cover
Contact Name
Rikie Kartadie
Contact Email
ojs@akakom.ac.id
Phone
+6282135469911
Journal Mail Official
ojs@akakom.ac.id
Editorial Address
Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK AKAKOM) Jl. Raya Janti Jl. Majapahit No.143, Jaranan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55918
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia
ISSN : -     EISSN : 28291328     DOI : https://doi.org/10.26798/jpm
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia is here to provide a forum for National researchers in the field of Applied Technology and Digital Technology to handle and manage various potentials, obstacles, challenges, and problems that exist in society and to publish original articles from community service activities. Scope of Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia : Technology Application Product Design and Development Applied Technology (TTG) Technopreneur Information Technology and Information Systems
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 25 Documents
PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER BAGI GURU MGMP PAI TINGKAT SMA DI KABUPATEN BANTUL Siska Lidya Revianti; Femi Dwi Astuti; Pius Dian Widi Anggoro
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1676.064 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i1.573

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah tingkat SMA di Kabupaten Bantul pada masa darurat Covid-19 dilakukan secara daring. Semua proses pembelajaran beralih dari pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas ke pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang banyak dilakukan dengan menggunakan teknologi ponsel cerdas atau smartphone. Guru-guru pendidikan agama Islam yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI) Tingkat SMA se-kabupaten Bantul memiliki kesulitan dalam mengubah materi pembelajaran dari materi PTM menjadi materi PJJ. Selain permasalahan kesediaan perangkat komputer yang masih terbatas, pihak mitra juga mengalami kendala dalam pembuatan video pembelajaran karena belum memiliki keahlian dan pengetahuan yang cukup memadai. Melalui pengabdian ini akan diberikan pelatihan dengan menggunakan aplikasi Kinemaster untuk editing video dan membuat materi pembelajaran yang menarik di ponsel cerdas. Pengabdian ini diawali dengan melakukan analisa situasi dan kebutuhan Mitra, mengidentifikasi permasalahan, menentukan tujuan dan rencana kegiatan, melaksanakan pelatihan, monitoring dan evaluasi. Pengabdian diikuti oleh 35 peserta, dilaksanakan secara online melalui pertemuan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Antusias dari para peserta pengabdian ini sangat baik, terbukti dari hasil kuesioner dari peserta pelatihan yang menyatakan bahwa isi materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan mereka dan cara penyampaian materi dalam pelatihan juga baik dan jelas.
PELATIHAN TEHNIK PENGEMASAN DAN PELABELAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAGEMEN PEMASARAN UNTUK UMKM DESA BELIMBING Nailariza Umami; Maria Aghata Sri W.H; Diesty Hayuhantika
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2527.359 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i2.680

Abstract

Saat ini teknologi digital semakin berkembang pesat sehingga orang lebih banyak melakukan berbagai aktivitas dari rumah,bahkan juga kegiatan berbelanja. Pelaku UMKM perlu berinovasi dalam pemasaran usaha yaitu dengan digital marketing. Untuk dapat melakukan digital marketing suatu produk harus mempiliki branding dengan mempercantik tampilan luar produk. Kemasan/packaging merupakan merupakan salah satu ujung tombak penjualan suatu produk. Selain untuk perlindungan produk, saat ini kemasan/packaging dapat menjadi daya tarik konsumen untuk membeli. Selain itu yang menjadi satu kesatuan dengan pengemasan adalah pelabelan. Bagian-bagian yang terdapat dalam label dapat dijadikan sebagai media komunikasi antara produsen kepada konsumen guna membentuk citra . Label pada kemasan produsen dapat memberikan informasi mengenai kualitas, brand, kode produksi, legalitas, petunjuk penggunaan atau penyajian .Tujuan dari Pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan dari sumber daya manusia (SDM) terutama tentang tehnik pengemasan dan pelabelan produk untuk pelaku UMKM di Desa Belimbing yang selama ini masih belum begitu paham dalam pengemasan dan pelabelan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini terbagi atas tiga kegiatan, diantaranya sosialisasi kegiatan, pelatihan pengemasan dan pelabelan, serta evaluasi dan monitoring. Pelatihan dan penyuluhan dilakukan secara tatap muka langsung. Luaran kegiatan ini adalah terciptanya kemasan baru, label pada kemasan serta meningkatnya pengetahuan mitra hingga 100% terkait kemasan dan label yang sesuai syarat dan ketentuan. Dari hasil kegiatan yang dilihat dari indicator pencapaian dan keberhasilan acara pelatihan didapatkan bahwa hasil yang didapatkan baik dengan respon para pelaku UMKM yang antusias.
PELATIHAN NODEMCU UNTUK PENGENDALIAN LAMPU DAN PEMBACAAN SENSOR DI SMKN 1 TEMPEL SLEMAN Totok Budioko; Lucia Nugraheni Harnaningrum
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2890.004 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i1.567

