cover
Contact Name
Herman Wijaya
Contact Email
alinea.jurnal@gmail.com
Phone
+6281937075937
Journal Mail Official
alinea.jurnal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Basuki Rahmat-Praya Lombok Tengah
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Published by Bale Literasi
ISSN : -     EISSN : 28094204     DOI : https://doi.org/10.58218/alinea/
Core Subject : Religion, Education,
ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), serta pembelajaran bahasa dan sastra. Artikel yang dimuat adalah hasil penelitian, konsep teori dan pemikiran yang menawarkan nilai kebaharuan. ALENIA terbit tiga kali setahun yaitu bulan April, Agustus, dan Desember
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran" : 24 Documents clear
Pengaruh Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Negeri 16 Padang Zia Eka Septiana Itril Neli; Ria Satini; Refa Lina Tiawati R
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.427

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa kurang memahami sistimatika menulis teks laporan hasil observasi. Kedua, siswa tidak terlalu bersemangat untuk melakukan kegiatan menulis teks laporan hasil observasi. Ketiga, siswa sulit mengembangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk paragraf. Keempat, pemilihan penggunaan model yang digunakan belum efektif dan tidak bervariasi dalam teks laporan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Mind Mapping Iterhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pra-ekperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 yang berjumlah 28 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan model .Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks lembaran hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang sebelum menggunakan model mind mapping memperoleh nilai 75,85 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi cukup. Kedua, keterampilan menulis teks lembaran hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang sesudah menggunakan model mind mapping memperoleh nilai 82,65 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi baik. Ketiga, berdasarkan uji-t terdapat pengaruh penggunaan model mind mapping terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang karena thitung= 4,18 dan ttabel= 1,70 (4,18>1,70), jadi dapat disimpulkan bahwa berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Padang
Nilai-Nilai Multikultural Dalam Novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi Ekowati Dalila Ursila; Wahyudi Rahmat; Emil Septia
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.451

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena adanya permasalahan yang mengambarkan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E. nilai-nilai multikultural digambarkan melalui aktivitas tokoh dan alur cerita yang terdapat dalam novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai multikultural dalam novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data penelitian berupa teks atau kata-kata dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Data penelitian ini adalah berupa kata-kata, Kutipan kalimat dan wacana tentang nilai-nilai multikultural dalam novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E. Data dikumpulkan melalui langkah- langkah sebagai berikut: membaca, menandai mencatat data, menginventarisasikan semua data yang berhubungan dengan nilai-nilai multikultural dalam novel Merindu Cahaya De Amstel Karya Arumi E. Setelah itu data dianalisis dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam novel Merindu Cahaya di Amstel Karya Arumi E adalah sebagai berikut: (a) multikultural isolasionis. Nilai mulikultural yang dapat dilihat pada tokoh Nico dan Khadijah. (b) multikultural akomodatif. Hal ini dapat dilihat pada tokoh Khadijah dan Nico dimana mereka yang memiliki budaya yang berbeda tetapi berusaha untuk melakukan penyesuaian terhadap budaya masing-masing agartidk terjad kesalahpahaman. (c) multikultural mandiri, dimana Khadijah yang mengambil keputusan unutk menjadi mualaf dan menempuh hidup secara mandiri ditengah-tengah kehidupan keluarga dan budaya yang didominan oleh budaya Barat. (d) Multikultural Kritis atau Interaktif, yang diperlihatkan pada tokoh Pieter, Pieter yang mengikuti jejak Khadijah untuk menjadi mualaf dan tidak peduli pada pendapat orang lain selagi tidak merugiakan dan menggangu orang tersebut. (e) multikultural kosmopolitan yaitu diperlihatkan pada tokoh Khadijah. Pilihan Khadijah unuk mualaf membvuat dirnya dikucilkan dari keluarga, tapi hal tersebut tidak menurutkan niatnya Khadijah unuk tetap memperdalam ilmu agamnya.
Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lembah Gumanti Dengan Menggunakan Media Gambar Wiwi Astuti; Yulia Pebriani; Samsiarni Samsiarni
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.453

