cover
Contact Name
AOS
Contact Email
fisip@untagcirebon.ac.id
Phone
+6281221073405
Journal Mail Official
fisip@untagcirebon.ac.id
Editorial Address
Kampus 1, Jl. Perjuangan No. 17 Kota Cirebon Kode Pos: 4513
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal CENDEKIA Jaya
ISSN : -     EISSN : 26560828     DOI : https://doi.org/10.47685/cendekia-jaya
"CENDEKIA Jaya" FISIP UNTAG CIREBON merupakan jurnal media komunikasi dan publikasi ilmiah diterbitkan dua kali setahun oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon, berisikan hasil penelitian, makalah, skripsi dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan ilmu sosial dan ilmu politik.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari" : 10 Documents clear
TOURISM BRANDING KOMUNIKASI PEMASARAN EKONOMI KREATIF SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA WISATA BUDAYA PLUNTURAN KECAMATAN PULUNG KABUPATEN PONOROGO Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.12 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.113

Abstract

Masyarakat Indonesia mungkin belum familiar dengan istilah tourism branding atau branding pariwisata yang dalam perjalannya banyak melibatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia, sehingga diperlukan definisi umum strategi komunikasi. Strategi komunikasi pada hakekatnya adalah bagaimana melakukan perencanaan (planning), dalam penyampaian pesan (massage) melalui kombinasi berbagai unsur komunikasi sehingga pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami serta dapat mengubah sikap atau perilaku sesuai dengan tujuan komunikasi, dan ini bisa menjadi sangat luas tergantung pada kepentingan di dalam lingkup masyarakat tertentu. Bicara tentang komunikasi pemasaran kreatif maka ujungnya adalah bagaimana memunculkan industri kreatif di wilayah tersebut. Industri kreatif saat ini dipandang semakin penting dalam mendukung perkembangan perekonomian Indonesia, berbagai pihak berpendapat bahwa "kreativitas manusia adalah sumber daya ekonomi utama" dan bahwa “industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Desa Plunturan, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo sebagai lokasi penelitian menginginkan adanya usaha-usaha bersama dalam segala hal terutama upaya menggerakan semua potensi secara optimal agar perekonomian desanya dapat meningkat yang berharap hasilnya akan berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakatnya. Komunikasi yang dibangun di internal masyarakat desa Plunturan melalui kelompok-kelompok usaha kecil, menengah serta kelompok-kelompok pelaku dan pemerhati budaya sudah berjalan baik, sehingga kedepan nanti perlu adanya trobosan media untuk lebih memberdayakan kemampuan masyarakatnya, salah satunya memanfaatkan media sosial yang selama ini masih digandrungi oleh masyarakat kebanyakan terutama kaum milenial. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, dengan teknik observasi dan wawancara mendalam kepada narasumber (informan). Hasil dari penelitian ini selanjutnya dapat dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat.
HAMBATAN PENGEMBANGAN DESA WISATA BUDAYA: DESENTRALIASASI FISKAL (Studi Kasus Desa Plunturan, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo, Jawa Timur) Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Tan Evan Tanditono
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.253 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.124

Abstract

Desa Plunturan yang berada di Kabupaten Ponorogo merupakan daerah di Jawa Timur yang terkenal masih sangat berkesinambungan dalam melestarikan kebudayaan khas daerah Ponorogo. Pengembangan budaya mengalami gelombang pasang surut, tidak saja dikarenakan Indonesia pasca orde baru sedang terjadi krisis global yang menyebabkan kondisi ekonomi dunia dan Indonesia mengalami goncangan hebat yang berimbas kepada terganggunya pendanaan daerah, tetapi juga terkendala dalam perumusan kebijakan dalam pengembangan daerah. Para seniman menuntut peningkatan kesejahteraan dan juga dukungan dana pengembangan kebudayaan, namun hal tersebut tidak diiringi dengan kebijakan fiskal yang mendukung pengembangan daerah sehingga banyak daerah enggan untuk memenuhi tuntutan para seniman. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menjawab peranan Desentralisasi Fiskal terhadap Pengembangan Desa terutama menjadi Desa Wisata Budaya. Penelitian ini mengambil narasumber dari beberapa tokoh-tokoh penting yang ada di Desa Plunturan, baik dari kepala desa sampai tokoh masyarakat, dengan jumlah mencapai 5-10 orang. Penelitian ini mengambil data primer menggunakan panduan wawancara, focus group discussion, dan observasi lapangan. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil akhir dari penelitian adalah gambaran mengenai kedalaman suatu peristiwa atau fenomena yang dapat dijelaskan oleh teori yang ada ataupun juga menghasilkan teori baru, sehingga data yang diharapkan dihasilkan oleh metode ini dapat merupakan data yang dalam dan detail. Sifat dari penelitian ini adalah penjelajahan secara terbuka, dan diakhiri dengan melakukan wawancara secara mendalam terhadap sejumlah kecil orang demi mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya. Sasaran penelitian adalah mendapatkan informasi tentang kebutuhan komunikasi, tanggapan, dan pandangan akan permasalahan yang sedang dihadapi atau fenomena yang muncul kepermukaan.
ANALISIS KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KERETA API INDONESIA (KAI) DAOP 3 CIREBON Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Adie Irwan Kusumah
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.624 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.125

