cover
Contact Name
Elok Faik Khotun Nihayah
Contact Email
elokmath72@gmail.com
Phone
+6285395048454
Journal Mail Official
jurnallinear@gmail.com
Editorial Address
Jl. Dewi Sartika No.67 A, Luwuk-Banggai
Location
Kab. banggai,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 25498657     EISSN : 27763463     DOI : https://doi.org/10.53090/jlinear
Core Subject : Education,
Hasil riset bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran yang meliputi ilmu pendidikan matematika, pendidikan kewarganegaraan dan pancasila, dan ilmu pendidikan bimbingan dan konseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT MELALUI DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTS NEGERI 1 LUWUK Danti Yuliarsi Saadjad
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.908 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendesrikpsikan pengaruh model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring tarhadap hasil belajar siswa kelas VII materi IPA. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Negeri 1 Luwuk, menggunakan metode quasy experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan tes ekperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA 20 orang dan kelas VIIB 20 orang, dipilih menggunakan purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh secara nyata terhadap hasil belajar diperoleh nilai thitung  = 5,763 > nilai ttabel = 2,101. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT melalui pembelajaran daring berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VII MTS Negeri 1 Luwuk.
HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI SMP N 3 LUWUK KABUPATEN BANGGAI Lakilo Laruli
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.439 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.98

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Gaya Belajar Dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pagimana  Kabupaten Banggai, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik Di SMPNegeri 3 Pagimana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes.Analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment.hal ini maka di peroleh nilai koefisien korelasi (r) =    atau 94,65  % adalah angka positif. Adapun Nilai KD = 89,59% menunjukan besar hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematika Di SMP Negeri 3 Pagimana, sebesar 38,89%. Sedangkan nilai thitung = ., Dengan derajat  kebebasan (db) =28 – 2 = 26 dan taraf signifikansi  0,05 = 2,05 sehingga, thitung  lebih dari pada  ttabel atau  > 2,05 maka korelasi yang terjadi adalah berarti atau signifikan sehingga korelasinya adalah adanya hubungan antara gaya belajar dengan kemampuan pemahaman konsep matematika Di SMP Negeri 3 Pagimana. Dengan demikian hipotesis diterima
ANALISIS PENGUASAAN MATERI PRASYARAT ALJABAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL Elok Faik Khotun Nihayah
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.669 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.127

Abstract

Aljabar merupakan materi prasyarat yang harus dikuasai oleh siswa untuk mempelajari materi SPLDV. Namun, sebagian besar siswa masih memperoleh nilai rendah pada materi SPLDV dikarenakan kurangnya penguasaan materi prasyarat aljabar. Olehnya itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguasaan materi prasyarat aljabar dalam menyelesaikan soal SPLDV, dan faktor penyebab rendahnya penguasaan materi prasyarat aljabar. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 subjek penelitian hanya 1 subjek yang mampu menguasai materi prasyarat aljabar dan 3 subjek lainnya belum mampu menguasainya. Hal ini didasarkan pada perolehan nilai tes diagnostik.Dari 4 subjek, hanya 1 subjek memperoleh nilai 88.89 dan telah memenuhi KKM. Sedangkan 3 subjek lainnya memperoleh nilai 66.67, 33,33, dan 38,89. Faktor penyebabnya yakni: tidak mengetahui makna symbol matematika, sulit menganalisis kalimat verbal untuk menyusun model matematika, dan sulit dalam perhitungan metode subtitusi terkait bilangan negatif dan positif. Sehingga, kemampuan penguasaan materi prasyarat aljabar kelas VIIIC SMP Negeri 1 Luwuk berada pada kategori kurang
POLA PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA KURANG MAMPU DI DESA ONDO-ONDOLU KECAMATAN BATUI KABUPATEN BANGGAI Almustari Enteding
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.995 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.128

Abstract

Fakta di Desa Ondo-OndoluKecamatan Batui menunjukkan suatu kondisi dimana masih ada orang tua warga masyarakat yang kehidupan ekonominya berkecukupan dan lebih mapan, akan tetapi anak-anak dari orang tua mapan tersebut tidak satupun yang berpendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi, dan berdasarkan pandangan masyarakat gagal dalam mendidik/mengasuh anaknya. Sementara orang tua yang serba kekurangan, justru berhasil mendidik anak-anaknya hingga ada yang sampai keperguruan tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Desa Ondo-Ondolu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang pola pendidikan anak pada keluarga kurang mampu di Desa Ondo-Ondolu bahwa para orang tua menerapkan: (1). Pola Otoriter. (2). Pola Demokratis. (3). Pola Pengawasan. (4). Pola Keteladanan. (5). Pola Pembiasaan. Pola pendidikan anak yang diterapkan oleh keluarga kurang mampu di Desa Ondo-Ondolu Kecamatan Batui, hanya menerapkan pola otoriter dan pola demokratis yang diikuti dengan tiga pola pendidikan sebagai pola pendukung yaitu pola pengawasan, pola keteladanan dan pola pembiasaan. Sedangkan pola permisif tidak diterapkan oleh orang tua kurang mampu di Desa Ondo-Ondolu
PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA MATERI HIMPUNAN Saipul Bachri S Lajiba
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.062 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.129

