cover
Contact Name
AFDHAL ILAHI
Contact Email
afdhalilahi08@gmail.com
Phone
+6281277708480
Journal Mail Official
afdhalilahi08@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae, Kec. Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 2829744x     DOI : https://doi.org/10.37081/adam
Jurnal ADAM adalah Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika IPTS tentang berbagai macam inovasi dan ssolusi dalam berbagai persoalan dalam masyarakat yang ada. Artikel yang dimuat dalam Jurnal ADAM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis penelitian seperti Participatory Action Research, Pengembangan Masyarakat Berbasis Aset, Riset Berbasis Masyarakat, Pembelajaran Layanan di Masyarakat, Pengembangan Kreatifitas Masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 161 Documents
Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda Tamin Ritonga
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 Edisi Februari 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.932 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i1.303

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam suatu negara untuk berkembang, kualitas pendidikan menjadi salah satu indikator utama dalam melihat suatu negara itu berkembang atau negara maju.oleh sebab itu negara-negara di dunia bersaing dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan dalam negaranya masing-masing agar tidak menjadi negara yang tertinggal. Pendidikan menjadi sarana dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat serta sarana dalam mewujudkan cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa demi membangun generasi yang membanggakan di masa depan sehingga mampu mengharumkan nama negara Salah satu upaya membangun generasi muda adalah melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini sendiri adalah adalah penanaman nilai yang meliputi kemauan atau kesadaran, dan tindakan dalam mengimplementasikan nilai, budi pekerti, karakter, serta akhlak yang baik ke dalam diri peserta didik, yang bertujuan untuk membentuk kepribadian yang baik pada peserta didik seperti jujur, menghormati orang lain, maupun berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter merupakan hal yang harus diperhaikan terutama dalam perealisasian pendidikan di Indonesia pada masa sekarang mengalami permasalahan-permasalahan yang menyimpang dari nilai, norma dan moral dalam masyarakat, yang mana kebanyakan dari pelaku penyimpangan ini terjadi pada generasi muda terutama pada anak usia sekolah. Dengan melihat fenomena permasalahan krisis nilai, moral dan karakter pada generasi muda perlu dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai pendidikan karakter di sekolah dengan menggunakan pendekatan psikologis pada siswa. Dan dituangkan dengan menggukakan metode deskriptif hingga didapatkan hasil dan dapat ditarik kesimpulan mengenai fenomona yang terjadi
ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PROGRAM PHP2D HIMAPETIKAINSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN DI DESA AEK SABAON Muhammad Syahril Harahap; Febriani Hastini Nasution; Rahmad Fauzi; Nurhidaya Fithriyah Nasution; Hanifah Nur Nasution; Sari Wahyuni Rozi
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 Edisi Februari 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (648.418 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i1.304

Abstract

Penelitian tentang analisis partisipasi pada program PHP2D HIMAPETIKA IPTS di Desa Aek Sabaon. Telah selesai dilaksanakan pada tanggal 20 Maret sampai 28September 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi kelompok tani kopi pada kegitan program PHP2D, dan faktor umur, usia, pendapatan, pekerjaan dan luas lahan. Sampel pada penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu: 1) tingkat partisipasi kelompok tani tinggi ≥50%, 2) partisipasi kelompok tani rendah < 50%. Penelitian ini menggunakan rumus tingkat partisipasi. Hasil penelitian menujukkan terhadap tingkat partisipasi kelompok tani kopi adalah pada variabel: faktor jumlah keluarga, luas pekarangan, dan pendapatan yang berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat partisipasi pada program HIMAPETIKA IPTS di Desa Aek Sabaon.
PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN PKn UNTUK GURU SD N 101230 SABABANGUNAN Sabri; Monica Theresia
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 Edisi Februari 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.071 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i1.305

