cover
Contact Name
-
Contact Email
jcoscis@unilak.ac.id
Phone
+6282383351136
Journal Mail Official
jcoscis@unilak.ac.id
Editorial Address
Jl. Yos Sudarso No.KM. 8, Umban Sari, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau 28266
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
ISSN : -     EISSN : 27747581     DOI : https://doi.org/10.31849
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service merupakan Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning sebagai media publikasi jurnal pengabdian untuk menyalurkan pemahaman tentang aspekaspek ilmu komputer dan teknologi informasi dan komunikasi berupa hasil pengabdian dilapangan yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun dan satu kali terbit 11 (sebelas) artikel.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service" : 11 Documents clear
PENGGUNAAN SPINNER.ID UNTUK HINDARI PLAGIASI KARYA ILMIAH Lisnawita; Guntoro; Olivia Anggie Johar
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.8406

Abstract

Setiap tahun, kampus menghasilkan alumni yang secara ilmiah dipersiapkan untuk beroperasi di dunia nyata. Sebelum alumni lulus, mereka telah melalui proses yang begitu panjang, diman setiap mahasiswa telah menyelesaikan karya ilmiah terbaiknya. Tentu saja karya mahasiswa ini masih jauh dari ideal, dan perlu adanya perbaikan terutama dalam hal pendeteksian plagiarisme dalam karya ilmiah mahasiswa. Banyak mahasiswa yang masih tidak dapat menghindari plagiarisme dalam menulis karya ilmiah, sehingga perlu dikembangkan tips dan taktik agar mahasiswa dapat menurunkan tingkat plagiarisme seperti yang ditentukan oleh kurikulum saat ini. Metode yang digunakan yaitu dengan Ceramah dan Praktek dengan spinner.id dapat membantu dalam penyusunan karya ilmiah dengan menghindari plagiarisme. Pelatihan ini meningkatkan pengetahuan siswa sebesar 59 persen, dan siswa mampu mengutip dan memparafrasekan kalimat lebih efektif dari sebelumnya.
PKM PENERAPAN SISTEM INFORMASI INVENTARISASI ASET PADA SMK MIGAS INOVASI RIAU Taslim; Susi Handayani; Wirdah Choiriyah
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.10383

Abstract

Manajemen aset dan inventarisasi aset adalah sebuah proses teknis dan penting dalam sebuah perusahaan atau institusi. Sistem ini yang berperan sebagai penyumbang sasaran organisasi melalui pengelolaan data barang dengan tujuan untuk mencapai strategi bersaing. Manajemen aset dan inventarisasi aset perlu di kelola dengan baik agar data aset dapat dikontrol keberadaannya maupun keadaan dari barang itu sendiri. Pada kegiatan ini akan diadakan pelatihan sistem informasi data aset pada Sekolah Menengah Kejuruan Migas Inovasi Riau yang beralamat dijalan Garuda Sakti Pekanbaru Riau. PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT dimulai dari penyuluhan tentang manajemen aset dan inventarisasi aset, dilanjutkan dengan evaluasi awal pemahaman peserta terhadap manajemen aset. Tahap berikutnya diadakan pelatihan tentang pemamfaatan teknologi informasi manajemen aset dan inventarisasi aset, evaluasi dan diskusi hasil pelatihan dan terakhir evaluasi akhir dari proses pengabdian kepada masyarakat. Hasil dari pelatihan memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap fungsi dan kegunaan sistem manajemen aset dan inventarisasi data aset dan pentingnya pengelolaan aset di sebuah lembaga atau institusi. Sistem yang dibangun juga memberikan nilai positif dari segi efektifitas dan efisiensi pengelolaan inventarisasi aset diinstitusi, dapat meminimalisir terjadinya kesalahan data dan human error dan juga menjaga keamanan data aset yang terdapat pada SMK Migas Inovasi Riau.
PELATIHAN EKTRAKURIKULER SISWA DENGAN MULTIMEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE Loneli Costaner; Guntoro; Lisnawita
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.10761

