cover
Contact Name
Surya Sari Faradiba
Contact Email
fkip@unisma.ac.id
Phone
+6285649532920
Journal Mail Official
fkip@unisma.ac.id
Editorial Address
FKIP UNISMA JL. Mayjen Haryono 193 Malang 65144
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
ISSN : 23376384     EISSN : -     DOI : https://doi.org/10.33474
Core Subject : Education,
JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non penelitian yang belum pernah diterbitkan dalam media lain baik berbahasa Inggris atau berbahasa Indonesia. JP3 ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Malang.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran" : 9 Documents clear
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JABUNG TAHUN 2020 Anita Candra Dewi Putri Purnama; Zainal Abidin; Siti Nurul Hasana
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.05 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematis materi statistika ditinjau dari motivasi belajar dan 2) untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung materi statistika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung yang sudah mengisi kuesioner motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis materi statistika kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) cara-cara yang digunakan oleh peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi dan motivasi belajar tinggi, rata-rata hanya dapat memenuhi 2 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang dengan motivasi belajar sedang, rata-rata hanya dapat memenuhi 1 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah dan motivasi belajar rendah, rata-rata tidak dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. 2) Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, pada umumnya memiliki motivasi belajar rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi belajar, statistika
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DAU Intan Wulandari Wulandari; Zainal Abidin; Isbadar Nursit
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.448 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar dan untuk mendeskripsikan kemampuan tingkat penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Sebjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subjek lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memaparkan secara deskriptif/rinci, memaparkan dengan menghubungkan antara satu rumus dengan rumus lainnya, dan memaparkan dengan gambar. Hasil rata-rata tingkat kemampuan penalaran matematis pada setiap klasifikasi tingkat motivasi belajar yaitu 80 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 46,5 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,07 untuk klasifikasi rendah.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 1 Dau Koviva Wijayanti; Surahmat Surahmat; Isbadar Nursit
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.05 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy siswa dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif- kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumennya adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Hasil peneitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat self efficacy yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara- cara yang dilakukan oleh siswa dalam menjawab soal tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun cara-cara tersebut yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mengecek kembali. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat self efficacy yaitu 80,8 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 70,7 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 63,1 untuk tingkat klasifikasi rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, self efficacy, himpunan
Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Matematika Wardatun Nabilah
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.146 KB)

Abstract

 Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur analisis faktor eksploratori, mengetahui bagaimana peran keluarga, teman sejawat, kepribadian individu, cita-cita menjadi guru matematika, citra program studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, dan prospek lapangan kerja mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Malang, faktor apa yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Matematika di Universitas Islam Malang. Penelitian ini menggunakan jenis rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik insidental sampling pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang angkatan 2017-2019. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis faktor eksploratori. Hasil penelitian yang diperoleh dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa memilih program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang melibatkan 6 variabel yang diasumsikan mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan keputusan mahasiswa. Hasil pengolahan data menggunakan analisis faktor menunjukkan bahwa dari 6 variabel mengelompok menjadi 2 faktor yang dapat menjelaskan keterkaitan antar variabel tersebut. Faktor pertama yaitu faktor masa depan yang meliputi variabel cita-cita menjadi guru matematika dan prospek lapangan kerja. Faktor kedua yaitu faktor sosial yang meliputi variabel peran keluarga, teman sejawat, kepribadian individu, dan citra program studi.Kata kunci: Analisis Faktor, Keputusan 
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Open-Ended Materi SPLTV Kelas X MAN 1 Kota Malang Berdasarkan Adversity Quotient Endah Suci Wahyuningkasih; Sunismi Sunismi; Sikky El Walida
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.14 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan cara yang digunakan peserta didik kelas X dalam menyelesaikan soal cerita berbasis open-ended materi SPLTV berdasarkan adversity quotient dan mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berbasis open-ended materi SPLTV kelas X berdasarkan adversity quotient. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan 35 peserta didik kelas X MAN 1 Kota Malang sebagai sumber data dan 4 peserta didik sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, angket, wawancara. Berdasarkan klasifikasi adversity quotient dipilih satu perwakilan peserta didik yang memiliki pola jawaban unik/khas. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi hampir semua mampu memenuhi seluruh indikator, perserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang sebagian memenuhi beberapa indikator, dan peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah sebagian tidak memenuhi semua indikator.  2) peserta didik dengan tingkat klasifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi memiliki rata-rata hasil tes 89,71 dan masuk kategori adversity quotient tinggi/climbers, pklasifikasi sedang memiliki rata-rata hasil tes 74,6 dan masuk kategori adversity quotient sedang/campers, klasifikasi rendah memiliki rata-rata hasil tes 32,9 dan masuk kategori adversity quotient rendah/quitters.
ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR AUDITORIAL DAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TURUNAN KELAS XI BAHASA SMAN 8 MALANG Fany Prihatini Widyanti; Zainal Abidin; Sikky El Walida
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.669 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan cara-cara peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematika dan 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial dan kinestetik dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada materi turunan kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan 23 siswa kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang sebagai sumber data dan 4 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa dan angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya serta wawancara sebagai tindak lanjut. Pengelompokkan peserta didik tersebut dibagi menjadi dua yaitu gaya belajar auditorial (Auditori Learner) dan Gaya Belajar Kinestetik (Tactual Learner ). Auditori Learner adalah gaya belajar peserta didik yang mengutamakan indra pendengarannya dalam memahami materi pembelajaran, sedangkan Tactual Learner adalah gaya belajar dimana peserta didik mampu memahami materi apabila peserta didik tersebut mengalami secara langsung atau praktek. Berdasarkan pengklasifikasian gaya belajar tersebut dipilih satu perwakilan peserta didik yang memiliki pola jawaban khas/unik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) cara-cara peserta didik menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematika berdasarkan gara belajar auditorial dan kinestetik, 2) tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial rendah dengan nilai rata-rata 68,75, dan tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sedang dengan nilai rata-rata 75,25. Dengan pengklasifikasian kategori rendah dan sedang sesuai dengan nilai KKM pada sekolah tersebut.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematika, gaya belajar, pembelajaran daring
Analisis Kecemasan Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Pada Pembelajaran Daring Laila Fitria Akbar Zakaria
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.609 KB)

