cover
Contact Name
Ahmad Khairul Nuzuli
Contact Email
ahmad.nuzuli@gmail.com
Phone
+6282136067131
Journal Mail Official
altifabiiainkerinci@iain.com
Editorial Address
Gedung Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci Jl. Pelita IV, Sumur Gedang, Pesisir Bukit, Kabupaten Kerinci, Jambi 37112
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah merupakan Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdimas) yang pertama kali terbit tahun 2021. Altifani diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Altifani terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Juni dan Desember. Adapun fokus artikel pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Altifani adalah mengenai Ilmu Quran dan Tafsir, Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ilmu Komputer dan Teknologi, Manajemen Dakwah, Ilmu Perpustakaan, Sejarah Kebudayaan Islam, Psikologi Islam, Konseling Islam, Komunitas Islam, dan Studi-studi keislaman.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Desember" : 8 Documents clear
Penyuluhan Psikologi Asmaul Husna Pada Klien Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) BNN Provinsi Kalimantan Selatan di Kelurahan Telawang dan Mantuil Hayatun Nafizah; Raudhatul Jannah; Rahma Azzahra; Mahdia Fadhilla; Siti Faridah
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.204 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1569

Abstract

Kasus narkoba di Provinsi Kalimantan Selatan semakin meningkat, sehingga hal ini menjadi perhatian utama BNNP Kalsel untuk memberantas penyalahgunaannya. Para pecandu narkoba diketahui berasal dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak sekolah hingga dewasa. Menurut UU No 35 pasal 54 tahun 2009 bahwa pecandu serta korban penyalahgunaan narkoba wajib menjalani rehabilitasi medis dan sosial. Berdasarkan hal tersebut, BNNP Kalsel membentuk agen pemulihan atau yang disebut IBM (Intervensi Berbasis Masyarakat), antara lain diselenggarakan secara rutin di Kelurahan Telawang dan Mantuil. Kami selaku mahasiswa magang berkesempatan ikut serta dalam penyelenggaraannya, yakni melaksanakan Penyuluhan Psikologi Asmaul Husna. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk menumbuhkan rasa takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam diri para pecandu narkotika, membangun pribadi yang berakhlakul karimah, dan mengenalkan nama dan sifat Allah beserta implikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki kepribadian yang akhlakul karimah, positif, maka individu dapat menghindari diri dari penyalahgunaan narkoba. Dari hasil penyuluhan juga menunjukkan penyuluhan psikologi asmaul husna ini memberikan nilai-nilai yang positif dan para klien antusias sepanjang kegiatan penyuluhan.
Sosialisasi Strategi Technopreneurship pada Siswa Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan Elizabeth Haloho
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1148.092 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1650

Abstract

Technopreneurship is not only beneficial in the development of large and sophisticated industries, but can also be directed to provide benefits to people who have weak economic abilities and to improve the quality of life. This activity aims to increase the awareness of Package C students at the Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan to develop their entrepreneurship based on technology by utilizing existing technology. This socialization method was carried out through lectures and questions and answers which was held on August 19-20, 2022. The scope of this activity was carried out at the Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yabes Medan with the participants being students of Package C PKBM Yabes Medan. The results of this socialization show that based on the results of the questionnaire given to participants, the success rate is stated to be 100%. Where during pre-socialization the participants did not understand well about technopreneurship both in theory and practice. After the socialization, the participants understood well about technopreneurship both in theory and practice. The conclusion of this activity is that the participants feel that this rehearsal activity is useful, because the participants are aware of the lack of literacy related to increasing interest in entrepreneurship with the technopreneurship method and the participant's response to this service activity states that the delivery of the material is good and the participants understand the explanation given. This is shown by the interactive atmosphere between the participants and the service team.
Optimalisasi Layanan Informasi pada Remaja Di SMKN 2 Sungai Penuh Dalam Memperbaiki Moral Siswa Di Sekolah Agung Tri Prasetia; Daflaini Daflaini; Egia Ulil Merilia; Gustaliza Gustaliza; Bela Varisa; Eva Mayang Sari; Ari Fadilah
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (822.552 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1693

