cover
Contact Name
Nurjaya
Contact Email
nurjaya58023@gmail.com
Phone
+62816616825
Journal Mail Official
jubis@unsur.ac.id
Editorial Address
Jl. Pasirgede Raya, Bojongherang, Kec. Cianjur, Kab. Cianjur 43216
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis
ISSN : 27989275     EISSN : 27989348     DOI : https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1
Core Subject : Economy, Science,
jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, Leadership, Service marketing, Technology Business
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): JUBIS" : 5 Documents clear
PENGARUH DIGITAL MARKETING MARKETPLACE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA UNIVERSITAS SURYAKANCANA CIANJUR Rahmat Taufiq Dwi Jatmika
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 2 (2023): JUBIS
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i2.3805

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak digital marketing marketplace terhadap keputusan pembelian mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Melalui pendekatan kuantitatif, kuesioner disebarkan untuk mengumpulkan data dari mahasiswa universitas tersebut. Analisis regresi mengungkapkan bahwa variabel digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa. Hasil ini menunjukkan bahwa interaksi yang positif, peningkatan kesadaran, promosi yang efektif, dan kenyamanan berbelanja online dapat menjadi faktor kunci dalam memotivasi mahasiswa untuk melakukan pembelian. Implikasi praktis penelitian ini memberikan panduan bagi para praktisi pemasaran dalam meningkatkan strategi digital marketing mereka, memperkuat interaksi dengan konsumen, meningkatkan kesadaran merek, merancang promosi yang relevan, dan menciptakan pengalaman berbelanja online yang lebih nyaman.
ANALISIS TATA KELOLA ENTITAS MIKRO KECIL MENENGAH (EMKM) PADA UMKM UBI BAKAR CILEMBU SIMADU Segi Tabah Hermansyah; Dandi Bahtiar; Septi Sri Nurcahya
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 2 (2023): JUBIS
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i2.3927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan tata kelola dan manajemen dari UMKM Toko Ubi Cilembu Simadu. Adapun pendekatannya menggunakan teori Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM) pada laporan keuangan UMKM dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan fokus pada pencatatan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM di Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala utama yang dihadapi oleh UMKM Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu adalah kurangnya pemahaman dalam bidang akuntansi dan kekurangan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan akuntansi. Implementasi SAK EMKM oleh pelaku usaha UMKM ini di Desa Bungursari, Kecamatan Bugursari, Kabupaten Purwakarta belum sepenuhnya sesuai dengan pedoman yang tercantum dalam SAK EMKM. Berdasarkan data dan observasi peneliti, pelaku usaha hanya mencatat informasi yang dianggap sangat sensitif, seperti pemasukan, pendapatan, persediaan, dan pengeluaran. Sementara itu, aspek-aspek lain seperti beban operasional dan lainnya tidak terdokumentasikan.Kendala yang dihadapi oleh pemilik UMKM Toko Ubi Bakar Cilembu Simadu dalam menerapkan SAK EMKM melibatkan kurangnya pengetahuan, terutama karena pemilik hanya lulus dari sekolah menengah pertama dan tidak melanjutkan pendidikan formal lebih lanjut. Selain itu, kekurangan sumber daya manusia yang memahami SAK EMKM, baik dari pihak pemilik maupun karyawan, juga menjadi hambatan utama, karena mereka belum pernah menerima pendidikan terkait pencatatan laporan keuangan.
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN 555 CAFE AND RESTO Rosda Malia; permata putri; hanisa sismaya lestari
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 2 (2023): JUBIS
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i2.3623