Abstract

 Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan tingkat kecemasan matematis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari pada pembelajaran daring dan 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab kecemasan matematis peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Singosari yang sudah mengisi kuesioner kecemasan matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 2 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat berat, 5 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat sedang, dan 3 peserta didik yang termasuk dalam klasifikasi kecemasan matematis tingkat ringan. 2) Kecemasan matematis yang dialami oleh peserta didik, dipengaruhi oleh faktor intelektual, karakteristik mata pelajaran matematika, faktor guru, ulangan matematika yang dilalui, faktor keluarga, keadaan sekitar, dan faktor fasilitas pembelajaran daring.Kata kunci: kecemasan matamatis, pembelajaran daring.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP 8 MUHAMMADIYAH BATU
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.928 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian adalah 27 peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subyek lainnya dan selanjutnya dikelompokkan ke dalam klasifikasi tingkat Adversity Quotient (AQ) climbers, camper, dan quitters. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subyek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengulang kembali hasil dan proses. Hasil rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah yaitu 81,17 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 77 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,21 untuk tingkat klasifikasi rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, Adversity Quotient (AQ), pola bilangan
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA Siti Ummu Habibah; Abdul Halim Fathani; Isbadar Nursit
Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Publisher : Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.249 KB)

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa dan 2) mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan resiliensi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif. Subjek penelitian merupakan tiga siswa kelas IX SMP/MTs yang bertempat tinggal di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al-Hikmah yang memiliki klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan soal tes, wawancara, dan kuesioner kemampuan berpikir kreatif matematis untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian akan dideskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa dan setelah itu mencari tahu  apakah ada hubungan atau tidak antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa 1) subjek dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat 3 (kreatif) yang mampu memenuhi semua indikator (indikator lancar, indikator luwes, indikator orisinal, dan indikator memperinci) dengan pencapaian masing-masing indikator dengan baik, kemudian subjek dengan resiliensi matematis sedang memiliki kemampuan berpikir matematis tingkat 1 (kurang kreatif) yang hanya memiliki dua dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (indikator lancar dan indikator luwes), dan subjek dengan resiliensi matematis rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif maematis tingkat 2 (cukup kreatif) yang mampu memenuhi semua indikator namun pencapaian dua indikator dari empat indikator belum baik (indikator orisinal dan indikator memperinci). 2) pada Subjek ST dapat ditemukan bahwa antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis memiliki hubungan, sedangkan pada Subjek SS, dan Subjek SR ditemukan bahwa antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis tidak memiliki hubungan.Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, resiliensi matematis

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 17 No. 30 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 29 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 28 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 27 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 26 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 25 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 24 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 23 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 22 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 17 No. 21 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 19 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 17 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 16 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 15 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 13 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 11 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 10 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 9 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 8 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 6 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 5 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 4 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 3 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 2 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 32 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 31 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 29 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 28 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 27 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 26 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 25 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 24 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 23 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 22 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 21 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 20 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 19 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 18 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 17 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 16 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 15 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 14 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 13 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 12 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 11 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 10 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 7 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 6 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 5 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 4 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 3 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 36 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 35 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 34 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 33 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 32 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 31 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 30 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 29 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol. 15 No. 28 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 27 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 26 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 25 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 24 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 23 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 22 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 21 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 20 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 19 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 18 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 17 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 16 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 15 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran Vol 15, No 14 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 15, No 13 (2020): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 12 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 11 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 10 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 9 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 8 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 6 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 4 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran Vol 13, No 1 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran More Issue