cover
Contact Name
Indarti
Contact Email
journalfashion@unesa.ac.id
Phone
+6281218448862
Journal Mail Official
journalfashion@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan PKK, Fakultas Teknik, Kampus Ketintang, Jalan Ketintang, Surabaya 60231 Universitas Negeri Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
BAJU: Journal of Fashion and Textile Design Unesa
ISSN : 27472574     EISSN : 27472574.     DOI : https://doi.org/10.26740/baju
Core Subject : Humanities, Social,
BAJU mempublikasikan artikel-artikel dari mahasiswa, dosen, guru, para peneliti dan profesional yang berisi hasil penelitian, penciptaan, gagasan pemikiran, dan kreasi atau inovasi lain dibidang desain mode dan tekstil, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Diterbitkan setahun empat kali, memberikan kesempatan artikel anda untuk segera publish. BAJU menyediakan forum ilmiah untuk topik penciptaan atau praktik busana maupun tekstil. BAJU mendorong penelitian interdisipliner dan pengembangan komunitas akademik yang akan berbagi teori, teknologi, dan teknik yang baru di industri fashion dan tekstil, termasuk: - inovasi dalam desain dan praktik mode - keberlanjutan dan etika dalam industri mode - teknologi mikro dalam konteks fashion dan tekstil - smart and digital fashion dan tekstil - konsumsi dan produksi fashion - materials, design, concepts and process Kontribusi yang sesuai untuk jurnal ini terbagi dalam kategori berikut: - Research papers menyajikan temuan baru yang penting - Technical papers yang menjelaskan perkembangan atau inovasi baru - Academic discussion papers yang membahas tren dan prediksi jangka menengah hingga panjang.
Articles 45 Documents
Penerapan Crinoline sebagai Bahan Pelapis dalam (Interfacing) pada Rok Busana Pesta Bertema Fluffy Aisya Jasmine; Marniati marniati
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.081 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n2.p99-107

Abstract

Abstrak Cipta karya busana merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa. Salah satu kegiatan pada mata kuliah ini adalah mencipta sebuah karya busana sesuai trend, karya yang bertema Fluffy dengan sumber ide Cotton candy menjadikan sumber ide pembuatan karya busana pesta. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui proses penerapan penerapan Crinoline sebagai interfacing pada bagian rok dalam pembuatan busana pesta dengan tema Fluffy. 2) Untuk mengetahui hasil jadi penerapan penerapan Crinoline sebagai interfacing pada bagian rok dalam pembuatan busana pestabertema kan Fluffy. Metode penelitian ini menciptakan karya yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pra-prancangan, tahap prancangan, tahap perwujudan dan tahap penyajain. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Proses penerapan Crinoline sebagai Baahan Pelapis Dalam (Interfacing) pada rok Busana Pesta bertema Fluffy, dimulai dari pembuatan pola bahan utama tulle lalu bahan penujang Crinoline sebagai interfacing, penerapan Crinoline pada tulle yang dikerut lalu dijahitkan paad crinoline mengunakn mesin jahit memberiakn bentuk bervolume yang sesuai dengan sumber ide Cotton candy dengan tema Fluffy. 2) Hasil jadi peneraapn Crinoline sebagai bahan pelapis dalam (Interfacing) pada rok busana pesta bertema Fluffy sesuai dengan sumber ide Cotton candy diterapkan bentuk siluet A pada busana pesta yang menjadikan busana pesta ini ciri khas bervolume dengan tema Fluffy. The objectives of this study were: 1) to determine the process of applying crinoline as interfacing to the skirt in making party dresses with the theme of Fluffy, 2) to determine the final results of the application of crinoline as interfacing to the skirt in making party clothes with the theme of Fluffy. This research method creates a work consisting of four stages, namely the pre-design stage, the design stage, the embodiment stage and the presentation stage. The results of this study are: 1) the process of applying crinoline as an inner lining material on a party dress skirt, starting from the making of the pattern for the main material of tulle and then the crinoline as an interfacing, the application of crinoline to the wrinkled tulle and then sewing it using a sewing machine to give a voluminous shape. According to the source of cotton candy ideas with the Fluffy theme. 2) The result of the application of crinoline as an interfacing in a Fluffy themed party dress skirt is in accordance with the source of the idea of ​​cotton candy applied to the silhouette A. This evening wear has a characteristic volume.
ILLUSION WAVES PADA BUSANA PESTA WANITA Chandra Kusuma Imam; Urip Wahyuningsih
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1429.495 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p10-19

