cover
Contact Name
Wayan Suana
Contact Email
wsuane@gmail.com
Phone
+6281379770750
Journal Mail Official
jurnal@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Postgraduate School of Science Education, University of Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Progresif
Published by Universitas Lampung
ISSN : 20870949     EISSN : 25501313     DOI : http://dx.doi.org/10.23960/jpp
Disaster literacy and Risk Management Education Ethnopedagogy-based STEM Education Multicultural Education Integrating technology into the curriculum: Challenges & Strategies Collaborative & Interactive Learning Educational Literacy Learning Analysis Education Management System Tools for 21st Century learning Education Policy and Leadership Higher Order Thinking Pedagogy Enhancement with E-Learning Teacher Evaluation Curriculum, Research, and Development
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif" : 10 Documents clear
KOMPETENSI PELATIH EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET TINGKAT SMP DALAM KEJUARAAN INLABS 2013 Iman Sulaiman
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.708 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of extra-curricular competencies basketball coach at the junior level INLABS championship in 2013, seen from the 8 (eight) described competence. The research methods included descriptive method with observational data collection/survey. This survey technique using the questionnaire as a research instrument in collecting the data from extra-curricular competencies coach basketball coach in terms of the eight competencies. The results of this study indicate that competence extracurricular basketball coach at the championship INLABS 2013 there were thirteen (13) or 81.25% of the category of the good and the three (3) or 18.75% of people categorized enough.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket tingkat SMP pada kejuaraan INLABS 2013, dilihat dari 8 (delapan) kompetensi yang dijelaskan. Metode penelitian ini termasuk metode deskriptif dengan teknik pengambilan data observasi/survey. Teknik survey ini menggunakan metode penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dalam pengumpulan hasil data dari kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket ditinjau dari kedelapan kompetensi pelatih. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pelatih ekstrakurikuler bola basket pada kejuaraan INLABS 2013 terdapat 13 (tiga belas) atau 81,25% orang kategori yang baik dan 3 (tiga) atau 18,75% orang berkategori cukup.Kata kunci: basket, kompetensi, pelatih ekstrakurikuler
PENERAPAN MODEL INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI KELAS V Asmaulkhair Asmaulkhair
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.23 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran IPS, yang disebabkan oleh belum terlibatnya siswa secara aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran masih terpusat pada guru, karena masih adanya anggapan bahwa guru adalah satu- satunya sumber belajar di kelas. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pembelajaran interaktif yang menempatkan siswa pada posisi yang lebih aktif, kreatif dan mendorong pengembangan potensi dan kemampuan yang dimiliki serta menemukan makna dari apa yang dipelajari. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang dilaksanakan dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi menggunakan panduan observasi dan tes hasil belajar menggunakan soal- soal tes. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan pada setiap siklusnya .Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Interaktif sangat efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 12 Metro Pusat.This research is conducted based on the problem of the poor quality of social studies , which caused by the students had not been involved actively yet in learning . Learning is centered on the teacher, because there is still a perception that the teacher is the only source of learning in the classroom. In this study the researcher applied an interactive learning that puts students in the position of a more active, creative and encouraging the development of the potential and capabilities as well as to discover the meaning of what is learned. Method used in this study was descriptive method with classroom action research approach (Classroom Action Research), which is implemented in three cycles. Data was collected through observation using the observation guide and achievement test using questions test. The data is analyzed by using qualitative and quantitative data analysis to determine whether there is an increase in each cycle. The results showed that the implementation of interactive model is very effective in increasing the activity and the learning outcomes of the students in learning social studies in elementary school 12 Metro Centre.Kata kunci: ilmu pengetahuan sosial, model interaktif, pembelajaran.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IBADAH GHAIRU MAGHDAH DENGAN MENERAPKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING Loliyana Loliyana
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.955 KB)