Abstract

Pelaksanaan kegiataan ini dilatarbelakangi oleh pendekatan pembelajaran belum membuat siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.Keadaan yang demikian menjadi salah satu pemicu rendahnya aktivitas siswa dibanding guru dalam pembelajaran dan belum berkembangnya pemikiran kreatif siswa.Dalam upaya meningkatkan kualitas PKn, maka diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, media pembelajaran dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan.Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat pembelajaran menjadi lebih inovatif yang mendorong siswa dapat belajar secara optimal baik di dalam belajar mandiri maupun didalam pembelajaran di kelas.Agar pembelajaran lebih optimal maka diperlukan pula pendekatan pembelajaran yang meningkatkan pemikiran kreatif siswa. Pelaksasanaan proses pembelajaran PKn masih belum optimal. Masih sedikit guru yang mau mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran PKn apalagi untuk anak TK, masih banyak guru yang belum bisa mengajarkan bagaimana cara berbahasa yang baik dan benar. Untuk mencari alternatif solusi pemecahan masalah di atas, maka diadakan Pelatihan Penerapan Model pembelajaran dalam Pembelajaran PKn di SD N 2 Padangsidimpuan bagi guru-guru TK. Dengan tujuan untuk melatih guru-guru menerapkan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru-guru di SD N 101230Sababangunan.Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2019 yang bertempat di SD N 101230Sababangunan.Hasil evaluasi diperoleh hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian ini diantaranya adalah meningkatkan keterampilan guru-guru TKdalam menerapkan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran PKn. Kegiatan pengabdian ini berjalan dengan lancar, karena berbagai pendukung terutama partisipasi peserta yang cukup antusias dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.
Edukasi Kepada Anak Sekolah Dasar Terhadap Penerapan Protokol KesehatanDi Era Pandemi Covid-19 Zulfadli Zulfadli; Afdhal Ilahi; Nurzanna; Reviva Safitri; Nurbaiti; Rahmat Afandi Dongoran; Rizki Muammar Dongoran
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 Edisi Februari 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.513 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i1.306

Abstract

Covid-19 adalah penyakit yang diakibatka noleh virus yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cinadandilaporkanke WHO padaDesember 2019.PadaJanuari 2020, WHO menyatakan Covid-19 sebagaipandemik.SejakKasuspositif Covid-19 di Indonesia pertama kali dideteksipada 2 Maret 2020, ketikadua orang terkonfirmasitertulardariseorangwarganegaraJepang.Pada 9 April, pandemisudahmenyebarke 34 provinsidenganjumlahpasien Covid-19 yang terusmeningkattanpaterkendalimenjadikanpemerintahmengambilkebijakanPembatasanSosialBerskalaBesar (PSBB) dimulai di DKI Jakarta, denganmenutupsekolah, tempatkerja, membatasipergerakandanmenutuptempattempatumumdalamupayamenanganipandemi Covid-19 di Tanah Air. Sebagaitindaklanjutataskebijakan PSBB, makabeberapaarahan yang harusditaatidiantaranya 1) Kegiatansekolahdanbekerjadilakukan di rumah; 2) Pembatasankegiatankeagamaan; 3) pembatasankegiatan di tempat/fasilitasumum; 4) Pembatasankegiatansosialdanbudaya; 5) Pembatasanmodatrasportasi; 6) Pembatasankegiatanaspeklainnyakhususterkaitaspekpertahanandankeamanan.Edukasiinidilakukan di SD Negeri 200116 di Kota Padangsidimpuan.AdapunhasildaripengabdianmasyarakatiniadalahMasihperluedukasitentangpenerapan protocol kesehatanpada masa pendemi covid-19 di sekolahdasardaerah Kota Padangsidimpuankhususnya di SD N 200116 sertasiswa yang mengikuti edukasi memiliki rasa ingintahudandisiplin yang tinggi.
SOSIALISASI MUTU AIR MINUM ISI ULANG BERDASARKAN PERSYATAN MIKROBIOLOGI DI KOTA PADANGSIDIMPUAN rahmi; Riki Rinaldi; Rizky Amelia Donna Siregar
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 1 (2022): Vol. 1 No. 1 Edisi Februari 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.793 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i1.307

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang kualitas air minum isi ulang yang di produksi depot air minum di kotaPadangsidimpuan dan sebagai bahan pertimbangkan dalam penggunaan air depot sebagai air siapminum. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu dengan sosialisasi.Tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah pengumpulan data, diskusi dalam hal ini sosialisasi dan evaluasi. Khalayak Sasaran program pengabdian ini adalah masyarakat di kota Padangsidimpuan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah masyarakat di Kota Padangsidimpuan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mempertimbangkan penggunaan air depot sebagai air siap minum dalam kehidupan sehari-hari sehingga masyarakat dapat hidup sehat dan terhindar dari bakteri Escherichia coli yang terkandung dalam air depot.
PEMBERIAN PEMAHAMAN PENGARUH NEGATIF GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR USIA SISWA SD Widia Astuti Harahap Harahap; Nurul Husna Siregar; Ainun Annisa Nasution; Wahyuni Sary Rambe
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.646 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i2.360

