cover
Contact Name
Otto Fajarianto
Contact Email
ofajarianto@gmail.com
Phone
+628112424666
Journal Mail Official
signal@ugj.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Swadaya Gunung Jati, Jl. Pemuda No. 32 Cirebon, Jawa Barat
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Signal
ISSN : 23374454     EISSN : 25801090     DOI : http://dx.doi.org/10.33603/signal.v7i2
Core Subject : Humanities, Social,
URNAL SIGNAL diterbitkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Swadaya Gunung Jati. JURNAL SIGNAL tujuannya merupakan kumpulan karya tulis ilmiah hasil riset maupun konseptual bidang Ilmu Komunikasi dengan ruang lingkup Public Relations, Manajemen Komunikasi, Jurnalistik, Broadcasting, Komunikasi Organisasi, Lokal Wisdom, Komunikasi Pemasaran, Corporete Sosial Responsibily (CSR), Komunikasi Politik, dan Komunikasi Lintas Budaya. JURNAL SIGNAL menerima tulisan dari para akademisi maupun praktisi dengan proses blind review, sehingga dapat diterima disetiap kalangan dengan penerbitan jurnal ilmiah berkala terbit setiap dua kali dalam setahun periode Juni dan Desember.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL" : 9 Documents clear
POLA KETERBUKAAN DIRI ANTARA PERAWAT DAN LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL Ayu Yuhanis; Richa Rahayu Mtd; Hilman Ramayadi
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.746 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3323

Abstract

Hubungan anak dengan orang tua semakin renggang. Kesibukan yang melanda kaum muda hampir menyita seluruh waktunya sehingga mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk memikirkan orang tua. Kondisi seperti ini menyebabkan kurangnya komunikasi antara orang tua dengan anak, kurangnya perhatian dan pemberian perawatan terhadap orang tua sehingga orang tua merasa terasingkan dan lebih memilih tinggal di panti sosial. Oleh karena itu peneliti ingin menggambarkan proses komunikasi yang dilakukan oleh perawat dan lansia dan bagaimana pola keterbukaan diri antara perawat dan lansia di Panti Sosial Sasana Tresna Cipocok Jaya Serang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif , data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori penetrasi sosial, dimana proses ikatan yang menggerakkan suatu hubungan dari yang superficial menjadi lebih intim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin sering berinteraksi semakin kita mengetahui dan memahami karakter seseorang (perawat atau klien lansia), kedua belah pihak akan memberikan perhatian secara keseluruhan sehingga mulai terbiasa bersikap terbuka, santai, lebih akrab dan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dan juga mampu menilai dan menduga perilaku lawan bicaranya. Pola komunikasi dalam proses keterbukaan diri antara perawat dan lansia di panti sosial sasana tresna werdha cipocok jaya serang adalah pola komunikasi sirkuler karena terjadinya umpan balik antara perawat dan lansia dalam melakukan interaksi.Kata-kata Kunci: Pola keterbukaan diri, Perawat, Lanjut usia
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN BELAJAR MAHASISWA Lizha Dzalila; Annisa Ananda; Saifuddin Zuhri
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.909 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3518

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman belajar pada mahasiswa dalam melakukan pembelajaran melalui metode daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam kepada beberapa infoman. Fokus penelitian ini adalah permasalahan komunikasi yang muncul pada saat pelaksanaan pembelajaran daring dan tingkat pemahaman belajar mahasiswa yang dilakukan pada masa pandemic Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring banyak ditemukan permasalahan yang menyebabkan semangat belajar dan tingkat pemahaman belajar mahasiswa menjadi menurun.Kata-kata Kunci: Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid-19
APAKAH PRAKTIK PUBLIC RELATIONS SUDAH SIAP MENGELOLA KRISIS KOMUNIKASI PADA ERA 4.0 ? Martha Tri Lestari; Hadi Purnama; Choiria Anggraini
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3465

Abstract

Penelitian dalam artikel ini secara utuh menggambarkan bentuk kesiapan korporasi di Indonesia dalam menghadapi krisis secara digital. Akan tetapi berdasarkan hasil riset menggunakan metode analisis isi kuantitatif terhadap beberapa artikel berita terkait krisis korporasi pada sample sebuah korporasi di Indonesia terlihat tidak didapatkan kesiapan sebuah korporasi tersebut dalam menghadapi krisis komunikasi secara digital. Hal ini menjadi satu catatan tersendiri dalam gambaran kesiapan public relations dalam korporasi di Indonesia dalam menghadapi era dalam mengelola krisis secara digital. Peneliti merekomendasikan tahapan pengelolaan krisis dalam lima tahap mulai dari: identifikasi stakeholder; crisis stage; crisis cluster; crisis respon; dan sampai pada tahap pemilihan media dalam mengantisipasi penanganan krisis korporasi di era aplikatif melalui media digital.Kata-kata Kunci: public relations, komunikasi krisis, komunikasi korporasi
LITERASI PRIVASI SEBAGAI UPAYA MENCEGAH PELANGGARAN DI ERA MASYARAKAT JARINGAN Kadek Aryana Dwi Putra; Fauzan Hidayatullah
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.58 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3447