Abstract

The purpose of this study is to analyze: (1) lesson plan design, (2) learning process , (3) evaluation system, and (4) the improvement of understanding the concept of ghairu maghdah worship by implementing experiential learning model . The method used is action research through 3 cycles. Cycle 1 begins with explanation and implementation of experiential learning model steps from the first step that is telling experience (experience) until the last step (apply). Cycle 2 with the same treatment as cycle 1 but the emphasis is on the third step of analyzing the experience (pross) until connecting the experience with the real situations (generalize). Cycle 3, the same treatment but the emphasis is on concluding the results of experience analysis through the application of a similar situation, but more clearly (apply). Data collecting technique was done by testing and observation. The data were analyzed by using quantitative deductive. The research concludes (1) The process of learning is done to improve the understanding of students in learning the concept of ghairu maghdah worship with experiential learning models. PGSD class in Cycle 1 (55 %), cycle 2 (75 %), and cycle 3 (87.5 %); BK class cycle 1 (57.5 %), cycle 2 (75 %), and cycle 3 (90 %). (2) Understanding the concept of ghairu maghdah worship on students: PGSD class with the average value in cycle 1 (65), cycle 2 (75), and cycle 3 (85), BK class with the average value in cycle 1 (67), cycle 2 (75), and cycle 3 (87).Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) desain perencanaan pembelajaran, (2) proses pembelajaran, (3) sistem evaluasi, dan (4) peningkatan pemahaman konsep ibadah ghairu maghdah dengan menerapkan model experiental learning. Metode yang digunakan adalah kaji tindak melalui 3 siklus. Siklus I, dimulai dari penjelasan dan penerapan langkah-langkah model experiental learning dari langkah pertama mengemukakan pengalaman (experience) sampai pada langkah terakhir (apply). Siklus II perlakuan sama dengan siklus I namun penekanannya pada langkah ketiga menganalisis pengalaman (pross) hingga menghubungkan pengalaman dengan situasi nyata (generalize). Siklus III, perlakuan sama namun penekanan pada penyimpulan hasil analisis pengalaman sampai pada penerapan situasi serupa namun lebih jelas lagi (apply). Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data dianalisis secara deduktif kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Proses pembelajaran dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran konsep ibadah ghairu maghdah dengan model experiental learning: Kelas PGSD sikus I (55%), siklus II (75%), dan siklus III (87,5%); Kelas BK siklus I (57,5%), siklus II (75%), dan siklus III (90%). (2) Pemahaman konsep ibadah ghairu maghdah pada mahasiswa: Kelas PGSD dengan nilai rata-rata, siklus I (65), siklus II (75), dan siklus III (85); Kelas BK dengan nilai rata-rata, siklus I (67), siklus II (75), dan siklus III (87).Kata kunci: ibadah ghairu maghdah, model experiental learning, proses dan pemahaman
STUDENT SPEAKING PERFORMANCE IN DIALOGUE BY USING REALIA: AN ANALYSIS OF MEANING NEGOTIATION Budi Kadaryanto; Dian Pratiwi
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.866 KB)

Abstract

The objectives of this research are to determine the types of negotiation of meaning, to investigatewhich components of negotiation of meaning, to find out the difficulties the students encounter, and to know the students speaking performance. The subject of the research was XI Social 4 class of SMAN 1 Kalianda consisting of 37 students. The researcher used classroom observation, recording, and interview. The treatment was conducted in one time by using realia.The result of the research showed that all types in negotiation of meaning were used by the students in their conversation. The highest frequency was CCR occuring 15 times and the lowest was CCC occuring 1 time. The difficulties faced by the students were pronunciation, fluency, comprehensibility, vocabulary, and grammar. The students speaking performances average score was at 60-69.Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan jenis negosiasi makna, menyelidiki komponen apa saja dalam negosiasi makna, menemukan kesulitan siswa hadapi saat berbicara, serta mengetahui kinerja siswa saat berbicara. Subyek penelitian ini adalah kelas XI Sosial 4 SMAN 1 Kalianda yang terdiri dari 37 siswa. Peneliti menggunakan observasi kelas, rekaman, dan wawancara. Pengamatan ini dilakukan hanya dalam satu waktu dengan menggunakan realia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua jenis dari negosiasi makna yang digunakan oleh siswa dalam percakapan mereka. Frekuensi tertinggi adalah CCR dalam 15 kali dan terendah adalah CCC dalam 1 kali. Kesulitan siswa dalam dialog adalah pengucapan, kelancaran, pemahaman, kosakata, dan tata bahasa. Nilai rata-rata berbicara siswa adalah pada 60-69.Keywords: dialogue, negotiation of meaning, realia, speaking performance
PEMBELAJARAN PAKET B DI PKBM BARITO KOTA BANJARMASIN Rochgiyanti Rochgiyanti
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.161 KB)