Abstract

Kegiatan-kegiatan dalam dunia pendidikan ada secara formal dan juga non formal, kegiatakan non fomal misalkan dengan adanya kegaitan ektrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran Sekolah. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. Sekolah Smart Indonesia memiliki kegiatan ekrakurikuler berbasis saint teknologi yang dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat dan kreatifitas belajar. Adapun salah satu kendala pada mitra, dimana mitra belum memahami peran multimedia yang mengakibatkan kurang nya minat dalam belajar saint teknologi. Hal lain yang juga hadapai oleh mitra, dimana peserta didik belum mampu mengembangkan kegaitan ekrakurikuler berbasis saint teknologi yang mengikuti perkembangan dunia digital. Dengan demikian solusi yang dapat diambil guna mengakomodir kendala tersebut dengan memberikan pelatihan dengan tahapan dan prosedur pelatihan yang intraktif dan fasilitas yang memadai, kemudian memberikan pelatihan multimedia sparkol videoscribe guna menumbuhkan semangat dan kreatifitas peserta didik. Adapun metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas peserta didik yaitu dengan menyiapkan tempat pelatihan, sarana modul, komputer dan smartphone android, diawali dengan ceramah dan kemudian praktek kepada peserta. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa peningkatkan pemahaman dan kreatifias siswa dan siswi dalam dunia teknologi multimedia sparkol videoscribe, hal ini dapat dilihat pada saat seebelum pelatihan pemahaman peserta pelatihan dan setelah melaksanakan pelatihan pemahaman peserta akan dievaluasi. Harapannya dengan pelatihan ini peserta didik akan mendapatkan mengalaman baru dan pengembangan diri untuk melanjutkan pendidirkan yang akan datang
PELATIHAN DASAR JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SMK MIGAS INOVASI RIAU Dafwen Toresa; Pandu Pratama Putra; Bayu Febriadi; Susi Handayani
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.10891

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Migas Inovasi Riau beralamat di jalan garuda sakti km.3 Panam Pekanbaru adalah sekolah swasta yang berada dipinggir jalan utama ring road kota pekanbaru. Sekolah ini tergolong baru dan beroperasi 1 tahun ini. Pada kegiatan PKM ini peserta didik yang merupakan siswa kelas 1 jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Siswa ini semester depan akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Seluruh siswa ini berjumlah 43 orang yang terbagi dalam 2 kelas TKJ 1 dan TKJ 2. Diberikan pelatihan dasar jaringan 20% teori dan 80% praktek. Materi yang diberikan adalah komputer, pengaturan alamat komputer, media jaringan komputer dan praktek membuat jaringan client-server sederhana dengan membuat simulasi mini internet. Berdasarkan ketersediaan perangkat komputer dilokasi maka pelatihan diberikan 2 sesi dengan peserta setiap sesi dibagi dalam 7 kelompok dan masing masing kelompok beranggotakan 3 orang. Peserta antusias mengikuti pelatihan terutama bagian prakteknya membuat kabel jaringan UTP yang di pasang connector RJ 45, menyambungkan ke switch dan komputer mereka dan mengerjakan settingan pada komputer mereka agar terhubung dalam jaringan dan komputer web server (laptop instruktur). Hasil dari pelatihan ini terjadi peningkatan keterampilan siswa membuat kabel jaringan 83%, membuat jaringan komputer LAN kabel, membuat jaringan komputer klien-server dan membuat mini internet terjadi peningkatan 100%, sedangkan praktek pengkabelan meningkat 68%. Untuk pengetahuan teori terjadi peningkatan pengetahuan dasar jaringan komputer 23% dan teori dasar komputer 15%. Pada akhir kegiatan peserta diberi sertifikat pelatihan.
PKM PELATIHAN PEMBUATAN WEB BERBASIS FRAMEWORK CODEIGNITER UNTUK SISWA SMK Nurliana Nasution; Feldiansyah Bakri Nasution; Mhd Arief Hasan
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.11001

Abstract

Web merupakan kumpulan beberapa halaman yang saling terintegrasi guna menyampaikan informasi pada para pengakses url web yang tersedia secara perongan, komunitas/kelompok maupun organisasi. Web Developer merupakan programmer yang mengkhususkan dalam pengembangan aplikasi WEB (World Wide Web) terlibat secara penuh dalam pengembangan aplikasi web dengan membangun aplikasi berbasis Client-Server Model. Bahasa pemrograman yang dikuasai diantaranya HTML, CSS dan Java Script di sisi klien, PHP, ASP.NET (C #), Python, Go atau Java di sisi server, kemudian mengunakan protokol http untuk komunikasi antara client dan server. Framework merupakan sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mengembangkan website. Framework ini diciptakan untuk membantu web developer dalam menulis baris kode. Dengan menggunakan framework penulisan kode akan jauh lebih mudah, cepat, dan terstruktur rapi.. Jenis-Jenis Framework diantaranya Framework CSS (Bootstrap,Semantic UI, Materialize), Framework JavaScript (AngularJS,ReactJS), Framework PHP (CodeIgniter,Laravel,Symfony). Setelah diadakan diskusi dengan pihak SMK N 8 Pekanbaru mereka memerlukan sekali pembekalan untuk dasar-dasar pembuatan game. Dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat ini menjadi solusi untuk menjawab tantangan yang diberikan oleh pihak SMK N 8 Pekanbaru. Pengabdian ini akan memberikan pelatihan kepada beberapa siswa untuk bisa mahir dalam pembuatan web berbasis Framework Codeigniter. Adapun Masalah Prioritas diantaranya Peningkatan Skill Rekayasa Perangkat Lunak dalam Aplikasi Web berbasis Framework, Menciptakan siswa yang terampil dalam pembuatan aplikasi Web Framework Codeigniter, Pelatihan Dasar-Dasar teknis pembuatan Framework Workshop Pelatihan Pembuatan Web menggunakan Framework Codeigniter. 90 % Siswa Memahami tentang pembuatan Web. 90 % Peserta Mampu dalam membuat Web Berbasis Codeigniter Pertamanya dan berhasil di upload di Website sehingga dimainkan banyak orang.
PENDAMPINGAN PENERAPAN APLIKASI GAME TILAWATI BAGI ANAK TPA NURUL HUDA DUMAI Tri Yuliati; Ari Sellyana; Tri Handayani
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.11485