Abstract

Penggunaan media teknologi di Indonesia berkembang sangat pesat yang dapat dilihat dari banyaknya media sosial yang bermunculan. Penggunaan media sosial yang sangat mudah dan banyak memiliki fitur menjadikan media sosial menjadi populer di era masyarakat jaringan. Pengguna yang semakin banyak menjadikan media sosial sebagai lahan bisnis yang menjanjikan bagi para pengembang media yang berbasis teknologi. Namun ketidakpahaman pengguna terhadap informasi pribadi yang dibagikan di platform media menyebabkan terjadinya pelanggaran privasi yang dilakukan untuk kepentingan pihak pengembang yang tidak bertanggung jawab. Literasi privasi menjadi langkah yang baik dalam upaya mencegah pelanggaran privasi dari sisi psikologis, fisik maupun finansial dapat di minimalkan. Sehingga pentingnya literasi privasi sebagai upaya pencegahan pelanggaran privasi di era masyarakat jejaring.Kata-kata Kunci: literasi privasi, media sosial, masyarakat jaringan
FENOMENA CASHLESS SOCIETY DALAM PANDEMI COVID-19 (KAJIAN INTERAKSI SIMBOLIK PADA GENERASI MILENIAL) Firman Katon; Ulfa Yuniati
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.105 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3490

Abstract

Adanya resiko terinfeksi virus corona dalam bertransaksi keuangan secara langsung menjadi kekhawatiran masyarakat dalam setiap aktivitas pembelian. Sehingga masyarakat memilih menggunakan transaksi keuangan tanpa kontak dengan melakukan pembayaran melalui aplikasi dompet digital. Penggunaan aplikasi dompet digital saat pandemi Covid-19 dan adanya kebijakan di rumah saja (stay at home) mengarah kepada cashless society. Cashless societyadalah sebutan yang merujuk pada masyarakat yang dalam bertransaksi, tidak lagi menggunakan uang fisik, melainkan melalui perpindahan informasi finansial secara digital. Dalam bertransaksi sehari-hari, masyarakat tidak menggunakan uang nyata, melainkan uang digital. Transaksi keuangan tanpa kontak dan jarak jauh saat pandemi tampaknya menjadi cara yang disukai untuk menyelesaikan berbagai hal. OVO merupakan salah satu cara dalam bertransaksi yang aman dan juga terbebas dari virus terutama penyakit COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motif dalam menggunakan OVO dan interaksi (termasuk mind, self, society) yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung selama pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yng menggunakan metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan interaksi simbolik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, metode observasi non-partisipan pada 15 key informant mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bandung. Hasil penelitian menunjukan motif dalam penggunaan aplikasi OVO yaitu pada shopping dan relaxation. Interaksi yang terjadi mengacu pada konsep mind, self, society adalah generasi milenial (mahasiswa UMBandung) menggunakan transaksi OVO selama pandemi Covid-19 cenderung ke perilaku gaya hidup baru sebagai bentuk kemudahan layanan masyarakat untuk mengurangi resiko terinfeksi virus corona. Penelitian selanjutnya dapat fokus pada hubungan perilaku dan adaptasi penggunaan dompet digital di era new normal pandemic Covid-19.Kata-kata Kunci: cashless society, dompet digital, interaksi simbolik, milenial, COVID-19
ANALISIS KOMUNIKASI KESEHATAN DALAM PENGELOLAAN SAMPAH BEKAS PAKAI DI DESA PEGAGAN KECAMATAN KABUPATEN CIREBON Welly Wihayati
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.66 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.4430

Abstract

Komunikasi dalam kehidupan masyarakat memiliki andil yang cukup penting dalam membangun keharmonisan dan keselarasan bagi lingkungan masyarakat itu sendiri, khususnya komunikasi dalam bidang kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah bekas pakai bekas yang ada di Desa Pegagan Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, untuk mengetahui kesadaran dari masyarakat dalam pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan, untuk mengetahui bentuk perhatian dari pemerintah daerah setempat akan kondisi lingkungan tinggal masyarakat, serta implementasi komunikasi kesehatan dalam pengelolaan sampah bekas pakai tersebut. Penelitian ini sangat penting karena komunikasi kesehatan dalam usaha pengelolaan barang bekas diperlukan sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kebersihan lingkungan. Berdasarkan hasil pengamatan, sampah bekas pakai yang terdapat di wilayah ini berada di area rumah-rumah warga dan cenderung kurang dikelola dengan baik. Tidak sedikit warga yang menggunakan sebagian besar area rumahnya terutama di halaman atau teras-teras rumah warga untuk menempatkan barang-barang bekas tersebut. Hal ini tentunya menimbulkan pemandangan yang kurang sedap atau mengenakkan bagi lingkungan tinggal warga masyarakat yang berada di sekitarnya. Bukan tidak mungkin pula berangkat dari kondisi tersebut, akan dapat memungkinkan timbulnya gangguan kesehatan bagi masyarakat di sekitarnya, mengingat lingkungan warga yang dinilai masih kurang ideal dari sisi kebersihan dan kenyamanan.Kata-kata Kunci: Komunikasi Kesehatan, Sampah Bekas Pakai
PENGELOLAAN IN HOUSE JOURNAL PT BIO FARMA (PERSERO) Shafira Yasmin Nandini; Syauqy Lukman
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.271 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3229