Abstract

Nonformal education in Paket A, B, and C is one of the civil right for the citizens to be easily accessible and it is held by PKBM. The research is aimed to know the characteristics of society and tutor's learning and learning process of Paket B held by PKBM Barito. This research used qualitative method because the role of learners in learning Paket B in PKBM Barito has not identified yet. The result shows that (1) the characteristics of learning community are varied whether in age, marital status, profession, education background, motive for learning Paket B, motivation, skill, the interestness to subject, expectation after graduation, and problems in their lives. Whereas the characteristics of tutors could be seen from the education level, professional competence, and pedagogic competence; (2) the learning process for Paket B has fulfilled minimal standar involving preparation, implementation, and evaluation but does not work maximally in learning for the mature learners. Based on those results, it is suggested (1) the tutor needs to implement the andragogy method so that the learning is more meaningful; (2) PKBM can make the learning community skill alive with life skill and entrepreneurship; (3) the implementation of education for equality level needs to get more attention from the institution.Pendidikan nonformal Paket A, B, dan C merupakan salah satu hak sipil bagi warga untuk dapat dengan mudah diakses dan ini diadakan oleh PKBM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik belajar masyarakat dan guru, dan proses belajar Paket B diadakan oleh PKBM Barito. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena peran pelaku dalam pembelajaran Paket B di PKBM Barito belum diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik komunitas belajar bervariasi baik dalam usia, status pernikahan, profesi, latar belakang pendidikan, motif belajar Paket B, motivasi, keterampilan, ketertarikan dengan subjek, harapan setelah lulus, dan masalah dalam kehidupan mereka. Sedangkan karakteristik tutor dapat dilihat dari tingkat pendidikan, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik, (2) proses pembelajaran untuk Paket B telah memenuhi standar minimal yang melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi tetapi tidak bekerja maksimal dalam pembelajaran untuk peserta didik yang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan agar (1) tutor perlu menerapkan metode andragogi sehingga pembelajaran lebih bermakna, (2) PKBM dapat menghidupkan keterampilan komunitas belajar dengan life skill dan kewirausahaan, (3) pelaksanaan pendidikan kesetaraan tingkat perlu mendapatkan perhatian lebih dari instansi.Kata kunci: paket b, pembelajaran, pkbm
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE Dedy Miswar; Nani Suwarni; Septiana Septiana
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.564 KB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, maka diperlukan metode atau model pembelajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Way Tenong. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 55,88% menjadi 82,35%.The low of students' learning outcome is strongly influenced by the method used by teachers in the teaching and learning process. Therefore, it is necessary to implement a method or appropriate learning model to improve students' learning outcomes. This study aims to determine the implementation of cooperative learning model take and give type to improve students' learning outcomes of class XI IPS2 SMA Negeri 1 Way Tenong. The method used in the study was a classroom action research conducted in 2 cycles. Based on the results of this study, it is concluded that by implementing cooperative learning model take and give type, students' learning outcomes has improved from 55.88% to 82.35%.Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, tipe take and give.
METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA KAKI BAGIAN DALAM Sabaruddin Yunis Bangun
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.091 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of guided discovery teaching methods can improve learning outcomes dribble through guided discovery method of SMP Perguruan Karya Bunda Medan Estate. This study used quantitative research methods (value student learning outcomes) that can be analyzed descriptively. In this case the researchers used a descriptive statistical analysis. For example, searching for the mean value, the percentage of successful learning. the result of this research is the application of guided discovery method can improve the process of learning to dribble with the feet on the inside of the football game of SMP Perguruan Karya Bunda Medan Estate 2012/2013. The first cycle, the observation of the initial capability of 30 students less than satisfactory, as evidenced by the results of the first tests of students not achieving mastery learning that 16 people (53.33%), achieving mastery learning only 14 people (46.67 %). cycle II runs better, there were 26 students (86.67 %) achieved a passing grade, while 4 students (13.33 %) have not reached mastery learning. when compared cycle i (62.25%) in cycle III increased to 70.25 % (completed).Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana metode mengajar penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola melalui metode penemuan terbimbing SMP Perguruan Karya Bunda Medan Estate. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya, mencari nilai rerata, presentase keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran menggiring bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa SMP Perguruan Karya Bunda Medan Estate T.A 2012/2013. Siklus I, hasil observasi kemampuan awal dari 30 siswa kurang memuaskan, terbukti dengan hasil tes pertama siswa belum mencapai ketuntasan belajar yaitu 16 orang (53,33%), mencapai ketuntasan belajar hanya 14 orang (46,67%). Siklus II berjalan lebih baik, terdapat 26 siswa (86,67%) mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Jika dibandingkan Siklus I (62,25%) pada Siklus II meningkat menjadi 70,25% (selesai).Kata kunci: hasil belajar, menggiring bola, metode penemuan terbimbing
PENGEMBANGAN MODEL DIKLAT PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS LEARNING BAGI GURU-GURU SDN DI PROVINSI LAMPUNG Dwi Yulianti
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.557 KB)

