cover
Contact Name
Tommy
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285695565558
Journal Mail Official
tommy@admi.or.id
Editorial Address
Perumahan Bumi Dirgantara Permai Blok CL NO 5, Jl. Durian, Jati Asih, Bekasi, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
ISSN : 28290488     EISSN : 28290518     DOI : https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2
Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah multidisiplin sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan Informatika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin" : 20 Documents clear
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @msglowbeautykuningan SEBAGAI MEDIA IKLAN INFORMATIF Silvia Fitriani; Tine Silvana; Saleha Rodiah
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.606

Abstract

Iklan Informatif megang peranan penting dalam kehidupan manusia. Umumnya orang membeli atau menggunakan produk karena tertarik dengan iklan yang diterbitkan oleh perusahaan, oleh karena itu perusahaan belomba-lomba untuk menghasilkan iklan yang menarik dan kreatif agar konsumen tertarik untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan. Pada penelitian ini bertujuan  untuk  meneliti  lebih  mendalam mengenai Pemanfaatan Media Sosial Akun Instagram Sebagai Iklan Informatif. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Menggunakan wawancara mendalam untuk memahami secara pribadi apa yang dibutuhkan oleh penulis mulai mengumpulkan informasi secara langsung untuk melengkapi data, mengevalusi hasil pengumpulan data. Hal ini dari hasil wawancara, peneliti diberikan data oleh informan untuk membantu menjelaskan hasil kasus yang peneliti lakukan. Hal ini peneliti menguji validasi data menggunakan triangulasi. Dengan ini uji keabsahan data pada penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan akun media sosial yaitu Instagram yang sangat bagus dalam memanfaatkan media sosial khususnya instagram sebagai media iklan namun dengan mengedukasi kepada penggunanya. Kesimpulan penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemanfaatan akun media sosial sebagai iklan informatif konten yang disediakan untuk mendorong keinginan dari pengguna maupun kosumen untuk memahami, dan membaca informasi terlebih dahulu
PENERAPAN KRIPTOGRAFI CAESAR CHIPER DALAM PENGAMANAN DATA Maulid Hidayat; Muhlis Tahir; Achmad Sukriyadi; Amir Sulton; Cindi Ajeng S. A; Sofyan Abduh F
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.619

Abstract

Informasi tidak lagi disimpan jika informasi tersebut dicuri dan disalahgunakan oleh kelompok yang tidak terpengaruh. Itu sebabnya kami membutuhkan keamanan informasi yang dapat melindungi data dari grup yang tidak terikat. Algoritma caesar cipher merupakan metode enkripsi yang sangat sederhana dan sangat populer. Dimana di dalamnya terdapat sebuah kode dan kode ini terdiri dari semua huruf dari teks asli (plaintext), yang kemudian diganti dengan kode lainnya dan kemudian diubah dengan huruf lain dengan perbedaan posisi tertentu dalam alfabet. Enkripsi caesar ini dapat melindungi dan memulihkan data tanpa mengubah bentuk aslinya (plaintext).
ANALISIS SPASIAL DAYA DUKUNG LAHAN PERMUKIMAN DI KOTA TERNATE Philia Christi Latue; Heinrich Rakuasa
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.601

Abstract

Pertumbuhan penduduk mengarah pada ketersediaan lahan permukiman. Tekanan populasi ini menyebabkan ketidakseimbangan dengan kemampuan lahan permukiman di Kota Ternate. Penelitian ini bertujuan untuk analisis spasial daya dukung lahan permukiman di Kota Ternate. Formula dalam menyusun daya dukung lahan permukiman diperlukan besaran luas lahan permukiman yang layak untuk bermukim dan standar luas kebutuhan lahan tiap penduduk. Standar luas kebutuhan penduduk per kapita menurut Standar Nasional Indonesia Nomor 03-1733-2004 tentang tata cara perencanaan lingkungan perumahan, standar luas kebutuhan ruang/kapita (m²/kapita) yaitu 26 m². Hasil penelitian ini menunjukan bahwa daya dukung lahan permukiman Kota Ternate di tahun 2023 sebesar 3.16 m²/kapita yang mengambarkan daya dukung lahan permukiman di Kota Ternate masih sangat tinggi dan masih mampu menampung penduduk untuk bermukim membangun rumah disana, maka dapat diartikan bahwa Kota Ternate memiliki kapasitas lahan permukiman yang masih relatif tinggi dibandingkan dengan jumlah penduduknya, sehingga masih terdapat ruang untuk pengembangan permukiman yang dapat diakomodasi oleh daya dukung lahan yang ada. Dengan adanya analisis spasial daya dukung lahan permukiman, diharapkan pembangunan kota Ternate dapat dilakukan secara berkelanjutan dan terencana dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat Kota Ternate.
Pelestarian Warisan Budaya Takbenda di Kampung Pulo Kabupaten Garut Annisa Ainul Umami; Ute Lies Siti Khadijah; Elnovani Lusiana
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.614

