cover
Contact Name
-
Contact Email
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Phone
+6289527548628
Journal Mail Official
gamajpp.psikologi@ugm.ac.id
Editorial Address
Unit Research Development and Community Research Faculty of Psychology - Universitas Gadjah Mada - Yogyakarta - Indonesia. Building D Sixth Floor Jl. Sosio Humaniora No. 1, Bulaksumur Yogyakarta, 55781
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
ISSN : -     EISSN : 24077801     DOI : 10.22146
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) e-ISSN 2407-7801 is an open-access journal disseminating articles with implications for research and practices professional psychology. GamaJPP welcomes manuscript in the areas of:: Clinical Psychology Education Psychology Developmental Psychology Industrial and Organizational Psychology using empirical, systematic literature review, and experimental research designs that meet the standard publication are accepted in this journal. Submission will need to clearly justify how the manuscript contribute to informing research and practice of Professional Psychology. Researchers, academics, graduate students, practitioners, and other professionals who have interest in the field of Professional Psychology are cordially invited to submit prominent research achievements as authors.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
ORIGAMI untuk Meningkatkan Efikasi Diri: Mengajarkan Pencegahan KSA pada Orang Tua dengan Anak Tunarungu Sitti Wahyuni; Supra Wimbarti
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.53466

Abstract

Efikasi diri merupakan salah satu komponen sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang tua, khususnya dalam mengajarkan pencegahan kekerasan seksual pada anak. Pada penelitian ini anak secara lebih spesifik merupakan anak yang mengalami hambatan dalam pendengaran (tunarungu). Orang tua seringkali kebingungan ketika harus mengajarkan tentang KSA pada anak sehingga mereka membutuhkan sebuah pelatihan yang dapat melatih mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam mengajarkan pencegahan KSA pada anak. Pelatihan ORIGAMI merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan efikasi diri orang tua dalam mengajarkan pencegahan KSA pada anak tunarungu. Penelitian dilakukan dengan metode untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Partisipan dalam penelitian ini adalah 28 orang tua yang memiliki anak tunarungu berusia 10-12 tahun, di mana 14 orang tua tergabung di dalam kelompok eksperimen dan 14 lainnya dalam kelompok kontrol. Hasil analisis statistik menggunakan anova mixed design menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri pada kelompok eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelompok kontrol (F = 13,617 dan p = 0,000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ORIGAMI dapat secara efektif meningkatkan efikasi diri orang tua dalam mengajarkan pencegahan kekerasan seksual pada anak tunarungu
Beta Rasa: Emotion Regulation Program to Reduce Young Offenders Anxiety in LPKA Kupang Juliana Marlin Y Benu; Rizky Pradita Manafe; Engelina Nabuasa
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.58623

Abstract

. Anxiety is one of the emotional problems experienced by young offenders in LPKA (Lembaga Pembinaan Khusus Anak/Juvenile Detention Center) Kupang and this condition has a negative impact on their rehabilitation process. The condition requires psychological intervention. This research aimed to understand the impact of the Beta Rasa Program in reducing anxiety. Beta Rasa Program focuses on improving young offender’s emotional regulation ability. This research was a quasi-experiment with one group pretest-posttest design. In total, there were 20 young offenders participating in this program for 4 sessions. Paired sample t-test was used to analyze data in this research. Young offender’s anxiety was measured by Beck Anxiety Inventory (BAI). The research showed a significant decrease in young offenders’ anxiety (t = 2.116, p = 0.02) after they joined Beta Rasa Program. The effect size of this program was 0.41. The result indicates that Beta Rasa Program has a moderate effect to reduce anxiety.
Efektivitas Logoterapi dalam Meningkatkan Konsep Diri Remaja di Panti Sosial Ellyana Dwi Farisandy; Endang Retno Surjaningrum
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.60551

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas logoterapi untuk meningkatkan konsep diri remaja. Penelitian ini menggunakan metode true experiment yakni pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian merupakan delapan remaja laki-laki (Musia= 14.75 tahun, SD= 0.88) yang memiliki konsep diri rendah. Pengumpulan data sebelum dan sesudah intervensi menggunakan alat ukur Adolescents Self Concept Short Scale (ASCSS)yang dikembangkan oleh Veige danLeite(30 aitem, α= 0.889). Intervensi yang diberikan adalah delapan sesi intervensi logoterapi menggunakan MCP (Meaning Centered Psychotherapy) yang diadaptasi dari William S. Breitbart.Analisis data yang diuji melalui independent sample t-test berdasarkan gain score, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai konsep diri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t(6)= 4.9, p= 0.003 (p< 0.05)).Hasil penelitian menunjukkan bahwa logoterapi memberikan efek besar dalam meningkatkan konsep diri remaja (effect size= 0.80), artinyalogoterapi adalahintervensi yang efektif dalam meningkatkan konsep diri remaja
Pelatihan Konselor Sebaya Daring Untuk Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental Siswa di SMA Islam XY Semarang Diany Ufieta Syafitri; Laily Rahmah
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.62299

