cover
Contact Name
Fatkhurahman
Contact Email
fatkhurahmanq8@gmail.com
Phone
+6281365440697
Journal Mail Official
economicajurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Diponegoro IX/10 Pekanbaru » Tel / fax : 0761 856766 / 0761 856766
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Economica: Media Komunikasi ISEI Riau
ISSN : 24069418     EISSN : 2797894X     DOI : https://doi.org/10.46750/economica
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Economica menerbitkan artikel bidang ekonomi seperti berikut, namun tidak terbatas pada: Sosial Ekonomi Ekonomi Kreatif Ekonomi Pembangunan Pemasaran Manajemen Kebijakan Publik Akuntansi Keuangan e-commerce Bisnis Internasional Kewirausahaan
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022" : 11 Documents clear
REAKSI INVESTOR SEBELUM DAN SETELAH PENGUMUMAN PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA PADA PERUSAHAAN TERINDEKS IDXBUMN20 Indri Suryani
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.945 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.52

Abstract

Pasar modal bereaksi terhadap pengumuman suatu peristiwa yang memiliki informasi, yang diperoleh dari pengumuman peristiwa yang bertujuan untuk melihat reaksi investor di pasar modal terhadap pengumuman suatu peristiwa.Pandemi Covid-19 pertama kali diumumkan telah memasuki Indonesia Diresmikan pada 2 Maret 2020 oleh Presiden Joko Widodo. Pengumuman kasus Covid-19 mengakibatkan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia pada saat ditutup turun 91,46 poin atau turun 1,68 persen menjadi 5.361,25. pasar modal terhadap pengumuman Pandemi Covid-19 di Indonesia dengan melihat abnormal return dan aktivitas volume perdagangan. Penelitian ini merupakan penelitian event study dengan sampel perusahaan yang tergabung dalam IDXBUMN20. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian event study. Populasi dalam penelitian ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terindeks oleh IDXBUMN20 periode Februari sampai Juli 2020. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji one sample t-test dan Paired sample t-test. Kesimpulan Penelitian ini memberikan hasil. Pada periode event hanya terdapat 4 saham abnormal return yaitu: TMIN10, TMIN9, TMIN5, TPLUS7. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa sebelum pengumuman pandemi Covid-19 terdapat lebih banyak sebelum abnormal return dibandingkan setelah pengumuman Pandemi Covid-19. Dan tidak ada perbedaan antara abnormal return dan aktivitas volume perdagangan sebelum dan sesudah pengumuman pandemi Covid-19 di Indonesia.
DETERMINAN LOKASI INDUSTRI TEPUNG TAPIOKA DI KABUPATEN BENGKALIS: PENDEKATAN GRAVITY HANSEN Wulan Sardiana; Mardiana; Dahlan Tampubolon; Toti Indrawati
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.639 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.62

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan lokasi industri tepung tapioka di Kabupaten Bengkalis. Pendekatan utama dari penelitian ini adalah metode lokasi Weber. Perhitungan titik pusat lokasi industri menggunakan nilai lokasi menggunakan metode statistik Sturgess dan faktor fasilitas akses menggunakan metode gravitasi Hansen. Hasil penelitian menemukan bahwa lokasi yang dipilih adalah Kecamatan Mandau dan sekitarnya di Kabupaten Bengkalis. Produksi singkong di Kabupaten Mandau, Kabupaten Pinggir, dan Kabupaten Bahtin Solapan sebesar 10.027,68 ton per tahun. Kemudahan memasarkan hasil panen singkong yang dekat dengan pasar memberikan peluang yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di daerah yang akan didirikan pabrik. Weber menjelaskan penentuan lokasi kegiatan industri dalam segitiga lokasi. Menurut teori lokasi, pemilihan lokasi di wilayah Kecamatan Mandau sebagai lokasi pabrik tepung tapioka karena terpenuhinya faktor-faktor pendirian pabrik. seperti bahan baku, tenaga kerja, transportasi, sarana dan prasarana, listrik, faktor kenyamanan seperti pendidikan, kesehatan, pasar, dan perbankan, kemudian kebijakan pemerintah dan aglomerasi, serta fasilitas pendukung lainnya.
PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEBIJAKAN DEVIDEN, DAN CAPITAl INTENSITY RATIO TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK Teguh Erawati; Anjar Sularso
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.921 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.65

