cover
Contact Name
AHMAD FAHRUROJI
Contact Email
fahrurozi34@gmail.com
Phone
+6281383943191
Journal Mail Official
admin@staiaulia.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Abdul Hamid Km 03, Situ Ilir, Cibungbulang, Kabupaten Bogor, 16630 (081383943191- 0856 7265086)
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Lintas Kajian
ISSN : -     EISSN : 2809252X     DOI : -
Jurnal Tazkiyah Merupakan ihtiar untuk dapat menumbuhkembangkan atau memberikan sumbangsih pemahaman tentang hazanah keilmuan dari berbagai sudut secara lebih komprehensif.Hal ini dimaksudkan untuk dapat dikonsumsi baik bagi mahasiswa maupun khalayak umum. Pada dasarnya Jurnal Tazkiyah adalah informasi keilmuan yang secara lengkap menghimpun tulisan-tulisan dari para Pakar Keilmuan yang berbeda yang dikemas secara apik, mudah untuk di baca dan difahami, hal tersebut dilatarbelakangi selama ini seringkali masih adanya kendala pemahaman tentang konteks ilmu agama, yang mengakibatkan lambatnya proses penyampaian informasi tentang khazanah keilmuan kepada masyarakat umum terlebih bagi mahasiswa khususnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2020)" : 9 Documents clear
ETIMOLOGI GURU, PENDIDIK DAN PENGAJAR PRESFEKTIF ILMU PENDIDIKAN ISLAM Ahmad Faqihudin
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.786 KB)

Abstract

Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan! dan Tuhanmu agungkanlah! dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah,dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah. Dunia yang semakin menyatu dalam satu kesatuan yang utuh melalui globalisasi sudah menjadi kenyataan. Thomas L. Friedman merangkumnya dengan bahasa yang lugas The World is Flat. Mengenai pengertian guru perlu dijabarkan dengan seksama sehingga sehingga guru mampu memahami filosofi makna yang terkandung dalam profesi yang diembannya. Disamping sebagai tenaga kependidikan yang berasal dari anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Dalam pengertian yang sangat sederhana, guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarakan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur formal, pendidikan dasar, dan menengah. Pendidikan Agama Islam sangat berperan dalam usaha membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT, menghargai dan mengamalkan ajaran agama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan Agama harus diajarkan dari sejak dini. Hal tersebut dapat menamkan dan membentuk sikap-sikap yang dijiwai nilai-nilai agama islam, juga mengembangkan kemampuan berilmu pengetahuan sejalan dengan nilai-nilai islam yang berlandaskan pada proses ikhtiarah yang secara pedagosis mampu mengembangkan hidup anak kearah kedewasaaan atau kematangan yang menguntungkan dirinya.
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: Studi Kasus di Madrasah Aliyah Aulia Cibungbulang Bogor Apid Hapidudin
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.009 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MA Aulia Cibungbulang Kelas XI, dengan sampel siswa 45 orang siswa. Pengambilan data melalui metode angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan dari kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa yang diperoleh dengan menghitung korelasi product moment yang menunjukan hasil sebesar 0,423. Hasil pengujian signifikansi adalah sebesar 0,251. Setelah diketahui df = 43 kemudian berkonsultasi pada tabel “t” signifikansi. Dengan demikian dapat diketahui dengan df = 43 diperoleh “t” pada taraf signifikasi 5% = 1,681. Jadi, 0,251 < 0,681. Dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang tidak signifikan dari kompetensi professional guru terhadap motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor. Hasil perhitungan menunjukkan KD = 17,9%. Dengan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa kompetensi professional guru memberikan pengaruh sebesar 17,9% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MA Aulia Cibungbulang Bogor dan sisanya dapat dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) Irawati
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.009 KB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran saat ini mengharuskan guru melakukan kreatifitas dan inovasinya agar siswa terlibat aktif dan mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Kenyatan di lapangan pembelajaran masih banyak yang berorientasi teacher centered dan metodologi yang kurang menarik. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam memahami pelajaran, yang ada akhirnya kondisi kelas yang pasif. Seiring dengan era globalisasi dan tuntutan zaman yang mengharuskan kita guru untuk menerapkan model pembelajaran yang bermakna melalui materi pelajaran. Sebagai usaha untuk memperoloeh suatu hasil belajar yang optimal maka diperlukan suatu penerapan pendekatan pembelajaran yang bukan hanya sekedar menyampaikan informasi kepada siswa, mentransfer pengetahuan berupa fakta dan konsep saja, melainkan membutuhkan keterlibatan siswa secara mental, fisik untuk membelajarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam pembelajaran Salah satu alternative pembelajaran untuk membangun pemahaman konsep dan siswa lebih aktif kreatif dan mendapatkan pengalaman belajar adalal model pembelajaran Kontekstual - Contextual Teaching and Learning (CTL). Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan konsep metode yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Anak didik sebelum mengalami ke dunia nyata, dapat mengekspresikan ide-ide kreatifnya sehingga diduga hasil belajar sisw\a dan sikap siswa juga akan menjadi lebih baik. Maka dari itu diperlukan suatu penelitian penggunaan pendekatan pembelajaran Konteksual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS dengan metodologi penelitian tindakan kelas.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN RESITASI MELALUI METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA : Studi Komparasi pada Siswa Kelas X MA Aulia Cibungbulang Bogor Teti Apriyanti
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.396 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Terdapat dua kelompok populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini, yaitu populasi target dan populasi terjangkau. Populasi target dalam penelitian ini seluruh siswa MA Aulia Bogor, sedangkan populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa-sisei kelas X MA Aulia Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan dari kedua kelompok objek penelitian. Hasil perhitungan hipotesis postest dengan melalui uji-t pada taraf kepercayaan α=0,05 yaitu diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,387 > 2,002. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang menggunakan metode resitasi dan jigsaw dengan pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang hanya menggunakan metode jigsaw saja.
PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: Studi pada Siswa MTs Arrosudiniyah Kabupaten Bogor Komarudin
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.478 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di MTs Arrosudiniyah Kabupaten Bogor. dengan sampel siswa 39 orang siswa. Pengambilan data melalui metode angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan antusiasme siswa, sehingga akan lebih mudah bagi siswa untuk memahami materi pelajaran. Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI. Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis dengan analisis signifikansi melalui uji t, maka hasilnya adalah sebesar 5,270. Setelah diketahui df = 37 kemudian berkonsultasi pada tabel “t” signifikansi. Dengan demikian dapat diketahui dengan df=37 diperoleh “t” pada taraf signifikasi 5 % = 1,687. Jadi, 5,270 > 1,687. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Selanjutnya, hasil perhitungan KD = 40,3%. Dengan hasil tersebut, maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media audio visual memberikan pengaruh sebesar 40,3% dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI.
AKTUALISASI ISLAMIC PARENTING DALAM PENDIDIKAN ISLAM SEBUAH ANALISIS TAFSIR Q.S. LUQMAN/31: 12-14 E. Madyunus
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.951 KB)

