cover
Contact Name
Dewi Muliyati
Contact Email
dmuliyati@unj.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
snf@unj.ac.id
Editorial Address
Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta GHA Lt.5 Jl Rawamangun Muka No.1
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
ISSN : 23021829     EISSN : 24769398     DOI : https://doi.org/10.21009/03
Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable Energy
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018" : 36 Documents clear
BUKU SUPLEMEN BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA Dhita Kusuma Dewi; I Made Astra; Dwi Susanti
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.203 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.01

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku suplemen berbasis android yang dapat menunjang pembelajaran fisika SMA pada materi gelombang elektromagnetik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Dick & Carey. Berdasarkan analisis kebutuhan pada 49 peserta didik kelas XI SMA di Jakarta diperoleh hasil bahwa 75.5% sumber belajar yang digunakan adalah buku pelajaran fisika tetapi 71.4% diantaranya merasa kesulitan untuk mempelajari fisika dari sumber belajarnya sehingga munculah buku suplemen berbasis android ini sebagai media belajar tambahan yang dapat digunakan peserta didik diluar kegiatan belajar mengajar (KBM). Buku suplemen ini berisi mengenai materi gelombang elektromagnetik yang disajikan dalam versi digital dan dilengkapi dengan video pendukung serta latihan soal. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase sebesar 95,8% oleh ahli materi dan 87% oleh ahli media dengan interpretasi sangat layak. Uji efektivitas menunjukkan hasil uji gain sebesar 0,517 dengan interpretasi sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji efektifitas maka dapat disimpulkan bahwa buku suplemen berbasis android pada materi gelombang elektromagnetik untuk peserta didik SMA ini dapat dikategorikan sebagai bahan ajar mandiri yang layak digunakan. Kata-kata kunci: buku suplemen, android, gelombang elektromagnetik Abstract This research aims to develop and produce products in the form of supplement book based on Android that can support high school physics learning on electromagnetic wave materials. A method that used in this research is Research and Development (R&D) refers to a model of Dick & Carey. Based on requirement analysis, it was found that 75.5% of learning resources which used is physics textbooks but 71.4% of them found it difficult to learn physics from their learning sources so this supplement book based on Android appeared as an additional learning media that can use learners outside of teaching and learning activities (KBM). This supplement book contains electromagnetic wave material presented in digital version and comes with supporting video and exercise questions. Based on the validation results obtained a percentage of 95.8% by material expert and 87% by media experts with a very feasible interpretation. Effectiveness test shows the result of the gain test of 0.517 with moderate interpretation. Based on the feasibility test and the effectiveness test, so it can be concluded that supplement book based on android of electromagnetic waves material for high school students can be categorized as self-sufficient teaching materials that are suitable for use. Keywords: supplement book, android, electromagnetic waves
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ALAT OPTIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING Eka Lestari Ardiyanti; Agus Setyo Budi; I Made Astra
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.312 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.02

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ensiklopedia alat optik berbasis problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Penelitian dilakukan di Laboratorium fisika FMIPA UNJ. Ensiklopedia yang dikembangkan ini dilengkapi dengan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi alat optik. Ensiklopedia telah divalidasi oleh ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran dengan instrumen validasi. Ensiklopedia alat optik terdiri dari 6 materi, yaitu (1) kacamata; (2) kamera; (3) Lup; (4) mikroskop; (5) periskop; dan (6) teleskop. Tahapan problem based learning dalam ensiklopedia ini terdiri dari problem orientation, organize student to learn, investigation, problem solution result, analysis and problem solution evaluation. Ensiklopedia ini dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Kata-kata kunci: Ensiklopedia, Alat Optik, Problem Based Learning, Sumber Belajar Abstract The aim of this study to develop optical instruments encyclopedia based on problem-based learning approach. The research method used is research and development (R & D) with the ADDIE models (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). The development of optical instruments encyclopedia is done in State University of Jakarta ’s physics laboratory. This encyclopedia has been validated by experts, that is content experts, media experts, and learning experts by providing a validation instrument. Optical instruments encyclopedia consist of 6 titles, that is (1) eyeglasses; (2) camera; (3) magnifying glass; (4) microscope; (5) periscope; and (6) telescope. It is structured by problem-based learning approach stage that is problem orientation, organize student to learn, investigation, problem solution result, analysis, and problem solution evaluation. Overall, this encyclopedia deserves to be used as a learning resource for students. Keywords: Encyclopedia, Optical Instrument, Problem Based Learning, Learning Resource
PENGEMBANGAN MEDIA POHON BERSUARA BERBASIS MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SDN DI TRENGGALEK Wahyuni Fajar Arum; Aditya Dewantari
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.653 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.03