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang layanan informasi di sebuah sekolah untuk memperbaiki moral para siswanya. Usia Remaja adalah usia seseorang mencari jati diri, tidak jarang remaja selaku pelajar terjebak perilaku negatif. Oleh sebab itu, sangat diperlukan layanan informasi yang tepat untuk memperbaiki perilaku dan moral pelajar.  Pengabdian ini bertujuan untuk memberi layanan informasi bagi pelajar dan berharap adanya perbaikan moral pada mereka. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa layanan sangat penting bagi siswa. Bagi mahasiswa yang tetap melanggar pelanggaran serius, akan berdampak akan berdampak dikeluarkan dari sekolah
Pendampingan Pengembangan Pengelolaan Informasi di Taman Bacaan Perigi Kota Depok Vinta Sevilla; Zayyin Abdul Quddus; Gustiana Sabarina
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.539 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1695

Abstract

TBM adalah sarana atau lembaga pembudayaan kegemaran membaca masyarakat yang menyediakan dan memberikan layanan di bidang bahan bacaan berupa: buku, majalah, tabloid, koran, komik, dan bahan multimedia lain yang dilengkapi dengan ruangan untuk membaca, diskusi, bedah buku, menulis, dan kegiatan literasi lainnya, dan didukung oleh pengelola yang berperan sebagai motivator. Selain Sebagai sumber belajar - TBM dengan menyediakan bahan bacaan utamanya buku merupakan sumber belajar yang dapat mendukung masyarakat pembelajar sepanjang hayat, seperti buku pengetahuan untuk membuka wawasan, karena TBM itu penting maka perlu dikelola dengan baik, sebagai salah satu sumber informasi TBM harus memiliki pengelolaan informasi yang baik pula, maka dilakukanlah pengabdian di Taman Baca Perigi, Kota Depok. Metode pengabdian menggunakan cara-cara sebagai berikut: 1) Melakukan observasi dan wawancara dengan mitra; 2) Melakukan koordinasi dengan tim pengabdi, 3). Koordinasi dengan mitra. Adapun hasil dari pengabdian dilakukan dengan beberapa penerapan pendampingan, yaitu: 1. Mengidentifikasi kebutuhan Taman Bacaan Perigi; 2. Diskusi dan mengidentifikasi teknis dan potensi yang dimiliki oleh Taman Bacaan Perigi; 3. Memfasilitasi pendampingan; 4. Membantu dalam proses pembuatan produk pendataan berdasarkan hasil kegiatan belajar mandiri. Kata kunci: Taman Baca Masyarakat, Pengelolaan Informasi, Pendampingan TBM
Pelestarian Benda Cagar Budaya Di Batusangkar Arki Auliahadi; Doni Nofra
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.231 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1696

Abstract

Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana pelestarian Benda Cagar Budaya di Batusangkar. Pengabdian ini dilatar belakangi oleh perjalanan ke situs-situs cagar budaya Batusangkar. Dalam perjalanan itu ditemukan banyak benda cagar budaya yang tidak terawat dengan baik, hal ini terbukti sudah banyak benda cagar budaya  yang rusak, bahkan lokasi cagar budaya tersebut tidak terawat dan kotor. Melalui permasalahan yang dipaparkan di atas penulis ingin melihat sejauh mana partisipasi masyarakat di sekitar benda cagar budaya yang ada di Batusangkar sehingga benda cagar budaya tersebut dapat terjaga dengan baik. Hasil pengabdian yang dilakukan bahwa Benda Cagar Budaya di Batusangkar secara umum untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat setempat. Adapun alasan dari masyarakat untuk tidak ikut serta dalam pelestariannya di Batusangkar karena adanya pemahaman masyarakat tentang yang menjaga benda cagar budaya adalah orang yang sudah ditetapkan oleh pihak BPCB, tidak ikut lagi untuk membersikan dan menjaganya. Selain itu, ada beberapa benda cagar budaya yang mendapat perhatian dan partisipasi dari masyarakat setempat seperti Masjid Raya Lima Kaum dam Makam Panjang Tantejo Gurano. Dalam hal ini, bentuk partisipasi yang diberikan masyarakat berupa; Partisipasi Buah Pikiran. Partisipasi Tenaga. Partisipasi Harta Benda. Partisipasi Sosial
Mengaplikasikan Komunikasi dalam Keberhasilan pada Dunia Kerja Septya Suarja; Arman Bin Anuar; Alfaiz Alfaiz; Triyono
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.073 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1763