Abstract

The purpose of this study was to describe the ability to write anecdotal texts using image media of grade X students of SMA Negeri 1 Gumanti Valley. This type of research is quantitative research with descriptive methods. The population of this study was grade X students of SMA N 1 Lembah Gumanti, Solok Regency. The sample of this study was class XE8 students totaling 33 students. The data collection technique in this study was carried out in 1 meeting. The data in this study is the performance score of the ability to write anecdotal texts of grade X students of SMA N 1 Gumanti Valley by Using Image Media. In analyzing the data is done in several steps, First, reading the results of students' work writing anecdotal texts. Second, correct and give scores according to the aspects studied. Third, scoring students' work based on the aspects studied. Based on the data, it can be seen that the ability to write anecdotal texts using Image Media of grade X students of SMA N 1 Gumanti Valley as a whole is classified as Sufficient (C) with an average of 53.79.
Tindak Tutur Asertif Dalam Video Sidang Ferdy Sambo (Studi Kasus Pembacaan Pledoi Richard Eliezer) faradila isnaini; Suci Dwinitia; Samsiarni
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur asertif dalam tayangan sidang Ferdy Sambo di youtube Kompas TV: sidang nota pembelaan (pledoi) Richard Eliezer. Penelitian ini menggunakan kajian pragmatik dengan menggunakan pendekatan dari Tarigan yang meliputi tindak tutur menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, menuntut, dan melaporkan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah percakapan yang di dalamnya terdapat tuturan-tuturan yang mengandung tindak tutur asertif berserta konteksnya. Sumber data yang diambil adalah tayangan Sidang Ferdy Sambo pada tanggal 25 Januari 2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik padan dan agih. Hasil penelitian ini yaitu bentuk tindak tutur yang ditemukan yaitu tindak tutur asertif menyatakan, memberitahukan, membanggakan dan melaporkan. Bentuk tindak tutur asertif yang banyak fitemukan yaitu tindak tutur asertif menyatakan sebanyak 14 data yang terdiri dari menyatakan pendapat, menyatakan keterangan dan menyatakan pendapat dari ahli.
Pengaruh Model Pembelajaran STAND (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sutera Marta Ririn Putri Ririn; Dina Ramadhanti; Asri Wahyuni Sari
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.518

Abstract

The purpose of this study was to describe how the Student Team Achievement Divisions (STAD) model influences the ability to write short stories for class XI students of SMA Negeri Sutera. This type of research is quantitative using experimental methods. The population in this study were class XI students of SMA Negeri Sutera. The design of this research is One Group Pretest-Posttest Design. The sample in this study were 26 students of class XI at SMA Negeri 1 Sutera. The data in this study were scores of skills in writing short story texts before and after using the Student Team Achievement Divisions (STAD) model for students of XI SMA Negeri 1 Sutera. The results of this study were first, the ability to write short stories for class XI students of SMA N 1 Sutera before using the Student Team Achievement Division (STAD) model obtained an average score of 61.11 in the range of 56-65% with the qualification that is Enough (C). Second, the ability to write short stories for class XI students of SMA Negeri 1 Sutera after using the Student Team Achievement Division model obtained an average score of 76.49 in the 76-85% range with good qualifications (B). Third, based on the t-test there is an effect of the Student Team Achievement Division model on the ability to write short stories for class XI students of SMA Negeri 1 Sutera because tcount = 4.40 and ttable = 1.71 The criteria for testing t is accepted if tcount> ttable, in other words H1 is accepted and H0 is rejected. Thus the Student Team Achievement Divisions (STAD) model can be used in learning to write short stories.
Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Lembah Gumanti Sisi Yusrita Yusrita; Upit Yulianti Dn; Ricci Gemarni Tatalia
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.521

Abstract

This study aims to describe the Effect of the Example Non Example Method on Learning to Write Exposition Text for Class X Students of SMA N 1 Gumanti Valley. This type of research is quantitative research with experimental methods. The population of this study is grade X students of SMA N 1 Lembah Gumanti who are enrolled in the 2022/2023 school year totaling 256 students. The sample of this study was students of class XE6 as a control class and XE7 as an experimental class. The data in this study is the performance score of the ability to write exposition text for grade X students of SMA N 1 Gumanti Valley without and using the Example Non Example Method. The results of this study based on data analysis are that there is a significant influence of the use of the example non example method on the ability to write exposition texts for grade X students of SMA N 1 Gumanti Valley because the tcount > ttable (6.48>1.67), so that H0 is rejected and H1 is accepted.
Analisis Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 3 Bayang Teguh Priyatno Teguh; Silvia Marni; Upit Yulianti
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.522

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan siswa dalam menggunakan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur yang ditulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur siswa kelas VII SMPN 3 Bayang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah berupa kaidah kebahasaan dalam teks prosedur siswa kelas VII SMPN 3 Bayang. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah hasil tulisan teks prosedur siswa yang ditulis oleh siswa kelas VII SMPN 3 Bayang yang berjumlah 22 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode analisis isi. Teknik pengabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jika dianalisis dari kaidah kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bayang masih banyak ditemukan kesalahan. Penggunaan kalimat imperatif, konjungsi temporal, dan keterangan cara umumnya sudah tepat. Namun penggunaan penunjuk waktu dan deskripsi alat masih banyak yang belum tepat dan belum menggunakannya. Sedangkan penggunaan urutan langkah kegiatan dan kata teknis tidak digunakan pada teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bayang. Hal ini relevan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya oleh Indah Rahma Fitri dan Zulfikarti yang menemukan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu menggunakan kaidah kebahasaan teks prosedur dengan tepat.
Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Solok selatan Dengan Menggunakan Teknik Kerangka Karangan: Inonesia Resmaivela Resmaivela; Refa Lina Tiawati; Upit Yulianti
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.524