Abstract

Abstrak Pada proses pembelajaran terdapat beberapa permasalahan terutama berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar siswa ketika di kelas. Ketidaktertarikan siswa terutama pada mata pelajaran Fisika yang penuh dengan hafalan dan angka menyebabkan siswa menjadi cepat bosan karena metode daan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pembelajaran yang sebelumnya digunakan di Sekolah Dasar Negeri Trenggalek, 2) menjelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran pohon bersuara menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science serta 3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Pengembangan model pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science. Validasi penggunaan media pembelajaran dilakukan di SDN 1 Ngembel Kelas V kemudian diimplementasikan ke SDN 2 Ngembel pada kelas V. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu 1) proses pembelajaran di SDN Ngembel 1dan 2 masih menggunakan metode ceramah, 2) media pembelajaran pohon bersuara yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis Children Learning in Science dilengkapi dengan metode eksperimen sehingga memudahkan siswa menyerap mata pelajaran Fisika, 3) prestasi belajar Fisika kelas V SDN 1 Ngembel dan SDN 2 Ngembel Trenggalek mengalami peningkatan rata-rata nilai 40%. Peningkatan nilai prestasi belajar dilihat dari nilai pretest dan post test. Kata-kata kunci: media pembelajaran, pohon bersuara, CLIS, Fisika. Abstract In the learning process, there are some problems mainly related to motivation and student learning outcomes. Students feel uninterested in Physics because its full of memorization and numbers it makes students get bored quickly due to uninteresting learning method. The purpose of this research is 1) to know the learning process previously used in Trenggalek State Elementary School, 2) to explain the procedure of developing voice-learning tree media using Children Learning in Science model, 3) to know the improvement if student’s learning achievement because of the use of media. The method used in this research is Research and Development (RnD). The development of a learning model is done by using Children Learning in Science. Validation about this use of media had been done in SDN 1 Ngembel Class V then implemented to SDN 2 Ngembel in class V. The result of research are 1) learning process at SDN Ngembel 1 and 2 still using lecturing method, 2) voice learning tree media is developed with Children Learning in Science equipped with experimental method, thus students are enabled to learn Physics material, 3) Physics learning achievement at class V SDN 1 Ngembel and SDN 2 Ngembel Trenggalek experienced an average increase of 40%. The increase in the value of learning achievement is from the results of pretest and posttest. Keywords: learning media, voice-learning tree, CLIS, Physics.
ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL KONVERSI SATUAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DENGAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS Regina Lichteria Panjaitan; Riana Irawati
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.417 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.04

Abstract

Abstrak Pengukuran adalah salah satu materi yang paling dasar pada pembelajaran Fisika. Dalam pengukuran terdapat materi konversi satuan yang biasanya dikaitkan dengan perhitungan yang melibatkan matematika sederhana dengan contoh soal dari kehidupan sehari-hari. Dalam makalah ini dijabarkan hasil dari penelitian deskriptif tentang analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan satu soal topik pengukuran yang berkaitan dengan konversi satuan. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini dikategorikan berdasarkan penggolongan kesalahan pada Newman’s Error Analysis (NEA), terutama pada bagian reading error, comprehension error, process skill error, dan encoding error. Analisis kesalahan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para tenaga pengajar materi pengukuran untuk memberikan perhatian lebih detail pada bagian-bagian kesalahan peserta didik yang mungkin selama ini sering terabaikan. Kata-kata kunci: analisis kesalahan, pengukuran, konversi satuan, Newman’s error analysis. Abstract Measurement is one of the primary topics in physics learning. In the topic of measurement, there is unit-conversion topic which usually involves pure mathematics with daily-life context problems. In this paper, the results of descriptive research about students’ error analysis in solving one problem about measurement related to the unit-conversion were elaborated. The errors found in this research were categorized based on Newman’s Error Analysis (NEA), especially for Reading Error, Comprehension Error, Process Skill Error, and Encoding Error. This error analysis was expected to act as input to the teachers who should teach about measurement so that they could be more aware of some details of students’ errors which all this time probably are often neglected. Keywords: error analysis, measurement, unit conversion, Newman’s error analysis.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI Henny Purnamasari; Siswoyo Siswoyo; Vina Serevina
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1080.867 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.05