Abstract

Illusion waves dari the wave Arizona menginspirasi pembuatan sebuah busana pesta wanita. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses perwujudan illusion waves pada busana pesta wanita dan mengevaluasi hasil jadi illusion waves pada busana pesta wanita. Penelitian penciptaan karya melewati proses metode rekayasa produk busana pesta meliputi menentukan sumber ide, perencanaan warna, desain busana, sasaran pasar dan rencana bahan. Illusion waves pada busana wanita diterapkan dalam dua teknik yaitu, yang pertama gradasi warna dengan teknik printing dan pleating. Teknik kedua yaitu penerapan gradasi warna pada layered skirt. Pembuatan bahan pleating yang melalui proses printing dan pleating (lipit lidi), lalu dibentuk dan di-maping sesuai dengan gambaran illusion waves, serta dilekapkan ke busana pesta wanita menggunakan tusuk jelujur dengan jarak tiap jahitan berbeda. Sedangkan untuk layered skirt, dimulai dari proses membuat pola lingkar, menjiplak pola pada bahan, memotong bahan dan menjahit setiap layer satu persatu sesuai dengan tingkatan warna the wave Arizona. Hasil perwujudan menunjukan bahwa penerapan lekapan pleating pada bagian depan rok yang bergelombang dan juga permainan gradasi warnanya berhasil memperindah penampilan busana dan menambah nilai estetika seni yang membentuk illusion waves. Selain itu, penambahan layered skirt pada busana pesta wanita dengan menerapkan permainan gradasi warna juga mampu menciptakan illusion waves. Illusion waves from the wave Arizona inspired the making of eveningwear. The purpose of this study was to know the process of an embodiment of illusion waves in women eveningwear and evaluating the results of an embodiment of illusion waves in women evening wear. Research on the creation of making a women eveningwear goes through the methods, including determining the source of ideas, color planning, fashion design, target markets, and material plans. Illusion waves in women party dress are applied in two techniques. The first technique is color gradation with printing and pleating techniques. The second technique is the application of color gradations on a layered skirt. Making pleating materials through printing and pleating (accordion pleats), formed and mapped according to portray of illusion waves, and attached to an evening dress using a baste stitch with different spacing of each stitch. Furthermore, for the layered skirt, it starts with the process of making a circle skirt pattern, tracing the pattern on the material, cutting the material and sewing each layer one by one according to the color of the wave Arizona. The embodiment results show that the application of pleating fissure on the front of the skirt and the color gradation succeeded in beautifying the appearance of women's eveningwear and adding the aesthetic value of art that forms illusion waves. Meanwhile, the addition of layered skirts to women's eveningwear by applying color gradations can create illusion waves.
PENERAPAN KONSTRUKSI POLA SISTEM PORRIE MULIAWAN PADA PEMBUATAN BUSANA PESTA MALAM DENGAN TEMA CATCHY Aurelia Yunita Permatasari; Ratna Suhartini
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1036.929 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p57-72