Abstract

TPA (Taman Pendidikan Al-Quran) sebagai tempat belajar mengaji untuk anak-anak mulai dari usia 5 tahun sampai usia dewasa. Pengenalan huruf hijaiyah adalah hal yang pertama sekali atau dasar untuk belajar Alquran. Berbagai metode dilakukan agar murid-murid bisa dengan mudah menghapal huruf hijaiyah dan cara bacanya. salahsatunya menggunakan tilawati sebagai media belajar siswa. Untuk saat ini metode yang diajarkan yaitu murid-murid maju kedepan satu persatu untuk dites cara membaca tilawati ataupun guru mengajarkan melalui tulisan dipapan tulis. Sesekali perlu dilakukan perubahan dalam menyampaikan materi agar murid-murid tidak bosan dan jenuh saat belajar. Oleh karena itu perlu diberikannya alternatif media untuk pembelajaran tilawati. Tujuan dari kegiatan ini untuk memperkenalkan serta melakukan pendampingan menggunakan game tilawati dimana bentuk kegiatan ini secara demonstrasi langsung kepada para murid serta didampingi guru ngaji. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan respon positif dan diterimanya dengan baik aplikasi game tilawati ini untuk alternatif media belajar murrid-murid di TPA Nurul Huda Dumai
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEPAT GUNA (KOOPERATIF DAN DEMONSTRATIF) DALAM MENGAJAR BAGI GURU SD TERPENCIL SDN 37 SUNGAI LIMAU Suparmi; Yuliawati Yunus; Silky Safira
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.11807

Abstract

SDN 37 Sungai Limau adalah salah satu Sekolah Dasar yang terletak didaerah terpencil. Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru disekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang terpusat pada guru. Model pembelajaran konvensional mengakibatkan proses pembelajaran menjadi monoton dan siswa merasa bosan saat belajar ditambah lagi sarana prasarana sekolah yang masih terbilang minim (kurang layak). masalah lainnya disekolah siswa/siswi berjumlah sedikit, seharusnya guru bisa lebih terfokus kepada siswa dan memvariasikan model pembelajaran yang lebih berinovasi, mengutamakan agar siswa lebih aktif, serta meningkatkan hasil belajar yang signifikan sehingga dapat bersaing dengan dengan sekolah dasar lainnya. Model pembelajaran adalah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial. Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan model pembelajaran tepat guna (kooperatif dan demonstratif) di SDN 37 Sungai Limau. Penerapan model pembelajaran kooperatif biasanya diikuti dengan suasana belajar yang menciptakan siswa lebih aktif. Begitu juga dengan model pembelajaran demonstratif yang menuntut guru untuk memberikan pengalaman yang nyata pada siswa/siswi didepan kelas sehingga siswa juga terlibat dalam pembelajaran secara aktif juga dan dapat berpikir kritis. Sebab tuntutan pembelajaran tersebut memang memberikan peluang kepada siswa untuk lebih aktif. Diharapkan dengan model pembelajaran tepat guna ini proses belajar mengajar didalam kelas bisa lebih meyenangkan
PENDAMPINGAN MANAJEMEN WEB E-COMMERCE BINAAN BPEK (BADAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKAYATAN) RIAU Roki Hardianto; Dodi Sukma R.A; Eddissyah Putra Pane
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.12027