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran matematika pada materi himpunan yang berbasis kontekstual dan di integrasikan dengan nilai nilai keislaman sehingga layak digunakan sebagai modul matematika di MTs Al-Khairat Balantak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah validasi ahli materi dan media, wawancara, angket respon dan test hasil belajar. Hasil penelitian dari validasi ahli materi tahap 1 diperoleh rata-rata dari 2.00 – 4.50, sedangkan validasi ahli materi tahap 2 diperoleh rata rata dari 4.00 -5.00.Pada validasi ahli media tahap 1 diperoleh rata – rata 3.00-5.00, sedangkan validasi ahli media tahap 2 diperoleh rata – rata 4.00-5.00. simpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai modul karena dinilai telah memenuhi aspek/indakator dari pengembangan modul pembelajaran.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI LINGKARAN Rendi Hadian Tamagola; Hasman Owuna
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.851 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada materi lingkaran.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitiannya menunjukkan kemampuan siswa mengidentifikasi masalah dari 78,15% pada siklus I menjadi 86,30% pada siklus II, merencanakan strategi pemecahan masalah dari 67,78% pada siklus I menjadi 76,67% pada siklus II,menyelesaikan masalah dari 67,92% pada siklus I menjadi 77,92% pada siklus II, kemampuan mengevaluasi masalah dari 78,06% pada siklus I menjadi 91,39% pada siklus II disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan Model RME pada siklus II ini berjalan dengan baik. Pembelajaran melalui Model RME dapat meningkatkan aktivitas pada siswa dan guru khususnya pada materi Lingkaran dikelas VIIIB MTs Alkhairat Luwuk. Hal ini dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dengan Model RME meningkat dari 79,95 % pada siklus I menjadi 94,27% pada siklus II dan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 83,16% pada siklus I menjadi 94,96% pada siklus II
HIGHER STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT ON THEIR BLOG Nurlaela
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.035 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.131

Abstract

The aim of this study was describing higher students’ ability in writing narration text on their blog. This study method is descriptive quantitative. The data was collected from the 30 higher students in mathematic department of education faculty in Universitas Tompotika Luwuk by asking them to write narration text on their blog. The students were asked to write narration text on their blog that they had chosen. In analyzing the data, I focus on ideas, richness of content, rhetorical features, organization, language control, and mechanism. From the data analyzed, it found that the students’ ability is 399,31 or 66,55% which is classified as high category. From the data calculation, I found that the students’ writing components are as follow: ideas is 98 or 65,33%, richness of content is 86 or 57,33%, rhetorical features is 121 or 80,66%, organization is 90 or 60%, language control is 83 or 55,33%, and mechanism is 121 or 80,66%. This study result implicates as contribution for the lecture, teacher, and students in teaching and learning narration text
MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING Moh. Fadly A. Dg. Matona
Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2021): Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tompotika Luwuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.328 KB) | DOI: 10.53090/jlinear.v5i1.133

Abstract

Tujuan Penelitian untuk meminimalkan kesulitan belajar yang ada pada siswa di MAN Luwuk, melalui Strategi Active Knowledge Sharing.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X KAG yang berjumlah 32. Jenis penelitian ini  yaitu penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang menunjukkan indikator  kesulitan belajar yang diambil dari pemberian angket pada akhir siklus, kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, aktifitas siswa yang  diambil dari lembar observasi siswa. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas pembelajaran siswa dan guru serta kesulitan belajar terjadi penurunan secara signifikan pada siswa melalui Strategi Active  Knowledge Sharing. Hal ini dapat di lihat dari rata-rata capaian aktivitas siswa pada siklus I mencapai 73,96% dan siklus II mencapai 92,45% sementara rata-rata capaian untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 74,17% dan siklus II mencapai 94,58%. Sedangkan berdasarkan hasil analisis kesulitan belajar didapatkan pada siklus I, dengan nilai rata-rata kesulitan pada siklus I diperoleh 26,37% dan siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 15%. Dengan perolehan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi Active Knowledge Sharing, maka kesulitan belajar  matematika siswa dapat diminimalisasikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8