Abstract

Penelitian ini .bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh leverage, profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Capital Intensity Ratio terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data penelitian diperoleh melalui website resmi bursa efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Agresivitas Pajak. Ada 5 variabel independent dalam penelitian ini yaitu leverage profitabilitas ukuran perusahaan kebijakan dividen dan capital intensity ratio. Metode pengambilan sampel pada penelitian dilakukan secara nonprobability dengan menggunakan teknik purposive sampling.Berdasarkan koefisien regresi variabel leverage memiliki nilai t sebesar -0,949 dan signifikansi 0,349. variabel profitabilitas memiliki nilai t sebesar -1,535, dan signifikansi 0,133. variabel ukuran perusahaan memiliki nilai t sebesar 3,043, dan signifikansi 0,004. variabel kebijakan dividen memiliki nilai t sebesar-0,592, dan signifikansi 0,558. variabel kebijakan dividen memiliki nilai t sebesar 2,353, dan signifikansi 0,024.Leverage tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap agresivitas pajak. Kebijakan Deviden tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Capital Intensity Ratio berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap agresivitas pajak.
ANALISIS PERBEDAAN PENERIMAAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), PAJAK HOTEL DAN PAJAK RESTORAN SEBELUM DAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2020 Andri Waskita Aji; Della Intan Pratiwi
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.624 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.66

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan antara penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pajak Hotel, dan Pajak Restoran sebelum dan pada masa Pandemi Covid-19 di Kota Yogyakarta tahun 2020. Data dalam penelitian ini didapatkan dengan cara mengunduh laporan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta sehingga data dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan dari program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pajak hotel dan pajak restoran sebelum dan pada masa pandemi covid-19 di Kota Yogyakarta tahun 2020. Kemudian untuk penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan pada masa pandemi Covid-19 di kota Yogyakarta tahun 2020.
IMPLEMENTASI SAK EMKM PADA UMKM DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI Teguh Erawati; Susanti Susanti
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.308 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.67

Abstract

Penelitian ini .bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh leverage, profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Capital Intensity Ratio terhadap agresivitas pajak. Populasi dalam penelitian ini perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder. Data penelitian diperoleh melalui website resmi bursa efek Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Agresivitas Pajak. Ada 5 variabel independent dalam penelitian ini yaitu leverage profitabilitas ukuran perusahaan kebijakan dividen dan capital intensity ratio. Metode pengambilan sampel pada penelitian dilakukan secara nonprobability dengan menggunakan teknik purposive sampling.Berdasarkan koefisien regresi variabel leverage memiliki nilai t sebesar -0,949 dan signifikansi 0,349. variabel profitabilitas memiliki nilai t sebesar -1,535, dan signifikansi 0,133. variabel ukuran perusahaan memiliki nilai t sebesar 3,043, dan signifikansi 0,004. variabel kebijakan dividen memiliki nilai t sebesar-0,592, dan signifikansi 0,558. variabel kebijakan dividen memiliki nilai t sebesar 2,353, dan signifikansi 0,024.Leverage tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap agresivitas pajak. Kebijakan Deviden tidak berpengaruh secara signifikan dan negatif terhadap agresivitas pajak. Capital Intensity Ratio berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap agresivitas pajak.
DAMPAK TATA LETAK FASILITAS JASA TERHADAP EMOSI POSITIF KONSUMEN DAN MINAT BELI (STUDI KASUS PADA PASAR WISATA KOTA PEKANBARU) Zulia Khairani; Efrita Soviyanti; Faizah Kamilah
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.897 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.68

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis persepsi konsumen terhadap kondisi tata letak fasilitas pelayanan, emosi positif konsumen, dan minat beli pada pasar pariwisata di Kota Pekanbaru. Tata letak fasilitas pelayanan terdiri dari 6 dimensi yaitu tata ruang, tata ruang, peralatan/furniture, pencahayaan, warna, dan pesan yang disampaikan secara grafis. Dalam penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata letak fasilitas pelayanan terhadap emosi positif konsumen dan minat beli. Selain itu juga menganalisis pengaruh tata letak fasilitas pelayanan terhadap niat beli dengan emosi positif konsumen sebagai variabel mediator. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang pernah berbelanja di Pasar Wisata dalam 3 bulan terakhir, dengan menggunakan metode incidental sampling kemudian dianalisis data yang diperoleh menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t, dan analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif adalah interpretasi terhadap data yang diperoleh dalam penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan memberikan keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menemukan bahwa tata letak fasilitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, tata letak fasilitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif konsumen, emosi positif konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif konsumen. niat beli, dan emosi positif mampu memediasi pengaruh tata letak fasilitas pelayanan. tentang minat beli di pasar wisata konsumen di Pekanbaru
PENGEMBANGAN KOMPETENSI BERWIRAUSAHA UMKM DI KOTA PEKANBARU Novita
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.389 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.69