Abstract

Belum meratanya hasil kinerja karyawan yang baik yang disebabkan masih ada karyawan yang belum memahami komitmen terhadap perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon, sehingga penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang dituangan dalam bentuk skripsi dengan judul Analisis Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis, sedangkan teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara acak sederhana yaitu berjumlah 93 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi kepustakaan, observasi, angket dan studi dokumentasi. Analisis data tentang pengaruh antara variabel bebas yaitu komitmen organisasi dengan variabel terikat kinerja karyawan. Hasil diperoleh nilai thitung sebesar 7,382 sedangkan pada t tabel pada df 93 adalah sebesar 1,661; sehingga thitung > ttabel atau 7,382 > 1,661. Ini artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 3 Cirebon, dengan demikian hipotesis terbukti. Sedangkan nilai koefesien korelasi sebesar 0,612 sedangkan nilai koefesien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,375 atau 37,50%. Hal ini persentase pengaruh variabel komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai sebesar 37,50%. Sedangkan sisanya sebesar 62,50% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
KEBIJAKAN KEPENDUDUKAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Totok Harjanto
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.294 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.126

Abstract

Kebikan kependudukan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia telah menghasilkan perubahan demografi penduduk, dengan struktur demografi yang seimbang maka kegiatan ekonomi akan dapat dilaksanakan dengan lebih efektif. Saat ini Indonesia sedang menikmati bunus demografi yang mana jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan dengan usia nono produktif, artinya tersedia angkatan kerja dengan jumlah yang melimpah. Ketersediaan angkatan kerja dalam jumlah besar ini akan mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi apabila pemerintah dapat memanfaatkan momentum ini dengan mendorong investasi sektor riil yang dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Struktur demografi penduduk Indononesia mengalami perubahan yang cukup signifikan , sejak dicanangkannya program keluarga berencana pada awal tahun 1970 selama beberapa dekade bentuk demografi penduduk sudah berubah dari penduduk usia muda menjadi penduduk dewasa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk usia produktif sejak tahun 2010. Jumlah penduduk usia dewasa terus meningkat hingga mencapai 70 persen dari total populasi. Peningkatan jumlah penduduk dewasa ini ternyata belum diikuti dengan laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Dalam 5 tahun terakhir rata laju pertumbuhan ekonomi pada kisaran 5% pertahun, lebih rendah dari rata rata pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya yang rata rata diatas 6 persen. Nampaknya perlu kebijakan yang strategis dibidang kependudukan untuk memanfaatkan momen bonus demografi yang mampu mendorong laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA TIKET PESAWAT TERBANG Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Kustiadi Basuki
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (929.425 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.127

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis pengaruh e-commerce dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna jasa Traveloka. Banyak orang saat ini lebih tertarik menggunakan transportasi dengan pesawat terbang dalam perjalanan dinas maupun aktivitas bisnisnya, dikarenakan dianggap lebih efektif dan menghemat waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah para penumpang dan calon penumpang pesawat terbang yang berada di Bandara Soeksrnrno-Hatta. Adapun sampel penelitian adalah para penumpang yang membeli tiket melalui perusahaan jasa Traveloka. Teknik penentuan sampel menggunakan salah satu metode non-probability sampling yaitu, accidental sampling merupakan teknik penentuan sampel didasarkan kebetulan bertemu dan dianggap cocok sebagai sumber data oleh peneliti dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data melalui daftar pertanyaan (kuesioner) yang diberikan kepada responden untuk diisi, selanjutnya data dianalisis dengan metode SEM melalui software partial least square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel E-commerce tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, variabel E-commerce berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan dan variabel Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna Tiket Pesawat.
PENGARUH PEMBAGIAN PEKERJAAN DAN PENDELEGASIAN WEWENANG TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN CIREBON, KOTA CIREBON, KABUPATEN INDRAMAYU, DAN KABUPATEN KUNINGAN Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Heriyono Heriyono
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1051.14 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.128