Abstract

Parenting adalah metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak. Parenting disini bukan hanya sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing dan melindungi setiap perkembangan anak. Parenting educarion sendiri memiliki pengertian yaitu program pendidikan pengasuhan yang dilakukan oleh lembaga untuk meningkatkan kualitas kepengasuhan dan tercapainya visi-misi. Manfaat yang diperoleh dari parenting education yaitu menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak sesuai dengan usia, karakter dan perkembangannya. Al-Qur’an sebagai dasar pokok pendidikan Islam di dalamnya terkandung sumber nilai yang absolut, eksistensinya tidak mengalami penyesuaian sesuai dengan konteks zaman, keadaan dan tempat. Surat Luqman adalah salah-satu surat al- Qur’an yang secara keseluruhan (umum) di dalamnya terangkum aktivitas pendidikan seperti penyadaran fi al-din, menumbuhkan, mengelola dan membentuk wawasan (fikrah), akhlak dan sikap Islam, menggerakkan dan menyadarkan manusia untuk beramal shalih, berdakwah (berjuang) dalam rangka memenuhi tugas kekhalifahan dalam rangka beribadah kepada Allah. Teknologi yang semakin canggih dan akses informasi yang semakin mudah, sedikit banyak telah mempengaruhi perkembangan jiwa anak. Akibatnya, fenomena dimasyarakat kita saat ini terhiasi dengan kian maraknya tawuran antar pelajar, perilaku remaja yang menyimpang, seks bebas dan masih banyak lagi kejadian yang jauh dari nilai-nilai karakter Islami.
KONSEP PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM MENURUT PROF. DR. HAMKA Ahmad Hifni Ali
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.016 KB)