Abstract

Keberhasilan berwirausaha UMKM tergantung pada pengelola usaha, kompetensi berwirausaha dari pengelola usaha menjadi pertanyaan penting yang harus dijawab agar keberhasilan berwirausaha secara optimal dapat terwujud. Melalui metode kuantitatif penelitian ini membuktikan apakah faktor motivasi, karakteristik dan fasilitas mempengaruhi kompetensi berwirausaha dari 40 orang pengelola UMKM di Kota Pekanbaru. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka pengembangan kemampuan berwirausaha bahwa faktror motivasi berwirausaha dan fasilitas berusaha menjadi faktor yang terbukti mempengaruhinya. Sedangkan karakter pengelola usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap keamampuan berwirausaha.
ANALISIS KEHADIRAN PASAR KAGET BAGI IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA DI MASA PANDEMI Wita Dwika Listihana; Idel Waldelmi; Afvan Aquino
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.797 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.70

Abstract

Dari hasil olahan data dengan menggunakan alat analisis regresi linier sederhana di peroleh formula seperti persamaan di atas yang artinya : besarnya pengaruh kontribusi pasar kaget terhadap pemenuhan kebutuhan rumah tangga yakni positif sebesar 0,889072848, ini artinya keberadaan pasar kaget memberikan dampak positif atau semakin banyak keberadaan pasar kaget akan memberikan kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan masyarkat untuk mendapatkan kebuthan sehari hari. Setiap peningkatan satu satuan pasar kaget akan menyebabkan peningkatan sebesar 0,889072848 satuan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Pasar kaget ini memberikan pilihan barang –barang kebuthan seperti sembilan bahan pokok dengan keunggulan lokasi yang mudah di jangkau karena keberadaanya dekat dengan masyarakat ditambah dengan variasi produk yang menjamin kualitass serta harga yang bersaing didapatkan oleh warga masyarakat. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung 4,436148454 dan apabila di bandingkan dengan nilai t table sebesar 1,99045, ini menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t table yang artinya H0 di tolak bermakna hipotesis penelitian di terima, yakni keberadaan pasar kaget berpengaruh significant terhadap pemenuhan kebutuhan masyakat sekitar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan popolasi sample yang tak terhingga.
MINAT BERWIRAUSAHA GENERASI MILENIAL DI KOTA PEKANBARU Rina Sundari
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (114.048 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.71

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji sejauh mana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat untuk berwirausaha bagi generasi milenial dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden sebanyak 85 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebanyak 94,1% responden merasa memiliki potensi sebagai wirausaha. Responden yang merasa bahwa menjadi wirausahawan adalah pihan karir yang menjanjikan 95,3%. Mayoritas pilihan karir mahasiswa setelah lulus kuliah adalah bekerja sekaligus membangun usaha adalah sebanyak 67,1% dan latar belakang pekerjaan orangtua mahaisiswa 57,8% wirausaha.
PENILAIAN KESEHATAN BANK TABUNGAN NEGARA Tbk SEBELUM PANDEMI DAN PADA SAAT PANDEMI COVID -19 Rita Wiyati; Liviawati Liviawati; Gusmarila Eka Putri
Jurnal Economica Vol. 10 No. 1 (2022): Jurnal Economica, April 2022
Publisher : Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.706 KB) | DOI: 10.46750/economica.v10i1.72

Abstract

Bank Tabungan Negara Tbk perlu mempersiapkan diri agar mampu bersaing di industri perbankan. Kesehatan suatu bank sangat penting bagi pembentukan kepercayaan dalam dunia perbankan. Oleh karena itu bank dituntut untuk bisa mencapai dan mempertahankan tingkat kinerja yang baik dan optimal, karena tingkat kinerja bank yang baik dapat meningkatkan kepercayaan serta loyalitas nasabah maupun masyarakat luas untuk menggunakan produk, jasa dan aktivitas keuangan dari bank tersebut. Penelitian ini untuk menganalisis kesehatan bank dari aspek Risk Profile, Earning dan Capital. Metode penelitian nya dengan analisis deskripstif kuantitatif. Berdasarkan penilaian dan analisis kesehatan bank yang telah dilakukan pada Bank Tabungan Negara Tbk dari tahun 2018 – 2020, maka dapat dinilai secara rata rata untuk aspek Risk profile dalam kondisi cukup sehat , sedangkan aspek earning (Profitabilitas) pada dua tahun terakhir yaitu tahun 2019 dan 2020 kurang sehat dan cukup sehat. Serta untuk aspek Capital pada tahun 2018 - 2020 Bank tabungan Negara Tbk, mengalami kenaikan kinerja keuangan dalam hal ini penanganan dalam meningkatkan kepercayaan dari masyarakat untuk menyalurkan dananya, terutama dalam permodalan bidang property perumahan rakyat.

Page 1 of 2 | Total Record : 11