Abstract

Pengetahuan dan ketrampilan siswa SMK khususnya keminatan Teknik Komputer dan Jaringan padabidang pengendalian dan monitoring jarak jauh berbasisInternet of Thingssangat kurang. Untuk mengu-rangi kondisi seperti ini perlu dilakukan kegiatan yang dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilandi bidang tersebut. Kegiatan pengabdian untuk siswa SMKN 1 Tempel Sleman Yogyakarta merupakansalah satu kegiatan yang akan ditujukan untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan bidang tersebut.Kegiatan ini diselenggarakan di laboratorium komputer SMKN 1 Tempel Sleman selama satu hari denganmateri pengenalanInternet of Things, pembuatan alat pembaca sensor dan pengendali sensor berbasisnodeMCU dan aplikasiAndroid Blynk. Kegiatan ini terselenggara dengan baik, siswa dapat membuatalat pengendali lampu dan pembacaan sensor yang dikendalikan dan dimonitor melalui aplikasiAndroidBlynk 
PELATIHAN MEMPEROLEH PENDANAAN UNTUK USAHA RINTISAN BAGI WIRAUSAHA PEMULA Suwinto Johan; Adhi Setyo Santoso; Anton Wachidin Widjaja; Dedi Kurniawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1151.712 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i2.584

Abstract

Banyak mahasiswa menginginkan usaha rintisan. Namun usaha rintisan memerlukan pendanaan. Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam memperoleh pendanaan. Setiap usaha memerlukan pendanaan. Pendanaan berasal dari pendiri usaha maupun oleh investor. Usaha rintisan memperoleh pendanaan dari investor. Usaha rintisan tidak memiliki kemampuan memperoleh pinjaman bank. Bank meminta jaminan harta tidak bergerak dan usaha yang telah berjalan selama minimal dua tahun. Pelatihan ini memberikan cara-cara dalam memperoleh pendanaan dari investor. Tahapan dan persiapan yang harus dilakukan oleh usaha rintisan. Pelatihan diharapkan dapat membuka wawasan mengenai pendanaan, valuasia dan model bisnis yang diinginkan oleh investor. Model bisnis yang fokus pada pembakaran ‘uang’ perlu dihindari. Hal-hal apa saja yang dipertimbangkan oleh investor, sebelum mengambil keputusan investasi.
PENDAMPINGAN DAN OPTIMALISASI WAWASAN SISWA SD DI DESA SODO TENTANG LITERASI BUDAYA DAN SENI Nourma Oktaviarini; Rohmatus Syafi’ah; Nurna Listya Purnama Sari
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.653 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i2.682

Abstract

Melalui Seni dan Budaya, siswa berpeluang untuk meningkatkan potensi kreatif dan kesadaran budaya nusantara yang multikultur. Oleh karena itu kehadiran seni dan budaya ini tidak dapat diabaikan begitu saja. Pemberian materi seni dan budaya pada lingkup sekolah dasar menjadi sangat penting dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan budaya sejak dini. Faktanya yang terjadi pada siswa SD di desa Sodo Pakel Tulungagung adalah rendahnya tradisi literasi sehingga wawasan siswa SD terkait seni dan budaya menjadi sangat terbatas. Kesadaran terkait tradisi literasi ini perlu dibangun diantaranya dengan jalan membaca, menulis, dan selain itu dapat pula dilakukan dengan melakukan aktivitas konkrit berupa pengamatan dan pembacaan langsung atas realitas yang dihadapi siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan wawasan budaya dan seni siswa SD tersebut maka dilakukan kegiatan pendampingan literasi khususnya terkait budaya dan seni yang bertujuan untuk memberikan pendampingan bagi siswa SD di desa Sodo Pakel Tulungagung dengan harapan dapat meningkatkan wawasan siswa SD tersebut terkait budaya dan seni. Metode kegiatan program PkM ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, evaluasi program, dan pelaporan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya ketertarikan dari siswa SD di desa Sodo tentang kesenian dan kebudayaan sehingga wawasan siswa terkait budaya dan seni meningkat dari sebelumnya.
PENINGKATAN KAPASITAS KELOMPOK DESA WISATA WUKIRSARI DALAM PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA MARKETING Ariesta Damayanti; Agung Nugroho; Syamsu Windarti
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2084.927 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i1.566