Abstract

enelitian ini dilatarbelakangi oleh Pertama, siswa belum memiliki kemampuan untuk bisa menghasilkan sebuah teks eksposisi yang bisa menarik untuk dibaca oleh pembaca nantinya. Kedua, siswa belum ada yang menggunakan teknik kerangka karangan untuk menuliskan sebuah teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks ekposisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Solok Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Solok Selatan terdaftar pada tahun 2021/2022 berjumlah 127 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling (Sampel bertujuan) jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Solok Selatan kelas X IPS 2 yang berjumlah 29 orang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri Solok Selatan dengan menggunakan teknik kerangka karangan tergolong Baik (B) dengan rata-rata 76,95 berada pada rentangan 76-85% pada skala 10. Selanjutnya kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri Solok Selatan dengan menggunakan teknik kerangka karangan untuk masing-masing indikator (1) tesis tergolong sempurna (S) 98,85 berada pada rentangan 96-100%. (2) Rangkaian Argumentaasi tergolong Baik (B) 88,50 berada pada rentangan 76-85%. (3) kesimpulan tergolong baik (B) 80,46 berada pada rentangan 76-85%. (4) Pernyataan-pernyataan Persuasif tergolong Hampir Cukup (HC) 52,87 berada pada rentangan 46-55%. (5) Pernyatan yang Berupa Fakta/ Perujukan tergolong Hampir Cukup (HC) 52,87 Berada pada rentangan 46-55%. (6) Menggunakan Iatilah Teknis tergolong Lebih Dari Cukup (LdC) 73,56 Berada pada rentang 66-75%. (7) Menggunakan Konjungsi tergolong Baik (B) 85,06 berada pada rentang 76-85%. (8) menggunakan kata mental tergolong Baik (B) 77,01 Berada pada rentang 76-85%.
Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 17 Padang Devia Dwi Putri Putri; Lira Hayu Afdetis Mana; Yulia Pebriani
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.526

Abstract

The purpose of this study is to describe how the influence of the use of the Think Talk Write model has on the skills of writing speech texts in Class IX students of SMP Negeri 17 Padang. This type of research is quantitative research. The method used in this study is the pre-experimental method. The population in this study were class IX students of SMP Negeri 17 Padang who were enrolled in 2022-2023, while the sample for this study was class IXB with a total of 26 students. The X variable is the Think Talk Write model, while the Y variable is the ability to write speech texts. The research instrument used was the test. The data collection technique used in this study was to provide performance tests. The tests were given twice in the form of pretest and posttest. At the first meeting the teacher conducted teaching and learning activities. In the second meeting the teacher carried out teaching and learning activities using the Think Talk Write model. At the third meeting the teacher gave a posttest. The results of this study are that H1 is accepted and H0 is rejected. Thus the use of the Think Talk Write model influences the speech writing skills of class IX students of SMP Negeri 17 Padang.
Tindak Tutur Ekspresif Penderita Down Syndrome Latih (Studi Kasus Syarifah Di SLB Negeri 1 Alahan Panjang) Desri Mulyani Mulyani; Suci Dwinitia; Refa Lina Tiawati R
ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya Vol. 3 No. 2 (2023): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Publisher : Bale Literasi: Lembaga Riset, Pelatihan & Edukasi, Sosial, Publikasi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58218/alinea.v3i2.530

Abstract

This study aims to describe the forms of expressive speech acts of people with Down syndrome. The type of research conducted in this research is qualitative. The method used in this research is descriptive analysis method. This research was conducted at SLB Negeri 1 Alahan Panjang, Lembah Gumanti sub-district, Solok Regency, West Sumatra Province. This research is focused on Syarifah's speech acts in SLB Negeri 1 Alahan Panjang. The main informant in this study is Syarifah because she is a patient with Down syndrome. The data collection technique uses the proficient method. The data validation technique uses triangulation. Data analysis techniques Data analysis using the Miles and Huberman (2014) model consists of data reduction, presentation of informal data, and drawing conclusions. The results of this study are five analyzes of expressive speech acts, including: 1) thanking, 2) congratulating, 3) forgiving, 4) blaming, and 5) praising.

Page 1 of 3 | Total Record : 24