Abstract

Abstrak PKM ini bertujuan untuk mengkategorisasi pemahaman anak-anak pada penggunaan game online dan hambatan-hamatan pemahaman dampak game online keoada para siswa kelas VI SDN 101310 Sabanauli Desa Sitahul-taul. PKM ini menggunakan pendekatan kualitatif  mengacu pada studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, dan wawancara mendalam. Hasil PKM menunjukkan bahwa, pemahaman anak-anak terhadap dampak game online memiliki tiga kategori, kategori pemahaman tinggi, karakteristiknya durasi dan frenkuensi rendah, interaktifitas tinggi, bermain dengan teman sebaya. Kategori pemahaman sedang, anak cenderung membag waktu bermain game online dan belajar dengan durasi dan frekuensi minim, dan kategori pemahaman rendah, karekteristiknya anak sangat intensif memiliki durasi dan frekuensi bermain game online sangat tinggi, tingkat interaktifitas dengan teman sebaya rendah. Kedua, hambatan-hambatan rendahnya pemhaman dampak game online di lingkungan masyarakat, akibat kurangnya pengawasan dan pendampingan orang tua saat menggunakan smartphone. Game online berpotensi menimbulkan kecanduan game onlne dan kurang focus pada pembelajaran disekolah, berporemsi menghabiskan biaya di warung internet.   Kata Kunci: Game Online, Para Siswa, Desa Sitahul-taul.     Abstrack This PKM aims to categorize the understanding of children on the use of online games and the barriers to understanding the impact of online games on in class VI SDN 101310 Sabanauli Desa Sitahul-taul. This research uses qualitative apporoach referring to cas studies. Data were collected through non-participant observation and in-deptb interviews with children aged 7-12 years selected by purposive sampling. The results showed that the understanding of the students impact online games has three caregories: paying with peeers. In moderate understanding, children, tend to share their time playing online games and learning with minimal time duration and frequency. In the low comprehension caregory, the characrerustis of very intensive children have a very high duration and frequenzy of playing online games. The level of interactivity with peers is low. Second, the obstacles are the inadequate understanding of inlie games impact on students, communities due to parents lack of supervision and assistance when using smartphones. Online games have the potential to lead to online game addiction and less focus on shool learning, and potentially cost money in internet cafes   Keywodrs: Online Games,The students, Desa Sitahul-taul
MEMPERKENALKAN VOCABULARY MELALUI LAGU PADA ANAK SD Sergina Pohan; Aprida Irmayana; Nur Husainah; Fauzi Bayu Saputra
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.527 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i2.386

Abstract

Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan  adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Vocabularies atau kosa kata adalah salah satu hal yang penting yang harus di pahami untuk mempelajari bahasa. Karena tanpa memahami kosa kata, akan mempersulit kita dalam pembelajaran.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperkenalkan bahasa Inggris terutama kosakata melalui lagu. Selain sebagai media, lagu juga menjadi salah satu alternative yang dapat digunakan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dari hasil pengabdian masyarakat yang di lakukan, Lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak. Tujuan pengabdian ini adalah untuk menarik minat siswa untuk meningkatkan vocabulary bahasa inggris siswa serta meningkatkan daya ingat dan memahami kosakata secara efektif. Dengan lagu juga bisa membantu untuk mengembangkan pronounciation skills dengan intonasi yang baik. Anak anak akan lebih menyukai cara belajar seperti ini karena suasana lebih menyenangkan dan tidak bosan. Nada nada yang terdapat di dalam lagu akan membuat suasana hati yang gembira. Membuat anak nyaman dan mulai terbuai dengan nada serta bahasa yang di sampaikan . Belajar kosa kata dengan menggunakan lagu adalah cara balajar bahasa Inggris cepat yang akan membuat anak anak merasa senang dan terus ingin belajar. Dari hasil pengabdian masyarakat yang telah di lakukan, lagu memliki tingkat efektifitas yang tinggi yang dapat dipakai dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris kepada anak.    
PERLUASAN PROMO PRODUK UMKM KULINER MAKANAN RINGAN STIK UBI UNGU DESA PADANG BUJUR BERBASIS MEDIA SOSIAL Kasmudin Harahap; yulia ulpa; Nursakina
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.036 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i2.424

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu para pelaku UMKM dalam memasarkan produk yang mereka miliki dengan memamfaatkan media sosial di Desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Tapanuli Sealatan. Hal ini dilakukan karena para pelaku UMKM selama ini tidak memamfaatkan media sosial sosial yang sekarang ini sangat di gandrungi oleh banyak orang mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua sekalipun banyak yang menggunakan media sosial, maka semakin besar peluang produk yang mereka pasarkan dimedia sosial banyak dipesan orang. Dalam sosialisasi awal, tim PKM memiliki tujuan agar terjadi komunikasi timbal balik tentang bagaimana perluasan promo makanan ringan berbasis media sosial di Desa Padang Bujur Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegiatan sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dan pelatihan tentang bagaimana memasarkan produk di media sosial.
PENGOLAHAN LIMBAH PLASTIK MENJADI KERAJINAN YANG BERNILAI EKONOMIS DI DESA BATU BOLA/SIMATOHIR Seri Asmaidah; Wasna Sakinah; Elan Putri Napoga Hrp; Anju Debora
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.922 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i2.518