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik elektronik (e-komik) yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mengantarkan informasi supaya tujuan pembelajaran mudah tercapai. E-komik materi dinamika rotasi merupakan suatu seni visual terdiri atas susunan gambar yang bercerita menyampaikan materi dinamika rotasi dan dirancang menggunakan teknologi modern sehingga bisa ditransfer ke berbagai media penyimpanan dan berekstensikan .apk. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap impelementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Hasil validasi dan uji coba menunjukkan rata-rata persentase oleh ahli materi 83.00%, oleh ahli media 78.11%, oleh ahli bahasa 82.22%, oleh guru fisika SMA 86.18%, dan dari peserta didik SMA kelas XI 83.96%. Hasil rata-rata uji gain sebesar 0.40 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik termasuk dalam interpretasi sedang. Sehingga, media e-komik materi dinamika rotasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata-kata kunci: pengembangan, e-komik, dinamika rotasi Abstract This study aims to build electronic comic learning media (e-comic) that is used to support the learning process. Learning Media is a tool used in learning to deliver information. E-comic material of rotational dynamics is a visual art consisting of a composition of images that tell a different material and is designed using modern technology. Can be accessed to various storage media and extends .apk. This research method uses the ADDIE model which includes five stages, namely analyze phase, design phase, development phase, implementation phase, and evaluation phase. Validation and trial results produced an average percentage of 83.00% by material experts, 78.11% by media experts, 82.22% by linguists, 86.18% by high school physics teachers, and 83.96% by high school students of class XI. The average profit result of 0.40 indicates that enhancement of learners' understanding is included in reasonable interpretation. Furthermore, the e-comic rotational dynamics is suitable for use as a learning medium. Keywords: development, e-comics, rotational dynamics
PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN FLUIDA DINAMIS GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA KELAS XI Livia Quita Sari; Cecep E. Rustana; Raihanati Raihanati
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.488 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.06

Abstract

Abstrak Telah dilakukan penelitian pengembangan yang menghasilkan sumber belajar mandiri berupa modul elektronik (e-module) menggunakan problem based learning pada pokok bahasan fluida dinamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan tahapan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Produk penelitian ini diuji lapangan di SMAN 72 Jakarta. Produk dibuat menggunakan software 3D Pageflip Professional 1.7.7 dan konten-kontennya menggunakan beberapa software, yaitu iSpring Suite 8, Wondershare Filmora, dan Microsoft Office. Hasil validasi dan tanggapan uji coba lapangan menunjukkan bahwa e-module yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri dengan skor rata-rata 86,67% menurut ahli materi fisika, 80,24% menurut ahli media pembelajaran, 84,90% menurut ahli pembelajaran, 81,16% menurut guru fisika SMA, dan 84,44% menurut peserta didik SMA kelas XI. Uji efektivitas produk menggunakan uji gain ternormalisasi didapatkan rata-rata skor sebesar 0,546 menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar kognitif dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan uji efektivitas produk, maka e-module menggunakan problem based learning pada pokok bahasan fluida dinamis yang dikembangkan layak dijadikan sebagai sumber belajar mandiri peserta didik SMA kelas XI dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata-kata kunci: E-module, Model 4D (four-D), PBL, fluida dinamis, hasil belajar kognitif. Abstract A research had been conducted which produced self-learning resources in the form of an electronic module (e-module) using problem-based learning on the subject of dynamic fluid. This research method used is development research method with 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). This research method used is development research method with 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). This research product was tested at SMAN 72 Jakarta. This product is made using 3D Pageflip Professional 1.7.7, and its content uses several software is iSpring Suite 8, Wondershare Filmora, and Microsoft Office. Validation results and field trial responses indicate that the e-module developed is suitable to be used as an independent learning source with an average score of 86,67% according to physics material experts, 80,24% according to instructional media experts, 84,90% according to learning experts, 81,16% according to the high school physics teacher, and 84,44% according to high school students class XI. Product effectiveness test using normalized gain test obtained an average score of 0.546 indicating an increase in cognitive learning outcomes with moderate criteria. Based on the results of the feasibility test and product effectiveness test, the e-module uses problem-based learning on the topic of dynamic fluid developed which is suitable to be used as a source of independent learning for students of class XI and can improve cognitive learning results of students. Keywords: E-module, 4D (four-D) model, PBL, Dynamic Fluid, Cognitive Learning Result.
E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY INQUIRY DI SMA KELAS XI Irene Tasya Angelia; Bambang Heru Iswanto; Dwi Susanti
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1373.078 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.07