Abstract

Tema Catchy memiliki arti menarik, dan mudah diingat menggambarkan tampilan modern 1980. Berupa color plan yang mencolok dan kegembiraan pada lantai dansa atau disco. Memiliki daya tarik dengan pesona unik 80-an serta trend Sci-Fi mempengaruhi fabric pada busana dengan permukaan berkilau. Didasarkan pada sumber ide disco ball, busana pesta ini memiliki desain yang terdiri dari banyak potongan serta terdapat variasi rok yang berbentuk seperempat lingkaran, sehingga membutuhkan pembuatan pola dengan perhitungan sistematis. Yaitu kostruksi pola sistem Porrie Muliawan. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan proses pembuatan pecah pola busana pesta malam tema catchy mengunakan pola konstruksi sistem Porrie Muliawan, dan 2) mendeskripsikan hasil jadi busana pesta malam tema catchy. Penelitian ini merupakan penelitian penciptaan karya, yang terdiri atas empat tahap, yaitu pra-perancangan, perancangan, perwujudan, dan penyajian. Hasil penelitian menyatakan: 1) proses pembuatan pecah pola busana pesta malam tema catchy menggunaan konstruksi pola Porrie Muliawan, dan 2) hasil jadi busana pesta malam dengan menerapkan konstruksi pola sistem Porrie Muliawan untuk mewujudkan variasi rok seperempat lingkar yang menjadi poin utama tema catchy, serta bagian busana lain seperti dress, dan lengan balon. The Catchy theme has an interesting meaning, and is easy to remember describing the modern look of 1980. It is a striking color plan and excitement on the dance floor or disco. It has an appeal with unique charms of the 80's and the Sci-Fi trend influences fabric on clothing with sparkling surfaces. Based on the source of the idea of ​​disco ball, this evening wear has a design that consists of many pieces and there are variations in the form of a quarter circle skirt, so that it requires making patterns with systematic calculations. Namely the construction of the pattern of the Porrie Muliawan system. The purpose of this final project research is to: 1) describe the process of making a catchy theme evening wear pattern breakout using the Porrie Muliawan system construction pattern, and 2) describe the results to be a catchy theme evening wear. This research is a work creation research, which consists of four stages, namely pre-design, design, embodiment, and presentation. The results of the study stated: 1) the process of making a catchy evening wear theme pattern using the construction of the Porrie Muliawan pattern, and 2) the result of being a evening wear by applying the construction pattern of the Porrie Muliawan system to realize the quarter circle skirt variations that became the main points of the catchy theme, and other fashion parts like dresses, and balloon sleeves
PENERAPAN TEKNIK ANYAMAN DENGAN KAIN LINEN PADA BUSANA PESTA MALAM Afdilla Luthfita Syaani; Urip Wahyuningsih
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1219.586 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p1-9

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui proses pembuatan dan penerapan teknik anyaman dengan kain linen pada busana pesta malam serta mengetahui hasil jadi teknik anyaman dengan kain linen pada busana pesta malam. Proses pembuatan anyaman meliputi dari memotong bahan, melapisi bahan dengan kain vislin agar terlihat kaku dan tidak bertiras, memotong bahan dengan lebar 2,5 cm sehingga menjadi helaian anyaman, mencetak helaian anyaman menjadi lebar 1 cm dengan cara disetrika satu per satu helaian dan dianyam dengan rapat dan rapi. Penerapan teknik anyaman pada busana pesta malam dimulai dari menyiapkan anyaman, menata pola busana diatas anyaman, memotong anyaman sesuai dengan pola busana, memotong kain serong dengan lebar 5 cm untuk digunakan pada tepi anyaman, dan menjahit kain serong pada tepi anyaman yang telah dipotong. Hasil jadi penerapan teknik anyaman pada busana pesta malam wanita menghasilkan busana yang berbentuk siluet S seperti bentuk gerabah. Busana pesta malam wanita ini terdiri dari bagian atas bustier menyerupai bra, bagian torso penuh dengan anyaman dan rok yang berbentuk balon disertai lekapan tali yang menjalar di seluruh permukaan rok balon. Busana pesta ini menunjukkan keindahan tubuh pemakai dengan siluet badan yang pas dari pinggang hingga panggul yang terlihat jelas seperti bentuk siluet gerabah yang indah. The purpose of this paper is to determine the process of making and applying woven linen fabric techniques and find out the results of the eveningwear. The method is including an exploration of ideas about earthenware and designing. The process of weaving includes cutting the fabric, covering the fabric with a facing to make it look stiff, cutting the fabric of 2.5 cm so that it becomes a woven strand, making the woven into 1 cm by being ironed one by one and woven with tight and neat. Weaving techniques to evening wear start from preparing the weaving, arranging the pattern on the weaving, and cutting the weaving according to the pattern. The results of the application of weaving techniques to women’s eveningwear producing S-silhouette as earthenware shape. This eveningwear consists of a bustier on the upper part, and a torso section is full of weaving, and the skirt is accompanied by a hollow rope that runs across the entire surface. This eveningwear shows the beauty of the wearer's body with a body silhouette that fits from the waist to the hip that is visible as a beautiful earthenware silhouette.
PENERAPAN TEKNIK APLIKASI MOTIF VERTISOL PADA BUSANA PESTA MALAM Dhealiani Catur Ekawati; Yulistiana Yulistiana
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (754.858 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p48-56