Abstract

Indonesia memiliki beberapa tokoh pemikir Islam, yang membahas dan menulis tentang bagaimana menjadi manusia yang baik dalam kehidupan ini. Diantara pemikir adalah Haji Abdul Malik Karim Amrullah yang dikenal dengan Hamka. Dia seorang pemikir Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Hamka seorang yang berpikiran maju yang mempunyai banyak karya yang meliputi berbagai macam ilmu seperti teologi, tasawuf, filsafat, pemikiran pendidikan Islam, sejarah Islam, fiqih, sastra dan tafsir. Namun, yang menjadi pusat pembahasan pada penulisan ini adalah menyoroti Hamka sebagai seorang pemikir, khususnya tentang kepribadian muslim. Adapun simpulan penelitian ini mengenai konsep kepribadian muslim menurut Hamka bahwa menurut Hamka nilai seseorang adalah dari segi pribadinya, sebagaimana perkataannya bahwa dua puluh ekor kerbau yang sama gemuk, sama kuat, dan sama pula kepandaiannya menarik pedati, tentu harganya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, dua puluh manusia yang sama tinggi dan sama kuat, belum tentu sama ‘harganya’. Artinya nilai seseorang ini menurut Hamka dapat dinilai dari indikator bagaiman kepribadian seseorang tersebut. Adapun cara penguatan kerpibadian seorang muslim menurut Hamka yaitu 1) memiliki tujuan yang jelas; 2) memiliki etos kerja; 3) memiliki rasa wajib/tanggung jawab; 4) memiliki pengaruh agama dan iman yang kokoh; 5) memiliki pengaruh ibadah dan sholat.
PARADIGMA PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN PENDEKATAN LIVING VALUES EDUCATION Moh. Shofan
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.484 KB)

Abstract

Pembangunan karakter bangsa yang sudah diupayakan dengan berbagai bentuk, belum terlaksana dengan optimal. Ini tecermin dari kesenjangan sosial-ekonomi-politik yang masih besar, kerusakan lingkungan yang terjadi di berbagai pelosok negeri, masih terjadinya ketidakadilan hukum, pergaulan bebas dan pornografi yang terjadi di kalangan remaja, kekerasan dan kerusuhan, korupsi yang merambah semua sektor kehidupan masyarakat. Di sinilah perlu kiranya pendidikan karakter segera direalisasikan dengan paradigma humanis, dan bukan akademis semata. Pendidikan karakter yang menekankan dimensi etis-religius menjadi relevan untuk diterapkan. Tulisan ini secara konseptual membahas Pendidikan karakter dengan pendekatan Living Values Education, sebuah pendekatan yang menyajikan berbagai aktivitas pengalaman dan metodologi praktis bagi guru-guru untuk membantu anak didik dan remaja mengeksplorasi dan mengembangkan nilai-nilai kunci pribadi dan sosial. Nilai-nilai itu meliputi kedamaian, penghargaan, cinta, tanggung jawab, kebahagiaan, kerjasama, kejujuran, kerendahan hati, toleransi, kesederhanaan dan persatuan. Pembentukan karakter ini didasarkan pada kebutuhan untuk menciptakan komunitas yang memiliki moral kemanusiaan, disiplin latihan moral, demokrasi di kelas, mengajarkan nilai-nilai melalui pembelajaran, mengutamakan kerjasama kelompok dan penyelesaian masalah, dan mendorong untuk dipraktekkannya di luar kelas.
KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS DARING DI STAI AL AULIA Wawat Srinawati
TAZKIYAH Vol. 2 No. 1 (2020)
Publisher : STAI AL-AULIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.061 KB)

Abstract

Abstrak Di masa pandemi Covid-19, yang menyebabkan diminimalisirnya kegiatan luar ruangan, dan menyebabkan masyarakat melakukan segala kegiatan didalam ruangan, peran kompetensi pedagogik pada mahasiswa dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caranya agar proses pembelajaran tetap berjalan efektif dan efisien walaupun dengan cara daring atau tidak bertemu secara langsung. Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuannya untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik mahasiswa terhadap proses pembelajaran Bahasa Inggris berbasis daring secara faktual, sistematis dan akurat. Dalam penulisan ini, pengumpulan data yang digunakan penulis dengan cara study pustaka. Mahasisswa yang memiliki kompetensi pedagogik dalam dirinya pasti bisa menemukan strategi yang tepat serta bisa mengelola program pembelajaran yang mencakup kemampuan untuk mengelaborasi kemampuan peserta didik, merencanakan program belajar mengajar, melaksanakan program belajar mengajar, dan mengevaluasi program belajar mengajar yang semua itu dilakukan secara daring atau dalam jaringan. Selain itu, proses pembelajaran daringpun dilakukan agar tujuan pembelajaran Bahasa Inggris tetap tercapai walaupun dalam kondisi dan situasi yang membuat segalanya terasa lebih rumit, namun guru harus bisa membuat yang tadinya rumit menjadi lebih mudah.

Page 1 of 1 | Total Record : 9