Abstract

555 Cafe dan Resto merupakan salah satu cafe baru di Kabupaten Cianjur. Meski terbilang baru, 555 Cafe and Resto sudah memiliki cukup banyak pelanggan, berasal dari latar belakang yang beragam. Perbedaan latar belakang ini membuat konsumen memiliki beragam perilaku. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengkaji karakteristik konsumen 555 Cafe and Resto, 2) Mengkaji perilaku konsumen 555 Cafe and Resto. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang dengan menggunakan accidental sampling. Hasil penelitian mendapatkan bahwa mayoritas konsumen adalah perempuan yang berstatus sudah menikah. Adapun perilaku konsumen 555 Cafe and Resto adalah: a). Konsumen berkunjung karena lokasi yang strategis dan mendapatkan informasi 555 Cafe and Resto melalui Instagram b). Konsumen melakukan kunjungan 1 kali/minggu di hari kerja pada pukul 17.01 – 22.00 WIB bersama teman c). Kenyamanan tempat dan menikmati suasana yang ditawarkan merupakan keputusan pembelian konsumen ketika berkunjung ke cafe d). Chicken wings Korean spicy dan Creamy milk coffee menjadi menu yang paling disukai konsumen e). Potongan harga menjadi bentuk promosi yang menarik bagi konsumen.
IMPLEMENTASI COMMUNITY BASED SOCIAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN DISABILITY AWARENESS OLEH KOMUNITAS TUNE MAP #MAPMYDAY DI BANDUNG Gita Nofieka Dwijayati
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 2 (2023): JUBIS
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i2.3810

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini penyandang disabilitas mengalami keterbatasan akses akan pendidikan, lapangan pekerjaan, dan akses lainnya. Isu tersebut tidak hanya muncul di Indonesia, melainkan juga terjadi secara global. Tren global menunjukkan bahwa kelompok penyandang disabilitas mengalami eksklusi dalam pembangunan. Untuk mewujudukan lingkungan yang inklusif harus dilakukan oleh berbagai macam pihak, baik itu pemerintah, pihak swasta, maupun masyarakat luas karena disability awareness harus dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Salah satu pihak yang dapat berperan besar dalam meningkatkan kesadaran disabilitas adalah komunitas, salah satunya Tune Map #MAPMYDAY. Community Based Social Marketing (CBSM) adalah metode yang cukup efektif untuk mengubah perilaku komunitas karena melibatkan kontak langsung dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program CBSM Tune Map #MAPMYDAY dapat meningkatkan disability awareness. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi secara aktif dan wawancara. Data kemudian dianalisis menggunakan benchmark CBSM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam program meningkatkan “disability awareness”, Tune Map #MAPMYDAY telah cukup baik mengimplementasikan konsep CBSM dan berhasil mendapatkan respon positif dalam meningkatkan “disability awareness”. Pada perencanaannya, ada beberapa hal yang mungkin harus lebih dipertimbangkan terutama dalam mengidentifikasi hambatan yang mungkin terjadi baik itu hambatan secara internal dan hambatan secara eksternal. Pada pelaksanaannya, Tune Map belum mempertimbangkan adanya kelompok kontrol padahal kelompok kontrol ini membuat organisasi dapat membandingkan perubahan yang terjadi antara kelompok yang terintervensi dan yang tidak terintervensi oleh kelompok kontrol.
STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUKSI GULA AREN (ARENGA PINNATA MERR) KELOMPOK USAHA TANI CIGADOG DESA SUKAMULYA KECAMATAN NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR Adang Suryana; Taofik Sobandi; Ismi Ajeng; Siti Yiyis Rahmah
Jurnal Administrasi Bisnis (JUBIS) Vol 3, No 2 (2023): JUBIS
Publisher : Program Studi Administrasi Bisnis Internasional, FASTER, UNSUR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jubis.v3i2.3827

Abstract

Penelitian pengembangan gula aren yang dilakukan di Desa Sukamulya Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memperngaruhi pengembangan gula aren Kelompok Tani Cigadog Desa Sukamulya Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur (2) Untuk mengetahui strategi pengembangan gula aren kelompok usaha tani di Cigadog Desa Sukamulya Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi matriks IFE, matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT dan martriks QSPM. Berdasarkan analisis lingkungan internal gula aren Kelompok Tani Cigadog, Hasil yang diperoleh dari matriks IFE menunjukan total bobot skor rata-rata sebesar 3,279 dan matrik EFE sebesar 3,382. Hasil analisis matriks IE menggambarkan posisi gula aren Kelompok Tani Cigadog berada pada tahap tumbuh dan kembangkan. Setelah dilakukan dua tahap formulasi strategi, kemudian dilanjutkan dengan analisis Matrik QSPM.

Page 1 of 1 | Total Record : 5