Abstract

Abstrak Untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas khususnya pada pelajaran fisika yang membutuhkan pemahaman untuk berfikir secara ilmiah mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di alam maka dibutuhkan media belajar pendukung. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media belajar pendukung yaitu pembelajaran elektronik (e-learning). Pada pengembangan e-learning ini digunakan software eXe-Learning (E-Learning XHTML Editor). Penelitian ini difokuskan pada pengembangan e-learning berbasis eXe-learning untuk pembelajaran Suhu dan Kalor dengan model pembelajaran Discovery Inquiry. E-Learning yang dikembangkan terdiri dari beberapa komponen yaitu menu homepage, petunjuk penggunaan, materi Suhu dan Kalor (terdiri dari teks materi, gambar, video, animasi, contoh soal, latihan soal, dan uji kompetensi), chatroom, dan menu logout. Dalam penyajiannya, e-learning materi Suhu dan Kalor ini didesain sesuai dengan tahapan model pembelajaran Discovery Inquiry yang terdiri beberapa tahapan, yaitu Stimulasi, Perumusan Masalah, Pengumpulan Data, Analisis Data, Verifikasi, dan Generalisasi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat aktif dalam mengakses e-learning berbasis eXe-Learning dengan tetap sistematis. Hasil uji kelayakan materi pada media yang dikembangkan menunjukan beberapa kelebihan, antara lain dapat digunakan sebagai media belajar pendukung dalam membangun pengetahuan konsep, sebagai media belajar mandiri yang dapat diakses secara online, dan evaluasi diri terhadap penguasaan materi fisika Suhu dan Kalor. Kata-kata kunci: E-Learning berbasis eXe-Learning, Suhu dan Kalor, Discovery Inquiry. Abstract To create a quality learning on physics that requires an understanding to think scientifically about the phenomenon in nature is needed supporting media. One of the tools that can be developed as supporting learning media is electronic learning (e-learning). This e-learning uses software eXe-learning (e-learning XHTML Editor). This research is focused on e-learning development based on eXe-learning for temperature and heat learning with Discovery Inquiry learning model. The developed e-learning consists of several components: homepage menu, user guide, temperature and heat material (consisting of material text, image, video, animation, questions sample, practice, and competency test), chatroom, and logout menu. In the presentation of temperature and heat material is designed in accordance with the phase of discovery inquiry learning model consisting of several stages, stimulation, problem formulation, data collection, data analysis, verification, and generalization. It aims to enable students to be active in accessing e-learning based on eXe-learning systematically. The results of the material feasibility test on the developed media show several advantages, can be used as a supporting learning media in building conceptual knowledge, as an independent learning media that can be accessed online, and evaluation of mastery of temperature and heat materials. Keywords : e-learning based eXe-learning, temperature and heat, discovery inquiry
E-LEARNING BERBASIS EXE-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN OPTIKA GEOMETRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI SMA KELAS XI Eulis Arumsari; Bambang Heru Iswanto; Dwi Susanti
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.211 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.08

Abstract

Abstrak Untuk menciptakan pembelajaan fisika yang efektif dan efisien khususnya pada pembelajaran optika geometri di SMA maka dibutuhkan suatu media belajar pendukung bagi siswa. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media belajar pendukung yaitu pembelajaran elektronik (E-Learning). Software yang digunakan dalam pengembangan e-learning ini yaitu software pembelajaran eXe-Learning (E-learning XHTML Editor). Penelitian ini difokuskan pada pengembangan e-learning berbasis eXe-learning untuk pembelajaran optika geometri dengan model pembelajaran learning cycle. E-learning yang dikembangkan menggunakan software eXe-learning dengan beberapa komponen yang terdiri dari homepage, petunjuk penggunakan e-learning berbasis eXe-learning, materi Optika Geometri (terdiri dari teks materi, gambar, animasi pendukung, video pembelajaran, contoh soal, latihan soal serta uji kompetensi) , chat room, dan menu logout. Dalam penyajian materi e-learning optika geometri di desain sesuai dengan tahapan model learning cycle yang terdiri dari engage, eksplorasi, eksplanation, elaborasi, dan evaluasi hal ini bertujuan agar siswa dalam mengakses media belajar ini secara mandiri tetap terstruktur dan sistematis. Hasil uji kelayakan materi pada media yang dikembangkan menunjukan beberapa kelebihan diantaranya yaitu dapat digunakan sebagai media pendukung dalam membangun pengetahuan konsep fisika pada materi optika geometri, sebagai media belajar mandiri yang dapat diakses secara online, dan evaluasi diri terhadap penguasaan materi fisika optika geometri. Kata-kata kunci: E-learning berbasis eXe-learning, Optika Geometri, Learning Cycle. Abstract To create an effective and efficient physics learning especially in optical geometry for junior high school is needed supporting learning media for students. One of the tools that can be developed as supporting media is electronic learning (e-learning). Software used in the e-learning is eXe-learning software (e-learning XHTML Editor). This research is focused on e-learning development based on eXe-learning for optical geometry with the learning cycle model. Developed learning uses e-learning software with several components consisting of homepage, e-learning based eXe-learning instruction, optical geometry material (consisting of material texts, images, supporting animations, learning videos, sample questions, competency tests), chatrooms, and logout menu. In the presentation of e-learning materials of optical geometry is designed in accordance with the stages of the learning cycle model consisting of engaging, exploration, explanation, elaboration, and evaluation. This aims to enable students to access these learning media independently to be structured and systematic. The result of the material feasibility test on learning media shows several advantages, can be used as supporting media in building the knowledge of physics concept on optical geometry material, as the learning media which can be accessed online, and self-evaluation of the mastery of optical geometry material. Keywords: e-learning based eXe-learning, optical geometry, learning cycle.
HANDOUT BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Cantika Dewi Mayangsari; Bambang Heru Iswanto; Dwi Susanti
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.952 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.09