Abstract

Berdasarkan peta Pariwisata Kabupaten Bantul, Kabupaten Bantul merupakan wilayah yang memilikilebih dari 70 (tujuh puluh) objek wisata yang tersebar di hampir seluruh wilayah. Salah satu wilayah diKabupaten Bantul yang memiliki potensi wisata adalah Kecamatan Imogiri. Kecamatan Imogiri tercatatmemiliki tiga desa wisata yaitu desa wisata Kebonagung, desa Wisata Karangtengah, serta yang terakhiradalah Desa Wisata Wukirsari. Desa Wukirsari sendiri memiliki 7 (tujuh) potensi wisata yang tersebardi beberapa dusun. Sementara itu, dengan pesatnya perkembangan teknologi digital selama ini danmeluasnya penggunaan sosial media, pola pemasaran pun kini telah bergeser ke arah pemasarandengan memanfaatkan media digital tersebut. Fenomena penggunaan media daring dalam pemasaranini mendorong kelompok sadar wisata Wukirsari untuk memaksimalkan teknologi komputer dan internetsebagai media untuk melakukan pemasaran secara online. Pemanfaatan website khusus wisata danmedia sosial bagi pengembangan pemasaran di Desa Wukirsari sangat memungkinkan untuk dilakukan,karena jika diperhitungkan mengenai jangkauan dan sebaran media online ini lebih besar dibandingkanmedia pemasaran yang kita kenal selama ini dengan model konvensional. Sehingga diharapkan dapatlebih mendorong kunjungan wisata ke Desa Wukirsari sehingga akan menambah pendapatan DesaWukirsari. Tujuan dari program pengabdian pada masyarakat ini adalah agar mitra memiliki pengetahuandan ketrampilan memanfaatkan media sosial dan internet sebagai media pemasaran digital. Selainitu agar mitra memiliki pemahaman dan pengetahuan mengenai konten untuk digital marketing. Untukmendukung sistem online marketing diberikan pelatihan penggunaan internet dan jejaring sosial sertaakan digunakan mailchimp sebagai sarana membantu penyebaran informasi produk.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DI TWINKLE DAYCARE & COURSES Mesti woro Mahatmi; Sari Iswanti; Muhammad Nurfaldi Hanafi
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4664.917 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i2.596

Abstract

Twinkle Day Care & Courses menyediakan jasa penitipan anak pra sekolah dan kursus setingkat sekolah dasar. Seiring meningkatnya peran kedua orang tua dalam mencari nafkah, penitipan dan kursus merupakan kebutuhan dalam mendidik anak-anak. Twinkle adalah usaha yang dimiliki oleh perseorangan, sehingga pengelolaan sumber daya masih terbatas, termasuk dalam sisi promosi. Pemilik menggunakan media sosial untuk menginformasikan dan mempromosikan Twinkle ke masyarakat Kota Yogyakarta. Program pengabdian mendorong promosi Twinkle dengan lebih terarah dan menyesuaikan karakter media sosial yang digunakan, sehingga promosi dapat menjangkau target pasar dengan lebih baik. Dengan kehadiran internet dan media sosial, penyebaran informasi dan promosi menjadi lebih mudah. Pemanfaatan media sosial yang ideal dengan melakukan customer engagement, yaitu hubungan antara pelanggan dan organisasi dapat terwujud melalui pengelolaan Google My Business, memanfaatkan fitur mesin penjawab pada aplikasi Whatsapp sebagai asisten layanan pelanggan, dan membuat konten Instagram yang relevan dengan target pasar yang dituju. 
PELATIHAN ONLINE MARKETING BAGI PENGUSAHA TANAMAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS Agung Nugroho; Rikie Kartadie; Erna Hudianti
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1573.633 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i1.564

Abstract

Kegiatan workshop digital marketing ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pemanfaatansosial media sebagai media awareness dan optimalisasi promosi dari sisi edukasi dan ads. Pesertayang terlibat dalam workshop digital marketing adalah pegawai dan pengusaha tanaman hias anggrekjonggrang. Dimana peserta adalah person yang terlibat langsung dalam kegiatan bisnis. Materi yangdisampaikan memiliki fokus pada pengelolaan sosial media Instagram untuk digital marketing awarenessdan ads. Secara umum materi mencakup teori tentang social media marketing, pengenalan brandingawareness Instagram, Meningkatkan fungsi Instagram sebagai akun bisnis, Copy writing dan strategikonten, pengelolaan wawasan, pengenalan tools pendukung, dan beberapa tips untuk meningkatkanengagement, followers, dan strategi iklan di sosial media.
SOSIALISASI PEMBUKUAN KEUANGAN PADA UMKM TANJUNG AUR DESA JENGGALU Reswita Reswita; Irnad Irnad; Indra cahyadinata
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 2 (2022): Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.172 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i2.656