Abstract

The purpose of this study is to produce a model of scientific writing training based learning in accordance with the needs and characteristics of teachers of public primary schools in the Lampung province. Product development and training devices include 1) training models, and 2) training procedure of writing scientific papers based learning. Methods in the development used R D model which consists of 1) the early stages of the search and gathering information activities, and 2) the first stage of the search and information gathering activities, planning and development of early product format. The early stages of the study subjects were teachers at SDN in South Lampung regency, Pesawaran, Bandar Lampung and Central Lampung academic year 2012-2013. Early stage activities were carried out since November 2012 until May 2013. The subjects of the first phase are principals and teachers at SDN 12 districts in Lampung province. Data collection was conducted in June-September 2013. The total number of subjects' needs of the first phase is 72 teachers and 12 principals. The results of this study were 1) prototype or draft training model, and 2) training procedures.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik guru-guru sekolah dasar negeri di propinsi Lampung. Produk pengembangan perangkat diklat mencakup 1) model diklat, dan 2) prosedur diklat penulisan karya ilmiah berbasis learning. Metode dalam pengembangan ini menggunakan model R D yang terdiri dari antara lain 1) tahap awal dengan kegiatan penelusuran dan pengumpulan informasi, dan 2) tahap pertama dengan kegiatan penelusuran dan pengumpulan informasi, perencanaan dan pengembangan format produk awal. Subyek penelitian tahap awal adalah guru-guru SDN di kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Bandar Lampung dan Lampung Tengah tahun pembelajaran 2012-2013. Kegiatan tahap awal dilakukan sejak bulan Nopember 2012 sampai Mei 2013. Subyek penelitian tahap pertama adalah kepala sekolah dan guru SDN di 12 kabupaten yang ada di propinsi Lampung. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni-September 2013. Total subyek kebutuhan tahap pertama sejumlah 72 orang guru dan 12 orang kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah 1) prototype atau draf model diklat, dan 2) prosedur diklatKata kunci: diklat berbasis learning, model diklat, prosedur diklat
INSTRUMEN PENILAIAN SKRIPSI JURUSAN SEJARAH FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG Aisiah Aisiah
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (655.917 KB)