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang rentan terjadi masalah psikologis karena merupakan masa yang penuh perubahan. Literasi kesehatan mental yang rendah juga membuat para remaja terhambat dalam mengenali masalah psikologis yang dirasakan dan mencari bantuan yang tepat. Layanan psikologis di sekolah seringkali kurang maksimal karena keterbatasan sumber daya yang ada. Oleh karena itu perlu dibentuk konselor sebaya untuk memaksimalkan layanan psikologis di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan konselor sebaya daring terhadap peningkatan literasi kesehatan mental pada siswa di SMA Islam XY Semarang. Pada pelatihan ini peserta diberi materi literasi kesehatan mental, yakni tentang mengenali berbagai masalah kesehatan mental, berbagai pilihan bantuan psikologis yang tersedia, dan keterampilan sederhana untuk menolong diri sendiri dan orang lain. Penelitian ini menggunakansampling purposif di mana terdapat 16 siswa dari kelas XI-XII yang dipilih berdasarkan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain kuasi eksperimen satu kelompok dengan pre dan postes. Sebelum dan setelah pelatihan, partisipan diberi skala literasi kesehatan mental dengan reliabilitas 0,747. Analisis yang dilakukan menggunakan uji t berpasangan menunjukkan setelah pelatihan terdapat perbedaan pengetahuan (t=-3,162; p=0,006). Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan konselor sebaya daring dapat meningkatkan literasi kesehatan mental partisipan
Validation of Cognitive-based Mindfulness Program to Reduce Suicidal Ideation in Individuals with Depression Ainurizan Ridho Rahmatulloh; Sofia Retnowati
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.62852

Abstract

Suicide is a global epidemic phenomenon that is the third most common cause of death in the world. However, not many studies have focused on developing an intervention that specifically targets symptoms of suicidal ideation. Suicidal ideation is seen as part of a depressed condition. The purpose of this study was to validate a cognitive-based mindfulness program to reduce suicidal ideation in people with depression. The study was conducted through internal validity tests using expert judgment and external validity tests using the small-n AB design method, which involved three participants (n = 3). The visual inspection analysis was performed on the mean, trend, and level. Analysis of repeated measurements showed adecrease in suicidal ideation in all participants. This program has the potential to be developed as a companion to conventional interventions and can be an alternate activity to fill the waiting time for individuals to get the main intervention
Program Pengasuhan Positif Dengan Co-parenting Untuk Menurunkan Penerapan Pengasuhan Disfungsional Melissa Catalina Trisnadi; Budi Andayani
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.65280

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas program pengasuhan positif dengan co-parentinguntuk menurunkan penerapan pengasuhan disfungsional. Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen kuasi dengan desain untreatedcontrol group design with dependent pretest and posttest samples dan analisisnya menggunakan Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Sign Rank Test. Partisipan berjumlah 10 pasang orang tua dan terbagi dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Penerapan pengasuhan disfungsional diukur melalui skala pengasuhan disfungsional yang disusun oleh Subekti. Hasil penelitian membuktikan “Program Pengasuhan Positif Dengan Co-parenting” efektif untuk menurunkan penerapan pengasuhan disfungsional (posttest-pretest z = -2,958, p = 0,003 (p < 0,05)). Hasil analisis kualitatif juga menunjukkan adanya perubahan dalam praktik co-parentingmeliputi, terbentuknya kesepakatan dalam membuat aturan untuk anak, ayah lebih peka terhadap kebutuhan pasangan, dan adanya keterbukaan mengungkapkan harapan serta dukungan yang dibutuhkan pasangan.
Validasi Modul “Misi” untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Komunikasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja Maria Goretti Keshia Sawitri; Ira Paramastri
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.65320

Abstract

Banyaknya kasus perilaku seksual berisiko dan dampaknya pada remaja menimbulkan perhatian. Dampak dari hal tersebut bermacam-macam, mulai dari dampak fisik hingga psikologis. Fase remaja merupakan fase yang krusial untuk menuju dewasa. Orang tua diharapkan dapat menjadi figur pendamping utama untuk dapat menyampaikan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual. Meski demikian, orang tua kerap tidak memberikan informasi mengenai hal tersebut. Penyebabnya karena kurangnya pengetahuan, menganggap hal itu tabu, hingga komunikasi yang tidak terbuka dengan anak. Modul “MISI” bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi orang tua dalam menyampaikan topik tersebut pada anak mereka yang beranjak remaja, berusia 9 sampai 15 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode one group pretest-posttest design kepada delapan partisipan. Data hasil variabel pengetahuan dan keterampilan dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign-rank Test dan data deskriptif. Hasil pengujian menunjukkan menunjukkan variabel pengetahuan memiliki nilai z = -2,536 sedangkan p-value sebesar 0,011 (p<0,05), sedangkan keterampilan komunikasi memiliki nilai z = -2,541 dan p-value sebesar 0,012 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul MISI secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan komunikasi orang tua dalam menyampaikan materi kesehatan reproduksi pada anak.
Penerapan Intervensi Picture Plus Discussion pada Anak Retardasi Mental Ringan Sofina Tunnajah; Aniya Kartika; Lena N Panjaitan
Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) Vol 7, No 1 (2021)
Publisher : Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/gamajpp.65372

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intervensi Picture Plus Discussion (PPD) dalam meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan anak retardasi mental ringan. Penelitian ini menggunakan single case experimental design jenis A-B. Partisipan penelitian berjumlah tiga orang anak retardasi mental ringan. Partisipan dipilih berdasarkan kriteria tertentu yakni memiliki kemampuan membaca minimal pada tahap kata dan bersedia mengikuti proses intervensi dengan menandatangani inform consent. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes kecerdasan, tes informal akademik. Intervensi Picture Plus Discussion (PPD) dilakukan selama sepuluh kali pertemuan. Instrumen pengukuran menggunakan alat tes ASER. Pengukuran skor 1 atau 0 didasari oleh ketepatan partisipan dalam menjawab alat tes ASER. Follow up dilakukan sepuluh hari setelah dilakukan intervensi dengan memberikan 16 soal pertanyaan pemahaman teks bacaan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa intervensi PPD dapat meningkatkan kemampuan pemahaman anak retardasi mental ringan. Median skor masing-masing partisipan mengalami kenaikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8