cover
Contact Name
Rizki Fakhrowan
Contact Email
rizki.fakhrowan@feb.unmul.ac.id
Phone
+6281347230406
Journal Mail Official
jimm.feb@gmail.com
Editorial Address
Jl.Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur Indonesia
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM)
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : -     EISSN : 27153789     DOI : http://dx.doi.org/10.30872/jimm.v1i1
Core Subject : Economy,
Publikasi artikel hasil penelitian bidang Ilmu Manajemen Terbit 4 kali dalam 1 tahun Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): Juni" : 21 Documents clear
Pengaruh servant leadership dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan Yoga Pradana; Robiansyah Robiansyah; Syaharuddin Y Syaharuddin Y
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.5899

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh servant leadership dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Surveyor Indonesia. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan teknik sampling jenuh yaitu dengan sensus, dimana semua anggota digunakan sebagai sample. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda sebagai alat hitungnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Servant Leadership terhadap kinerja karyawan. Dan terdapat pengaruh positif dan signifikan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan.
Pengaruh financial leverage, growth opportunities, past dividend, dan liquidity terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia Aidilla Evasari; Felisitas Defung; Muhammad Amin Kadafi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh financial leverage, growth opportunities, past dividend, dan liquidity terhadap kebijakan dividen pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan studi dokumen dan jenis data berupa kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar berturut-turut di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 7 perusahaan. Alat analisis yang digunakan yakni deskriptif statistik dan regresi data panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa financial leverage dan growth opportunities berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan past dividend dan liquidity berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.
Pengaruh word of mouth dan minat beli terhadap keputusan pembelian Indah Amaliyah; Suharno Suharno; Sri Wahyuni
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6417

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Word Of Mouth dan Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian VIVO Smartphone di Samarinda. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen VIVO Smartphone yang berjumlah 100 responden. Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan analisis jalur melalui software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh word of mouth dan minat beli secara parsial, terdapat pengaruh positif signifikan word of mouth terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh positif minat beli terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian laptop asus Annisa Dwi Ratnasari; Herning Indriastuti; Asnawati Asnawati
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6263

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penelitian Citra Merek (X1), Kualitas Produk (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) Laptop Merek Asus terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman yang memakai Laptop Asus. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Objek penelitian adalah semua Mahasiswa yang memakai Laptop Asus. Metode menggali data penelitian ini menggunakan kuesioner dan menganalisis data dengan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan Citra Merek dan Kualitas Produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan Reyval Rofalno Mandagie; Tetra Hidayati; Ariesta Heksarini
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6037

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kepuasan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT. Intan Bara Utama (IBU) Simpang Pasir. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 35 orang. Penentuan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dari penelitian ini menggunakan data primer yaitu kuisioner. Uji Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Intan Bara Utama (IBU) Simpang Pasir. 2) Stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Intan Bara Utama (IBU) Simpang Pasir.
Pengaruh karakteristik pekerjaan dan karakteristik individu terhadap komitmen afektif serta kinerja pada pegawai dinas perkebunan di kota samarinda Dara Fahriza Arinie; Tetra Hidayati; Irsan Tricahyadinata
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.8556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Institutional Ownership, Managerial Ownership dan Foreign Ownership terhadap Intellectual Capital Performance. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan  Sub Sektor Coal Mining yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Alat analisis data yang digunakan  adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Institutional Ownership berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Intellectual Capital Performance, Managerial Ownership berpengaruh negatif signifikan terhadap Intellectual Capital Performance, dan Foreign Ownership berpengaruh positif tidak signifkan terhadap Intellectual Capital Performance.
Pengaruh konflik peran dan wewenang pekerjaan terhadap kepuasan kerja perawat Intan Nova Pramaisela; Zainal Ilmi; Purwadi Purwadi
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.5620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Konflik Peran dan Wewenang Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling, dengan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah seluruh perawat bagian Paviliun Santo Gabriel di Rumah Sakit Dirgahayu Samarinda yang berjumlah 42 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Konflik Peran berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Kerja serta Wewenang Pekerjaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja.
Pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas, serta pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang Rennyta Suciati Indriani; Djoko Setyadi; Musdalifah Aziz
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.6706

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang di peroleh dari data publikasi tahunan laporan keuangan perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018, dengan jumlah sampel penelitian ini terdiri 12 perusahaan. Pengujian dilakukan dengan analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan bantuan program komputer yaitu program SPSS versi 24.Hasil pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan dari Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018. Pada hasil pengujian hipotesis yang lain menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan dari ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan sector food and beverages yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018.
Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada loket cv. dinis perkasa dikota saamarinda Andri Wiranata; Suharno Suharno; Saida Zainurossalamia ZA
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.7618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda.Penelitian ini dilakukan di Samarinda pada bulan September 2019.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda dengan sampel populasi sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda, dengan nilai signifikan Kualitas Pelayanan (X1) adalah 0,048 0,05. Begitu pula Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Loket CV. Dinis Perkasa di Kota Samarinda, dengan nilai signifikan Kepuasan Pelanggan (X2) adalah 0,000 0,05. Disarankan loket CV. Dinis Perkasa harus dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik dan pelayanan prima serta cepat tanggap atas segala keluhan serta saran dari pelanggan agar pelanggan loyal yang berdampak pada pelanggan setia, pelanggan mau merekomendasikan tempat kepada orang terdekat mereka dan pelangganuntuk datang kembali apabila mereka membutuhkan pelayanan pembayaran rekening listrik, air, dan lain sebagainya. 
Pengaruh brand image dan quality product terhadap keputusan pembelian smartphone Abdurobbi Robi Jibril; Gusti Noorlitaria Achmad; Mohammad Wasil
Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM) Vol 6, No 2 (2021): Juni
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jimm.v6i2.7029

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Image dan Quality Product Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO di Surya Phone Kota Samarinda. Adapun teknik sampling atau sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonprobability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 Responden. Metode Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa Brand Image dan Quality Product berpengaruh positif signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO di Surya Phone Kota Samarinda.

Page 1 of 3 | Total Record : 21