Abstract

The background of this research is based on the phenomenon that the Regional Government-owned Regional Hospital, the focus is to serve the community in the health sector, so that pursuing profit is not a top priority for the RSUD, as a result sometimes service is slow, facilities, and administration are also slow. This study aims to analyze the effect of Job Distribution, Delegation of Authority, on Employee for the performance of Regional General Hospital staff, either simultaneously or partially. This study explains the causal (cause-effect) relationship between variables and tests the research hypothesis. The technique of determining the data is done by using probability sampling technique. The analysis method uses SEM (Structure Equation Modeling). The results showed that there was a significant effect of Job Distribution, Delegation of Authority and Bureaucracy on employee job satisfaction by 68.74%. There is a positive and significant influence, either directly or indirectly from the distribution of jobs on employee job satisfaction (23.02%), delegation of authority to employee job satisfaction (26.48%), There is a positive and significant effect of employee job satisfaction on employee performance by 77.04%.
MEKANISME HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA NEGARA PASCA AMANDEMEN UUD 1945 Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Darwanto Darwanto
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.058 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.129

Abstract

Setelah 350 tahun lamanya Belanda menjajah Indonesia, akhirnya pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda menyerah kepada tentara Jepang yang menyerbu Indonesia. Sejak saat itu pula seluruh wilayah dikuasai tentara Jepang “Tera Belica” (daerah perang). Pada awalnya kehadiran mereka disambut baik oleh bangsa Indonesia karena propagandanya dengan istilah Gerakan 3 A (Nipon Pelindung Asia, Nipon Cahaya Asia dan Nipon Pemimpin Asia) serta janji-janji lain yang dikeluarkan oleh Jepang. Namun itu hanyalah tipu muslihat belaka. Kegembiraan itu hanya sesaat dan berganti dengan kekecewaan dan tindasan. Kemerdekaan yang tadinya didambakan hapuslah sudah di antaranya dengan adanya larangan pengibaran Bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan larangan mendirikan Pemerintahan Nasional Indonesia oleh Pemerintah Militer Jepang.Sejak saat itu pula pergerakan kemerdekaan yang bersifat terbuka dibatasi, diganti dengan pergerakan di bawah tanah untuk mengelabui Jepang. Hal ini telah berhasil dan secara tidak sadar telah meningkatkan rasa kebangsaan dan kemerdekaan di dalam negeri.
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA MAHASISWA UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 CIREBON Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; R. Misriah Ariyani S.
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.130

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa UNTAG Cirebon. Variabel dalam penelitian ini yaitu Kualitas Produk (X) dan Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Teknik Pengumpulan data dengan penyebaran kuisioner atau angket dan populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone samsung pada mahasiwa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon. Jumlah sebanyak 100 orang dengan teknik non probability sampling dan dengan menggunakan metode purvosive sampling atau yg dikenal dengan sampling pertimbangan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus persentase dan diberi skor dari masing-masing jawaban berdasarkan skala pengukuran. Hasil analisis data penelitian diperoleh terdapat hubungan yang tinggi dan positif antara kualitas produk dengan keputusan pembelian smartphone samsung pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon. Dan terdapat pengaruh yang tinggi antara kualitas produk dengan keputusan pembelian smartphone samsung pada mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon sebesar 74,5% dan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Sedangkan hasil pengujian hipotesis nilai t hitung sebesar 16,903 dapat dilihat bahwa dengan ketentuan tingkat taraf signifikasi α = 0,05 dan dk 100-2 = 98 sehingga diperoleh nilai t tabel = 1,6605, yang artinya t hitung lebih besar dari t tabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima bahwasannya terdapat hubungan antara kualitas produk dan keputusan pembelian smartphone samsung. Jadi, secara signifikan variabel X yaitu kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian smartphone samsung.
STRATEGI PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI KOTA SEMARANG Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Karmanis Karmanis
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.966 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.131