Abstract

Kampung Pulo adalah salah satu daerah di Kabupaten Garut yang memiliki berbagai warisan budaya takbenda yang beragam. Warisan budaya takbenda yang ada di Kampung Pulo merupakan peninggalan dari salah satu tokoh penyebar agama islam di Kabupaten Garut yaitu Arif Muhammad atau biasa dikenal dengan nama “Embah Dalem”. Hingga kini, Kampung Pulo hanya boleh ditempati oleh keturunan asli dari Embah Dalem Arif Muhammad. Masyarakat Kampung Pulo dikenal dengan masyarakat yang kental akan adat dan tradisi. Mereka memiliki keyakinan bahwa warisan budaya takbenda merupakan amanat serta petunjuk hidup dari para leluhur yang harus dijalani sepenuh hati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai warisan budaya takbenda yang ada di Kampung Pulo serta upaya untuk melestarikan warisan budaya takbenda tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Objek penelitian ini adalah pelestarian warisan budaya takbenda di Kampung Pulo Kabupaten Garut. Data bersumber dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya terdapat 7 warisan budaya takbenda yang masih dilestarikan di Kampung Pulo, yaitu tradisi “Mapag Bulan Mulud”, “Ngariung Mulud”, “Ngibakan Banda Pusaka”, “Tahlilan”, “Mitembeyan”, “Niiskeun Pare”, dan beberapa pantangan yang sudah ada sejak masa Embah Dalem Arif Muhammad. Upaya pelestarian dilakukan dengan cara enkulturasi, sosialisasi, melakukan pertemuan rutin, melaksanakan tradisi, dan adanya keterbukaan terhadap masyarakat umum yang ingin turut melaksanakan tradisi.
STRATEGI PENGADAAN KOLEKSI BAHASA SUNDA DENGAN TEKNIK ALIH BAHASA DI APLIKASI BACAAN DIGITAL LET’S READ Fadhilah Luthfi Afifatunnisa; Agus Rusmana; Yunus Winoto
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.630

Abstract

Let’s-Read merupakan aplikasi bacaan digital yang memberikan fasilitas pembelajaran bahasa dan lintas budaya dari koleksi multibahasa yang diadakannya. Lebih daripada itu, koleksi bacaan digital Let’s-Read juga dikembangkan untuk dapat dimanfaatkan oleh penggunanya dari kalangan anak-anak dan orangtua dalam meningkatkan daya literasi dan minat membaca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pengadaan koleksi digital di aplikasi Let’s-Read. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tahap observasi,wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil temuan yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa Teknik alih bahasa dapat efektif dalam membantu memperkaya koleksi di perpustakaan digital Let’s Read. Aspek yang mempengaruhi teknik alih bahasa dalam memperkaya koleksi di perpustakaan yaitu akses ke lebih banyak konten, pengayaan kultural, penyebaran pengetahuan, pertukaran ide. Sehingga dari proses alih bahasa akan tercipta koleksi multibahasa yang dapat mempengaruhi minat membaca pada anak-anak yang terlihat dari terciptanya hasil luaran terhadap ekspansi keterampilan bahasa, peningkatan minat budaya, keterlibatan emosional, meningkatkan kesadaran lintas budaya.
PENGARUH PEMAHAMAN ETIKA PROFESIONAL DAN LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER MAHASISWA DIII PERHOTELAN POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL Wiyanti Wiyanti; Tantri Adithia Sabrina
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Target yang diharapkan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik terhadap pembentukan karakter mahasiswa D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama Tegal. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman etika profesional dan lingkungan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter mahasiswa dengan besaran pengaruh sebesar 73 %.
ANALISIS FAKTOR PEMBENTUK LOYALITAS PADA PRODUK SKINCARE Julius Nursyamsi; Edi Sukirman; Haryono Haryono
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.615