Abstract

Suatu perusahaan pada umumnya memiliki keinginan atau tujuan untuk maju, terus berkembang baik dalam maupun luar negeri. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan dukungan dari stakeholder perusahaan. Public relations sebagai salah satu profesi yang memiliki peran penting dalam perusahaan turut memiliki tanggung jawab untuk mempererat hubungan internal perusahaan yang salah satunya dapat dicapai melalui media internal perusahaan atau in house journal. PT Bio Farma (Persero) dalam membangun hubungan internalnya dibantu oleh Seksi Hubungan Internal dalam Bagian Corporate Communications. PT Bio Farma (Persero) memiliki in house journal bernama BioMagz yang dibuat untuk mengedukasi karyawan mengenai perusahaan agar memiliki pengetahuan lebih banyak mengenai tempat mereka bekerja, agar menambah rasa bangga dan cinta terhadap perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seluruh proses pengelolaan BioMagz. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini terdapat empat komponen dalam pengelolaan in-house journal, yaitu perencanaan, alur pengumpulan konten/isi dan proses pra-cetak hingga tahap pencetakan. BioMagz memiliki susunan redaksi yang terdiri dari staff Corporate Communications dan terdiri dari 10 rubrik. Isi artikel dari rubrik diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Terdapat alur kerja yang pasti dalam pembuatan setiap edisi dari BioMagz sebelum akhirnya masuk tahap percetakan dan sirkulasi. Kesimpulannya adalah BioMagz berbentuk majalah, terbit setiap 3 bulan sekali dan termasuk kedalam in house journal yang ideal, namun dalam prakteknya masih ada alur kerja yang berantakan dan terdapat masalah dalam proses distribusi. Saran yang dapat diberikan adalah agar kembali melakukan evaluasi terhadap tahapan kerja dan jobdesc dari redaksi dan kuantitas dari BioMagz ditambah sehingga tersebar kepada seluruh karyawan.Kata-kata Kunci: House Journal, In House Journal, Public Relations, Hubungan Internal
KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL GURU DAN SISWA TUNAGRAHITA BERPRESTASI Lina Angris Risopani; Femi Oktaviani
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.886 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3485

Abstract

Anak tunagrahita mengalami kesulitan berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Cara mereka berkomunikasi pun masih sangat rendah, terutama ketika mereka berada di lingkungan yang luas seperti lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi verbal dan nonverbal, proses instruksional, dan motivasi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi verbal yang digunakan berupa membaca dan mendengarkan, sementara komunikasi nonverbal berupa bahasa tubuh, komunikasi nonverbal memiliki fungsi aksentuasi karena bahasa tubuh mempertegas komunikasi verbal yang dilakukan guru. Proses instruksional mengunakan strategi ekspositori dan metode pembelajaran pengantara, metode pembelajaran drill, metode tanya jawab. Jenis motivasi yaitu motivasi ekstrinsik karena siswa tunagrahita mendapatkan dorongan dari luar dirinya.Kata kunci: Komunikasi, Instruksional, Tunagrahita
IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. ASTRA INTERNASIONAL MELALUI PROGRAM LINGKUNGAN KAMPUNG BERSERI Elsa Nurlatifa; Kokom Komariah; Aat Ruchiat Nugraha
JURNAL SIGNAL Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIGNAL
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Djati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1314.862 KB) | DOI: 10.33603/signal.v8i2.3230

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas. Program CSR PT. PT. Astra International Tbk. International Tbk., salah satunya adalah Kampung Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. (KBA). Program KBA berkaitan dengan empat pilar perusahaan, yaitu pendidikan, kesehatan, pembinaan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan lingkungan. Di dalam pelaksanaannya, perusahaan bekerja sama dengan warga masyarakat sekitar perusahaan agar terbentuk program berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana divisi CSR dan tim Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. melakukan tahapan CSR, yaitu perencanaan, implementasi, dan evaluasi program Kampung Berseri PT. Astra International Tbk.. Dengan menggunakan paradigma positivisme serta metode deskriptif., hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, pada tahap perencanaan, yakni penetapan tujuan CSR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk. mengacu pada visi dan misi utama perusahaan, penetapan target sasaran dengan cara social mapping dan membentuk tim khusus pada masing-masing wilayah. Kedua, pada tahap implementasi SCR Kampung Berseri PT. Astra International Tbk., PT. PT. Astra International Tbk. Internasional Tbk. melaksanakannya dengan panduan PT. Astra International Tbk. Friendly Company dan strategi sentralisasi serta self-managing. Terdapat kendala dalam pendampingan SDM. Ketiga, tahap evaluasi dilakukan setiap satu semester sekali dengan cara monitoring dan progress report melalui lembar balik, yang juga melibatkan pihak internal dan eksternal perusahaan.Kata-kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Implementasi, Kampung Berseri, Program, PT. Astra International Tbk.

Page 1 of 1 | Total Record : 9