Abstract

Manusia sebagai makhluk politik memiliki pemikiran politik yang menyangkut proses dan hasil dari kegiatan politik suatu sistem politik suatu pemerintahan berdasarkan pada esensi (hakikat) manusia. Pendidikan politik dapat mendorong sikap kritis dan rasional politik masyarakat. Oleh karena itu tindakan politik harus dalam kondisi sadar, yaitu kesadaran akan pentingnya akuntabilitas, transparansi dan solidaritas, secara otomatis akan melahirkan perilaku dan keputusan serta aksi politik yang jauh lebih etis. Penelitian ini fokus pada strategi partisipasi politik dalam pemilihan kepala daerah serentak di masa pandemi covid 19 di Kota Semarang. Partisipasi politik masyarakat sangat penting untuk diteliti mengingat keberhasilan dari sebuah pemilu dapat dilihat dari tingkat pengetahuan dalam partisipasi masyarakat. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif Hasil dari penelitian ini adalah pertama, terdapat upaya dari Komisi Pemilihan Umum Daerah, Partai Politik, Media massa, dan civil society dalam meningkatkan Pendidikan Politik dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di masa pandemi covid 19 di Kota Semarang. Kedua, Rasionalitas masyarakat memberikan pengaruh penentuan partisipasi politik dalam menyongsong Pemilihan Kepala Daerah serentak di masa pandemi covid 19 di Kota Semarang. Namun sosok pasangan kandidat dan visi misi juga tidak bisa diabaikan dalam pengaruhnya terhadap partisipasi politik masyarakat. Keberhasilan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada 9 Desember 2020 membutuhkan dukungan seluruh pihak. Sinergisitas antara Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, pemerintah, dan aparat keamanan. Para kontestan dan tim pemenangan pun sepatutnya terus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pemilihan Kepala Daerah serentak menjadi tanggung jawab kita bersama. Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020 menjadi momentum bagi para calon kepala daerah mengampanyekan protokol kesehatan. Artinya, para kandidat harus terlibat dalam upaya peningkatan kesadaran pentingnya protokol kesehatan. Para calon harus menjadi garda terdepan dalam mempromosikan kenormalan baru yakni dengan taat menjalankan protokol kesehatan Covid-19.
KUALITAS PELAYANAN IJIN USAHA PERDAGANGAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN INVESTASI PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI KABUPATEN CIREBON Pengelola Jurnal CENDEKIA Jaya; Erna Erna
CENDEKIA Jaya Vol 3 No 1 (2021): Edisi Februari
Publisher : FISIP UNTAG Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.852 KB) | DOI: 10.47685/cendekia-jaya.v3i1.132

Abstract

Pelayanan Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan Online merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat saat ini sebagai upaya meningkatkan investasi, maka dari itu Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Cirebon (DPMPTSP) berupaya memperbaiki kualitas pelayanan yang akan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Pembuatan SIUP secara online belum optimal, disebabkan ada permasalahan krusial terutama ketersediaan internet sebagai media utama, sering mengalami gangguan jaringan. Kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait prosedur pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan online masih minim, khususnya cara mengakses maupun modul dan vitur yang ada laman tersebut tidak dipahami, dan kemampuan sumber daya manusia masih kurang memadai, mengakibatkan pelayanan tidak efektif dan efisien. Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pembuatan SIUP Online terhadap tingkat kepuasan masyarakat pada DPMPTSP Kabupaten Cirebon sudah menerapkan dimensi kualitas pelayanan dengan baik walaupun belum sepenuhnya, disebabkan kurangnya sosialisasi terutama tentang modul dan vitur yang ada di laman tersebut sehingga masyarakat kesulitan dalam mengakses pelayanan SIUP secara online karena banyak yang menggunakan laman tersebut, sehingga pelayanan yang diberikan belum sesuai harapan masyarakat. Adapun upaya yang dilakukan mengatasi permasalahan adalah mengadakan sosialisasi dan mengedukasi kepada masyarakat bagaimana mengatasi kesulitan akses dan modul serta vitur pada laman tersebut. Demi meningkatkan pelayanan SIUP online disarankan menyediakan tempat bimbingan dan konsultasi agar masyarakat tidak kesulitan dalam mengakses data pada laman tersebut, meningkatkan kapasitas internet yang ada, melakukan evaluasi bulanan terhadap kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan, membuat kotak saran, dan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat pengguna jasa untuk mengetahui kepuasan masyarakat pengguna jasa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10