Abstract

Desa Jenggalu yang terletak di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Desa Jenggalu terdiri dari 325 KK dan mempunyai jumlah penduduk 1134 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 612 jiwa dan perempuan   sebanyak 598 jiwa yang terbagi dalam tiga wilayah dusun. Tanaman singkong (Manihot uttilissima) merupakan sejenis umbi-umbian yang banyak  diolah oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) menjadi produk–produk yang mempunyai nilai ekonomi. KWT ini sudah mulai terbentuk sejak tahun 2022 dan bulan Januari 2022 telah menjadi sebuah UMKM  yang  bernama  UMKM  Tanjung  Aur.  Pembentukan  UMKM  Tanjung  Aur bertujuan memberdayakan kelompok KWT Tanjung Aur melalui pemberian bantuan dana usaha berjumlah Rp. 20.000.000. Kegiatan produksi usaha keripik ubi kayu dijalankan oleh  17  anggota KWT,  mulai  dari  kegiatan  pengadaan  bahan  baku,  produksi,  hingga pemasaran. Pencatatan keuangan, semenjak bulan Januari tahun 2022 telah dilakukan oleh UMKM Tanjung Aur, namun pencatatannya masih sederhana, belum ada sistem pembukuan yang tertata rapi sehingga tidak ada laporan keuangan yang dihasilkan setiap bulannya yang dapat dijadikan evaluasi dan pengawasan usaha. Permasalah pembukuan atau pencatatan keuangan pada UMKM Tanjung Aur ini tidak berbeda jauh dengan UMKM-UMKM pada umumnya. Mengingat pentingnya pencatatan keuangan dan lapora keuangan perlu ada pelatihan dan pendampingan untuk membantu pelaku UMKM Tanjung Aur dalam memperbaiki pengelolaan usaha dengan memperkenalkan teknik pencatatan atau pembukuan usaha yang tepat kepada para pelaku usaha UMKM dengan berpedoman pada Standar Akuntansi Keuangan yang telah ditetapkan IAI. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat   ini adalah 1) Peningkatan pengetahuan tentang pentingnya pencatatan transaksi keuangan usaha, 2) Peningkatan pengetahuan tentang bentuk-bentuk alat-alat pencatatan keuangan seperti jurnal harian, buku besar, neraca saldo, buku besar, dan laporan keuangan (Laporan rugi-laba, Laporan Perubahan Modal, dan Neraca Akhir). Manfaat dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah   meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pencatatan keuangan usaha dan penyusunan laporan keuangan 
IMPLEMENTASI PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN BERBASIS WEB DI PUSKESMAS Hendra Rohman; Annisa Kusuma Wati; Agung Kurniawan
Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia. Vol 1, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.786 KB) | DOI: 10.26798/jpm.v1i1.572

Abstract

Pendaftaran online di Puskesmas Piyungan diimplemtasikan sejak bulan September 2021. Pendaftaran online belum pernah dilakukan evaluasi dan peninjauan. Pendaftaran online yang diimplementasikan tidak banyak masalah yang dihadapi, namun kesadaran masyarakat tentang mendaftar secara online masih sangat rendah. Kegiatan ini melakukan tinjauan implementasi pendaftaran online rawat jalan berbasis web dilihat dari aspek sederhana, partisipatif, berkelanjutan, akuntabel, transparansi, dan keadilan kepada sasaran kegiatan. Metode pengumpulan data kegiatan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Alur pendaftaran online cukup mudah dimengerti dan dipahami. Partisipasi masyarakat dalam pendaftaran secara online masih rendah. Inovasi pendaftaran online belum terpikirkan akan seperti apa inovasi untuk pendaftaran online tersebut. Pendaftaran online sudah adil terhadap pasien lama dan baru karena untuk pasien lama sudah memiliki berkas dan nomor rekam medis, sedangkan untuk pasien baru belum bisa mendaftar secara online karena belum memiliki nomor rekam medis dan harus datang ke puskesmas. Pelayanan terhadap pasien pendaftaran online sudah cepat. Tampilan web pendaftaran online sudah terbuka terdapat tujuan pemeriksaan serta format identitas pasien untuk klinik juga sudah sesuai dengan pelayanan pendaftaran offline. Tinjauan implementasi pendaftaran online pasien rawat jalan berbasis web terdapat 3 aspek yang belum optimal yaitu partisipasi, keberlanjutan, dan transparansi. 3 aspek yang sudah optimal yaitu aspek sederhana, akuntabel, dan keadilan. 

Page 1 of 3 | Total Record : 25