Abstract

This paper examines the development of script assessment instruments in history department. So far, the assessment instrument has not been valid as a measurement so that the development is needed to be done. The aim is to develop the components and indicators of scripts' assessment as a basis for a valid instrument and describe the characteristics and forms of the instrument. The development is done through R D. Subjects of the research were assessment instruments itself used by the rater (examiner) to assess the script. Rater consists of 10 persons. The research data is in the form of rater assessment scores at the time of the exam. Data analysis was performed by testing the validity and reliability of the instrument through expert judgment in the FGD and inter-rater reliability. R D results indicate that the instrument in the form of assessment format history script consists of four components and 20 indicators/assessment items. While the assessment format of history education script consists of six components and 19 indicators/assessment items. The characteristic of the resulting instrument has been qualified as a good instrument in the term of validity and reliability. The analysis showed that the level of inter-rater reliability was significant to be said to be reliable (the assessment instruments of history script r between 0, 9751 and 0.9949, while the assessment instruments of history education r between 0, 9947 and 0.9990).Tulisan ini mengkaji tentang pengembangan instrumen penilaian skripsi di jurusan sejarah. Selama ini instrumen penilaian belum teruji validitasnya sebagai alat ukur sehingga perlu dilakukan pengembangan. Tujuannya adalah untuk mengembangkan komponen dan indikator penilaian skripsi sebagai dasar untuk membuat instrumen yang valid serta menjelaskan karakteristik dan bentuk instrumen yang dihasilkan. Pengembangan dilakukan melalui prosedur RD. Subjek penelitian adalah instrumen penilaian itu sendiri yang digunakan oleh rater (dosen penguji) untuk menilai skripsi. Rater berjumlah 10 orang. Data penelitian berupa skor penilaian dari rater pada saat ujian skripsi. Analisis data dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas instrumen melalui expert judgement dalam FGD dan interrater reliability. Hasil RD menunjukkan bahwa instrumen berupa format penilaian skripsi sejarah terdiri dari empat komponen dan 20 indikator/butir penilaian. Sementara format penilaian skripsi pendidikan sejarah terdiri dari enam komponen dan 19 indikator/butir penilaian. Karakteristik instrumen yang dihasilkan telah memenuhi syarat sebagai instrumen yang baik dilihat dari segi validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisi menunjukkan bahwa tingkat reliabilitas antar rater cukup signifikan untuk dikatakan reliabel (pada instrumen penilaian skripsi sejarah r antara 0, 9751 dan 0,9949 sedangkan pada instrumen penilaian pendidikan sejarah r antara 0, 9947 dan 0,9990).Kata kunci: instrumen penilaian, jurusan sejarah, skripsi
IDENTIFIKASI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE CALON GURU FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI Abdurrahman Abdurrahman
Jurnal Pendidikan Progresif Vol 3, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Progresif
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.167 KB)

Abstract

This research aimed to identify a set of Pedagogical Content Knowledge (PCK) components which were developed through quantum physics instructions based on multiple representation approach. Participants involved in this research were 37 pre-service physics teachers who were enrolled in a quantum Physics course. During the course, pre-service physics teachers were trained to develop their PCK in every learning sequence indirectly. Data were collected via recordings of observation, quantum physics understanding survey, and indepth-interview related to learning strategies. The results revealed that the pre-service physics teachers’s PCK components have been identified and shaped their knowledge and beliefs of pre-servive physiscs students indirectly about how to prepare effective teaching and learning. Moreover, the instruction enhanced quantum Physics conceptual understanding significantly.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejumlah komponen Pedagogical Content Knowledge (PCK) yang dikembangkan dari implementasi pembelajaran fisika kuantum berbasis pendekatan multirepresentasi. Selama perkuliahan mahasiswa secara tidak langsung dilatih mengembangkan kemampuan PCK dalam tiap sekuen pembelajaran berbasis multirepresentasi. Mahasiswa calon guru fisika yang terlibat dalam penelitian ini 37 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, survei penguasaan konten fisika kuantum, dan wawancara mendalam terkait dengan strategi pembelajaran. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa telah teridentifikasi sejumlah komponen PCK yang secara tidak langsung membentuk pola pengetahuan dan kayakinan calon guru fisika tentang bagaimana mengembangkan pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu terjadi peningkatan penguasaan konten fisika kuantum mahasiswa secara signifikan.Kata kunci : calon guru fisika, multirepresentasi, pedagogical content knowledge.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2013 2013