Abstract

Berkembangnya pasar kosmetik di Indonesia sangat pesat ini meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kaum wanita menjadikan skincare sebagai kebutuhan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Banyaknya persaingan dan produk kosmetik bervariatif, saat ini terdapat beberapa merek lokal baru muncul namun cukup laris dipasaran dan mampu untuk bersaing dengan kompotitor lainnya, salah satunya adalah merek MSGLOW. Artikel ini bertujuan menganalisis faktor – faktor pembentuk loyalitas pada produk Skincare MSGLOW dengan pendekatan survai pada pelangan. Adapun kajian faktor pembentuk adalah Harga, Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk. Kajian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data primer. Metode pengambilan sampel adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik survai dengan instrument kuesioner dan berdasarkan pengujian validitas dan reliabilitas mengahasilkan data valid terkumpul sebanyak 200 responden. Sampel diambil dari populasi konsumen pernah melakukan pembelian produk skincare MSGLOW dan populasi masyarakat bertempat tinggal di daerah JABODETABEK. Analisis ini menggunakan alat bantu pengujian yaitu SPSS versi 25. Metode analisis data digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas), uji analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (r2), uji f dan uji t. Hasil menunjukkan bahwa variabel Harga, Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial maupun secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Skincare MSGLOW. Faktor pembentuk tingkat loyalitas terhadap produk skincare (MSGLOW) di wilayah JABODETABEK dipengaruhi oleh faktor Promosi, Harga, Citra Merek dan Kualitas Produk, secara umum setiap faktor tersebut memberikan nilai pembentuk terhadap loyalitas dengan nilai relative sama, tidak ada yang mendominasi.
PENGARUH PRODUK DOMESTIK BRUTO, SUKU BUNGA SBI, INFLASI, JUMLAH UANG BEREDAR, NILAI HARGA MINYAK MENTAH DAN NILAI KURS RUPIAH TERHADAP JUMLAH KREDIT PADA BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk. PERIODE TAHUN 2012 – 2016 Selly Dwi Putrijayanti; Euphrasia Susy Suhendra
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.704

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh produk domestik bruto, suku bunga SBI, inflasi, jumlah uang beredar, nilai kurs rupiah dan nilai harga minyak mentah terhadap jumlah kredit pada Bank Rakyat Indonesia (persero) tbk. periode tahun 2012 – 2016. Objek penelitian adalah Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dari tahun 2012 – 2016.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial PDB dan nilai harga minyak mentah berpengaruh yang signifikan terhadap jumlah kredit BRI. Dibutuhkan koordinasi antara BI dan perbankan dalam penurunan suku bunga bank dan menghindari segala bentuk kebijakan yang bersifat kontradiktif. Kebijakan fiskal perlu dikomplemen dengan minimisasi risiko dunia usaha sehingga dapat meningkatkan permintaan terhadap kredit. Namun secara simultan variabel PDB, suku bunga SBI, inflasi, jumlah uang beredar, nilai kurs rupiah dan nilai harga minyak mentah memengaruhi jumlah kredit BRI. Kenyataan ini didukung oleh fakta empiris dimana variabel tersebut dinilai kondusif yang ditunjukkan oleh tingkat inflasi yang relatif rendah, suku bunga SBI mengalami penurunan, terjadi nilai kurs rupiah mengalami pergerakan depresiasi cukup lemah dan jumlah uang beredar/ M2 secara terkendali di masyarakat.
PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA PERIMBANGAN TERHADAP BELANJA DAERAH PADA KABUPATEN DAN KOTA DI PROVINSI RIAU TAHUN 2018-2022 Widya Rahmawatia; Masril Masril; Arfah Piliang
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.707

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan berpengaruh terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau tahun 2018-2022. Variabel penelitian yang digunakan terdiri dari variabel bebas yaitu Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan dan variabel terikat yaitu Belanja Daerah. Metode analisis yang digunakan adalah Uji regresi berganda, Uji hipotesis yaitu uji-t dan uji-F serta Uji Koefesien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan berpengaruh terhadap Belanja Daerah. Hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan berpengaruh terhadap Belanja Daerah
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KING MANGO DI AEON MALL BSD Wiarsih Febriani
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 03 (2023): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56127/jukim.v2i03.718

Abstract

Tujuan dari penelitian ini berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada King Mango; 2) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian pada King Mango dan 3) untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada King Mango. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel brand ambassador, kualitas produk dan harga secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk erigo. Hasil pada penelitian ini adalah variabel kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango; 2) variabel harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango dan 3) seluruh variabel independen (kualitas produk dan harga) secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk minuman King Mango.

Page 1 of 2 | Total Record : 20