Abstract

Vertisol adalah tanah yang kaya dengan kemampuan mengembang dan mengkerut dengan perubahan kelembaban tanah. Selama masa kering, volume tanah mengkerut, sehingga terjadi retakan tanah yang dalam dan melebar. Berdasarkan sumber ide tersebut, penulis membuat busana pesta malam dengan teknik aplikasi kain dengan motif vertisol. Teknik aplikasi kain diterapkan pada bagian rok secara menyeluruh. Tujuan siaga untuk melihat proses pembuatan dan penerapan teknik aplikasi motif pada busana pesta malam dan hasil jadi teknik aplikasi motif pada busana pesta malam. Proses pembuatan teknik aplikasi motif vertisol pada busana pesta malam menggunakan kain suede dimulai dari membuat desain motif yang sesuai dengan bentuk sumber ide tanah vertisol. Proses penerapan teknik aplikasi motif pada busana pesta malam dimulai dengan menyemat aplikasi pada bahan utama rok kemudian menata motif tersebut sesuai dengan desain. Kemudian dijahit menggunakan mesin jahit dan pada saat menjahit diberi jarak 0,3 cm dari tepi kain. Hasil jadi busana pesta malam dengan teknik aplikasi motif vertisol terlihat mirip dengan sumber ide yaitu tanah vertisol yang membentuk seperti rekahan. Pemilihan bahan dantone warna kecoklatan membuat gaun terlihat unik, indah dan elegan. Vertisol is a land rich in clay with the ability to expand and contract with changes in land moisture. During the dry period, the soil volume shrinks, resulting in deep and widening land cracks. Based on the source of these ideas, the authors make evening clothing with fabric application techniques with the advertiser motif. Fabric application is applied to the approved skirt section. The purpose of this paper is to find out the process of making and applying the vertisol application technique to evening party fashions and the results to be the application of the vertisol motif application to evening party fashions. The process of making vertisol motif application techniques in evening party outfits using suede fabric starts from making motif designs that are in accordance with the shape of the vertisol land idea. The process of applying the vertisol motif technique to evening party outfits starts with pinning the application to the main material of the skirt then arranging the motif according to the design. Then sewn using a sewing machine and when sewing are given a distance of 0.3 cm from the edge of the fabric. The results of the evening party fashion with the application technique of vertisol motifs look similar to the source of ideas namely vertisol land that makes like a crack. Choice of material colors and brownish tones make the dress look unique, beautiful and elegant.
PENERAPAN APLIKASI HEXAGON TIGA DIMENSI PADA BUSANA PESTA MALAM Astri Sri Lestari; Ec. Mein Kharnolis
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.44 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p20-27

Abstract

Sumber ide yang di ambil terinspirasi dari cyber security, dan munculah ide penerapan aplikasi hexagon tiga dimensi yang berbuat dari tekstil kulit sintesis, yang mana inspirasi tersebut dari pancaran cahaya cyber security yang muncul secara bertabrakan sehingga cahaya tersebut memiliki bentuk menyerupai hexagon tampak timbul dan nyata. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui proses pembuatan dan penerapan teknik aplikasi hexagon tiga dimensi pada busana pesta malam serta mengetahui hasil jadi pada pembuatan busana berdasarkan sumber ide. Proses pembuatan aplikasi tiga dimensi meliputi dari mempersiapkan mannequin sebagai alat cetak pada bagian bahu, membentuk kain flannel sesuai dengan ukuran bahu, mengukur dan memotong kertas duplek sesuai dengan tinggi, rendah, besar, dan kecil ukuran hexagon, memasang duplek yang telah di potong, dan merekatkan tekstil sintetis dengan lem tembak sebagai cover bangun tersebut. Penerapan aplikasi hexagon tiga dimensi pada busana pesta dimulai dari mempersiapkan aplikasi hexagon tiga dimensi yang telah di buat, mempersiapkan velcro ukuran 3 cm, mengukur panjang dan pendek velcro yang akan digunakan, menyemat velcro dengan jarum pentul pada bagian bahu sebagai penguat perekat velcro, menjahit velcro dengan jarum tangan sebagai penguat tumpuhan. Hasil jadi busana yang menerapkan aplikasi hexagon tiga dimensi pada busana pesta terlihat indah, unik, futuristic dan elegant. The source of ideas taken was inspiring by cyber security, and the idea of ​​applying a three-dimensional hexagon application that made from synthetic leather textiles, which was inspired by the collapsing cyber security light that appeared in a collision so that the light has a shape that resembles a hexagon seemed to arise and be real. The purpose of this paper is to determine the manufacturing process and application of three-dimensional hexagon application techniques in evening party outfits and to find out the finished results on fashion making based on the source of ideas. The process of making three-dimensional applications includes preparing mannequin as a printing tool on the shoulder, forming a flannel fabric according to shoulder size, measuring and cutting duplex paper in accordance with high, low, large, and small hexagon sizes, installing duplexes that have been cut, and glue synthetic textiles with firing glue as a cover. The application of three-dimensional hexagon in a party dress starts from preparing the three-dimensional hexagon application that has been made, preparing velcro size 3 cm, measuring the length and short velcro to be used, embedding velcro with a pin on the shoulder as a reinforcement for velcro adhesive, sewing velcro with hand needles as reinforcement. The results become fashion that applies a three-dimensional hexagon application to a party outfit that looks beautiful, unique, futuristic and elegant.
PENERAPAN APLIKASI PAYET & AKRILIK PADA BUSANA PESTA MALAM SEBAGAI SUMBER IDE STAR NIGHT Merinda Dwi Restyawati; Lutfiyah Hidayati
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.894 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p73-81