Abstract

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan kepada UMKM mitra BPEK (Badan Pemberdayaan Ekonomi Kerakayatan) yang tersebar di Provinsi Riau khsususnya di Kota Pekanbaru. Kegiatan dilaksanakan secara langsung dan pendampingan penggunaan e-commerce yang disediakan oleh BPEK https://warunkrakyat.com/. Karena secara umum pelaku UMKM belum mampu membuat produk bersaing secara global karena secara brand masih belum sesuai dengan permintaan pasar, kemudian secara promosi masih berbasis lokal dari mulut ke mulut. Peserta yang diutus merupakan perwakilan dari masing-masing mitra dari UMKM mitra BPEK tentang manajemen UMKM secara konvensional kepada UMKM berbasis digital. Dalam hal ini diajarkan cara promosi produk UMKM berbasis sosial media, karena sosial media merupakan platfom yang paling banyak digunakan. Luaran dari kegiatan ini adalah UMKM mempunyai pengetahuan tata kelola bisnis dan promosi yang bagus berbasis digital dan mampu menaikkan omset dari UMKM sehingga memajukan perekonomian masyarakat dan mensejahterakan keluarga.
EDUKASI DAN REBRANDING PRODUK UMKM UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN PADA DESA RELIGI BESILAM SUMATERA UTARA Rezha Destiadi; Andi Supriadi Chan; Hubbul Wathan; Gabriel Ardi Hutagalung
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.12096

Abstract

UMKM Desa Besilam merupakan salah satu organisasi swadaya masyarakat yang menjadi pengerak dalam roda ekonomi masyarakat desa. UMKM Desa Besilam sudah memiliki pekerja lebih dari 10 orang baik dari kalangan masyarakat umum maupun para pelaku usaha. Saat ini UMKM Desa Besilam melakukan produksi di bidang usaha dodol khas Desa Besilam dan produk kerajinan tangan berupa peci khas Desa Besilam agar dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi roda ekonomi desa. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh kelompok ini seperti tidak adanya pengemasan produk yang baik dan memiliki nilai jual lebih. Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdi ini untuk menyelesaiakan permasalahan yang dihadapi oleh mitra dengan penerapan Iptek yang dibuat untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara pelatihan penggunaan website untuk media penjualan, serta pengemasan baru agar memiliki nilai ekonomi lebih. Iptek yang akan di implementasikan pada mitra adalah desain kemasan baru serta pelatihan penjualan. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pemberdayaan masyarakat dengan konsep berbasis masyarakat kelompok produktif (Community base Education) yang dilakukan dengan Langkah berupa pencarian permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Desa Besilam dan disepakati Bersama
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU SMK N 7 PEKANBARU Walhidayat; Yuhelmi Yuhelmi; Mariza Devega; Ahmad Zamsuri
J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service Vol. 3 No. 1 (2023): J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service
Publisher : Fakultas Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/jcoscis.v3i1.12150

Abstract

Penulisan Tindakan Kelas (PTK) bagi guru sekolah merupakan suatu tantangan yang ditujukan bagi kalangan pendidik yang ada di lingkungan sekolah, baik itu guru yang ada di bawah Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Agama. Tuntutan bagi guru untuk memenuhi salah satu kewajiban pemenuhan syarat kenaikan pangkat atau pun jabatan fungsional nya. Permasalahan yang ditemui adalah animo guru untuk melakukan penelitian dan pelaporan kegiatan tersebut cukup rendah (Shahbana et al., n.d.). Ipteks bagi Masyarakat yang di kelola oleh Tim Dosen Fasilkom Universitas Lancang Kuning ini ditaja dalam bentuk pelatihan tentang membangkitkan semangat untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas, kegiatan Pelaporan dan Publikasi di Jurnal bereputasi. Metode pelaksanaan kegiatan ditaja dalam bentuk pelatihan yang diberikan langsung pada Guru – Guru. Tim Dosen yang terlibat dalam kegiatan IbM ini memiliki kompetensi di bidang nya masing-masing diantaranya trek record dalam publikasi ilmiah internasional, pengelola jurnal bereputasi, dan peneliti dibidang sains. Kebermanfaatan kegiatan dapat dilihat dari animo peserta dan peningkatan pemahaman tentang tata penulisandan tata kelola publikasi laporan PTK kedalam bentuk manuskrip jurnal. Besar harapan Tim pelaksana kegiatan IbM ini memberikan manfaat pada kedua belah pihak (Guru maupun Tim Ibm) pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Pekanbaru dan ter khusus institusi Universitas Lancang Kuning sebagai bentuk pelaksanaan Tri-Dharma perguruan tinggi sebagai kewajiban yang harus dipenuhi.

Page 1 of 2 | Total Record : 11