Abstract

Abstrak Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) membutuhkan perangkat pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya pada pembelajaran usaha dan energi di SMA. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran dan banyak digunakan yaitu smartphone berbasis Android. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan handout berbasis Android sebagai bahan ajar usaha dan energi di SMA untuk mendukung pembelajaran berbasis masalah. Aplikasi Android dikembangkan dengan fitur-fitur utama yang meliputi navigasi penyajian dinamik, media pendukung seperti konten materi, video pembelajaran dan peta konsep, serta perangkat penilaian pembelajaran interaktif. Handout berbasis Android dikembangkan sesuai model pembelajaran berbasis masalah untuk melatih siswa belajar aktif secara mandiri menemukan sesuatu, memecahkan masalah, dan mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan antara lain sebagai media alternatif dalam penguatan pemahaman konsep, pembelajaran fisika secara mandiri, evaluasi diri terhadap penguasaan fisika, dan memfasilitasi pembelajaran aktif di luar kelas. Kata-kata kunci: handout berbasis Android, usaha dan energi, problem based learning. Abstract Problem-based learning model requires effective and efficient learning tools especially on work and energy learning in high school. One of the devices that can be developed as a learning media and widely used is the Android-based smartphone. This research is focused on the development of Android-based handouts as a teaching material of work and energy in high school to support problem-based learning. The Android app is developed with key features that include dynamic presentation navigation, supporting media such as material content, learning videos and concept maps, as well as interactive learning assessment tools. Android-based handouts are developed according to a problem-based learning model to train students to learn actively to find something, solve problems, and develop the knowledge they have. Based on the results of feasibility tests that have been done, showing the media developed feasible to be used, among others, as an alternative media in strengthening conceptual understanding, physics learning independently, self-evaluation of physical mastery, and facilitate active learning outside the classroom. Keywords: Android-based handouts, work and energy, problem-based learning.
PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN "DARI EVOLUSI BINTANG HINGGA GELOMBANG GRAVITASI" UNTUK SISWA SMA Riky Tri Hartagung; Sunaryo Sunaryo; Riser Fahdiran
PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) Vol 7 (2018): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Fisika Universitas Negeri Jakarta, LPPM Universitas Negeri Jakarta, HFI Jakarta, HFI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.279 KB) | DOI: 10.21009/03.SNF2018.01.PE.10

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan pengetahuan mengenai gelombang dan gravitasi Einstein yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Kelayakan pengembangan buku pengayaan pengetahuan diukur berdasarkan indikator yang telah ditetapkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). Buku yang dikembangkan ditulis dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang memperjelas isi materi. Instrumen validasi buku yang dikembangkan terdiri dari tiga aspek yaitu materi, media, dan pembelajaran. Hasil validasi mendapatkan skor rerata sebesar 84,8% dengan rincian 97% pada komponen materi, 80,8% pada komponen media, dan 76,67% pada komponen pembelajaran. Kata-kata kunci: buku pengayaan pengetahuan, gelombang gravitasi, evolusi bintang Abstract This research aims to develop a knowledge-enrichment book about the wave and Einstein’s gravity that worthy used as physics teaching material for Senior High School. The research method used Research and Development (RnD) and referred to ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development model. The worthiness of developing a knowledge-enrichment book is referring to the guidelines that published by Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk). The knowledge-enrichment book is written in the communicative language, equipped, and pictures that clarify the contents. The developed book validation instrument consists of three aspects such as material, media, and learning. The result of validation book acquired average score about 84,8% with 97% of material aspect, 80,8% of media aspect, and 76,67% of learning aspect. Keywords: knowledge-enrichment book, gravitational wave, stellar evolution

Page 1 of 4 | Total Record : 36