Abstract

Aplikasi payet merupakan hiasan yang dilekatkan pada suatu permukaan kain berupa payet berlubang ditengahnya untuk dipasang pada baju. Busana pesta malam sebagai sumber ide star night terinspirasi dari bintang yaitu sebuah sinar bintang langit dimalam hari. Tujuan penelitian ini adalah:1) untuk mendeskripsikan proses penerapan aplikasi payet & akrilik pada busana pesta malam bertema star night 2) untuk mendeskripsikan hasil jadi busana pesta malam sesuai sumber ide dengan menerapkan aplikasi payet & akrilik. Penelitian ini merupakan penelitian penciptaan karya, yang terdiri atas 4 tahap yaitu pra-perancangan, perancangan, perwujudan, dan penyajian. Hasil penelitian menyatakan bahwa:1) proses penerapan aplikasi pada busana pesta malam meliputi menyiapkan alat dan bahan, untuk aplikasi payet menata payet dan melekatkan pada busana dengan teknik tabur. Sedangkan penerapan akrilik meliputi memberikan warna pada akrilik dengan di pylox, menata akrilik bintang dan melekatkan pada busana dengan teknik tabur. 2) Hasil busana pesta malam dengan sumber ide star night yang diwujudkan melalui penerapan aplikasi payet & akrilik untuk mendapatkan warna ungu tua, busana pesta berbentuk siluet A seperti bentuk star. Bahan yang digunakan bahan satin dan tile, karena memiliki kemiripan pada background langit. Busana pesta malam ini terdiri dari bustier, rok lingkar penuh dan lengan bishop. Sequin application an ornament that is attached to a fabric surface in the form of a hollow sequin in the middle to be attached to clothes. Evening wear as a source of star night ideas inspired by the stars that is a star sky at night. The purpose of this study is: 1) to describe the application process of sequin & acrylic applications on star night themed nightclubs 2) to describe the results of the evening wear according to the source of ideas by applying sequin & acrylic applications. This research is a work creation research, which consists of 4 stage, namely pre-design, design, embodiment, and presentation. The results of the study stated that:1) the application process in the evening wear included preparing tools and materials, for the application of sequins arranging the sequins and attaching them to clothes with the sow technique. While the application of acrylics includes giving color to acrylics in pylox, arranging star acrylic and attaching to clothes by sowing technique.2) The results of the evening wear with the source of the Star night idea that is realized through the application of sequins & acrylic applications to get a dark purple color, A dress in the shape of a silhouette like a star shape. The material used in this dress is satin and tile, because it has similarities in the sky background. This evening wear consists of a bustier, full-circle skirt and bishop sleeves.
Gaun Malam Futuristik Melly Andari; Yulistiana Yulistiana
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.84 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n2.p118-127