Abstract

This community service was carried out in April in the village of Batu Bola/Simatohir, Angkola Julu District, Padang Sidimpuan City. This service aims to invite the people of the village of Batu Bola to manage plastic waste into a craft that is useful and has economic value, to reduce the impact of plastic waste on the environment. This service method is carried out by explaining the dangers and impacts of plastic waste to the environment to the community and teaching how to process plastic waste into a craft. According to participants, this activity is very helpful in reducing the amount of plastic waste. During the activity, the service was carried out in the form of counseling about the dangers of plastic waste and the importance of protecting the environment, as well as field actions by inviting and teaching how and processing plastic waste into a craft. After the service is complete, the community will know about processing plastic waste into useful crafts. This can be seen from the increase in their active role and enthusiasm in carrying out activities. The objectives to be achieved in this Community Service activity include: 1) to reduce plastic waste around the environment. The method used is about the goals and objectives of achieving the goals by starting with questions to them so that the questions will refer to the activities to be carried out.   Pengabdian masyarakat ini telah dilaksanakan pada bulan April di desa Batu Bola/Simatohir  Kec Angkola Julu Kota Padang Sidimpuan.Pengabdian  ini bertujuan untuk mengajak masyarakat  desa batu bola unutuk mengelola limbah plastik menjadi sebuah kerajinan yang bermanfaat serta bernilai ekonomis,untuk mengurangi dampak limbah plastik terhadap lingkungan. Metode pengabdian ini dilakukan dengan menjelaskan bahaya dan dampak limbah plastik bagi lingkungan kepada masyarakat dan mengajarkan cara pengolahan limbah plastik menjadi sebuah kerajinan. Menurut partisipan dengan adanya kegiatan ini sangat membantu untuk mengurangi banyaknya limbah plastik.Dalam kegiatan inisedikit banyaknya sudah mengurangi banyaknya limbah plastik di sekitar lingkungan.Selama berlangsungnya kegiatan, Pengabdian dilakukan dalam bentuk penyuluhan tentang bahaya limbah plastik dan pentingnya menjaga lingkungan, serta aksi lapangan dengan mengajak dan mengajarkan cara dan pengolahan limbah plastik menajadi sebuah kerajinan.Setelah pengabdian selesai,masyarakat jadi Tahu tentang pengolahan limbah plastik menjadi kerajinan yang bermanfaat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan peran aktif dan antusiasme mereka dalam melaksanakan kegiatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini di antara nya: 1) untuk mengurangilimbah plastik di sekitar lingkungan.  
PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI DISIPLIN DI SMP NEGERI 6 PADANG BOLAK DESA NAPAGADUNG LAUT Nabilah Siregar; Lina Emria Ritonga; Sri Dewi Harahap; Ito Anggina Sihombing
Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 (2022): Vol. 1 No. 2 Edisi Agustus 2022
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.705 KB) | DOI: 10.37081/adam.v1i2.524

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan kompetensi lulusan yang menyangkut pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dirumuskan berdasarkan kebutuhan pada tingkat individu, masyarakat, bangsa dan negara, serta peradaban tuntutan globalisasi yang menuntut agar semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan dan konteks pemahaman akan jauh lebih baik dimengerti.melalui pendekatan pengetahuan multi disiplin untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik.atas dasar itulah pentingnya kegiatan pembelajaran yang memberdayakan potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan.maka,sudah selayaknya kepala sekolah SMP Negeri 6 Padang Bolak Desa Napagadung Laut mempersiapkan peserta didiknya berkarakter lebih baik yang menjujung tinggi budaya dan etika sebagai bekal hidup di masa depannya.pemberdayaan diarahkan untuk mendorong pencapaian kompetensi dan perilaku khusus supaya setiap individu mampu menjadi pelajar sepanjang hayat yang mewujudkan masyarakat belajar.selain itu karakter baik adalah salah satu sikap fundamental pola pikir dan perilaku seseorang untuk mencapai keberhasilan hidup yang lebih baik. Kata Kunci: Karakter,disiplin,kreatif,tanggungjawab

Page 1 of 17 | Total Record : 161