Abstract

Applying communication for success in the world of work is a Padang Vocational Training Center (BLK) program that aims to increase or improve knowledge, skills, attitude and work experience for trainees at Padang BLK. The activity method is carried out by way of workshops, lectures and questions and answers which will be held from June 8 2021 to June 9 2021. The scope of this activity is carried out at the BLK Padang Office with a schedule that has been coordinated with the committee and the soft skills team. The results of this activity indicate an increase in knowledge and attitude skills and work experience for the trainees. In addition to providing material, the training participants are equipped with communication skills and preparation for entering the world of work, both from making cover letters, facing interviews and how to communicate with superiors.
Mindfulness Training untuk Menjadi Guru Bahagia di Sekolah Dasar Islam Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh Hengki Yandri; Samsul Bahry Harahap; Syamsarina; Dosi Juliawati
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.584 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1792

Abstract

Being a teacher in elementary school is not easy, in teaching sometimes teachers are faced with student behavior that irritates, so the teacher's emotions become unstable. Thus, the purpose of This Mindfulness Training helps teachers become someone who remains happy with all the behaviors that students display at school and even unpleasant events that occur in schools. Mindfulness Training activities are carried out in the form of training activities that allow teachers to directly practice in dealing with situations that make teachers uncomfortable. The participants of the training activity were 30 teachers of Mutiara Al-Madani Islamic Elementary School, Sungai Penuh City. The results of the Mindfulness Training that have been carried out show that 80% of teachers understand how to manage emotions so that they can enjoy being happy teachers. Foundation administrators should provide similar training to increase the insight, knowledge, and skills of teachers in teaching and dealing with all situations that occur in schools.
Pendampingan Pengelolaan Arsip Pada Pegawai Administrasi Kantor Hukum Rolando Marpaung & Partner Hilda Syaf'aini Harefa; Maretta Ginting; Siska Dwi Ningsih
Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Vol. 2 No. 2 (2022): Desember
Publisher : Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.94 KB) | DOI: 10.32939/altifani.v2i2.1794

Abstract

Archives are written records both in the form of pictures and charts which contain information about a subject (subject matter) or events that people make to help people's memory (that) too. The function of an archive is as a memory for a company or individual, as evidence, for human safety, and so on. Records management in an organization is very important, considering that archives are one of the evidences in an activity that has occurred. Therefore, archive management activities must always be maintained. Various information relating to organizational development and operational activities is always maintained by maintaining organizational records. Given the importance of archives, it is necessary to make efforts to improve and perfect the archive system optimally so that it can run well, efficiently and effectively. This activity aims to improve the skills of participants who are administrative employees of the Rolando Marpaung & Partner Law Office in storing and protecting records properly. The scope of this activity was carried out at the Law Office of Rolando Marpaung & Partners with all 6 (six) administrative employees participating. The results of this assistance show that based on the results of the questionnaire given to the participants, the success rate was stated to be 100%. The conclusions of this activity are (1) The implementation of this community service went smoothly according to the expectations of the community service implementation team, (2) The participants felt that this community service activity was useful, because the participants were aware of the importance of managing records for the survival of an organization, (3) The participants' responses to the community service activities carried out stated that the delivery of the material was good and the participants understood the explanations given. This is shown by the interactive atmosphere between the participants and the service team and (4) With the assistance of archive management, it facilitates the process of storing, organizing and retrieving archives.

Page 1 of 1 | Total Record : 8