Abstract

Gaun malam adalah busana pesta malam yang mewah sepanjang mata kaki atau hampir menyentuh lantai dengan menggunakan bahan-bahan yang istimewa. Bahan dalam pembuatan gaun malam terus berkembang seiring dengan berkembangnya dunia fashion. Salah satu inovasi yang menarik adalah pembuatan gaun malam futuristik. Dalam pembuatan gaun malam futuristik, bahan yang di terapkan adalah lighting. Penerapan lighting mampu mengoptimalisasikan keindahan sebuah gaun malam, lighting berfungsi sebagai dekorasi sebuah gaun sehingga dapat memberikan kesan tersendiri. Selain itu, konsep penggunaan lighting memberikan sentuhan futuristik pada gaun malam baik dari segi penggunaan bahan maupun penampilan sebuah gaun malam. Salah satu pemilihan lighting yang cocok adalah jenis LED strip yang dapat di koreografikan sesuai dengan sumber ide. Sumber ide untuk gaun malam ini adalah database network sebagai salah satu kecanggihan teknologi. Dari sumber ide database network ini memunculkan sebuah ide gaun malam berbahan organdi yang memiliki karakteristik transparant dengan penerapan lighting pada setiap garis hiasnya. Tujuan penulisan karya ilmiah yaitu untuk mengetahui bahan dan proses sebuah gaun malam futuristik, serta mengetahui hasil jadi sebuah gaun malam futuristik. Metode yang di terapkan dalam pembuatan gaun malam futuristik adalah metode penciptaan demgan kolaborasi antara tata busana dan elektro. Hasil perwujudan gaun malam futuristik dengan penerapan lighting menjadi salah satu inovasi terbaru. Koreografi dari lighting mampu menjadi pusat perhatian sehingga sangat efektif untuk menjadi hiasan sebuah gaun malam yang futuristik. The research objectives were to determine the materials and the process of making a futuristic evening gown, and to determine the results of a futuristic evening gown. The manufacture of futuristic evening gowns consists of several stages: selecting fabri (organdy), LED strips, cables, tin, powerbank. The process of making a futuristic evening dress is done with a collaborative method of fashion and electrical engineering. The manufacture of futuristic evening gowns includes determining the source of ideas, materials, designs, the process of applying LEDs to the dress, and embodiments. The result of being a futuristic evening dress with the application of lighting is one of the latest innovations. The choice of organdy material which has a transparant characteristic manifested in the L silhouette is perfect for evening dresses that apply LEDs. All cables to connect the LED strip segments must match the installation and be attached with glue, this is so that the cable does not break when the dress is worn. The lighting embodiment results are in accordance with the network database. Selection of organdy material which has transparant characteristics for evening dresses that apply LED strips so that the lighting can be maximized in emitting light. In addition, the application of sequins that are arranged according to the source of the idea can complement the glamorous and futuristic impression of the evening dress.
Penerapan Hiasan Bias Piping pada Busana Pesta Malam dengan Tema Lawang Sewu Fitri Hardiyanti Hasanah HM; Lutfiyah Hidayati
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 2 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.674 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n2.p91-98

