M Nawangwulan; Nurjaya Nurjaya; Rahmat Taufiq Dwi Jatmika
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.874 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1934

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Asset Ratio terhadap Return On Asset pada PT. Asuransi Sinar Mas, Tbk Periode Tahun 2011-2020. Metode yang digunakan adalah explanatory research. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Debt to Asset Ratio diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,68%. Variabel Return On Asset diperoleh nilai rata-rata 1,075%. Debt to Asset Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Asset dengan nilai persamaan regresi Y = 17,889 - 0,190X, dan nilai koefisien korelasi -0,699 atau memiliki tingkat hubungan yang negatif kuat dengan nilai determinasi sebesar 48,8%. UjiĀ  hipotesis diperoleh signifikansi 0,025 < 0,05.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR MUKA CIANJUR Yuni Apriliani; Asep Saepul Alam; R Selfi Nendris Sulistiawan
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.687 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1935

Abstract

Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) adalah salah satu komoditas unggulan hortikultura di Indonesia yang merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, tomat banyak mengandung zat gizi yang baik dan kandungannya banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak, mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, beri-beri, radang saraf, dan untuk industri pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 2.039 > 1.985, nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.540 > 1.985, nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 20.577 > 3.94, nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun uji koefisien determinasi menunjukan 29,8% pengaruh dari variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 70,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
ANALISIS KEPUASAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT PROGRAM KELUARGA HARAPAN (KPM-PKH) TERHADAP PENYALURAN BANTUAN SOSIAL BERAS (BSB) OLEH PERUM BULOG KANTOR CABANG CIANJUR Maryanti Maryanti; Endah Lisa Rini; Hanisa Sismaya Lestari
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.833 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1936

Abstract

Bantuan sosial beras (BSB) merupakan program bantuan sosial yang diluncurkan Kementrian Sosial bersama Perum BULOG untuk menyalurkan bantuan berupa beras kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat-Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) di seluruh Indonesia, termasuk keluarga pertani yang terkena dampak Pandemi Covid-19 selama jangka waktu 3 bulan dimulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu beras, jumlah beras, dan ketepatan waktu terhadap kepuasan KPM-PKH baik secara simultan maupun secara parsial. Metode pengumpulan data primer yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner berskala ordinal. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh KPM-PKH penerima BSB di Kec. Cugenang Kab. Cianjur, dan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah mutu beras berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, jumlah beras berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, ketepatan waktu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH, dan mutu beras, jumlah beras, dengan ketepatan waktu secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan KPM-PKH.
EFEKTIFITAS METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMK PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN Intan Permatasari; Fauzan Zikri; Zuber Zuber
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.23 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1937

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mendapatkan perlakuan metode guided discovery learning (GDL) dalam pembelajaran kearsipan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen Non equivalent Control Group Design, dengan subyek penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X OTKP2 (kelas kontrol) dan X OTKP1 (Kelas Eksperimen). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes tertulis yang diberikan guru kepada siswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji t (paired-sample t-test) dan independent-sample t-test menggunakan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa, metode guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 67.1%. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode guided discovery learning lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengggunakan metode pembelajaran konvensional dengan teknik ceramah tanya jawab dan diskusi, hal ini karena pembelajaran dengan metode guided discovery learning lebih mengutamakan proses daripada hasil belajar. penggunaan metode guided discovery learning guru berusaha untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa menjadi lebih termotivasi dan mandiri untuk mencari alternatif pemecahan masalah, sehingga kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dapat meningkat. dari hasil tersebut disimpulkan bahwa masih ada faktor lain yang berpengaruh terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa dapat menilai kemampuanya masing-masing dalam belajar.
PENGARUH PENEMPATAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. MITRA SARANA SUKSES UTAMA DI JAKARTA Haerofiatna Haerofiatna; Nurjaya Nurjaya; Norman Yachya; Nur Ainiyah Dini Rizki
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 1, No 2 (2021): Desember
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.698 KB) | DOI: 10.35194/jubis.v1i2.1933

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Mitra Sarana Sukses Utama di Jakarta. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 56 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel penempatan kerja diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,375 dengan kriteria baik. Variabel kinerja karyawan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,827 dengan kriteria baik. Penempatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai persamaan regresi Y = 9,442 + 0,854X, dan nilai koefisien korelasi 0,730 atau memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan nilai determinasi 53,3%. UjiĀ  hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 5