Abstract

Lawang sewu merupakan sebuah bangunan tua yang menyimpan sisi keindahan, sehingga menginspirasi untuk menjadikannya sumber ide rancangan busana pesta malam. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses penerapan hiasan bias piping pada busana pesta malam bertema lawang sewu. 2) mendeskripsikan hasil busana pesta malam bertema lawang sewu dengan penerapan hiasan bias piping. Metode penelitian ini menggunakan penciptaan karya, yang terdiri atas empat tahap, yaitu pra-perancangan, perancangan, perwujudan, dan penyajian. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) proses penerapan hiasan bias piping pada busana pesta malam bertema lawang sewu meliputi pada a) bagian bawah atau rok, terdapat hiasan bias piping berupa garis yang membentuk menyerupai lawang sewu. b) bagian atas atau bustier, terdapat hiasan bias piping berupa garis garis siku atau sudut dari bagian lawang sewu. 2) hasil busana pesta malam bertema lawang sewu dengan penerapan hiasan bias piping jika dijelaskan secara keseluruhan terlihat menonjol pada bagian bawah atau rok. Sedangkan pada bagian atas atau bustier digunakan sebagai pelengkap dengan pengaplikasian hiasan bias piping berupa garis garis siku atau sudut dari bagian lawang sewu. Lawang sewu is a historic old building that holds a side of beauty, thus inspiring it to be a source of ideas for evening party fashion designs. The purpose of this study are: 1) describe the process of applying bias piping decorations on the lawang sewu evening party outfits. 2) describe the results of the lawang sewu night party dressings with the application of bias piping decorations. This research is a work creation study, which consists of four stages, namely pre-design, design, embodiment, and presentation. The results of the study stated that: 1) the process of applying the bias pipng decoration on the lawang sewu evening party dress includes on a) the bottom or skirt, there is a bias piping decoration in the form of a line forming like a lawang sewu gutter. b) the top or bustier, there is a refractive decoration bias piping in the form of elbow lines or angles of the gutter sewu. 2) the results of the lawang sewu evening party clothing with the application of bias piping decoration if explained as a whole stand out on the bottom or skirt. While at the top or bustier is used as a complement to the application of bias decoration bias piping in the form of elbow lines or angles of the gutter sewer. evening party fashion design has a design that consists of many pieces and there are variations in the shape of a rectangular, so it requires the application of bias piping decoration. The purpose of writing this article is to discuss the process of applying bias piping decorations, along with the finished clothing.
INSPIRASI FOSIL MENGGUNAKAN KOMBINASI BORDIR DUA DIMENSI DAN AIR BRUSH PADA BUSANA PESTA WANITA Najwa Fauzus Sa'aadah; Yuhri Inang Prihatina
BAJU: Journal of Fashion & Textile Design Unesa Vol 1 No 1 (2020)
Publisher : Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.34 KB) | DOI: 10.26740/baju.v1n1.p38-47

Abstract

Penulisan ini membahas tentang proses pembuatan busana pesta wanita dengan sumber ide fosil menggunakan kombinasi bordir dua dimensi dan air brush. Mengangkat tema La Nervure busana pesta wanita ini dirancang mengikuti langkah-langkah pada metode penciptaan karya seni kriya yaitu terdapat enam langkah proses, terdiri dari: eksplorasi, konsep/tema, perancangan, desain, perwujudan, dan evaluasi. Dari eksporasi muncul konsep/tema fosil tulang dinosaurus bersifat kuno dan menyeramkan namun menarik untuk dijadikan icon busana pesta wanita. Fosil dinosaurus memiliki keunikan dari segi warna dan bentuk dari fosil tulang dinosaurus yang rumit seperti duri, memiliki tulang punggung yang tajam, dan berkaki empat. Proses pembuatan bordir dua dimensi menggunakan material bahan organza yang dibordir sesuai dengan bentuk motif tulang dinosaurus yang telah dibuat dengan menggunakan mesin bordir high speed. Pembuatan efek gradasi air brush menggunakan pewarna cat akrilik yang disemprotkan menggunakan pen brush pada bagian lekukan-lekukan bentuk motif tulang dinosaurus sehingga memiliki kesan tampak lebih hidup. Hasil jadi busana wanita yang diperoleh yaitu menggunakan siluet I-line dari sumber ide untuk direkayasa menjadi sebuah desain. Penerapan kombinasi bordir dua dimensi dan air brush yang diterapkan pada busana pesta wanita menjadi pusat perhatian (center of interest). This writing discusses the process of making women's party dress with the source of fossil ideas using a combination of two-dimensional embroidery and air brush. Taking the theme of La Nervure, this women's party wear was designed to follow the steps in the method of creating the which is a six-step process, consisting of: exploration, concept / theme, design, design, embodiment, and evaluation. From exportation emerged the concept / theme of dinosaur bone fossils is ancient and creepy interesting to be used as a fashion icon for women's party dress. Dinosaur fossils are unique in terms of color and shape of complex dinosaur fossil bones such as thorns, have sharp backbones, and quadrupeds. The process of making two-dimensional embroidery using organza material which is embroidered according to the shape of the dinosaur bone motif that has been made using a high speed embroidery machine. The making of water brush gradation effect using acrylic paint coloring sprayed using a pen brush on the curve of the dinosaur bone motif shape so that it has the impression of looking more alive. The result is that women's dress is obtained using an I-line silhouette from an idea source to be engineered into a design. The application of a combination of two-dimensional embroidery and air brushes that are applied to women's party wear is the center of interest